Sejarah, Ciri, Keunikan Tari Gandrung dari Banyuwangi

Gandrung awalnya merupakan sebuah tari tarian yang dilakukan penari dari daerah Banyuwangi yang digunakan untuk ritual persembahan kepada Dewi Sri, sebagai bentuk rasa syukur ketika panen.

Biasanya mereka para penari yang dianggap sudah mampu dalam menyanyi dan menari akan menjalani ritual Meras Gandrung, sebelum menjadi Penari Gandrung professional.

Pertunjukan tari Meras Gandrung yang dipentaskan di Taman Gandrung Terakota ini merupakan sisi lain dari Tarian Gandrung yang ada di Banyuwangi.

Tari akan diawali dengan suasana Banyuwangi pra kemerdekaan dimana Tari Gandrung dimainkan oleh laki-laki yang juga merangkap sebagai mata-mata.

Baru kemudian setelah Indonesia merdeka, para penari ini akan dipilih oleh yang lebih senior untuk menjadi penari gandrung professional.

Penari akan melewati penataran, dan penari Gandrung Muda akan dipupuh dalam proses yang menyakitkan karena perang batin antara energi positif dan negatif dalam diri penari.

Setelah dipupuh, penari akan diwisuda (meras), dan akan menjadi penari gandrung professional, hingga bisa bergabung dengan penari Gandrung Lainnya untuk menarikan Tarian Jejer Gandrung.

 

Tari Gandrung Banyuwangi Di Taman Gandrung Terakota

 

Video Pertunjukan Tari Meras Gandrung Dance At Taman Gandrung Terakota Theatre Banyuwangi

Ini adalah video pertunjukan tari tarian Meras Gandrung yang pernah diadakan di Taman Gandrung Terakota Banyuwangi.

Kalau kamu penasaran seperti apa keindahan tarian ini, silahkan ditonton saja.

Jangan lupa like, share dan subscribe ya!

 

Tari Meras Gandrung Dance At Taman Gandrung Terakota Theatre Banyuwangi [ Wisata Banyuwangi ]

Disebutkan kalau tari Gandrung dari Banyuwangi ini masih sealiran dengan Tari Jaipong di Jawa Barat dan Tari Ronggeng di Jawa Tengah.

Biasanya tari tarian ini sering dimainkan untuk meramaikan suatu event atau acara.

Misalnya acara resepsi pernikahan, panen raya dan beberapa acara seremonial lainnya.

Namun sekarang tarian yang khas dari Suku Osing Banyuwangi ini juga dipertunjukkan untuk para turis.

 

Tari Gandrung Banyuwangi, Tari Tradisional Indonesia Di Taman Gandrung Terakota

 

Informasi Hingga Sejarah Tarian Khas Suku Osing Banyuwangi

Tari Gandrung adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur.

Gandrung ini adalah merupakan seni pertunjukan tari tarian yang disajikan dengan iringan musik khas perpaduan antara budaya Jawa dan Bali.

Tarian ini adalah salah satu bentuk kebudayaan asli dari Suku Osing yang merupakan penduduk asli Banyuwangi.

Disebutkan kalau Gandrung perempuan pertama yang dikenal dalam sejarah adalah Semi, seorang anak kecil yang pada tahun 1895 masih berusia sepuluh tahun.

Pada mulanya Tari gandrung ini hanya boleh ditarikan oleh para keturunan penari gandrung sebelumnya.

Namun sejak tahun 1970-an mulai banyak gadis muda yang sebenarnya bukan keturunan gandrung mempelajari tarian ini dan kemudian menjadikannya sebagai sumber mata pencaharian.

Tari Gandrung dari Banyuwangi ini memiliki gerakan yang indah dan penuh kelezatan, seperti terlihat pada video yang ada diatas.

Gandrung awalnya merupakan sebuah tari tarian yang dilakukan penari dari daerah Banyuwangi yang digunakan untuk ritual persembahan kepada Dewi Sri, sebagai bentuk rasa syukur ketika panen.

Gerakannya terdiri dari gerakan tangan yang meliuk-liuk, gerakan kaki yang lembut, serta gerakan tubuh yang mengikuti irama musik.

Musik yang digunakan dalam tari ini biasanya merupakan musik khas Banyuwangi dan Bali yang dibawakan dengan instrumen gamelan.

Penari Gandrung biasanya mengenakan busana khas Banyuwangi yang terdiri dari kebaya dengan hiasan bunga-bunga dan ikat pinggang yang dihiasi dengan manik-manik.

Rambut mereka juga diikat dengan tali dan dihiasi dengan bunga-bunga.

Tari tarian ini sering dipertunjukkan pada acara-acara kultural atau perayaan daerah.

Selain itu, tarian ini juga kerap dijadikan sebagai salah satu atraksi wisata di Banyuwangi.

Penari Gandrung juga sering diundang untuk tampil di berbagai acara nasional maupun internasional.

Tari Gandrung merupakan salah satu atraksi wisata yang juga merupakan warisan budaya dari Banyuwangi yang harus terus dijaga dan dikembangkan agar tidak hilang.

Selain sebagai simbol kebudayaan Banyuwangi, tari Gandrung juga dapat menjadi salah satu sumber pendapatan bagi masyarakat setempat.

Oleh karena itu, mari kita dukung dan lestarikan tari tarian ini sebagai salah satu warisan budaya Indonesia.

Nah, kalau kamu ada waktu untuk liburan ke Banyuwangi, jangan lupa untuk menyempatkan diri melihat tari ini ya!

My Instagram : instagram.com/catperku


Fahmi (catperku.com)

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
http://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *