Fakta Tempat Wisata Danau Toba Yang Saya Ketahui Setelah Berkunjung Kesana!

Sudah cukup lama saya tahu mengenai keberadaan tempat wisata Danau Toba. Dari pelajaran Geografi ketika SD dan SMP sepertinya nama danau terbesar di Asia Tenggara ini juga beberapa kali disebut. Cuma ya saya hanya bisa membayangkannya saja. Karena memang saya belum pernah berkunjung ke danau yang berada di Sumatera Utara ini.

Lokasinya sendiri memang agak jauh dari beberapa kota. Medan adalah kota besar terdekat yang menjadi akses utama menuju ke tempat wisata Danau Toba. Untuk pergi ke Kota Medan cukup mudah, karena Medan punya Bandara Internasional Kualanamu. Ada beberapa keberangkatan jadwal kereta api Medan Kualanamu setiap harinya. Ini tentu mempermudah untuk pergi ke Medan dan melanjutkan perjalanan ke kawasan wisata Toba.

Baru pada tahun 2019, dalam rangka touring dari Nol Kilometer Indonesia di Sabang menuju Gresik sejauh 5000 km++, saya bisa mampir ke tempat wisata Danau Toba ini. Dan, ternyata seperti yang banyak digambarkan selama ini baik di buku pelajaran atau di website yang mengulas salah satu tempat wisata di Sumatera Utara ini, ukuran danau memang benar-benar raksasa.

Fakta Tempat Wisata Danau Toba Yang Saya Ketahui Setelah Berkunjung Kesana!
Fakta Tempat Wisata Danau Toba Yang Saya Ketahui Setelah Berkunjung Kesana!

Sampai sampai kalau ingin mengelilingi kaldera Toba secara penuh dengan sepeda motor, paling tidak akan memerlukan waktu dua hari. Pertama kali melihat tempat wisata Danau Toba ini saya juga takjub betapa besar dan Indah danau ini ketika dipandang mata. Enggak menyesal saya bisa mampir ke Toba. Baik dari darat atau dari video drone danau dari udara, tempat ini luar biasa! Kalau enggak percaya, kamu bisa melihat video drone Danau Toba dibawah ini ya:

 

Fakta Tempat Wisata Danau Toba Yang Saya Ketahui Setelah Berkunjung Kesana!

Enggak rugi saya berkendara dari Medan Ke Toba. Karena saya bukan cuma bisa menikmati keindahan danau, tapi saya juga mengetahui beberapa hal mengenai tempat wisata Danau Toba yang tidak pernah tertulis di buku sekolah jaman dahulu. Beberapa diantaranya akan coba saya tuliskan di bawah ini.

Anak - anak sedang berenang di tempat wisata Danau Toba.
Anak – anak sedang berenang di tempat wisata Danau Toba.

1. Mengunjungi Tempat Wisata Danau Toba Enggak Cuma Ketemu Danau!

Faktanya memang kamu tidak akan cuma bisa melihat danau saja ketika mengunjungi tempat ini. Memang sih daya tarik utamanya adalah Danau Toba itu sendiri. Namun, setelah saya mengunjungi dan sempat mengelilingi setengah dari danau ini, ternyata ada banyak tempat wisata menarik di sekitar danau.

Mulai dari wisata Pulau Samosir, hingga daerah tempat wisata Kota Parapat hingga tempat wisata berkonsep modern juga ada. Di sekeliling pesisir tempat wisata Danau Toba sekarang ini bermunculan “tempat wisata selfie” untuk yang seneng berburu foto Instagram. Salah satunya adalah wisata panorama selfie Batu Lihi Star. Tapi dari semua tempat itu, yang paling menarik menurut saya adalah tempat wisata Air Terjun Sipiso Piso yang juga berada tidak jauh dari danau ini.

 

 

2. Ada Banyak Penginapan Di Dekat Danau Toba

Awalnya saya kira tidak banyak pilihan menginap di dekat danau. Ternyata pariwisata tempat ini cukup siap. Untuk area tempat wisata Danau Toba yang terdekat dari medan adalah Parapat. Ini adalah sebuah kelurahan yang ada di dekat Toba, namun bisa dibilang ramainya mendekati sebuah kota. Ada banyak hotel dan penginapan yang berada di tepi danau Toba disini.

Jadi jika kamu datang dari arah Kota Medan dan nggak punya banyak waktu, bisa menginap di Parapat saja. Selain itu di Pulau Samosir juga terdapat banyak penginapan dan hotel yang memadai buat yang ingin mencoba berwisata ke Danau Toba. Beberapa hotel atau penginapan di dekat Danau Toba yang bisa kamu pilih ada dibawah ini ya :

Air Terjun Sipiso Piso ini berada di dekat kawasan wisata Danau Toba.
Air Terjun Sipiso Piso ini berada di dekat kawasan wisata Danau Toba.
  • Star Beach Hotel, Jalan Justin Sirat Long Beach Ajibata Parapat, Parapat, Sumatera Utara.
  • Taman Simalem Resort, Jalan Raya Merek Sidikalang Km.9, Silahisabungan, Sumatera Utara.
  • Star Hotel Parapat, Jl.Kebudayaan No.7 Parapat , Parapat, Sumatera Utara.
  • Toba Village Inn, Jalan Lingkar, Tuk tuk Siadong, Samosir, Tuktuk Siadong, Sumatera Utara.
  • Hotel Niagara Parapat, Jalan Pembangunan No. 1 Parapat Simalungun, Parapat, Sumatera Utara.
  • Inna Parapat, Jl.Marihat No.01 , Parapat, Sumatera Utara.
  • Samosir Cottages Resort, Jalan Lingkar Tuk Tuk , Pulau Samosir, Samosir, Tuktuk Siadong, Sumatera Utara.
  • Anju Cottages, Jl. Lingkar Tuk Tuk Siadong Tumba Manurun, Samosir, Tuktuk Siadong, Sumatera Utara.
  • Pandu Lakeside Hotel Parapat, Jalan TPR No. 12 Simalungun, Parapat, Sumatera Utara.
  • GM Marsaringar Hotel, Jalan Gereja No. 32, Balige, Sumatera Utara, Indonesia.
  • Samosir Villa Resort, Samosir Jalan Lingkar Tuk Tuk, Samosir, Tuktuk Siadong, Sumatera Utara.
  • Lekjon Cottage, Jalan Lingkar Tuktuk Siadong, Samosir, Tuktuk Siadong, Sumatera Utara.
  • Danau Toba International Cottage Parapat, Jl. Nelson Purba No. 4, Parapat, Parapat,Sumatera Utara.
  • Hotel Sedayu, Jalan Sisimangaraja No. 171, Parapat, Sumatera Utara.
  • Sapadia Parapat, Jalan Josep Sinaga No 2, Kab. Simalungun, Parapat, Sumatera Utara.
  • Parbaba Beach Hotel, Jalan Raya Lintas Pangururan – Simanindo KM.10, Samosir, Sumatera Utara.
  • Atsari Hotel Parapat, Jalan Kol. TPR. Sinaga No. 9,kab Simalungun,kec Girsang Sipangan Bolon, Parapat, Sumatera Utara, Indonesia.
  • Parapat View Hotel, Jl. Sidaha Pinto No. 7 Parapat, Girsang Sipangan Bolon Simalungun, Parapat, Sumatera Utara.
  • Nabasa Hotel Balige, Jalan Siliwangi No. 08 Balige, Toba Samosir, Balige, Sumatera Utara.
  • Opriss Hotel, Jalan Justin Sirait No.30 Ajibata, Toba Samosir, Parapat, Sumatera Utara, Indonesia, 21174

3. Danau Toba Adalah Hasil Dari Letusan Super Volcano!

Cara paling asik untuk menjelajah kaldera toba adalah mengelilingnya dengan sepeda motor.
Cara paling asik untuk menjelajah kaldera toba adalah mengelilingnya dengan sepeda motor.

Sebagai penyuka sejarah dan geografi, saya tentu mencari tahu informasi mengenai sejarah tempat wisata Danau Toba ini. Kebetulan di hotel tempat saya menginap ketika di Pulau Samosir menyediakan informasi itu. Ya, ratusan ribu tahun yang lalu area ini adalah sebuah super volcano. Dikenal dengan nama Gunung Toba, dan dari penelitian telah tercatat pernah meletus sekitar 3 kali.

Diperkirakan Gunung Toba pernah meletus pertama kali pada waktu sekitar 800 ribu tahun yang lalu. Sementara itu letusan kedua terjadi pada waktu sekitar 500 ribu tahun yang lalu. Dan pada letusan ketiga yang menghasilkan kaldera raksasa dan Danau Toba terjadi pada waktu sekitar 74.000 tahun yang lalu. Gak kebayang letusannya seperti apa kalau hasilnya kaldera raksasa sebesar Danau Toba sekarang ini. Apakah masih bakal meletus lagi ya?

4. Ternyata Saya Masih Mengunjungi Sisa Super Volcano Yang Masih Aktif

Disebutkan kalau masih ada kemungkinan sisa dari Gunung Toba purba ini meletus dan erupsi lagi. Namun tidak ada seorangpun yang tahu kapan akan meletusnya. Namun yang pasti, gunung berapi yang ada disini termasuk kaldera yang mengelilingi Danau Toba dan Pulau Samosir ini masih aktif!

5. Kaldera Purba Danau Toba Mirip Dengan Kaldera Tengger.

Kebetulan saya pernan beberapa kali mengunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan touring melewati kaldera tengger yang berisi lautan pasir. Ternyata kalau diamati lagi, kaldera yang mengelilingi kawasan tempat wisata Danau Toba ini mirip dengan kaldera tengger yang ada di TNBTS. Bedanya kalau ditenhah kaldera tengger adalah lautan pasir,  di Toba berupa air yang membentuk Danau Toba. Kalau nggak percaya, mungkin kamu bisa melihat video saya ketika touring mengelilingi setengah kaldera Toba dibawah ini.

 

 

6. Kawasan Wisata Danau Toba Sebenarnya Adalah Daerah Rawan Bencana

Selain karena masih aktif, kawasan wisata di Sumatera Utara ini memang merupakan daerah yang cukup rawan dengan bencana alam. Banyak di perjalanan dari Medan ke Parapat saya sempat menemui daerah rawan longsor. Meski bencana bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, ada baiknya kamu juga waspada dan tahu arah evakuasi ketika liburan ke kawasan wisata Toba.

7. Danau Toba Adalah Salah Satu Tujuan Wisata Di Sumatera Terbaik

Tempat wisata Danau Toba ini adalah salah satu tujuan wisata yang populer. Baik untuk masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan danau, turis dari provinsi lain seperti saya, hingga turis manca negara. Bahkan pada era tahun 90-an, tempat ini banyak dikunjungi wisatawan asing yang berasal dari Malaysia, Singapura, Jepang, Belanda, Eropa, Korea dan Amerika. Mungkin karena penasaran bagaimana wujud dari danau terbesar di Asia Tenggara kali ya?

Fakta Tempat Wisata Danau Toba Yang Saya Ketahui Setelah Berkunjung Kesana!
Fakta Tempat Wisata Danau Toba Yang Saya Ketahui Setelah Berkunjung Kesana!

9. Ada Danau Di Dalam Danau Toba

Eh gimana maksudnya? Jadi ternyata di  Pulau Samosir yang berada di tengah tempat wisata Danau Toba ini juga terdapat danau indah. Makanya nggak salah juga kalau dibilang ada danau di dalam danau. Dua danau yang berada di Pulau Samosir tersebut adalah Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni.

10. Luas Danau Toba Lebih Besar Dari Singapura

Nggak salah emang kalau danau ini dibilang keren. Luasnya saja bisa lebih besar dibanding negara Singapura. Perlu kamu ketahui kalau luas dari Singapura adalah 721,5 kilometer persegi. Sementara itu luas dari tempat wisata Danau Toba ini sebesar 1.130 kilometer persegi. Jadi kalau misalnya kamu mindahin Singapura ke danau di Sumatera utara ini masih ada sisa sedikit.

Ada banyak tempat wisata di sekitar Danau Toba seperti Batu Lihi Star ini.
Ada banyak tempat wisata di sekitar Danau Toba seperti Batu Lihi Star ini.

***

Sekarang saya mau berbagi fakta mengenai sejarah letusan dari Gunung Toba!

11. Letusan Toba Purba Konon Sempat Menurunkan Suhu Bumi

Siapa sangka kalau letusan gunung yang berada di kawasan wisata Danau Toba ini bisa mengubah iklim global bumi pada masa lalu. Mengutip dari wikipedia tentang bencana Toba disini, seorang peneliti dari New York University mengungkapkan kalau erupsi dari Gunung Toba pada waktu itu sempat menurunkan suhu dunia sampai 5 derajat celcius. Mungkin juga pada waktu itu Jakarta lebih adem dibandingkan dengan sekarang ya gaes.

12. Debu Vulkanik Toba Terlempar Sampai Ribuan Kilometer

Saking dahsyatnya letusan Toba waktu itu, debu hasil letusan bahkan sempat ditemukan di daerah Malaysia, hingga di 3.000 kilometer ke utara di daerah India tengah. Lumayan jauh juga ya? Nggak kaget sih, kalau melihat ukuran tempat wisata Danau Toba sekarang ini, letusannya pasti sangat luar biasa.

Kamu juga bisa naik perahu di Danau Toba seperti ini.
Kamu juga bisa naik perahu di Danau Toba seperti ini.

13. Letusan Gunung Toba Menyebabkan Kepunahan Beberapa Spesies

Letusan Toba ini memang sempat memicu musim dingin vulkanik dan menurunkan suhu dunia antara 3 hingga 5 °C (5,4 hingga 9,0 °F), dan hingga 15 °C (27 °F) di daerah lintang atas. Gara-gara itu juga menyebabkan kepunahan beberapa spesies yang ada di Bumi. Siapa yang menyangka kalau efek letusan gunung yang sekarang menjadi tempat wisata Danau Toba ini cukup luar biasa!

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
4 Responses
  1. “Jadi kalau misalnya kamu mindahin Singapura ke danau di Sumatera utara ini masih ada sisa sedikit” saposeeee bisa kepikiran mindahin negara ke danau wkwkwk.

    Mas Fahmi aku dulu pernah tinggal di Medan dan lihat Danau Toba dari Brastagi, waw baguuuccc! Memang charming sekali ya. Mas nyobain makan ikan bakar gak? Enak di sana masakannya. Makan ikan sambil lihat danau, uwuwuwu~

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: