Gua Haji Mangku, Pelipur Lara Kegagalan Berkunjung Ke Labuan Cermin

Gua Haji Mangku, adalah salah satu tujuan di Kepulauan Derawan yang ingin sekali saya kunjungi sejak lama. Waktu itu, saya pernah tahu keberadaan Gua Haji Mangku ini pertama kali dari travel blogger kawakan Wiranurmansyah. Siapa sangka, hanya berselang satu tahun, saya benar-benar bisa berkunjung ke gua ini.

Sebenarnya selain berkunjung ke Gua Haji Mangku yang ada di Pulau Maratua saya juga ingin berkunjung ke Labuan Cermin yang berada di Kecamatan Biduk-Biduk. Namun melihat kondisi asap yang masih mengepung daratan Borneo saat itu, saya mengurungkan niat. Selain pastinya kondisi langit masih kurang berwarna biru, saya khawatir nggak bisa pulang tepat waktu karena pesawat yang saya tumpangi nanti tidak bisa terbang ke Jakarta.

Ceritanya ini sedang galau jadi ke Labuan Cermin apa enggak? (Photo by wiranurmansyah)

Ceritanya ini sedang galau jadi ke Labuan Cermin apa enggak? (Photo by wiranurmansyah)

Kekhawatiran saya tidak bisa terbang kembali ke Jakarta memang cukup beralasan. Pasalnya memang sudah seminggu lebih, Bandara Kalimarau, yang ada di Tanjung Redeb, Berau ditutup tanpa ada kejelasan kapan lagi dibuka. Akhirnya saya harus puas dengan hanya berkunjung ke Gua Haji Mangku yang ada di Pulau Maratua saja.

Pun, itu sudah lebih dari cukup, karena saya senang bisa tahu lebih banyak tentang Pulau Maratua yang Selama ini terkenal dengan keberadaan Maratua Paradise Resortnya saja. Padahal kalau berani menjelajah lebih dalam lagi, masih banyak destinasi menarik yang ada di Pulau Maratua. Salah satunya sih Gua Haji Mangku yang mungkin belum banyak orang tahu.

(Baca Juga : Danau Kakaban Di Pulau Kakaban, Sang Primadona Kepulauan Derawan!)

Air di Gua Haji mangku adalah air asin yang begitu jernih!

Air di Gua Haji mangku adalah air asin yang begitu jernih!

“Yang pertama kali menemukan Bapak Haji Mangku mas” Ujar pemandu lokal yang menemani saya dan beberapa tim Terios 7 Wonders yang ikut berkunjung ke gua ini. “Kapan pertamakali ditemukan saya kurang tahu, tapi Gua Haji Mangku sendiri mulau ramai dikunjungi turis mulai tahun 2000-an” tambahnya.

Terkuak sudah kenapa gua dengan air yang begitu jernih dan segar ini diberi nama Gua Haji Mangku. Sudah jelas dong kalau nama itu diambil mentah-mentah dari nama penemunya, Bapak Haji Mangku.

Untuk menuju Gua Haji Mangku sebenarnya ada dua cara. Yang pertama adalah lewat darat, naik mobil di jalanan yang ada di Pulau Maratua ke desa yang namanya Payung-Payung, lalu melanjutkan trekking ringan selama beberapa jam hingga sampai ke Gua. Cara kedua untuk menuju ke Gua Haji Mangku adalah dengan naik speed boat atau perahu (15 menit dari Maratua Paradise Resort), lalu dilanjutkan dengan trekking ringan selama kurang dari 10 menit lewat jalur penuh karang, baru saya bisa sampai ke dekat bibit Gua Haji Mangku.

Dari pantai harus trekking ringan sekitar 10 menit untuk menuju Gua Haji Mangku

Dari pantai harus trekking ringan sekitar 10 menit untuk menuju Gua Haji Mangku.

Cara kedua adalah yang paling gampang, meski mungkin akan mengeluarkan lebih banyak biaya. Namun, biaya yang dikeluarkan sepertinya tidak akan terasa, ketika sudah sampai di dekat bibit Gua Haji Mangku. Melongok kebawah, Gua Haji Mangku dengan airnya yang begitu jernih itu seakan seperti danau sempit tanpa dasar. Bahkan, cahaya pun kira-kira hanya bisa mencapai ke kedalaman tak lebih dari 3 meter. Selebihnya, mungkin hanya ada kegelapan abadi yang ada di dasar gua.

Pun terlihat agak seram, menceburkan diri ke Gua adalah wajib, apalagi sudah jauh-jauh datang kesini. “Kapan lagi kalau nggak sekarang?”. Pilihannya adalah meloncat langsung dari bibir Gua Haji Mangku, atau turun perlahan lewat jalan yang ada di salah satu ujung gua. Waktu itu saya sedang tidak ingin merasakan ketegangan, jadinya saya lebih memilih turun lewat cara yang lebih gampang.

Bisa terjun dari sini untuk merasakan segarnya air gua

Bisa terjun dari sini untuk merasakan segarnya air gua

(Baca Juga : 7 Kegiatan Seru Di Pulau Maratua Ala Catperku!)

Atau bisa melipir lewat sini buat yang nggak berani lompat

Atau bisa melipir lewat sini buat yang nggak berani lompat

Dingin dan segar menjadi satu ketika sebagian besar tubuh sudah terendam dalam air gua yang ternyata adalah air asin ini. Dari sini saya harus berenang melewati celah kecil dengan lebar kira-kira 2 meter, untuk menuju bagian gua yang lebih lebar dan nyaman untuk berenang.

Awalnya saya merasa ragu, bulu kuduk pun mulai bereaksi. Pikiran mulai berimajinasi dengan yang enggak-enggak seperti, “Bagaimana jika tiba-tiba ada yang menarik kaki saya ke kegelapan abadi yang ada di bawah?”, “Bagaimana jika ternyata dibawah ada monster”, “Atau bagaimana…”.

Ah, sudahlah! Sudah nyebur juga, rugi kalau nggak lanjut! Yang penting nikmati dulu segar dan jernihnya air Gua Haji Mangku ini. Sekalian saya nanti ingin mencoba untuk freedive, Melihat dengan dua mata saya, ada apa sih sebenarnya di kedalaman Gua Haji Mangku yang ada di Pulau Maratua ini.

Mari kita lihat, ada apa sih...

Mari kita lihat, ada apa sih…

Di dalam kedalaman Gua Haji Mangku ini

Di dalam kedalaman Gua Haji Mangku ini

Yuk! Ada yang mau ikutan!?

(Baca Juga : Bertamu Ke Pulau Sangalaki, Rumah Para Penyu!)

Tips Mengunjungi Gua Haji Mangku :

  1. Jika kalian dari Pulau Derawan, kalian bisa menyewa kapal yang harganya sekitar 2 Jutaan sehari yang bisa mengantarkan kalian island hoping sekalian mampir ke Gua Haji Mangku.
  2. Lebih baik jangan ke Gua Haji Mangku sendirian, karena memang tempatnya spooky banget! Datang dengan pemandu setempat lebih direkomendasikan.

    Sebaiknya jangan berenang di Gua Haji Mangku sendirian

    Sebaiknya jangan berenang di Gua Haji Mangku sendirian

  3. Pakai alas kaki yang tahan denan karang tajam. Karena jalur trekking dari pantai hingga sampai ke Gua Haji Mangku penuh dengan karang tajam, meskipun jaraknya nggak terlalu jauh.
  4. Perkiraan Peta lokasi Gua Haji Mangku di Google Maps bisa dilihat disini
  5. Bawa kamera tahan air jika ingin mengabadikan aksi kalian di Gua Haji Mangku.
  6. Bawa snorkeling set agar lebih nyaman berenang disini.

    Kak Marischka Prudence freediving di Gua Haji Mangku

    Kak Marischka Prudence freediving di Gua Haji Mangku

Kalau dilihat lagi gua ini memang bagaikan gua tanpa dasar ya

Kalau dilihat lagi gua ini memang bagaikan gua tanpa dasar ya!? Bener enggak?

Video Tim Terios 7 Wonders Jalan-Jalan Ke Gua Haji Mangku, Maratua

Yang Banyak Dicari

112 Responses

  1. Mantap sekali gua nya mas !

  2. dani says:

    Wow banget guanya Mas. Ngebayangin sensasi berenang di situ.

  3. Dulu serem disini karena cuma bertiga kemari, kemaren ada mas kancut oren jadi ga ada serem-seremnya :))

  4. kresnoadidh says:

    Pernah liat nih di videonya JJM! Hohohho wah seru ya ikutan terios 7 wonder. Emang serem tapi seru sih kalo beneran ada monster di situ. Hahaha. Makin keren catperkuu! \:D/

  5. Spooky sih, tapi banyak lihat2 fto2nya cakep banget apalagi pas cerah biru airnya hehe. Pengen ah jadinya kesana

  6. Ini artikel yang bikin ngiri ditambah foto – foto yang aduhai.
    doakan gue bisa kesini secepatnya yah kaaak. :( itu aja cukup.

  7. Yudi Randa says:

    alamak tempatnya… ini dia nih yang bikin simalakama bang.. antara pengen nikmati alam gua atau malah ngerasain “temen” yang sedang duduk manis di ujung gua.

    btw, udah dua juta ga ada alat snorkelling bang? :D

  8. Alris says:

    Cakep pisan guanya. Antik juga airnya asin. Apa langsung terhubung ke laut?

  9. Kak … kok foto ku ngak ada ??? kamu jahat masbro ihik ihik ihik

  10. Ardianzah says:

    Bening bangettt, tapi kok asin ya, berarti asalnya dari laut yaa, bukan dari bawah tanah gitu?

  11. Idah Ceris says:

    Semisal ketemu Monster, ya diajak diving bareng saja, Kak. Jangan takuut. . . Bhahaha

  12. Dzulfikar says:

    widiiihhhh emg gak serem ya ada buayanya gitu hahahaha

  13. Kerennya!!! Jadi pengen kesana..
    *masukin bucket list traveling tahun depan*

  14. bagus bangeeet kak, tapi kalo sendirian kayaknya serem deh ya

  15. Pertama kali tau tempat ini, dari acara jalan-jalan Men.
    Tempatnya memang keren tapi kelihatan menyeramkan.

  16. aku pertama kali tahu malah dari blognya si wira~ tapi emang keren nih gua. katanya sih lebih keren lagi kalau cuacanya lagi cerah! Lebih berwarna biru airnya :D

  17. BaRTZap says:

    Arrrgghhh sungguh aku pengen lompat ke dalam monitor jadinya. Pasti asik banget main-main air di sini, trus freediving an juga. Wajah bagian dalam gua yang terendam airnya begitu menggoda. Tapi memang agak seram ya, kalau kita bayangin macam-macam. Ada ikan atau mahluk penghuni airnya gak Mi?

  18. Iman says:

    Wooow, Maratua harus jadi salah satu objek wisata unggulan Indonesia. Potensi kita luar biasa… Gu Haji Mangku ini aja, liat foto-fotonya bikin kita kepengen mau nyebur ke sana :)

  19. Dimas says:

    “trekking ringan selama beberapa jam” itu menyita perhatianku, ahahahaha..

  20. Riva Sakina says:

    Yang lama tinggal di perkotaan ketika liat beginian berasa takjub dan norak. Iya, soalnya selalu ketemu sama genangan air yang kotor dan bau, haha.

    Jadi pengeeeennnnnn!!! :D

  21. alannobita says:

    berasa main film sactum :D..
    keinget tmn y KKN di daerah NTT ada yg seperti ini juga :)

  22. airnya jernih,,, mungkin karena belum banyak yang mengetahuinya #visitindonesia

  23. Zamroni says:

    wih, airny bisa bening banget gitu. tuk bisa k sana lewat jalur darat, apa da transportasi umumnya mas?

  24. juki says:

    Indonesia memang keren,.. Semoga anak cucu kita juga bisa menikmatinya

  25. buret says:

    1 lagi tempat wisata keren di Indonesia

  26. Nurfaisyah says:

    Wah, keren pengalamannya. Bikin ngiri, untungnya dilengkapi foto dan video pula.
    Tapi, tulisannya terlalu panjang kak, saya kurang tertarik dengan tulisan panjang.
    Salah saya karena bukan orang yang betah membaca. Apalagi kalau sudah panjang. Malas scroll.
    Lebih suka lihat fotonya, kalau sudah begitu.
    Goodluck.

    Salam hangat dari Makassar,
    Nurfaisyah
    Email: nurfaisyahsalam@gmail.com
    Twitter: @nurfaisyah_

  27. Fery Arifian says:

    serem mas, saya aja nyebur duluan gitu paling kayaknya gak brani hahaha
    tapi bening banget sumpah

  28. indahnya alam indonesia… kapan ya bis amain ke gua. seumur2 belum pernah ke gua, jangan kan ke gua.. gue bahkan belum pernah ke borneo… cuma pernah bali jawa sumatera :”)

  29. Indahnya bukan main mas Fahmi guanya, itu apa udah sering masuk tipi ya, apa malah belum pernah?

  30. Helda says:

    Beninggggg! Anyway, itu pakaian renang si Mbak yg di foto keren euy. :D

  31. Ratna Dewi says:

    Guanya mantap tapi medan menuju kesana kayaknya asooyy banget ya, hehe

  32. Eh, aku baru tau klo bisa komen di sini jg :D

  33. mysukmana says:

    itu yang melayang layang di atas air dalam goa bisa jernih banget gitu ya kak fahmi..keren banget sumpah dah, jadi pengen nyemplung..

  34. jiah says:

    airnya jernih bgt yaaaa

    sayang nggak bisa renang

  35. Tempatnya keren banget ini :-D
    Tapi kalau sendirian renang di dalam kok rasanya agak takut ya hahahhahahha

  36. Eva says:

    Wah kayaknya seru banget nih

  37. Ope says:

    e buset, keren banget tuh gua. airnya jernih pula :D

  38. Keren… pengen nyebur… sama mbaknya….

  39. masfikr says:

    wiiih, bisa ada yang kayak terbang gitu fotonya mas, kereeen.

  40. Bagus ya gua nya, airnya jernih pisan. Masuk bucket list kalau ke Kalimantan Timur! ;)

  41. Nurri says:

    Itu gua nya pasti masih jarang terjamah banyak wisatawan. Soalnya masih bagus banget. HIhihi…….
    Aku pengen ke sana. Semoga beberapa bulan ke depan bisa terwujud. Aamiin! :D

  42. niaharyanto says:

    Wuih… keren banget, ya alamnya. Jadi pengen nyelem juga….

  43. Ceritaeka says:

    Kece bener tempatnyaaa!

  44. Om Biems says:

    Belon nyampe ke gua ini, gak sempet. Baru nyambangin kakaban lake. Ntar kapan kapan deh.

  45. Renggo says:

    Gilaa.. keren banget.
    Asin tapi bisa bening banget ya. Biasanya yang bening2 kan manis #apasih

  46. Aaaaah epic banget guanya :’ kenapa dulu aku pas ke derawan nggak mampir kesini :’ (karena mahal lah wkwkw)

  47. Kaharudin says:

    Keren baget itu. pengen bisa k sana

  48. Galih says:

    Eksotis banget yaa goa haji mangku, cave diving disana bikin petualangan makin seru

  49. Masya Allah, keren banget gua nya.

  50. DandesDan says:

    uji nyali nih, hahaha

  51. Piin says:

    mantap bg

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: