Mencicipi Keramahan Mandarin Orchard – “Best City Hotel” Di Singapura

“Actually, you can check in at level 1 sir. You have exclusive checkin priority” Ujarnya.

“Really? I don’t know that, I should read my booking itinerary thoroughly before. Never mind, i’ll do it here”

Staf hotel Mandarin Orchard yang melayani saya tadi memberitahukan kalau saya sebenarnya mendapatkan hak cek in eksklusif di lantai satu karena saya punya “Exclusive privileges for Meritus Club guests”. Tetapi karena saya kurang teliti membaca itinerary, saya malah mengantri di lantai 5, tempat untuk cek in di tempat biasanya. Ya sudah, kepalang tanggung, saya pun tetap cek in disini.

Terakhir berkunjung ke Singapura adalah tahun 2013 lalu. Itu berarti sudah lebih dari 3 tahun lalu saya tidak berkunjung kesini yang juga merupakan kali ketiga saya berkunjung ke Singapura. Karena itu setelah dua kali saya menginap jauh dari pusat keramaian, kali ini saya ingin menginap tepat di jantung negara ini, Orchard Road. Saya ingin merasakan hiruk-pikuk keramaian Orchard lebih dekat.

Mandarin Orchard, Best City Hotel Di Singapura
Mandarin Orchard, Best City Hotel Di Singapura

Disana saya mencoba menginap di Mandarin Orchard, yang pernah dipilih sebagai “Best City Hotel” Di Singapura. Lokasinya yang tepat berada di pusat keramaian Orchard Road, berkelas seperti hotelnya. Menurut saya, hotel ini layak dipilih buat yang ingin liburan dengan nyaman dan wah di Singapura. Selain lokasinya yang sangat strategis, fasilitasnya pun sangat berkelas.

O iya, meskipun Saya tidak menggunakan fasilitas eksklusif cek in, proses cek in di Mandarin Orchard ini nggak berlangsung lama. Bahkan ketika antrian mulai terlihat memanjang, ada staff tambahan yang langsung mendekat dan melayani pengunjung, termasuk saya. Barulah kemudian saya diminta untuk memberikan passport untuk keperluan verifikasi booking.

“3 days only sir?” Tanyanya untuk mengkonfirmasi ulang. “Yes, only 3 days. I’d like to enjoy Mandarin Orchard hospitality” Jelas saya. Kali ini memang nggak ada rencana buat mengeksplore Singapura lebih jauh seperti biasanya. Rencananya memang sekedar staycation di Mandarin Orchard, sambil menikmati keramaian Orchard Road yang namanya sudah kesohor itu.

Lobi Mandarin Orchard Yang Mewah, Stafnya Pun Super Ramah

Lobi hotel Mandarin Orchard
Lobi hotel Mandarin Orchard

Sudah sekitar 3 kali saya menginap di hotel berbintang lima. Pertama kali adalah ketika saya berkunjung ke Filipina, kedua adalah ketika pergi ke Macau dan Mandarin Orchard Singapore ini adalah yang ketiga. Kesan pertama yang saya dapati adalah desain yang mewah nan elegan sudah menyambut di lobinya yang cukup sibuk.

Diatas lobi yang didominasi warna cokelat ini dihiasi pernak pernik berkilau. Mengukuhkan kelas dari Mandarin Orchard yang merupakan hotel berbintang 5. Pelayanan disini pun juga sesuai dengan levelnya. Suasana lobi juga terlihat cukup ramai dengan tamu yang ingin cek in atau akan cek out. Sementara itu, sembari menunggu kamar disiapkan, saya dijelaskan oleh seorang Chief Meritus Ambassador tentang apa saja yang akan didapatkan selama menginap disini nanti.

Pelayanannya sesuai dengan apa yang saya harapkan dari hotel bintang lima. Begitu kamar sudah siap, saya langsung dipersilahkan untuk beristirahat ke kamar. Tentunya saya juga gak perlu repot memikirkan barang bawaan. Karena barang bawaan saya akan diantar langsung ke kamar yang yang sudah disiapkan di lantai 18.

Menginap di Kamar Superior Deluxe Room

Kamar Superior Deluxe Room Mandarin Orchard
Kamar Superior Deluxe Room Mandarin Orchard

Di Mandarin Orchard, saya menginap di kamar bertipe Superior Deluxe Room. Luasnya adalah 28 meter persegi, dan berada di lantai 18. Pada ketinggian tersebut, tentu saya bisa menikmati pemandangan Singapura dari atas dong! Sayang selama berada disana, cuaca Singapura kurang begitu bagus. Jadi saya belum bisa mendapatkan pemandangan terbaiknya.

Di kamar Mandarin Orchard yang bertipe Superior Deluxe Room ini saya mendapatkan fasilitas King Bed empuk, kamar yang lega lengkap dengan sofa dan meja kerja (*penting buat blogger seperti saya), bathub yang asoy buat berendam, dan LED Smart TV ukurannya sekitar 40 inch pas buat teman ketika ingin bersantai di kamar. Fasilitasnya ini membuat rencana saya yang cuma mau bersantai di kamar hotel saja makin sempurna.

Ucapan penyambutan personal di LED TV yang ada di kamar saya
Ucapan penyambutan personal di LED TV yang ada di kamar saya
Kamar yang nyaman dengan fasilitas yang wah
Kamar yang nyaman dengan fasilitas yang wah
Kamar mandi yang bikin betah berendam berlama-lama
Kamar mandi yang bikin betah berendam berlama-lama

O iya, ada satu lagi yang membuat saya senang sekali menginap disini. Setiap tamu Mandarin Orchard mendapat fasilitas sebuah Handy Smartphone, yang dapat digunakan secara gratis. Fasilitas smartphone ini bisa digunakan untuk browsing di internet, hingga memesan tiket atraksi dan tempat wisata yang ada di Singapura dengan harga diskon.

Handy smartphone, salah satu fasilitas hotel yang paling bermanfaat!
Handy smartphone, salah satu fasilitas hotel yang paling bermanfaat!

Nggak hanya itu saja, Handy Smartphone ini juga bisa digunakan untuk menelepon ke 15 negara secara gratis, tentunya termasuk Indonesia! Asik gak? Untung saja belum sempat beli kartu lokal, jadi kalau perlu internet atau telepon ketika ingin explore Singapura, tinggal bawa si Handy Smartphone ini saja deh.

Selain mendapat fasilitas yang wah itu, ketika menginap di kamar bertipe Superior Deluxe Room, saya juga mendapatkan complimentary berupa gratis cuci-setrika untuk dua pasang pakaian, buah-buahan, dan yang paling saya suka adalah sekotak cokelat enak yang bisa buat saya bahagia. Hal kecil, tetapi berkesan untuk pelayanan sebuah hotel berbintang :)

Makanan Hotel Mandarin Orchard Kayak Gimana?

Ketika menginap di sebuah hotel, selain kamarnya saya selalu memperhatikan kualitas masakannya. Kebetulan selama menginap di Mandarin Orchard ini saya berkesempatan untuk mencoba sarapan di Triple Three Restaurant dan makan siang di Chatterbox. Keduanya berada di lantai 5, satu lantai dengan lobi.

Menginap dua malam di Mandarin Orchard, saya pun bisa mencoba hampir semua menu sarapan pagi yang ada di Triple Three Restaurant. Secara umum, mereka menyediakan sarapan pagi ala vegetarian, ala barat dan sarapan berat ala orang asia.

Triple Three Restaurant, tempat saya biasa breakfast selama menginap disana
Triple Three Restaurant, tempat saya biasa breakfast selama menginap disana
Indian Food, area makanan favorit saya
Indian Food, area makanan favorit saya
Buat yang gak bisa makan pork, ada informasinya. Jadi gak perlu takut salah ambil dan gak perlu repot nanya.
Buat yang gak bisa makan pork, ada informasinya. Jadi gak perlu takut salah ambil dan gak perlu repot nanya.

Ada satu hal yang saya hargai dari restoran ini. Mereka menandai mana makanan yang mengandung pork, dan mana yang tidak mengandung pork. Jadi untuk yang nggak bisa makan pork, gak perlu takut untuk salah ambil. Terus makanan favorit saya di Triple Three Restaurant apa dong? Dari semua menu yang saya coba, yang paling saya suka adalah bagian Indian food deh! :D

Sementara itu, saya juga sempat mencoba makan siang di Chatterbox, salah satu restoran yang ada di hotel Mandarin Orchard. Menu yang ada di restoran ini juga nggak kalah menarik dari Triple Three. Ada masakan ala barat, asia dan tentunya untuk yang vegetarian.

Mandarin Chicken Rice, signature dish Chatterbox yang wajib dicoba!
Mandarin Chicken Rice, signature dish Chatterbox yang wajib dicoba!
Mandarin Chicken Rice yang bikin air liur meleleh~
Mandarin Chicken Rice yang bikin air liur meleleh~
Chatterbox Lobster Laksa yang juga nggak kalah enak!
Chatterbox Lobster Laksa yang juga nggak kalah enak!

Namun sejak awal ketika melihat menu, saya sudah memastikan untuk mencoba signature dish dari Chatterbox, Mandarin Chicken Rice. Mandarin Chicken Rice ala Chatterbox ini ternyata adalah Hainanese Chicken Rice, yaitu nasi jasmine yang disajikan dengan lauk ayam yang telah direbus hingga lembut, sup ayam, dengan saus kecap, jahe dan tidak ketinggalan sambal! Slurp, bumbu ayamnya makin mantap setelah dicocol dengan sambal plus kecap!

Jadi buat siapapun yang kebetulan menginap di Mandarin Orchard, sebisa mungkin untuk menyempatkan mencoba signature dish Mandarin Chicken Ricenya. Atau, kalau mau mencoba signature dish yang lain, bisa juga mencoba Chatterbox Lobster Laksa yang juga nggak kalah enak!

Mencoba Fasilitas Hotel Mandarin Orchard Lainnya

Pemandangan singapura dari Meritus Club Lounge yang ada di lantai 38 dan 39. Kalau malam pasti lebih keren ini! Sambil bersantai menikmati hari gitu~
Pemandangan singapura dari Meritus Club Lounge yang ada di lantai 38 dan 39. Kalau malam pasti lebih keren ini! Sambil bersantai menikmati hari gitu~

Cobain kamar hotel yang super nyaman sudah, restoran juga sudah. Apalagi dong yang perlu dicoba? Masih ada beberapa lagi dong! Misalnya karena saya mendapat “Exclusive privileges for Meritus Club guests”, saya pun juga dapat akses ke Meritus Club Lounge yang berada di Orchard Wing, lantai 38 dan 39. Disini saya bisa bersantai sambil menikmati Singapura dari titik tetinggi Mandarin Orchard.

Disini ada juga kolam renang yang bisa dimanfaatkan untuk menyegarkan diri dari udara tropis Singapura yang lumayan panas. Buat yang suka main tenis, bisa memnanfaatkan lapangan tenis yang ada di lantai 37 gedung utama. Masih di lantai yang sama juga terdapat gym untuk yang ngebet pengen body six pack.

Terakhir, buat para shoppaholic, Mandarin Orchard ini punya yang namanya Mandarin Galery, tempat untuk berburu barang branded mewah dan berkelas. Jadinya tinggal pilih mau cobain yang mana deh. Sesuaiin saja dengan minat masing-masing :)

Mencoba Menginap di Mandarin Orchard, Yay or Nay?

Kalau ada kesempatan, sudah pasti mau menginap di Mandarin Orchard lagi!
Kalau ada kesempatan, sudah pasti mau menginap di Mandarin Orchard lagi!

Untuk yang ingin merasakan bagaimana wah-nya Orchard luar dalam, menginap di Mandarin Orchard ini bisa banget jadi pilihan. Lokasinya strategis, tinggal turun lift saja jika ingin menyusuri keramaian Orchard Road. Jika mau staycation bareng keluarga juga sangat direkomendasikan. Jangan lupa, kalau menginap disini, cobain juga lunch di Chatterbox, dan mencoba signature dishnya ya!

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

14 Responses
  1. Layanan Handy Smartphone menjadi nilai plus ketika berada di hotel. Benar-benar terpikirkan untuk menjamu mereka yang mengiap di sana. Terobosan yang menarik menurutku, jadi jika kita butuh akses internet dapat dari sana.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: