Gardens by the Bay: Oase Kehijauan di Tengah Kota Singapura

Kamu pencinta alam dan hortikultura yang sedang merencanakan kunjungan ke Singapura? Jika iya, maka tempat yang satu ini harus masuk dalam daftar kunjunganmu. Gardens by the Bay, atau Taman di Teluk, adalah sebuah oase hijau yang terletak di Marina Bay, Singapura.

Tempat ini adalah impian bagi para pecinta alam, dan mereka yang ingin merasakan kesejukan alam di tengah hiruk-pikuk perkotaan.

Dengan luas mencapai 110 hektar, Gardens by the Bay terdiri dari tiga taman tepi laut yang menakjubkan, yaitu Bay South Garden, Bay East Garden, dan Bay Central Garden.

Tempat ini menjadi favorit banyak orang bukan hanya karena kehijauannya yang memukau, tetapi juga karena berbagai penghargaan yang telah diraih sejak pertama kali dibuka pada tahun 2012.

Gardens by the Bay menerima berbagai penghargaan, termasuk ‘Landscape Award’ dari World Architecture News pada tahun 2013, ‘Best Attraction in Asia Pacific’ dari Travel Weekly pada tahun 2015, dan ‘Best Attraction Experience’ di Singapore Tourism Awards 2019.

Sekarang, mari kita bahas lebih lanjut tentang apa saja yang bisa kamu lihat dan lakukan di salah satu destinasi wisata utama di Singapura ini.

Sejarah Hebat di Balik Keindahan Gardens by the Bay

Gardens by the Bay: Oase Kehijauan di Tengah Kota Singapura

Guys, apakah kamu tahu bahwa Gardens by the Bay di Singapura ini bukan hanya sebuah taman biasa?

Ini adalah taman yang memiliki sejarah yang luar biasa, dan di balik keindahannya terdapat cerita tentang bagaimana tempat ini menjadi salah satu atraksi terkenal di dunia.

Ayo, mari kita gali lebih dalam tentang sejarah yang menarik ini, mengutip gardensbythebay.com.sg.

Visi Menciptakan Kota di Tengah Taman

Gardens by the Bay adalah wujud dari visi National Parks Board Singapura untuk menciptakan “Kota di Tengah Taman.”

Taman ini merefleksikan esensi Singapura sebagai Kota Taman tropis premier dengan lingkungan yang sempurna untuk hidup dan bekerja, menjadikan Singapura sebagai salah satu kota global terkemuka di abad ke-21.

Awal Mula Sebuah Impian

Semua dimulai pada Januari 2006, ketika diluncurkan kompetisi desain rencana induk internasional untuk mencari gagasan desain kelas dunia untuk Gardens by the Bay.

Kompetisi ini menarik lebih dari 70 entri yang diajukan oleh 170 perusahaan, dari lebih dari 24 negara, termasuk 35 dari Singapura.

Sebuah dewan juri beranggotakan 11 orang yang terdiri dari ahli lokal dan internasional memilih delapan tim dan dua pemenang diumumkan pada September 2006; yaitu Grant Associates untuk Bay South dan Gustafson Porter untuk Bay East, keduanya berasal dari Inggris.

Keputusan pun dibuat untuk mengembangkan Bay Central di kemudian hari.

Perkenalan kepada Publik

Sebuah pameran publik mengenai konsep rencana induk dan model dari tim pemenang diadakan pada September 2006 di Taman Botani Singapura.

Lebih dari 10.000 orang mengunjungi pameran tersebut, dan lebih dari 700 orang memberikan masukan mereka.

Sebagian besar, sekitar 85% dari responden, menyukai fitur-fitur dalam rencana induk tersebut dan lebih dari 97% mengatakan bahwa mereka akan mengunjungi Gardens by the Bay.

Dimulainya Pembangunan Gardens by the Bay

Gardens by the Bay akhirnya mulai dibangun pada bulan November 2007, menandai dimulainya pembangunan taman ini.

Selanjutnya, pengembangan Bay East Garden juga dimulai. Awalnya, Bay East dikembangkan sebagai taman sementara yang akan digunakan sebagai tempat penyelenggaraan beberapa acara dayung dan kano Pesta Olahraga Remaja (Youth Olympic Games/YOG) pada bulan Agustus 2010.

Setelah YOG berakhir, Bay East mengalami pekerjaan reinstalasi dan dibuka untuk publik pada bulan Oktober 2011.

Pratinjau Khusus Flower Dome

Sebuah pratinjau khusus dari Flower Dome diadakan pada bulan November 2011 sehubungan dengan Konferensi Anggrek Dunia (World Orchid Conference/WOC).

Sebanyak 300.000 anggota masyarakat mengunjungi baik WOC maupun Bay South Garden.

Jadi, begitulah kisah luar biasa di balik Gardens by the Bay.

Sebuah ide yang bermula dari sebuah kompetisi desain internasional berakhir dengan menjadi salah satu taman paling spektakuler di dunia.

Gardens by the Bay adalah bukti nyata bahwa dengan visi yang kuat dan kerja keras, kita dapat menciptakan keajaiban di dunia ini.

Jika kamu pernah atau berencana mengunjungi Singapura, pastikan untuk menyempatkan waktu untuk menjelajahi keindahan dan sejarah menakjubkan di Gardens by the Bay ini.

[ Baca Juga: Merlion Park Singapura: Mitos, Foto, Lokasi, Review Singkat ]

Flower Dome: Keindahan Alam yang Menakjubkan Di Gardens by the Bay

Flower Dome adalah salah satu atraksi utama di Bay South Garden.

Tempat ini adalah rumah bagi berbagai tanaman dan bunga dari lima benua yang berbeda.

Luasnya mencapai 1,28 hektar, menjadikannya konservatorium tertutup terbesar di dunia dengan kaca terbesar menurut Guinness World Record pada tahun 2015.

Ketika kamu memasuki Flower Dome, kamu akan dibawa ke dalam dunia keindahan alam yang begitu memukau.

Di sini, kamu bisa menemukan pohon zaitun berusia ribuan tahun, magnolia, dan anggrek yang indah.

Sensasi berjalan di antara kebun bunga yang bermekaran dan tanaman-tanaman eksotis akan menggetarkan hatimu.

Namun, Flower Dome bukanlah satu-satunya surga bunga yang menunggu pengunjung.

Selama eksplorasi kamu, pastikan untuk mencari Floral Fantasy.

Floral Fantasy: Menyelami Dunia Fantasi

Floral Fantasy adalah salah satu dari tiga konservatorium tertutup di Gardens by the Bay.

Tempat ini adalah perpaduan antara sejarah dan fantasi, dengan empat zona yang terinspirasi oleh dongeng dan Taman Gantung Babilonia.

Setiap zona memiliki nuansa sendiri dengan ruang-ruang besar, patung-patung kayu apung yang dramatis, dan karya seni bunga yang memukau.

Berjalanlah melalui lorong bunga berwarna-warni, berfoto dengan latar belakang air terjun tiruan yang cantik, dan biarkan dirimu terpesona oleh kreativitas taman bunga ini.

Cloud Forest: Dunia Berembun yang Misterius

Konservatorium ketiga di Gardens by the Bay adalah Cloud Forest. Seperti namanya, tempat ini adalah lanskap berembun yang penuh dengan vegetasi langka dan pemandangan dramatis.

Saat kamu memasuki Cloud Forest, mata akan langsung terpesona oleh Cloud Mountain, sebuah struktur setinggi 35 meter yang diselimuti kabut dan ditutupi oleh vegetasi yang hijau.

Ketika kamu naik ke puncak Cloud Mountain, kamu akan merasakan sensasi mendekati alam liar.

Tanaman yang tumbuh di sini berasal dari daerah dataran tinggi tropis, dan pengalaman melihatnya sangat mengagumkan.

Pastikan untuk membawa kamera, karena kamu akan menemukan pemandangan yang tak terlupakan di sini.

Supertree Grove: Pohon Supertree yang Megah

Setelah keluar dari konservatorium, kamu akan melihat Supertree Grove, hutan pohon supertree yang megah.

Pohon-pohon ini menjulang tinggi, mencapai ketinggian 25 hingga 50 meter, dan dua di antaranya terhubung oleh jembatan OCBC Skyway yang dramatis.

Pada malam hari, Supertree Grove menjadi sorotan utama dengan pertunjukan cahaya dan suara yang disebut Garden Rhapsody.

Untuk pengalaman yang tak terlupakan, naiklah ke puncak Supertree Observatory, dek observasi setinggi 50 meter yang menawarkan pemandangan indah kawasan Marina Bay.

Bay East Garden: Sunset yang Memesona

Untuk menutup kunjunganmu ke Gardens by the Bay dengan indah, jangan lewatkan Bay East Garden.

Taman ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang memesona dengan padang rumput hijau yang luas dan pemandangan langsung ke skyline Singapura.

[ Baca Juga : Naik Kereta Api Dari Malaysia Ke Singapura Woodlands 5 Menit Saja!! ]

Lokasi dan Jam Operasional Gardens by the Bay Di 2024

Gardens by the Bay terletak di 18 Marina Gardens Drive, Singapura 018953.

Tempat ini sangat mudah diakses, terutama jika kamu berada di pusat kota Singapura.

Jam Operasional:

  • Kebun Luar: Setiap hari, dari pukul 05.00 pagi hingga pukul 02.00 dini hari.
  • Konservatorium Tertutup (Flower Dome & Cloud Forest): Setiap hari, dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 09.00 malam. (Penerimaan terakhir pada pukul 08.30 malam).
  • Floral Fantasy: Senin-Jumat, dari pukul 10.00 pagi hingga pukul 07.00 malam. (Penerimaan terakhir pada pukul 06.30 malam). Sabtu, Minggu, dan Hari Libur, dari pukul 10.00 pagi hingga pukul 08.00 malam. (Penerimaan terakhir pada pukul 07.30 malam).
  • OCBC Skyway: Setiap hari, dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 09.00 malam. (Penerimaan terakhir pada pukul 08.30 malam).
  • Supertree Observatory: Setiap hari, dari pukul 04.00 sore hingga pukul 09.00 malam. (Penerimaan terakhir pada pukul 08.30 malam).
  • Far East Organization Children’s Garden: Selasa-Minggu, dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 07.00 malam. (Penerimaan terakhir pada pukul 06.00 malam). Ditutup pada hari Selasa jika hari libur jatuh pada hari Senin sebelumnya.

Tempat-Tempat Tersembunyi yang Menakjubkan

Selain atraksi utamanya, Gardens by the Bay juga memiliki tempat-tempat tersembunyi yang menakjubkan, taman-taman yang tenang, dan ruang-ruang unik yang menanti untuk kamu jelajahi.

Berikut beberapa di antaranya:

  • Floral Clock: Jam bunga yang menggabungkan horologi dengan hortikultura. Bezelnya dihiasi dengan beragam koleksi flora yang cantik.
  • Far East Organization Children’s Garden: Tempat bermain anak-anak dengan berbagai fasilitas air dan permainan interaktif yang seru.
  • Marguerite: Restoran yang menyajikan masakan kontemporer dengan berbagai menu untuk vegetarian dan non-vegetarian. Makan di sini sambil menikmati pemandangan taman yang indah adalah pengalaman yang istimewa.
  • Heritage Gardens: Lebih dari sekadar ruang hijau, empat taman tema ini merangkai narasi sejarah Singapura melalui koleksi buah-buahan, tanaman, dan flora yang khas.

Harga Tiket Masuk Gardens by the Bay 2024

Harga tiket untuk Gardens by the Bay beragam tergantung pada paket yang kamu pilih:

  • Floral Fantasy (Penduduk Singapura): Mulai dari IDR 114.000+
  • Floral Fantasy (Wisatawan Internasional): Mulai dari IDR 171.000+
  • Floral Fantasy + National Orchid Garden: Mulai dari IDR 222.000+
  • Gardens by the Bay – Flower Dome + Supertree Observatory (Penduduk Singapura): Mulai dari IDR 229.000+
  • Gardens by the Bay – Flower Dome + Supertree Observatory (Wisatawan Internasional): Mulai dari IDR 343.000+
  • Gardens by the Bay – Avatar: The Experience at Cloud Forest + Flower Dome (Penduduk Singapura): Mulai dari IDR 400.000+
  • Gardens by the Bay – Avatar: The Experience at Cloud Forest + Flower Dome + Floral Fantasy (Penduduk Singapura): Mulai dari IDR 515.000+
  • Gardens by the Bay – Avatar: The Experience at Cloud Forest + Flower Dome (Wisatawan Internasional): Mulai dari IDR 606.000+
  • Gardens by the Bay – Avatar: The Experience at Cloud Forest + Flower Dome + National Orchid Garden: Mulai dari IDR 721.000+
  • Gardens by the Bay – Avatar: The Experience at Cloud Forest + Flower Dome + Marina Bay Sands SkyPark Observation Deck: Mulai dari IDR 744.000+
  • Gardens by the Bay – Avatar: The Experience at Cloud Forest + Flower Dome + ArtScience Museum™ Future World Exhibition (Hari Biasa – Senin hingga Kamis): Mulai dari IDR 744.000+
  • Gardens by the Bay – Avatar: The Experience at Cloud Forest + Flower Dome + ArtScience Museum™ Future World Exhibition (Puncak – Jumat hingga Minggu): Mulai dari IDR 767.000+
  •  Gardens by the Bay – Avatar: The Experience at Cloud Forest + Flower Dome + Floral Fantasy (Wisatawan Internasional): Mulai dari IDR 778000+
  • Adventure Cove Waterpark™‎ + Gardens by the Bay – Avatar: The Experience at Cloud Forest + Flower Dome: Mulai dari IDR 892.000+
  • Singapore Flyer + Time Capsule + Gardens by the Bay – Avatar: The Experience at Cloud Forest + Flower Dome: Mulai dari IDR 915.000+
  • Singapore Cable Car + Gardens by the Bay – Avatar: The Experience at Cloud Forest + Flower Dome: Mulai dari IDR 943.000+
  • Gardens by the Bay – Avatar: The Experience at Cloud Forest + Flower Dome + Marina Bay Sands SkyPark Observation Deck + ArtScience Museum™ Future World Exhibition (Puncak – Berlaku Setiap Hari): Mulai dari IDR 1.039.000+
  • Gardens by the Bay – Avatar: The Experience at Cloud Forest + Flower Dome + Marina Bay Sands SkyPark Observation Deck + ArtScience Museum™ Future World Exhibition (Hari Biasa – Senin hingga Kamis): Mulai dari IDR 1.076.000+
  • Universal Studios Singapore + Gardens by the Bay – Avatar: The Experience at Cloud Forest + Flower Dome: Mulai dari IDR 1.337.000+
  • Universal Studios Singapore (Puncak) + Gardens by the Bay – Avatar: The Experience at Cloud Forest + Flower Dome: Mulai dari IDR 1.396.000+

Jadi, jika kamu berencana untuk jalan jalan mengunjungi tempat wisata di Singapura ini, pastikan untuk memilih paket tiket yang sesuai dengan preferensimu.

Juga, jangan lupa untuk memeriksa jam operasional dan harga tiket terbaru sebelum pergi.

Gardens by the Bay adalah destinasi yang sempurna bagi semua orang, baik kamu seorang pecinta alam yang ingin mengeksplorasi keindahan alam atau hanya ingin menikmati keasrian dan ketenangan di tengah hiruk-pikuk perkotaan Singapura.

Dengan begitu banyak atraksi menakjubkan dan keindahan alam yang ditawarkan, kunjunganmu ke tempat wisata ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Jadi, nikmati petualanganmu dan jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah selama di sana

Semoga artikel ini bermanfaat untuk perencanaan perjalananmu ke Singapura!


Rijal Fahmi Mohamadi

Rijal Fahmi Mohamadi

Fahmi adalah seorang Digital Marketer, Travel Enthusiast, Geek Travel Blogger dari Indonesia penulis catperku.com, Penulis Buku perjalanan Traveling The Traveler Notes Bali The Island Of Beauty dan The Traveler Notes Bersenang-Senang di Bali, Bertualang di Lombok. Pernah disebutkan, mentioned in Lonely Planet Indonesia 2019 as Best in Blogs. Mau menyapa saya? Kunjungi media sosial pribadi saya, atau hubungi lewat email [email protected] jika Anda ingin mengajak saya bekerja sama dan berkolaborasi.
https://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *