Travel Blog Indonesia - Panduan Wisata Di Kyoto - Tahun 2024

Kyoto, atau Kota Kyoto, adalah sebuah kota tujuan wisata yang terletak di Pulau Honshu, Jepang. Kota ini merupakan bagian dari daerah metropolitan Osaka-Kobe-Kyoto dan memiliki banyak situs bersejarah. Selain itu, Kyoto juga merupakan ibu kota Prefektur Kyoto. Namun, Kyoto bukan hanya sekadar ibu kota prefektur; ia adalah jantung sejarah dan budaya Jepang yang kaya. Mari kita telusuri lebih dalam mengenai kota yang penuh dengan pesona ini.

Sejarah Singkat Kyoto

Sejarah Singkat Kyoto

 

Kyoto memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Pada tahun 794, ibu kota istana yang disebut Heian-kyo ditetapkan sebagai ibu kota baru Jepang.

Saat itu, Heian-kyo menjadi pusat pemerintahan dan budaya Jepang. Pada masa itu, ibu kota disebut kyō no miyako yang selanjutnya berubah menjadi Kyoto.

Kyoto adalah kota yang dipahat dalam arsitektur feng shui. Terletak di dalam lembah yang dikelilingi oleh gunung-gunung di empat penjuru angin, Kyoto memiliki iklim daratan yang menciptakan perbedaan suhu yang signifikan antara siang dan malam serta antara musim dingin dan musim panas.

Keindahan alam sekitar Kyoto sungguh menakjubkan, dengan sungai-sungai seperti Kamogawa dan Katsuragawa yang mengalir di sekitarnya, serta gunung-gunung seperti Higashiyama, Kitayama, dan Nishiyama yang menjulang di kejauhan.

Kota ini dirancang dengan teliti, mengikuti pola jalan yang teratur dan terkotak-kotak seperti papan catur.

Setiap jalan memiliki nama tersendiri, dan banyak persimpangan diberi nama sesuai dengan jalan yang bertemu di sana. Suasananya memancarkan kedamaian dan kesejukan.

Pusat Kebudayaan

Kyoto adalah penjaga budaya Jepang yang kaya. Meskipun mengalami banyak perang, kebakaran, dan gempa bumi, kota ini selamat dari pengeboman selama Perang Dunia II. Saat ini, Kyoto dikenal sebagai salah satu kota terjaga budayanya di Jepang.

Kota ini memiliki sekitar 2000 kuil Shinto dan Buddha, ditambah dengan istana, taman, dan peninggalan arsitektur lainnya.

Beberapa kuil yang terkenal di seluruh Jepang antara lain Kiyomizu-dera, Kinkaku-ji, Ginkaku-ji, dan Ryoan-ji. Selain itu, ada juga Heian-Jingu, sebuah kuil Shinto yang didirikan pada tahun 1895 untuk merayakan keluarga kerajaan yang tinggal di Kyoto.

Pada tahun 1994, UNESCO menetapkan sebagian besar warisan sejarah Kyoto sebagai salah satu warisan budaya dunia. Ini mencakup Kuil Kamo, Kyō-ō-Gokokuji, Kiyomizu-dera, Daigo-ji, Ninna-ji, Saihō-ji, Tenryū-ji, Rokuon-ji, Jishō-ji, Ryōan-ji, Hongan-ji, Kōzan-ji, dan Istana Nijo, yang merupakan peninggalan bersejarah yang indah.

Tak hanya itu, Kyoto juga menjadi tempat berdirinya Museum Manga Internasional.

Ini adalah surganya para penggemar manga, tempat di mana Anda bisa menjelajahi dunia manga dalam berbagai bentuknya.

 

 

Transportasi yang Memadai

Kyoto memiliki sistem transportasi yang canggih dan memadai. Stasiun kereta api Kyoto adalah pusat dari seluruh transportasi di kota ini. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api terbesar kedua di Jepang.

Di dalamnya, Anda akan menemukan pusat perbelanjaan besar, hotel, bioskop, dan bahkan beberapa kantor pemerintahan lokal.

Semuanya terletak dalam satu bangunan setinggi 15 lantai. Stasiun ini menjadi titik pusat bagi Shinkansen dan jalur kereta lokal, serta kereta bawah tanah.

Anda dapat mencapai Kyoto dengan kereta Shinkansen, memerlukan waktu sekitar dua jam dari Tokyo dan sekitar 15 menit dari Osaka.

Selain itu, jaringan kereta JR, Keihan, Hankyu, dan Kintetsu menghubungkan Kyoto dengan kota-kota lain di wilayah Kansai.

Ada juga kereta ekspres JR Haruka yang menghubungkan Bandar Udara Internasional Kansai dengan Stasiun JR Kyoto.

Dalam kota, bus adalah salah satu alat transportasi yang paling sering digunakan. Jaringan bus yang luas mencakup hampir seluruh kota. Terminal bus utama terletak di depan Stasiun Kereta Api Kyoto, dan hampir semua bus dalam kota berangkat dari sana.

Sebagian besar bus menggunakan sistem satu tarif untuk seluruh tujuan, dengan beberapa pengecualian untuk rute jauh.

Selain bus, terdapat juga kereta api dan kereta bawah tanah yang melayani transportasi lokal.

Berbagai Festival Yang Sering Diadakan Di Kyoto

Tahukah kamu bahwa Kyoto adalah kota yang selalu hidup dengan berbagai festival menakjubkan sepanjang tahun? Ya, benar! Kyoto adalah rumah bagi beberapa festival yang penuh warna, bersejarah, dan spektakuler. Dalam tulisan ini, kita akan membahas beberapa festival terkenal yang diadakan di Kyoto. Siap-siap untuk merasakan kegembiraan dan budaya yang kaya dalam setiap festival ini.

1. Aoi Matsuri – Festival Dedikasi untuk Kuil Kamigamo dan Shimogamo

Mari kita mulai dengan festival yang sangat bersejarah, Aoi Matsuri, yang juga dikenal sebagai Kamo Matsuri.

Festival ini adalah salah satu yang tertua di Jepang dan telah berlangsung selama sekitar 1.400 tahun!

Bayangkan, festival ini dimulai sejak masa pemerintahan Kaisar Kinmei. Ini adalah festival dedikasi untuk Kuil Kamigamo dan Shimogamo yang berlokasi di Kyoto.

Apa yang membuat Aoi Matsuri begitu istimewa? Salah satu ciri khasnya adalah pesertanya yang mengenakan kostum abad ke-8 dan menaiki kuda.

Kostum ini menciptakan nuansa kuno yang menakjubkan, dan saat kamu menyaksikan para peserta berkuda melintasi jalanan Kyoto, kamu akan merasa seolah-olah kembali ke zaman dahulu.

Festival ini diadakan setiap tanggal 15 Mei, dan salah satu momen puncaknya adalah saat parade panjang melewati kota, yang disebut “Chokushi-Mon,” melewati gerbang istana kekaisaran.

Kemudian, ada upacara di kuil, di mana sejumlah persembahan disajikan kepada dewa.

Jadi, jika kamu ingin merasakan keajaiban sejarah Jepang dan pesona festival yang kuno, pastikan untuk datang ke Aoi Matsuri saat berada di Kyoto.

2. Gion Matsuri – Merayakan Musim Panas dengan Gemerlap Festival

Kamu mungkin sudah pernah mendengar tentang Gion Matsuri, salah satu festival terbesar dan paling terkenal di Jepang.

Festival ini digelar sepanjang bulan Juli dan dirayakan dengan penuh semangat oleh penduduk Kyoto dan wisatawan.

Festival ini memiliki akar yang sangat dalam dan bersejarah. Salah satu sorotannya adalah upacara “mikoshiarai,” di mana kuil mini yang dapat dipindahkan dicuci secara khusus. Ini adalah peristiwa yang sangat penting dan disaksikan oleh ribuan orang.

Salah satu aspek menarik lainnya dari Gion Matsuri adalah parade “Yamaboko Junko.”

Dalam parade ini, kamu akan melihat kendaraan hias yang megah dan indah yang disebut “Yamaboko.” Mereka dihiasi dengan karya seni yang luar biasa dan bunga-bunga yang indah.

Parade ini adalah cara yang fantastis untuk merasakan kebudayaan dan tradisi Kyoto.

Jadi, jika kamu merencanakan perjalanan ke Kyoto pada bulan Juli, pastikan untuk bergabung dengan semangat perayaan di Gion Matsuri. Kamu tidak akan kecewa oleh gemerlapnya festival ini!

3. Jidai Matsuri – Merayakan Sejarah dan Budaya Kyoto

Festival Jidai Matsuri, yang biasanya diselenggarakan pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya, adalah perayaan yang merayakan sejarah dan budaya Kyoto.

Festival ini berlangsung sejak tahun ke-28 dari zaman Meiji, yang artinya telah ada sejak tahun 1895, dan festival ini adalah cara yang fantastis untuk merayakan 1.100 tahun Heian Sento, pemindahan ibu kota ke Kyoto.

Salah satu bagian terbaik dari Jidai Matsuri adalah parade yang luar biasa. Ribuan peserta mengenakan pakaian tradisional yang mewakili berbagai periode dalam sejarah Jepang.

Parade ini menciptakan perjalanan melalui waktu yang luar biasa, memberikan pengunjung gambaran nyata tentang evolusi mode dan budaya Jepang.

Selain parade, festival ini juga menampilkan berbagai pertunjukan seni tradisional dan musik.

Jadi, jika kamu ingin merasakan sejarah hidup Jepang dan budaya yang kaya, Jidai Matsuri adalah tempat yang tepat.

4. Gozan no Okuribi – Pesta Cahaya di Pegunungan

Gozan no Okuribi, juga dikenal sebagai “Festival Api Pegunungan,” adalah festival yang penuh makna dan indah yang diadakan pada tanggal 16 Agustus petang hingga malam.

Festival ini menampilkan pertunjukan cahaya yang spektakuler di gunung-gunung yang mengelilingi kota Kyoto.

Apa yang membuat Gozan no Okuribi sangat istimewa adalah cara api disusun untuk membentuk karakter dan simbol budaya Jepang yang terkenal.

Salah satu yang paling terkenal adalah karakter “大” (dai), yang berarti “besar.” Ini adalah simbol yang dinyalakan pertama kali, dan selanjutnya api di pegunungan lainnya akan mengikuti.

Festival ini memiliki akar yang kuat dalam tradisi agama Buddha dan Shinto. Api dianggap sebagai cara untuk mengirim roh orang yang telah meninggal ke alam setelah kematian.

Saat matahari terbenam dan cahaya mulai menyala di gunung-gunung, kamu akan merasa seolah-olah kamu berada di bawah langit yang dipenuhi bintang-bintang.

Ini adalah pengalaman yang benar-benar magis yang tidak boleh dilewatkan jika kamu berada di Kyoto pada bulan Agustus.

Demikianlah beberapa festival yang spektakuler di Kyoto yang memperkaya pengalaman budaya dan sejarahmu.

Dari festival yang berlangsung selama berabad-abad hingga perayaan musim panas yang gemerlap, Kyoto adalah kota yang selalu merayakan warisan budayanya dengan megah.

Jadi, jika kamu merencanakan perjalanan ke Kyoto, pastikan untuk memeriksa jadwal festival-festival ini dan bergabung dalam perayaan yang memukau ini.

Kamu pasti akan membawa pulang kenangan yang tak terlupakan!

Rekomendasi Tempat Wisata Di Kyoto Wajib Dikunjungi Di 2024

Rekomendasi Tempat Wisata Di Kyoto Wajib Dikunjungi Di 2024

Kota Kyoto, sebuah permata budaya Jepang, terkenal akan keindahan museum dan kuil-kuilnya yang memukau.

Nah, jika kamu sedang merencanakan liburan ke Jepang, pastikan untuk memasukkan Kyoto dalam daftar destinasi favoritmu.

Di sini, saya akan membahas 21+ tempat wisata favorit di Kyoto yang wajib kamu kunjungi saat liburan.

1. Kinkaku-ji: Kuil Emas yang Memukau

Kinkaku-ji, atau yang dikenal sebagai Kuil Emas, adalah salah satu tempat wisata paling ikonik di Kyoto.

Kuil ini dibangun pada tahun 1397 sebagai vila peristirahatan bagi shogun Ashikaga Yoshimitsu. Nama “Kuil Emas” merujuk pada cat emas yang menghiasi bangunannya.

Pemandangan yang sangat memukau bisa kamu nikmati ketika matahari hampir terbenam, saat cahayanya merona pada lapisan emas kuil ini.

Namun, pastikan kamu datang saat jam buka karena kunjungan di malam hari tidak diizinkan.

Di sekitar kuil ini, terdapat kolam yang menambah pesonanya. Kamu juga bisa mencoba minum teh Jepang yang autentik di kedai sekitar.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto di tempat yang sangat eksotis ini!

2. Kiyomizu-dera: Kuil Buddha Kuno dengan Pemandangan Menakjubkan

Kiyomizu-dera, atau Kuil Air Jernih, adalah kuil Buddha kuno yang telah berdiri sejak tahun 798.

Namun, kuil ini sering mengalami perbaikan karena sering terkena bencana alam.

Salah satu daya tarik utama Kiyomizu-dera adalah pemandangan kota Kyoto yang luar biasa yang bisa dinikmati dari atas.

Selain pemandangan, di sekitar kuil ini banyak toko yang menjual makanan dan oleh-oleh.

Kamu bisa merasakan nuansa Jepang yang autentik di sini. Jadi, pastikan untuk memasukkan Kiyomizu-dera dalam daftar kunjunganmu!

3. Fushimi Inari Taisha: Gerbang Merah yang Mengagumkan

Fushimi Inari, tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi

Fushimi Inari Taisha adalah salah satu kuil Shinto paling terkenal di Jepang. Kuil ini terletak di Fushimi-ku, Kyoto, dan terkenal karena deretan gerbang warna merah yang menghiasi jalan masuknya.

Saat sore menjelang matahari terbenam, tempat ini menjadi sangat indah dan cocok untuk berfoto.

Selain pemandangan yang memukau, kamu juga bisa menikmati makanan khas Jepang di restoran sekitar kuil ini.

Jadi, pastikan untuk merencanakan kunjungan ke salah satu kuil terindah di Kyoto ini!

4. Arashiyama: Menikmati Hutan Bambu yang Indah

Arashiyama: Menikmati Hutan Bambu yang Indah

Liburan ke Kyoto tidak lengkap tanpa mengunjungi Arashiyama. Di tempat wisata favorit ini, kamu bisa berfoto sambil menikmati hutan bambu yang sangat indah.

Selain berjalan-jalan di tengah hutan bambu, kamu juga bisa menyewa sepeda, pakaian kimono, atau bahkan Jinrikisha (sejenis becak khas Jepang yang unik).

Ini adalah cara yang sempurna untuk mengeksplorasi keindahan alam sekitarnya.

Sambil berfoto, kamu juga bisa membeli beberapa makanan ringan dan minuman yang tersedia di kawasan ini.

Jadi, jangan lupa memasukkan Arashiyama dalam rencana perjalananmu ke Kyoto!

5. Nijō Castle: Kastil Bersejarah yang Memukau

Nijō Castle: Kastil Bersejarah yang Memukau

Nijō Castle, atau Kastil Nijo, adalah salah satu peninggalan bersejarah di Kyoto. Kastil ini dulunya adalah kediaman dari Tokugawa Ieyasu, shogun pertama dari periode Edo (1603-1867).

Setelah Tokugawa Ieyasu lengser pada tahun 1867, kastil ini digunakan sebagai Istana Kekaisaran untuk sementara waktu sebelum menjadi situs sejarah.

Salah satu keunikan dari Kastil Nijo adalah ruangannya yang dihiasi dengan dekorasi dan lukisan yang sangat indah.

Di luar, kamu bisa menikmati kebun yang cantik. Meskipun kamu tidak dapat masuk ke bagian dalam kastil, tetapi pemandangan di sekitarnya sangat memukau.

Jadi, pastikan untuk menyertakan Kastil Nijo dalam daftar kunjunganmu di Kyoto!

6. Nishiki Market: Surga Kuliner dan Belanja

Nishiki Market: Surga Kuliner dan Belanja

Jika kamu ingin mencicipi berbagai kuliner khas dari Kyoto, maka Nishiki Market adalah tempat yang harus kamu kunjungi.

Pasar tradisional ini menjual berbagai jenis makanan dan barang-barang terkenal dengan harga yang cukup terjangkau.

Kamu bisa membeli berbagai makanan ringan hingga seafood yang sangat lezat di sini.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan oleh-oleh, kerajinan, pernak-pernik, barang fashion, dan suvenir khas Kyoto.

Jadi, saat kamu sedang liburan dan jalan-jalan ke Jepang, jangan lupa untuk mampir ke Pasar Nishiki ini. Kamu akan menemukan banyak hal menarik di sini!

7. Ginkaku-ji: Kuil dengan Taman Pasir yang Indah

Ginkaku-ji, atau yang sering dikenal sebagai “Paviliun Perak,” adalah sebuah kuil di distrik Sakyō, Kyoto.

Kuil ini terkenal karena taman pasirnya yang memiliki pola yang sangat indah.

Selain taman pasir, kamu juga bisa membeli suvenir dan jajanan seperti mochi dan teh matcha di toko-toko di sekitar kawasan ini.

Ginkaku-ji juga merupakan tempat yang sempurna untuk berfoto-foto dan berjalan santai sambil menikmati keindahan pepohonan dan taman yang indah.

Jadi, pastikan untuk merencanakan kunjungan ke salah satu tempat wisata populer di Kyoto ini!

8. Heian Shrine: Kuil Shinto yang Megah

Heian Shrine, juga dikenal sebagai “Heian Jingū,” adalah sebuah kuil Shinto yang terletak di Sakyō-ku, Kyoto.

Kuil ini dibangun pada tahun 1895 untuk merayakan ulang tahun ke-1100 kota Kyoto.

Salah satu pesonanya adalah gerbang Torii merah raksasa yang menghiasi jalan utama pintu kuil. Ini adalah latar belakang yang sempurna untuk foto-fotomu.

Di belakang bangunan utama, terdapat taman yang indah dengan banyak jenis pohon, kolam yang cantik, dan bangunan tradisional.

Taman ini juga ditumbuhi banyak pohon sakura, sehingga jika kamu datang pada waktu yang tepat, kamu bisa menikmati keindahan bunga-bunga di sini.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai festival yang diselenggarakan di kuil ini.

Jadi, pastikan untuk menyertakan Heian Shrine dalam daftar kunjunganmu di Kyoto!

9. Yasaka Shrine: Kuil dengan Festival Gion yang Terkenal

Yasaka Shrine adalah kompleks kuil Shinto yang berada di kawasan Gion, Kyoto.

Kuil ini terkenal karena Festival Gion yang sangat luar biasa. Festival ini diadakan untuk menyambut musim panas di Kyoto pada pertengahan bulan Juli.

Ketika malam tiba, banyak lampu lampion yang berkilauan dan sangat cantik di kawasan wisata ini.

Selain itu, kamu juga bisa mencicipi makanan ringan yang ada di area kuil ini.

Jadi, jika kamu berencana mengunjungi Kyoto pada bulan Juli, pastikan untuk menyaksikan keindahan Festival Gion di Yasaka Shrine!

10. Kyoto Imperial Palace: Istana Kekaisaran yang Elegan

Kyoto Imperial Palace: Istana Kekaisaran yang Elegan

Kyoto Imperial Palace merupakan bekas istana pemerintahan Kekaisaran Jepang sebelum pindah ke Tokyo pada tahun 1868. Destinasi wisata ini bersih dan terawat dengan baik, menarik perhatian wisatawan asing dan lokal yang ingin berkunjung.

Bangunan-bangunan di dalam kompleks istana ini sangat indah dan sarat dengan sejarah.

Terdapat bangunan-bangunan seperti Shodaibuma untuk pertemuan resmi, Shishinden untuk bangunan upacara resmi, dan Seiryoden untuk tempat tinggal kaisar.

Meskipun kamu tidak diizinkan masuk ke bagian dalam istana, namun pemandangan taman dengan kolam dan pohon yang rindang sangat menarik.

Jadi, pastikan untuk menyertakan Kyoto Imperial Palace dalam rencana perjalananmu!

11. Tenryū-ji: Kuil Zen dengan Pemandangan Alam yang Indah

Tenryū-ji adalah kuil kepala cabang dari sekte Rinzai dalam Buddhisme Zen yang berlokasi di Susukinobaba-chō, Lingkungan Ukyō, Kyoto.

Kuil ini terkenal karena Bodhidharma Picture yang sangat eksotis dan lukisan naga di atas langit kuil ini.

Terdapat juga kolam yang menakjubkan dengan susunan batu-batu besar yang menambah pesonanya.

Pada musim tertentu, kamu bisa menikmati bunga sakura dan azalea yang indah di sini.

12. Ryōan-ji: Taman Batu yang Terkenal

Ryōan-ji adalah tempat yang harus kamu kunjungi jika kamu ingin merasakan keindahan alam yang luar biasa saat liburan ke Kyoto.

Ryōan-ji terkenal karena taman batu terkenalnya, yang biasa disebut dengan “Rock Gardens.”

Tempat wisata populer ini telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia yang menarik pengunjung dari seluruh dunia setiap harinya.

Keunikan lain dari Ryōan-ji adalah terdapat Tsukubai Water Basin yang sangat eksotis, tempat air yang biasanya digunakan untuk membersihkan tangan dan mulut bagi para tamu.

Selain itu, Ryōan-ji juga terkenal akan kolam Kyōyōchi yang sangat indah untuk dinikmati pemandangannya.

Kamu bisa berjalan-jalan di antara pepohonan dan bunga yang sangat luar biasa indahnya di kawasan wisata ini.

Jadi, pastikan untuk merencanakan kunjungan ke Ryōan-ji saat liburanmu di Kyoto!

13. The Philosopher’s Path: Jalan Setapak yang Indah

The Philosopher’s Path merupakan destinasi wisata jalan setapak yang mempunyai keindahan pohon dan bunga sakura yang mengikuti kanal yang bersih.

Tempat ini menjadi sangat menarik untuk berfoto ketika musim gugur telah tiba.

Sekitar bulan April, kawasan wisata ini akan sangat indah untuk dinikmati. Tempat ini cocok untuk sekedar duduk dan berjalan-jalan untuk menikmati suasana yang tenang.

Selain itu, terdapat banyak penjual suvenir, jajanan, dan tentunya pakaian kimono.

14. Toji: Kuil dengan Pagoda Tertinggi di Jepang

Toji merupakan kuil yang terkenal dengan pagodanya yang memiliki tinggi mencapai 57 meter, menjadikannya pagoda tertinggi di Jepang.

Objek wisata ini sangat indah dan sarat dengan budaya yang luar biasa sehingga para pengunjung bisa mengambil banyak foto yang indah.

Selain pagoda yang memukau, kamu juga bisa melihat taman yang indah dengan berbagai warna ketika musim gugur tiba. Toji adalah tempat yang wajib kamu kunjungi saat liburan di Kyoto!

15. Nanzen-ji: Kuil dengan Pemandangan Alam yang Memukau

Nanzen-ji merupakan suatu kuil Buddha Zen di Kyoto dan telah didirikan sejak tahun 1291.

Kamu bisa menikmati suasana alam dari pohon-pohon besar di kawasan taman.

Saat musim gugur tiba, daun-daun dari pohon-pohon di sekitar kuil akan berubah menjadi merah dan jingga, menciptakan pemandangan yang sangat memukau.

Pastikan untuk mengabadikan pengalaman tak terlupakanmu di Nanzen-ji yang unik ini!

16. Kyoto Tower: Menara Observasi dengan Pemandangan Kota

Kyoto Tower: Menara Observasi dengan Pemandangan Kota

Jika kamu ingin menikmati pemandangan kota Kyoto dari ketinggian bersama dengan keluarga, maka Kyoto Tower adalah pilihan yang tepat.

Menara Kyoto Tower memiliki balkon observasi setinggi 100 meter, dengan puncak menara mencapai 131 meter.

Menara ini selesai dibangun pada tahun 1964. Dari ketinggian 100 meter, kamu bisa melihat pemandangan 360 derajat yang mencakup kota Kyoto dan bahkan Osaka saat cuaca cerah.

Selain itu, Kyoto Tower juga merupakan bangunan komersial yang menawarkan penjualan suvenir, restoran, dan hotel yang luar biasa.

Jadi, pastikan untuk mengunjungi Kyoto Tower saat liburanmu di Kyoto!

17. Arashiyama Monkey Park Iwatayama: Bertemu dengan Monyet-Monyet Lucu

Jika kamu ingin liburan ke Kyoto sambil menikmati kehadiran binatang yang lucu, maka Arashiyama Monkey Park Iwatayama adalah destinasi wisata pilihanmu bersama keluarga.

Taman ini berada di Arashiyama, salah satu kawasan tersibuk oleh wisatawan.

Saat berkunjung ke sini, kamu akan disuguhi pemandangan alam yang indah ditambah dengan kehadiran monyet-monyet.

Namun, perlu diingat bahwa kamu harus berhati-hati terhadap monyet-monkey ini karena mereka bisa mengambil makanan dan barang-barang para pengunjung.

18. Rengeoin Sanjusangendo: Kuil dengan 1001 Patung Kannon

Rengeoin Sanjusangendo adalah kuil Buddha dari sekte Tendai yang berada di distrik Higashiyama di Kyoto.

Kuil ini terkenal dan menakjubkan karena terdapat 1001 patung Kannon, Dewi Kasih Sayang.

Namun, pengunjung tidak diizinkan mengambil gambar di dalam kuil. Selain itu, dari luar terdapat taman yang sangat indah yang bisa dinikmati.

19. Kifune Shrine: Kuil Shinto di Tengah Keindahan Alam

Jika kamu ingin merasakan liburan yang tenang dan damai, maka Kifune Shrine adalah pilihan yang tepat. Kifune Shrine merupakan kuil Shinto terkenal yang berada di Sakyō-ku, Kyoto.

Kawasan kuil ini terdapat banyak sekali satwa liar dan bunga musiman di sepanjang sungai.

Sungai di kawasan ini masih alami dengan air yang jernih. Terdapat juga penginapan tradisional (Ryokan) dan restoran lokal yang menyajikan makanan lezat.

Selain itu, Kifune Shrine akan sangat indah saat kamu mengunjunginya pada musim dingin karena daerah ini akan ditutupi oleh salju.

20. Togetsu-kyō Bridge: Jembatan dengan Pemandangan Indah

Togetsu-kyō Bridge adalah sebuah jembatan yang melintasi Sungai Katsura di depan Gunung Arashiyama dengan panjang mencapai 155 meter.

Jembatan ini akan menawarkan pemandangan yang sangat indah, terutama saat musim semi dengan bunga sakura mekar dan saat musim gugur dengan daun berubah warna.

Jadi, pastikan untuk mengambil foto dengan latar belakang keindahan salah satu tempat wisata terbaik di Kyoto ini!

21. Kyoto International Manga Museum: Surga bagi Pecinta Manga

Bagi pecinta manga, kunjungan ke Kyoto International Manga Museum adalah suatu keharusan.

Museum yang diresmikan pada tanggal 25 November 2006 ini berlokasi di bekas Sekolah Dasar Kyoto Tatsuike di distrik kota Nakagyo.

Museum manga ini terdiri dari tiga lantai dan satu basement, dengan sebagian besar dindingnya diisi oleh rak-rak yang berisi koleksi manga. Terdapat koleksi sekitar 300.000 komik dan pameran yang berhubungan dengan manga.

Para pengunjung bisa membaca berbagai judul manga yang disukai, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Jadi, pastikan untuk mengunjungi museum ini dan merasakan pengalaman yang unik!

22. Kurama-dera: Kuil dengan Sejarah dan Misteri

Kurama-dera adalah kuil dengan sejarah panjang dan atmosfer yang unik yang berada di daerah pegunungan. Kuil indah ini berada di ujung utara Kyoto.

Kurama-dera didirikan pada tahun 770 oleh Gantei, seorang biarawan dari Nara yang mencari perlindungan di padang gurun untuk melakukan meditasi.

Keunikan dari objek wisata ini adalah para pengunjung bisa melihat pemandangan alam pegunungan sambil menikmati udara yang segar.

Liburan ke kuil ini sangat tepat jika kamu ingin hiking untuk melihat sejarah kuno dan misteri dari bangunan kuil ini.

23. Kennin-ji: Kuil Zen dengan Lukisan-Lukisan Menakjubkan

Kennin-ji adalah suatu kuil Buddha Zen yang bersejarah di Higashiyama, Kyoto. Kuil ini memiliki bangunan dengan arsitektur gaya Jepang dan taman yang sangat indah.

Bangunan kuil ini menggunakan struktur kayu berwarna coklat tua dengan tembok berwarna putih.

Dari dinding dan langit-langit kuil ini, terdapat lukisan-lukisan yang sangat menakjubkan yang bisa dinikmati para pengunjung.

Jadi, pastikan untuk mengunjungi Kennin-ji dan merasakan ketenangan serta keindahan tempat ini.

24. Kyoto National Museum: Museum Seni dan Budaya

Kyoto National Museum adalah museum yang diresmikan pada Mei 1897 dan dikelola oleh Institut Nasional Peninggalan Budaya di Kyoto.

Museum ini sering digunakan sebagai lembaga penelitian.

Museum nasional Kyoto memiliki koleksi peninggalan budaya Kyoto dari zaman Heian hingga zaman Edo.

Para pengunjung bisa menikmati berbagai pameran seni mulai dari lukisan hingga patung.

25. Kyoto Botanical Gardens: Kebun Botani yang Indah

Bagi yang ingin menikmati keindahan kebun saat liburan, Kyoto Botanical Gardens bisa menjadi pilihan yang tepat.

Taman botani dengan luas 24 hektar ini terletak di sebelah Sungai Kamo, Hangi-cho Simogamo, Sakyō-ku, Kyoto.

Kebun ini terbagi menjadi beberapa area seperti Kebun Bambu, Lingkungan Bonsai, Pohon Sakura, Kebun Bergaya Eropa, dan masih banyak lagi. Kamu bisa berfoto bersama keindahan bunga-bunga dari berbagai kebun yang cantik.

Selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa bersantai di taman ini. Kebun botani ini adalah tempat yang tepat untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam.

Itulah 251+ tempat wisata favorit di Kyoto yang wajib kamu kunjungi saat liburan. Kyoto adalah kota yang kaya akan sejarah, budaya, dan alam yang indah.

Semua tempat di atas menawarkan pengalaman unik dan pemandangan yang memukau.

Jadi, pastikan untuk merencanakan perjalananmu dengan baik dan menjelajahi semua yang Kyoto tawarkan!

FAQ – Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Terkait Kota Kyoto

Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban tersebut.

Pertanyaan 1: Kyoto terkenal dengan apa?

Keindahan Bersejarah Kyoto yang Menarik

Kyoto adalah salah satu kota terkenal di Jepang, dan ketika seseorang menyebutnya, biasanya yang terlintas di benak adalah sejarah, budaya, dan keindahan alamnya.

Jadi, apa yang membuat Kyoto terkenal?

1. Sejarah yang Kaya

Pertama-tama, Kyoto membanggakan sejarahnya yang kaya. Kota ini telah ada selama lebih dari 1200 tahun, dan masih banyak bangunan tua yang tersisa hingga hari ini.

Sebagai pusat kebudayaan dan politik Jepang selama berabad-abad, Kyoto menjadi rumah bagi banyak kuil, istana, dan situs bersejarah yang penting.

2. Kuil-Kuil yang Memukau

Salah satu hal yang paling terkenal dari Kyoto adalah jumlah kuilnya. Kota ini memiliki begitu banyak kuil yang berbeda, mulai dari Kuil Fushimi Inari yang terkenal dengan seribu gerbang torii merahnya, hingga Kuil Kinkaku-ji yang megah dengan atap emasnya yang gemerlap.

Setiap kuil memiliki sejarah dan arsitektur uniknya sendiri, dan mengunjungi mereka adalah cara yang bagus untuk merasakan kekayaan budaya Kyoto.

3. Budaya Tradisional

Kyoto juga dikenal sebagai tempat di mana budaya Jepang tradisional masih sangat hidup.

Kamu dapat menyaksikan upacara minum teh, pertunjukan tarian kabuki, dan mengenakan kimono tradisional di sini. Gion, yang terkenal dengan geisha-nya, adalah salah satu distrik terbaik untuk menikmati budaya tradisional Jepang.

4. Kecantikan Alam

Selain sejarah dan budaya, Kyoto juga dikenal karena kecantikan alamnya. Ada pegunungan, hutan bambu, dan sungai yang mengelilingi kota ini.

Berjalan-jalan di hutan bambu Arashiyama atau menikmati bunga sakura di musim semi adalah pengalaman yang tak terlupakan.

Pertanyaan 2: Berapa lama naik Shinkansen dari Tokyo ke Kyoto?

Perjalanan Cepat dengan Shinkansen ke Kyoto

Kalau kamu merencanakan perjalanan dari Tokyo ke Kyoto, kamu mungkin penasaran berapa lama waktu yang dibutuhkan dengan Shinkansen, kereta cepat Jepang yang terkenal. Nah, inilah beberapa informasi untukmu:

1. Waktu Perjalanan Standar

Secara umum, perjalanan dari Tokyo ke Kyoto dengan Shinkansen memakan waktu sekitar 2 jam 15 menit.

Ini adalah waktu perjalanan yang cepat dan nyaman yang memungkinkanmu untuk menikmati pemandangan Jepang selama perjalanan.

2. Waktu Tercepat

Namun, jika kamu ingin perjalanan yang lebih cepat, ada pilihan Shinkansen yang lebih cepat, seperti Nozomi.

Kereta Nozomi bisa mencapai Kyoto hanya dalam waktu sekitar 2 jam 1 menit. Ini adalah opsi tercepat yang tersedia.

3. Stasiun Keberangkatan

Dari Tokyo, kamu dapat naik Shinkansen dari beberapa stasiun, termasuk Stasiun Shinagawa dan Stasiun Tokyo.

Ini membuatnya sangat nyaman untuk menemukan stasiun yang paling sesuai dengan lokasimu di Tokyo.

4. Kesimpulan

Jadi, perjalanan dengan Shinkansen dari Tokyo ke Kyoto adalah salah satu cara paling cepat dan efisien untuk mencapai tujuanmu.

Dalam waktu sekitar 2 jam hingga 2 jam 15 menit, kamu akan tiba di kota yang kaya akan sejarah dan budaya ini.

Pertanyaan 3: Dari Osaka ke Kyoto naik apa?

Alternatif Perjalanan dari Osaka ke Kyoto

Jika kamu berencana untuk bepergian dari Osaka ke Kyoto, ada beberapa alternatif perjalanan yang bisa kamu pertimbangkan. Mari kita lihat beberapa opsi yang tersedia:

1. Naik Taksi

Salah satu cara paling nyaman dan langsung untuk pergi dari Osaka ke Kyoto adalah dengan naik taksi.

Ini adalah opsi tercepat dan paling praktis jika kamu memiliki banyak bagasi atau bepergian dalam kelompok. Namun, biaya taksi bisa cukup tinggi.

2. Naik Bus

Alternatif yang lebih terjangkau adalah dengan naik bus. Banyak perusahaan bus yang mengoperasikan layanan antara Osaka dan Kyoto.

Ini adalah pilihan yang baik jika kamu mencari cara yang lebih hemat biaya untuk berpergian.

3. Naik Kereta Api

Jepang memiliki sistem kereta api yang sangat efisien, dan kamu dapat dengan mudah naik kereta dari Osaka ke Kyoto. Ada beberapa jenis kereta yang tersedia, termasuk kereta lokal dan kereta cepat. Perjalanan dengan kereta adalah salah satu cara yang paling nyaman untuk bergerak antara kedua kota ini.

4. Kesimpulan

Ada banyak cara untuk pergi dari Osaka ke Kyoto, jadi kamu dapat memilih yang paling sesuai dengan preferensimu dan anggaranmu.

Semua opsi ini akan membawa kamu ke Kyoto, di mana kamu dapat menikmati keindahan sejarah dan budayanya.

Pertanyaan 4: Berapa biaya hidup di Kyoto Jepang?

Berapa Biaya Hidup di Kyoto?

Jika kamu merencanakan perjalanan ke Kyoto, salah satu pertanyaan yang mungkin ada di benakmu adalah berapa biaya hidup di kota ini.

Nah, biaya hidup di Kyoto dapat bervariasi tergantung pada gaya hidupmu, tetapi mari kita lihat perkiraan biaya hidup rata-rata di Kyoto:

1. Akomodasi

Biaya akomodasi di Kyoto dapat bervariasi tergantung pada jenis akomodasi yang kamu pilih.

Hotel-hotel mewah akan lebih mahal daripada penginapan budget. Per malam, kamu dapat mengharapkan biaya antara 7.000 hingga 30.000 yen (setara dengan Rp 900 ribu hingga Rp 4 juta).

2. Makanan

Makanan di Kyoto dapat bervariasi dari yang sangat murah hingga mewah.

Jika kamu makan di restoran mahal, makan malam bisa mencapai 5.000 hingga 10.000 yen (setara dengan Rp 650 ribu hingga Rp 1,3 juta per orang).

Namun, ada juga restoran budget yang menawarkan hidangan lezat dengan harga sekitar 1.000 hingga 2.000 yen (setara dengan Rp 130 ribu hingga Rp 260 ribu per orang).

3. Transportasi

Biaya transportasi di Kyoto tergantung pada seberapa sering kamu bepergian.

Tiket kereta dan bus dapat berkisar antara 210 hingga 1.200 yen (setara dengan Rp 27 ribu hingga Rp 156 ribu) tergantung pada jarak dan jenis layanan.

4. Kegiatan Wisata

Kyoto memiliki banyak tempat wisata yang menarik, dan biaya untuk masuk ke tempat-tempat ini bervariasi.

Harga tiket biasanya berkisar antara 200 hingga 1.000 yen (setara dengan Rp 26 ribu hingga Rp 130 ribu) per orang.

5. Biaya Hidup Sehari-hari

Secara umum, biaya hidup sehari-hari di Kyoto, termasuk belanja kebutuhan sehari-hari, dapat mencapai sekitar 3.000 hingga 5.000 yen (setara dengan Rp 390 ribu hingga Rp 650 ribu) per orang.

6. Kesimpulan

Jadi, biaya hidup di Kyoto dapat bervariasi, tetapi dengan perencanaan yang baik, kamu dapat menikmati liburan yang indah di kota ini tanpa harus menguras dompetmu.

Pastikan untuk merencanakan anggaranmu dengan baik agar kamu dapat menikmati semua yang Kyoto tawarkan.

Rekomendasi Destinasi Wisata Di Kyoto Lain Untuk Dikunjungi Di Musim Liburan 2024

Video + Informasi Suasana Stasiun Kyoto Di Jam Sibuk!

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Ya, Stasiun Kyoto ini memang lebih dari sekadar tempat untuk naik kereta. Ini adalah sebuah kompleks stasiun yang dibuat dari kaca dan baja ultra-modern yang sangat besar, dirancang oleh arsitek pemenang penghargaan Hiroshi Hara.

Festival Gion Kyoto Satu Dari Tiga Matsuri Terbesar Di Jepang

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Gion Matsuri adalah salah satu festival tahunan terbesar dan paling terkenal di Jepang, yang diadakan di kota Kyoto selama sebulan penuh setiap bulan Juli. Festival ini memiliki akar sejarah yang dalam, dimulai sekitar 1.100 tahun yang lalu.

Kuliner Unik Resto Tatsumiya, Menu Makanan Serba Matcha!

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Halo, teman-teman pecinta kuliner! Kali ini, saya bakal cerita tentang pengalaman mencoba menu makan malam yang unik banget, yaitu menu makanan dengan bahan utama matcha atau teh hijau. Resto yang akan saya bahas ini namanya "Tatsumiya," sebuah restoran Jepang tradisional yang berlokasi di Uji, Kyoto.

Tsuen Chaya: Mencicip Ocha di Kedai Teh Tertua Jepang

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Mungkin kamu sering mendengar tentang kegiatan makan dan minum di kafe sebagai sesuatu yang biasa. Namun, bagaimana jika kamu bisa merasakan sensasi makan dan minum teh di salah satu kedai teh tertua di Jepang?

Japan Train : Cab Ride And Back Ride View From Kyoto To Uji City

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Naik kereta dari Stasiun Kyoto ke Uji adalah pengalaman yang sangat menyenangkan. Dari kaca lebar dan bersih hingga kenyamanan di dalam kereta, semuanya membuat perjalanan ini berkesan. Pemandangan indah sepanjang perjalanan dan destinasi menarik di Uji City membuat pengalaman ini semakin istimewa.

Tempat Sholat Untuk Muslim Traveler Di Kyoto Tower

Catperku.com ( Travel Blogger Indonesia ) – Kyoto Tower, menara yang terletak dekat Stasiun Kyoto, ternyata punya ruang shalat bagi para turis Muslim. Caranya, cukup ungkapkan keinginanmu untuk shalat kepada petugas Kansai Tourist Information Center yang ada di lantai yang sama, isi formulir registrasi, dan petugas akan mengantarmu ke ruang shalat. Ruang shalat pria dan wanita terpisah, dan ada tempat wudhu di dalamnya.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Kansai Area (Kyoto, Osaka, Himeji, Nara dan sekitarnya)

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Selain Tokyo,  area Kansai adalah tujuan wisata populer di Jepang. Terutama untuk first timer, atau yang baru pertama kali mengunjungi Jepang. Untuk turis dari Indonesia sendiri, Kansai International Airport adalah salah satu pintu masuk ke Jepang selain dari Tokyo. Nggak ada salahnya kok sesekali menjelajah area di luar Tokyo.

Pengalaman Menginap Kyoto Century Hotel, Dekat Stasiun Kyoto!

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Saat saya liburan ke Jepang, salah satu pengalaman menginap yang paling memorable adalah di Kyoto Century Hotel. Salah satu alasan utama saya menyukai hotel ini adalah karena lokasinya yang sangat strategis, tepat di seberang Stasiun Kyoto.

Kyoto Imperial Palace Park, Saksi Bisu Era Kejayaan Kekaisaran Jepang

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Sudah menjadi rahasia umum, kalau Kota Kyoto banyak memiliki tempat – tempat bersejarah. Selain benteng pertahanan para Samurai yaitu Nijo Castle, salah satu yang wajib banget didatangi bagi siapapun yang datang ke kota ini adalah Kyoto Imperial Palace.

Mengenang Kejayaan Era Shogun Jepang Di Kastil Nijo Kyoto

Catperku.com ( Travel Blogger Indonesia ) – Kebetulan bin kebenaran, di tengah - tengah kemajuan Kota Kyoto masih ada sebuah kastil sisa – sisa kejayaan era Tokugawa yang masih berdiri tegak dalam kondisi bagus, meski sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Apalagi harga tiket masuknya yang Cuma 600 Yen, membuat saya semakin bersemangat untuk menggunjungi kastil yang pernah menjadi saksi keberadaan para samurai. Nama kastilnya sendiri adalah Kastil Nijo.

Pengalaman Berkunjung, Jalan Kaki Sampai Keki Di Fushimi Inari

Catperku.com ( Travel Blogger Indonesia ) – Dibagian ujung Fushimi Inari yang pasti ada sebuah kuil yang digunakan untuk berdoa para penganut kepercayaan Shinto. Sementara tujuan turis seperti saya pastilah persimpangan Yotsutsuji yang berada agak diatas bukit, sebelum ujung jalur gerbang Torii. Di dekat persimpangan Yotsuji ini saya bisa menikmati pemandangan kota Kyoto dari ketinggian.

Pengalaman Wisata Kuliner Di Sekitar Kyoto Osaka Jepang!

Catperku.com ( Travel Blogger Indonesia ) – Liburan ke Jepang tanpa mencicipi kuliner sepertinya ada yang kurang. Apalagi banyak makanan di Jepang yang enak dan unik untuk dicoba. Makanya, tiap kali liburan ke Jepang saya selalu sediakan budget lebih untuk acara makan-makan. Saya memang mau berhemat untuk urusan akomodasi dan transportasi.