Akhirnya Menjelajah Tempat Wisata Banyuwangi Dan Sekitarnya Lagi!

Ya! Akhirnya saya menjelajah tempat wisata Banyuwangi dan sekitarnya lagi! Setelah sekian lama hanya numpang lewat kota di ujung timur Pulau Jawa ini. Sudah lama banget saya ingin menjelajah lagi beberapa tempat wisata di sekitar Banyuwangi, menjajal kuliner Banyuwangi yang serba lezat itu, dan melihat Tari Gandrung yang menjadi budaya Banyuwangi.

Dan, alhamdulillah, sebagian besar rencana kunjungan tempat wisata Banyuwangi tercapai. Meski beberapa daftar kunjungan saya seperti mencoba merasakan camping di Pulau Tabuhan, main ke De Djawatan Forest dan naik Lori Kalibaru tidak kesampaian karena waktunya tidak cukup. Paling tidak, salah satu wishlist saya untuk melihat penampilan Sendratari Meras Gandrung kesampaian juga.

Karena untuk dapat menyaksikan pertunjukan Sendratari Meras Gandrung ini saya harus datang ke Banyuwangi pada waktu yang tepat. Lha kemarin dadakan ke Banyuwangi kok malah dapet pertunjukan ini. Iya, kemarin saya menonton Tari Gandrung di Taman Gandrung Terakota. Untuk cerita tentang Taman Gandrung Terakota, akan saya tuliskan sendiri nantinya.

Lalu, Dalam Rangka Apa Saya Jelajah Tempat Wisata Banyuwangi Lagi?

Akhirnya Menjelajah Wisata Banyuwangi Dan Sekitarnya Lagi!
Akhirnya Menjelajah Wisata Banyuwangi Dan Sekitarnya Lagi!

Jadi sebenarnya saya ke Banyuwangi karena menjadi salah satu finalis sebuah kompetisi. Saya dapat budget yang lumayan lebih dari cukup buat menjelajah tempat wisata Banyuwangi dan sekitarnya selama beberapa hari. Sebenarnya saya bebas menentukan destinasi mana aja yang bisa saya eksplore, asal masih masuk ke dalam range budget dan saya bisa menyelesaikan challenge atau tantangan yang diberikan.

Cuma entah kenapa, ketika diberitahu tentang hal ini di kepala saya langsung muncul ide tentang menjelajah tempat wisata Banyuwangi dan sekitarnya. Mungkin salah satu alasannya karena ketika liburan ke Banyuwangi pertama kali dulu saya merasa kurang puas menjelajah Banyuwangi. Masih banyak tempat wisata di Banyuwangi yang terlewat. Selain itu, saya memang lagi kangen dengan beberapa kuliner Banyuwangi yang rasanya membuat saya terkesan itu.

Kembali ke masalah kompetisi, jadi selama di Banyuwangi ini saya harus menyelesaikan 5 challenge yang masing masing temanya adalah True View, True Food, True Friends, True Culture, dan True Denim. Dan, semua itu memang bisa saya temukan dengan menjelajah tempat wisata Banyuwangi dan sekitarnya.

Hasilnya Apa? Ya beberapa video tentang tempat wisata di Banyuwangi dan sekitarnya, juga beberapa foto dan pengalaman menjelajah Banyuwangi selama beberapa hari. Nanti di tulisan ini juga saya jelaskan sedikit mengenai informasi tempat wisata Banyuwangi dan sekitarnya ya. Namun untuk awalnya, kamu bisa melihat beberapa video yang saya buat setelah menjelajah Banyuwangi selama beberapa hari.

Best View Around Banyuwangi

Pada video ini, saya mengunjungi beberapa tempat wisata di Banyuwangi dan sekitarnya seperti ke Gunung Ijen, Taman Nasional Baluran, Pantai Pulau merah dan masih banyak lainnya. Favorit saya tentu saja Taman Nasional Baluran.

 

 

Best Food Around Banyuwangi

Tentu saja pada video ini saya mencoba beberapa kuliner enak Banyuwangi seperti Rujak Soto, Pecel Rawon, Pecel Pitik dan beberapa lainya.

 

Culture In Banyuwangi

Sudah lama sekali saya ingin melihat pertunjukan Tari Gandrung di Banyuwangi. Saya sangat beruntung, karena saya bisa melihatnya di Taman Gandrung Terakota.

 

 

Road Trip Ke Banyuwangi

Disini saya membuat video singkat perjalanan liburan ke Banyuwangi dengan teman travel blogger yang juga suka jalan jalan si Bobby Ertanto. Kamu bisa juga baca blognya di Virustraveling.com.

 

 

Tempat Wisata Banyuwangi Dan Sekitarnya Yang Terbaik Untuk Dikunjungi Apa Saja?

Ada banyak banget tempat wisata di Banyuwangi yang keren! Tapi menurut saya ada beberapa tempat wisata di Banyuwangi dan sekitarnya yang saya rekomendasikan untuk kamu kunjungi. Paling tidak, kalau kamu ada kesempatan berlibur ke Banyuwangi, harus banget mampir kesini!

  1. Gunung Ijen
  2. Taman Nasional Baluran
  3. Pantai Bama
  4. Pantai Pulau Merah

Oke, mari dibahas satu persatu tempat wisata di Banyuwangi dan sekitarnya yang terbaik ini ya :)

1. Gunung Ijen

 

 

Ini adalah gunung di Jawa Timur yang menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan selain Gunung Bromo. Jalur pendakian ke Gunung Ijen ini bisa dibilang cukup mudah, meski untuk mendaki ke Gunung Ijen ini kamu tetap perlu persiapan yang matang. Minimal, kamu sudah harus latihan fisik dan mempersiapkan pakaian tebal tahan dingin. Karena suhu udara di kawasan puncak Ijen ini lumayan dingin.

Gunung Ijen ini sebenarnya berada di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi. Jadi kamu bisa mengunjungi Gunung Ijen baik dari arah Banyuwangi atau dari Arah Bondowoso. Namun memang selama ini kawasan Gunung Ijen ini lebih terkenal sebagai tujuan wisata Banyuwangi. Mungkin karena aksesnya lebih dekat dari Banyuwangi ya. Untuk mendaki Gunung Ijen, kamu bisa pergi ke Paltuding. Paltuding ini adalah titik awal pendakian ke puncak Ijen. Dari Paltuding hingga puncak kamu bisa mendaki selama 3-4 jam, tergantung kekuatan fisik masing-masing.

Buat yang enggak kuat mendaki, sebenarnya ada alternatif lain buat mencapai puncak Ijen. Kamu bisa menyewa jasa ojek troli dari Paltuding yang akan mengantarkanmu naik ke Puncak Ijen juga untuk arah turun. Harga sewa Ojek Troli Ijen ini lumayan mahal sih, sekitar 450 ribu rupiah untuk naik saja, dan 600 ribu rupiah untuk naik dan turun Gunung Ijen. Saya pernah mencoba sekali naik ke Ijen dengan menggunakan jasa Ojek Troli ini. Menurut saya itu adalah harga yang pantas untuk mereka. Seperti apa pengalaman saya naik Ijen dengan menggunakan ojek troli? Kamu bisa tonton videonya dibawah ini ya.

 

 

2. Taman Nasional Baluran

Secara administratif Taman Nasional Baluran ini sebenarnya tidak masuk ke kawasan Banyuwangi. Namun karena letak pintu masuk ke kawasan taman nasional ini tidak terlalu jauh dari Kota Banyuwangi, sekitar satu jam perjalanan saja, ada banyak wisatawan yang berkunjung kesini. Bahkan untuk yang kurang tahu, menganggap Taman Nasional Baluran ini masuk ke dalam daftar tempat wisata di Banyuwangi dibandingkan sebagai tempat wisata Situbondo. Yah, kalau untuk masalah kesiapan pariwisata, Banyuwangi memang lebih siap sih.

Lalu ada apa sih di Taman Nasional Baluran ini? Lama dikenal sebagai “Afrika Van Java” tentu saja pemandangan bak padang savana di Afrika yang menjadi daya tarik utama tempat wisata ini. Kalau saya bilang, Baluran ini adalah salah satu taman nasional keren di Indonesia. Keindahannya bisa disandingkan dengan taman nasional lain di Indonesia yang sudah pernah saya kunjungi seperti Taman Nasional Tanjung Puting.

Saran saya, datanglah ke Taman Nasional Baluran ketika musim kemarau jika ingin melihat kondisi terbaiknya. Datang pada pagi hari kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit dari Pantai Bama di ujung timur Baluran, sementara itu datang ketika sore hari kamu akan berkesempatan untuk bisa bertemu dengan berbagai macam satwa yang hidup di taman nasional ini. Namun, ada satu satwa yang perlu kamu waspadai disini. Ya, monyet di Taman Nasional Baluran ini cukup galak, mereka bisa menggangu kamu kapan saja, terlebih lagi jika kamu punya stok makanan tersimpan di dalam tas. Jadi, kamu harus ekstra waspada ya kalau ketemu mereka!

 

 

3. Pantai Bama

Pantai Bama ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Baluran. Ini adalah salah satu pantai terkeren yang berada tak jauh dari Banyuwangi. Tentu saja, karena lokasinya berada di pesisir timur Pulau Jawa, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang indah dari Pantai Bama. Karena itu saya rekomendasikan kamu berkunjung ke Pantai Bama sebelum matahari terbit. Jika kamu menginap di Banyuwangi, paling tidak kamu harus berangkat dari jam 3 dini hari kalau ingin mendapatkan pemandangan sunrise cantik dari Pantai Bama. Namun perlu dicatat, kamu harus mendaftarkan diri atau reservasi dulu ke pihak Taman Nasional Baluran sehari sebelumnya dengan menyerahkan fotokopi atau scan KTP jika ingin berkunjung ke Baluran diluar jam kunjung.

 

4. Pantai Pulau Merah

Banyuwangi ini memang memiliki paket lengkap. Ada banyak pilihan tempat wisata di Banyuwangi yang bisa dikunjungi. Mulai dari gunung, taman nasional, kuliner, dan tentunya wisata pantai. Nah, salah satu tempat wisata pantai di Banyuwangi yang saya rekomendasikan adalah Pantai Pulau Merah. Namanya sudah lama terkenal sebagai tujuan wisatawan mancanegara yang ingin menjajal ombaknya untuk berselancar. Namun, buat yang tidak bisa berselancar seperti saya, bersantai menikmati sore hari di Pantai Pulau Merah Banyuwangi juga bisa menjadi salah satu pengalaman yang menyenangkan! Gak percaya? Tonton saja travel vlog Pantai Pulau Merah dibawah ini deh.

 

Kuliner Banyuwangi Yang Saya Rekomendasikan Untuk Dicoba?

Sebenarnya yang membuat saya ingin selalu liburan ke Banyuwangi itu makanannya lho. Ada banyak banget makanan enak disini, yang sayang banget kalau tidak kamu coba. Beberapa makanan khas di Banyuwangi tersebut adalah :

  1. Rujak Soto
  2. Pecel Pitik
  3. Sego Cawu Atau Nasi Cawu
  4. Nasi Tempong
  5. Pecel Rawon
  6. Uyah Asem

Tempat Wisata Banyuwangi Lainnya?

Tentu saja selain tempat wisata terbaik Banyuwangi diatas, masih ada destinasi liburan Banyuwangi lain yang tak kalah keren untuk dikunjungi seperti :

  1. Teluk Hijau
  2. Pantai Watudodol
  3. Pantai Rajegwesi
  4. Pantai Plengkung
  5. Pantai Sukamade
  6. Pantai Boom
  7. Pantai Wedi Ireng
  8. Pantai Parang Kursi
  9. Pantai Grajagan
  10. Pantai Mustika
  11. Pantai Bangsring
  12. Pantai Cacalan
  13. Pantai Pancer
  14. Pantai Muncar
  15. Pantai Triangulasi
  16. Pantai Lampon
  17. Pantai Batu Banyuwangi
  18. Pantai Cemara Banyuwangi
  19. Pantai Parang Ireng
  20. Pantai Mustika Banyuwangi
  21. Pantai Pancur
  22. Pantai Ngagelan
  23. Pantai Dermaga Cinta
  24. Pantai Jatisari
  25. Pantai Bomo
  26. Pantai Palukuning
  27. Pantai Perpat
  28. Air Terjun Kalibendo Banyuwangi
  29. Air Terjun Linder Banyuwangi
  30. Air Terjun Kampung Anyar
  31. Air Terjun Tirto Kemanten
  32. Air Terjun Selendang Arum
  33. Air Terjun Jagir
  34. Air Terjun Telepak
  35. Air Terjun Pertemon
  36. Air Terjun Giriasih
  37. Air Terjun Lider
  38. Air Terjun Kedung Angin
  39. Air Terjun Temcor
  40. Air Terjun Coklak
  41. Air Terjun Bayu Lor
  42. Air Terjun Telunjuk Dewa Raung
  43. Wisata Mangrove Bedul Banyuwangi
  44. Pulau Tabuhan
  45. Rowo Bayu
  46. Padang Rumput Sadengan
  47. Taman Gandrung Terakota
  48. Taman Blambangan
  49. Taman Sritanjung
  50. Desa Wisata Osing
  51. Candi Agung Gumuk Kancil
  52. Bukit Mondoleko
  53. Kali Lo Banyuwangi
  54. Gardu Pandang Telunju Raung
  55. Sumber Buluh
  56. De Djawatan Benculuk
  57. Waduk Bajulmati
  58. Geopark Gunung Rante

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
5 Responses
    1. Badalahhh ternyata banyuwangi banyak banget tempat wisatanya. Gak pernah main jauh, cuma pernah bonceng motor sampek Tawangmangu doang aja kuping udah nguing-nguing.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: