Kalau Bisa Mudah Ngapain Dibikin Susah!? Ini Dia Alasan Kenapa Booking Hotel Online Lebih Menguntungkan!

Booking hotel online sudah menjadi sangat umum! Apalagi sekarang ini jamannya serba digital, serba memakai internet! Kalau dulu orang mau jalan-jalan harus ribet telpon sana sini untuk pesan hotel. Pergi kesana-kemari, menembus macet buat ke travel agent cuma untuk cari harga hotel termurah! Sekarang…. nggak perlu lagi!

Lupakan telpon langsung ke hotel, atau menembus macet cuma buat cari harga hotel termurah! Cukup punya komputer, laptop atau bahkan smarthphone sudah cukup! Kalaupun nggak ada komputer, pastinya kalian sudah pada punya smartphone dong?

Dari dulu saya juga nggak pernah pake travel agent atau telpon ke hotelnya kalau mau booking kamar. Meskipun saya akui, dulu saya memang pernah cari penginapan atau hotel dengan cara walking-in langsung ke hotelnya. Itu juga ketika saya baru mulai suka traveling :)

Jaman sekarang itu cari akomodasi makin mudah! Nggak kayak dulu!
Jaman sekarang itu cari akomodasi makin mudah! Nggak kayak dulu!

Saya pernah mengalami kejadian menyebalkan karena belum booking hotel secara online. Dan ini adalah pengalaman yang tak terlupakan sampai sekarang. Terjadi ketika saya backpacking ke Bali, menjelang malam pergantian tahun, dalam rangka tahun baruan di Bali. Sudah pada tahu kan kalau Bali menjelang tahun baru itu selalu penuh sesak? Tapi, dasar saya orangnya suka nekat, tetap saja datang langsung ke Bali, dengan tujuan Kuta tanpa pesan hotel sebelumnya.

Saya sih pede, karena ketika saya datang ke Bali sebelumnya, nggak pake booking hotel pun dapat penginapan murah dan nyaman di Kuta dengan datang langsung atau walking-in! Yah, tapi itu saya datangnya pas lagi low season sih ternyata!

Giliran saya datang ketika peak season, cari hotel di Kuta dengan cara walking-in atau dengan datang langsung itu hampir mustahil rasanya. Meskipun di Kuta ada Jalan Poppies I dan Poppies II yang terkenal dengan banyak penginapan murah untuk backpacker itu.

Harusnya liburan itu menyenangkan, bukan pusing cari akomodasi di perjalanan
Harusnya liburan itu menyenangkan, bukan pusing cari akomodasi di perjalanan

Pada akhirnya saya dapet penginapan murah juga sih. Tapi itu setelah saya sampai di Kuta dini hari, habis dipalakin sopir angkot di Jalan Legian, dan terpaksa buat tiduran di Pantai Kuta sampai pagi tiba. Beruntung banget saya masih mendapatkan kamar yang alakadarnya di Poppies Lane II, setelah saya berjibaku dengan beberapa kejadian yang kurang menyenangkan.

Hikmah dari pengalaman saya ini adalah, liburan tanpa booking hotel secara online dahulu bisa berujung pada rencana liburan yang berantakan! Bayangkan! Misalnya waktu itu saya nggak dapat penginapan, rencana saya untuk menikmati kembang api pergantian tahun dan party di Legian pasti gagal total dong?

Untungnya, takdir masih berputar dengan baik untuk saya. Nah! Tentunya buat kalian yang juga doyan traveling, nggak perlu mengalami seperti yang saya alami. Nggak usah lah belajar dari pengalaman, apalagi kalau pengalaman buruk itu sudah dialamain orang lain.

Dan… semenjak saat itu saya juga belajar, lebih baik booking hotel online terlebih dahulu, daripada nanti kerepotan dibelakang. Sekarang ini ada banyak kok travel agent online yang menyediakan fasilitas booking online, lengkap dengan aplikasinya di smartphone. Yang pernah saya pakai sih Traveloka!

Saya senang pake yang satu itu, karena bisa milih booking online lewat website, atau lewat Aplikasi Mobile Traveloka. Nggak repot lah kalau bisa booking hotel online langsung dari Smartphone. Bahkan, ketika saya dalam perjalanan, di dalam kereta api atau bus pun masih bisa booking kamar hotel untuk liburan saya.

Percaya atau enggak, booking hotel online itu banyak banget manfaatnya! Kalau nggak percaya, kira-kira ini deh alasan booking hotel online ini lebih menguntungkan! Versi Catperku dong, berdasarkan pengalaman pribadi :)

Alasan Booking Hotel Online Lebih Menguntungkan Dibandingkan Dengan Datang Langsung Versi Catperku!

1. Informasi Jelas, Pasti Dapat Kamar!!

Pastikan untuk melihat review dari hotel yang akan kalian tempati nantinya!
Pastikan untuk melihat review dari hotel yang akan kalian tempati nantinya!

Sebenarnya ada banyak banget hotel yang nyaman dan bagus plus harganya murah. Sayang semua itu nggak ketahuan kalau nggak booking secara online. Mau telp satu per satu, ngabisin pulsa! Masak iya mau walking in, datang langsung satu persatu? Bisa-bisa waktu liburan abis buat cari hotel doang~

Dengan booking online, saya bisa membandingkan antara satu hotel dengan yang lainnya tanpa bergerak sedikitpun! Saya bisa tahu mana harga yang ekonomis, dengan fasilitas yang nggak buruk-buruk amat. Selain itu, dengan booking online saya bisa langsung tahu dimana lokasi hotel dengan fasilitas peta lokasi yang biasanya ada di aplikasi booking hotel online tadi. Sederhana, saya tinggal packing buat traveling aja :)

2. Sering Dapat Harga Promo! Iya, Harga Kamar Yang Dipesan Secara Online Biasanya Lebih Murah!

Cari harga promo semakin mudah, dengan booking hotel online
Cari harga promo semakin mudah, dengan booking hotel online

Ini sebenarnya yang paling saya sukai ketika booking hotel online! Siapa yang nggak suka promo? Saya rasa, setiap traveler pasti suka dengan harga promo! Mencari harga promo kamar hotel yang bagus nggak akan mungkin bisa dilakukan dengan cara walking in, atau cuma telpon langsung ke hotelnya.

Seringnya, kalau pesan kamar dengan walking in malah dapat harga yang termahal! Saya pernah mengalaminya, ketika dengan putus asa mencari kamar hotel di bandung. Ban Sepeda Motor lagi bocor, sedang perlu kamar untuk menginap, abis keujanan. Akhirnya dapat kamar seharga 800 ribu per malam karena cari hotel dengan datang langsung! Hih! Mau gimana lagi terpaksa!

Soalnya, dengan walking ini tadi si pelanggan dianggap memang sedang perlu banget kamar itu! Sehingga, kalau dikasih harga mahal sekalipun, kemungkinan besar mereka pasti mau. Nah, kalau booking online entah lewat website atau aplikasi smartphone, mencari hotel yang sedang memberikan tarif promo itu semudah memainkan jari.

3. Bisa lihat Foto Kamar dan Review Hotel Terlebih Dahulu

Booking hotel secara online memungkinkan saya untuk tahu dimana lokasi hotel dengan tepat. Jadi saya juga bisa mencari apa saja yang menarik di sekitar hotel. Seperti pantai yang menyenangkan untuk hang out misalnya
Booking hotel secara online memungkinkan saya untuk tahu dimana lokasi hotel dengan tepat. Jadi saya juga bisa mencari apa saja yang menarik di sekitar hotel. Seperti pantai yang menyenangkan untuk hang out misalnya

Saya sebenarnya nggak masalah dengan yang namanya kejutan. Namun kalau kejutan mendapat kamar hotel yang jauh dari bayangan, saya pasti sebel juga. Nah, kalau booking hotel secara online, saya bisa langsung lihat foto kamar yang akan mereka sewakan. Saya juga bisa langsung tahu review mengenai pelayanan hotel tadi. Kalau datang langsung atau walking in, masak iya mau liat kamar dulu? Terus kalau nggak suka langsung gak jadi? Gak mungkin kan?

4. Booking Hotel Online Jauh Lebih Fleksibel

Booking hotel online sekarang ini mudah, hanya perlu smartphone dengan aplikasi booking hotel online yang tepat :)
Booking hotel online sekarang ini mudah, hanya perlu smartphone dengan aplikasi booking hotel online yang tepat :)

Mau bayar pake kartu kredit atau bayar pake transfer bank boleh! Kadang ada juga yang bisa dicicil atau bayarnya nanti ketika sudah sampai di hotelnya. Itulah salah satu keuntungan booking hotel secara online! Nggak kaku! Bisa bayar cash, bayar dengan kartu kredit yang sedang promo atau bayar langsung lunas! Gampang dan fleksibel!

5. Merencanakan Liburan Jadi Lebih Mudah Menyenangkan!

Dengan booking hotel secara online, petualangan saya tidak pernah terganggu lagi
Dengan booking hotel secara online, petualangan saya tidak pernah terganggu lagi

Iya, mencari akomodasi ketika sedang traveling dan liburan jadi lebih mudah dan gak pake ribet! Fokuskan saja mencari informasi mengenai tempat yang akan didatangi. Cari apa saja yang menarik di tempat tujuan. Karena nggak ada lagi yang namanya waktu terbuang percuma karena habis untuk mencari hotel. Semuanya beres dengan booking hotel secara online! Klik sini, klik sana lalu liburan! Sederhana, dan liburan pun tetap menyenangkan! Setuju nggak :)

Yang Banyak Dicari

  • hotel lebih enak booking dl ataw langsung?
  • kenapa mesen hotel di traveloka lebih murah
  • lebih baik mana pesan hotel langsung atau lewat aplikasi
About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
27 Responses
  1. klo aplikasi itu apa menyediakan informasi untuk kamar kelas standart? pengalaman pernah coba pake aplikasi itu untuk boking salah satu hotel di Purwokerto tapi info yang disediakan cuma kelas mahalnya aja. akhirnya saya boking via telpon deh biar bisa dapet kamar standart. hehe…

  2. aku sih ga prnh traveling tanpa booking online mas.. selalu itu mah… kyknya jd ngerasa aman aja kalo udh ada bookingan hotel di tangan :).. walo prnh jg dpt kejadian ga enak dulu pas di manila… hotel yg duh dibook trnyata renovasi pas kita nyampe.. -__-.. sebel bgt.. direfund sih ama online bookingnya, tp jd susah aja nyari hotel lain di negara yg blm kita kenal.

  3. Adi Maspamuji

    Kalo treveler pintar pastinya persiapannya juga pintar, apalagi dalam masalah mencari tempat tinggal. Tinggal buka gadget sama buka aplikasi yang menyediakan pemesanan hotel online (taveloka dll).

    Kalo masih pemula mikirnya, “Ntar ketika nyampe sana nyari hotel murah itu gampang kok”. Padahal gak semudah itu :(

    (Soalnya pengalaman)….makasih infonya :D

  4. Untuk foto kayanya perlu lebih cermat lagi. Kadang fotonya kamar yang tipe apa, begitu kita pesan tau tau ternyata tidak seperti pic. Padahal di pic kamar yang di pesan sudah ada. Untung di hotel yang lumayan bagus lah

    Wkwkw

    Intinya jangan percaya pic. Lebih baik di kroscek sama deskripsinya

    Tapi tetep value booking online gak bisa di kalahin dengan walk in dah. Yg penting perhatikan maps hotel tersebut, deket atau jauh dengan tujuan wisata kita.

    /

  5. ” Nggak usah lah belajar dari pengalaman, apalagi kalau pengalaman buruk itu sudah dialamain orang lain.”

    Haha, nice quote mas Fahmi, iji share ya, soalnya saya juga pernah ngalamin sendiri nih, bahkan just recently, jujur aja walaupun sering traveling dan juga lumayan akrab dengan dunia online, tapi saya biasanya juga jarang pesan hotel secara online, maklum, sometimes traveling nya gak mau terikat waktu.(dan tujuan), hehehe

    tapi speaking of online booking, saya merasa beruntung banget sekarang banyak website untuk booking hotel secara online, dimana saya bisa banding2in harga yang ditawarkan dulu dan banyak informasi lain nya. soalnya kemarin pas di Bali saya juga terpaksa harus muter muter cari hotel dengan budget yang sesuai, yang akhirnya, setelah 6 jam saya muter muter pun tetep aja gak ketemu, padahal itu saya udah driving 14 jam sebelum akhirnya sampai ke daerah Kuta, kebayang kan cape nya …

    dan akhirnya dapat hotel dari salah satu penyedia jasa online booking, yang hebatnya lagi, harganya pun dibawah budget yang saya tentukan, I was so happy, jadi punya duit extra deh buat jajan…. hehehe

    sekian pengalaman saya booking hotel secara online, terimakasih share nya mas Fahmi.

  6. betul sekali, gue setuju. Pengalaman gue juga, lebih enak booking online. Walaupun terkadang ada aja saat nya zonk karena foto kamar tidak sesuai dengan kenyataan. Tapi overall gw lebih suka booking online.

  7. Agus Gensete

    Selain traveloka ada lagi tidak mas yang terpercaya?
    saya pernah terkecoh juga dengan tampilan yang ada di foto ternyata berbeda dengan yang ada

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: