Ada 1000 Patung Penari Di Taman Gandrung Terakota Banyuwangi

Taman Gandrung Terakota adalah sebuah tempat wisata yang terletak di kota Banyuwangi, Jawa Timur, tempat dimana ada 1000 patung penari.

Tempat wisata ini dikenal sebagai tempat yang memiliki daya tarik budaya, sejarah, dan keindahan alam khas Banyuwangi yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Taman Gandrung Terakota telah ada sejak tahun 2018 dengan tujuan untuk menjadi tempat wisata yang menyajikan keindahan alam dan budaya khas Banyuwangi.

Taman ini memiliki luas sekitar 3 hektare dan terletak di Krajan, Tamansari, Kec. Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ( Lokasi di Google Maps ).

Di dalam Taman Gandrung Terakota, pengunjung dapat menikmati berbagai macam atraksi yang menarik.

Seperti pertunjukan seni tari gandrung khas banyuwangi, hingga beberapa hal yang khas dari Banyuwangi.

Disini juga terdapat Amphiteater terbuka untuk pertunjukan lainnya yang mengajak pengunjung untuk mengenal lebih dalam budaya Banyuwangi.

Taman Gandrung Terakota adalah sebuah tempat wisata yang terletak di kota Banyuwangi, Jawa Timur, tempat dimana ada 1000 patung penari.

Video Taman Gandrung Terakota Banyuwangi Dengan 1000 Patung Penari

Tentu saja tempat wisata Budaya di Banyuwangi yang satu ini juga memiliki tempat yang nyaman untuk duduk dan beristirahat, seperti gazebo dan taman yang terawat dengan baik.

Pengunjung dapat menikmati suasana yang indah dan sejuk di taman ini sambil menikmati makanan dan minuman yang tersedia di sekitar taman.

Taman Gandrung Terakota merupakan salah satu tempat wisata yang menyajikan keindahan alam dan budaya Banyuwangi yang patut dikunjungi.

Dengan berbagai macam atraksi dan wahana yang menarik, taman ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati liburan yang menyenangkan bersama keluarga dan teman-teman.

Untul lebih detailnya, kamu bisa melihat video di bawah ini ya:

 

Taman Gandrung Terakota - [ Explore Wisata Banyuwangi On Two Wheel Part 4 ]

 

Fasilitas, Hingga Harga Tiket Masuk Ke Taman Gandrung Terakota

Tempat wisata di Banyuwangi ini juga merupakan sebuah situs budaya dengan daya tarik utama seni dari Banyuwangi, terutama tari tarian.

Karena itu highlight utama dari tempat ini adalah 1000 patung penari gandrung yang dibuat dari tembikar atau dikenal juga dengan terakota

Patung para penari gandrung di Taman Gandrung Terakota di Banyuwangi tersebut sengaja diletakkan tersebar baik di kolam, hingga ke area persawahan yang ada disini.

Selain ribuan patung tadi, disini juga memiliki fasilitas lengkap seperti Amphiteater terbuka, sanggar tari, galeri seni, pendopo dan berikut ini:

Amfiteater Terbuka Untuk Event Dan Pertunjukan

Amfiteater Terbuka yang ada di Taman Gandrung Terakota ini memang sudah dikenal sebagai tempat berlangsungnya event besar di Banyuwangi.

Misalnya seperti untuk penyelenggaraan event festival musik tahunan Jazz Gunung Ijen atau yang lainnya.

Kapasitas dari Amfiteater yang ada di tempat wisata Banyuwangi ini dapat menampung hingga 700 pengunjung.

Yang paling menarik adalah latar belakang Amfiteater yang berupa hamparan sawah indah.

Tentu saja latar belakang dari Amfiteater ini akan menjadi daya tarik tersendiri untuk pergelaran event-event besar.

Mungkin jika kamu memerlukan venue yang eksklusif untuk sebuah acara, bisa diadakan disini ya?

Fasilitas, Hingga Harga Tiket Masuk Ke Taman Gandrung Terakota

Fasilitas Sanggar Tari, Pendopo, dan Galeri Seni, Melihat 1000 Patung Penari Gandrung Banyuwangi

Mengingat Banyuwangi ini adalah sebuah kota yang sangat kaya akan seni dan budaya, fasilitas yang lekat dengan seni budaya tentu ada disini.

Karena itu pihak Taman Gandrung Terakota juga memberikan fasilitas untuk para seniman Banyuwangi yang ingin melakukan kegiatan seni dan membuat karya.

Jadinya secara berkala, tempat ini kadang juga melakukan pameran dari hasil karya yang dibuat oleh seniman Banyuwangi.

Bersantai di Java Banana® Cafe

Selain menikmati seni dan budaya, tentu saja kamu juga bisa menikmati keindahan alam Banyuwangi yang damai sembari ngopu.

Disini terdapat Java Banana® cafe yang juga bisa kamu kunjungi.

Di cafe ini barista yang sudah terlatih akan siap sedia membuat ragam minuman yang cocok untuk menemani kamu bersantai.

Jangan lupa jug auntuk mencoba kudapan serba pisang khas Java Banana® untuk dipasangkan dengan minuman yang kamu pesan.

Roemah Tjokelat® Ijen

Selain kamu bisa meminum kopi dan minuman lain yang berkualitas, kamu juga bisa menikmati minuman serba cokelat yang diracik khusus disini lho.

Kamu juga bisa membeli Chocolate Bar dengan kemasan 100 gram sebagai oleh-oleh sebelum pulang dari sini.

Roemah Oleh-oleh

Bukan hanya cokelat saja, namun kamu juga bisa membeli oleh-oleh lainnya.

Disini terdapat roemah oleh-oleh yang menyediakan berbagai macam cinderamata khas Banyuwangi.

Mulai makanan kuliner khas Banyuwangi yang enak, koleksi eksklusif batik tulis Banyuwangi, sampai dengan mainan tradisional.

Pihak Roemah Oleh-oleh ini telah bekerjasama dengan UMKM lokal Banyuwangi untuk mendukung perkembangan ekonomi kreatif lokal.

Jadi pastikan saja kamu membeli oleh oleh dari sini sebelum pulang kerumah ya!

Tips Berkunjung Ke Taman Gandrung Terakota Banyuwangi Dengan Daya Tarik Unik Patung Penari Gandrung Untuk Wisatawan

Tips Berkunjung Ke Taman Gandrung Terakota Banyuwangi Dengan Daya Tarik Unik Patung Penari Gandrung Untuk Wisatawan

Banyuwangi, sebuah kota yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa, memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Salah satunya adalah Taman Gandrung Terakota yang merupakan taman bermain yang dibangun dengan tema budaya Banyuwangi.

Jika ingin berkunjung ke tempat wisata ini, berikut beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan:

  1. Pastikan Anda mengunjungi Taman Gandrung Terakota pada hari dan jam operasional yang telah ditentukan. Pada umumnya taman ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 WIB atau tergantung lama event berlangsung.
  2. Bawalah perlengkapan yang dibutuhkan selama berkunjung, seperti sunblock, payung, dan topi. Taman Gandrung Terakota terletak di area terbuka yang memiliki intensitas sinar matahari yang cukup tinggi.
  3. Jika Anda membawa anak-anak, pastikan untuk selalu memperhatikan mereka saat bermain di area taman. Taman Gandrung Terakota memiliki beragam area yang cocok untuk dijelajahi anak.
  4. Sesekali, taman ini juga menyelenggarakan acara-acara kultural seperti pertunjukan tari Gandrung dan lomba merajut. Jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan pertunjukan-pertunjukan tersebut.
  5. Selama berkunjung, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Banyuwangi di area taman. Anda dapat menemukan berbagai macam oleh-oleh khas banyuwangi.

Berkunjung ke Taman Gandrung Terakota dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi kamu yang lagi liburan ke Banyuwangi.

Dengan tips di atas, semoga Anda dapat menikmati wisata budaya di Banyuwangi dengan lebih nyaman dan aman.

My Instagram : instagram.com/catperku
My Travel Blog : catperku.com

 


Fahmi (catperku.com)

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
http://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *