Fakta Tentang New Zealand Yang (Mungkin) Nggak Banyak Orang Tahu

Hai-hai! Semoga nggak kangen sama tulisan saya ya? :) Anyway~ Entah ada yang nyadar atau enggak, sebulan kemarin (Januari 2017), saya nggak nulis sama sekali di blog. Atau malah gak ada yang nyadar, gak peduli?

Well, saya emang sengaja nggak nulis di travel blog catperku.com sama sekali bulan kemarin. Soalnya, saya lagi pengen liburan sebulan di New Zealand dalam rangka lulus WHV Australia. Yaaay! Akhirnya lulus juga, Visa New Zealand approve dalam 5 hari pula! Tapi sedih sih, saya harus meninggalkan Sydney~ >,<

Kali ini saya pengen liburan beneran! Nggak kayak biasanya, meski liburan gratisan, tetapi sesudah itu saya punya utang tulisan. Kalau sekarang ini, saya liburan biaya sendiri, ke New Zealand sebulan lamanya! Nggak pake mikirin gimana nanti nulis di blog, atau gimana kerjaan!

Pokoknya totally liburaan!

Lagian, kerjaan dari mana, lha wong saya lagi nggak ada kerjaan apa-apa~ Makanya, bagi-bagi project sini~ :3 :3

New Zealand, negara fotogenik di belahan bumi selatan
New Zealand, negara fotogenik di belahan bumi selatan

Nah, sekarang kembali ke topik tulisan, Fakta Tentang New Zealand! Yang pernah nonton film Lord Of The Rings pasti tahu dong negara yang satu ini? Iya, negara yang ada di salah satu sudut lautan pasifik ini memang namanya cukup tersohor.

Selain gara-gara film yang saya sebutkan tadi, lansekap dari New Zealand atau Selandia baru ini memang selalu bikin ngiler setiap pejalan. Saking cakepnya, setiap traveler pasti memasukkan negara ini ke dalam travel bucket list-nya. Saya pun begitu, dan baru terwujud untuk mengunjungi negara ini di tahun 2017 ini.

Sebulan disana, saya menemukan beberapa fakta yang menurut saya menarik untuk saya bagikan di tulisan ini. Beberapa bahkan saya ketahui setelah sampai disana. Istilahnya, kelewat waktu saya cari lewat google. Salah satu point bahkan mungkin perlu dicatat, untuk yang ingin liburan ke New Zealand. Eh? Apa itu?

Baca aja Fakta Unik Menarik Tentang New Zealand Ini!

1. Summer Pasti Cerah Dan Panas Setiap Hari? Nggak Juga Sih~

Summer itu harusnya seperti ini
Summer itu harusnya seperti ini

Di pikiran saya, yang namanya summer A.K.A musim panas itu pasti cerah, panas dan nggak perlu jaket dong? Musim panas di New Zealand juga saya anggap begitu awalnya. Tetapi itu hanya sampai ketika saya mendarat di Christurch. Soalnya, pas keluar bandara langsung… brrr, buru-buru pake jaket.

Abis itu langsung buru-buru buka aplikasi cuaca buat cek suhunya berapa saat itu. Ternyata oh ternyata, suhunya cuma belasan derajat celcius pada siang hari dan bahkan dibawah 10 derajat ketika malam hari. Gini kok dibilang summer! Ini sih Summer rasa winter! Seingat saya, winter di Sydney juga nggak sedingin ini!

Bukan kayak gini~~
Bukan kayak gini~~

Gak cuma itu saja, summer di South Island, New Zealand ini nggak selalu cerah. Entah saya yang sedang sial atau apa, saya dapet cuaca yang kurang baik. Sebulan di New Zealand, saya mendapat lumayan banyak cuaca hujan. Katanya sih, ini musim panas New Zealand yang paling basah! Hadeuh! Kalau kayak gini, sepertinya emang wajib ada New Zealand Road Trip jilid dua!

2. Sandfly, Penghisap Darah Yang Lebih Kejam Daripada Nyamuk, Dan Mungkin… Drakula!

Drakula kecil dari selandia baru
Drakula kecil dari selandia baru (teara.govt.nz)

Maunya sih nggak pengen kenalan sama mereka. Cuma, karena Milford Sound masuk ke dalam tujuan road trip di New Zealand ini, jadinya mau gak mau harus kenalan dan… merasakan gigitan mereka. Apa itu Sandfly? Kalau penasaran baca aja di wikipedia ini. Pokoknya, kalau ke New Zealand, dan berkunjung ke South Island jangan lupa bawa anti serangga atau anti nyamuk. Biar nggak digigit sama drakula mini yang jumlahnya mungkin ada jutaan ini!

3. Mau Lihat Es, Nggak Perlu Ke Puncak Gunung

Dunia es New Zealand A.K.A Glacier~
Dunia es New Zealand A.K.A Glacier~

Di Indonesia, kalau mau lihat glacier atau es mungkin harus dengan susah payah naik ke puncak Gunung Jayawijaya yang ada di Papua. Nah, kalau di New Zealand gak perlu susah payah. Paling cuma perlu jalan santai sekitar 1-3 jam saja, tergantung lokasinya.

Kurang dari 2 jam jalan buat ketemu ini
Kurang dari 2 jam jalan buat ketemu ini

Yang paling gampang mungkin bisa ke Fox Glacier, level menengah bisa trekking di Hooker Valley yang pada ujungnya terdapat glacier dan pecahan es yang bisa dilihat dari dekat. Kalau mau agak jauh, tapi viewnya cakep bisa deh kalian mencoba trekking ke Rob Roys Glacier.

Rob Roys Glacier, paling kece dari semua glacier yang saya datangi di New Zealand
Rob Roys Glacier, paling kece dari semua glacier yang saya datangi di New Zealand

4. Lebih Banyak Domba Dan Sapi Dari Pada Manusia Di Negara Ini

New Zealand, negara yang dikuasai sapi dan domba~ Katanya sih gitu XD
New Zealand, negara yang dikuasai sapi dan domba~ Katanya sih gitu XD

Ini serius! Sudah lama saya banyak mendengar kalau New Zealand itu adalah negara para domba dan sapi. Bahkan kalau nggak salah, dari sumber yang pernah saya baca, perbandingan manusia dan domba adalah 1:10. Iya, setiap satu manusia berarti ada 10 domba disana. Nggak heran lagi sih, soalnya ketika road trip di New Zealand, saya lebih sering ketemu domba daripada manusia. Terutama di South Island-nya New Zealand!

5. Kiwi Itu Nama Buah Kan?

Sempet ketemu, tapi nggak yakin ini Burung Kiwi atau cuma ayam setempat~
Sempet ketemu, tapi nggak yakin ini Burung Kiwi atau cuma ayam setempat~

Dulu waktu di Indonesia, yang saya tahu Kiwi itu adalah nama buah. Ternyata saya masih kurang banyak membaca. Soalnya, ketika sampai di New Zealand, saya baru tahu kalau Kiwi itu juga nama sejenis burung yang hidup disana.

6. Jalanannya Begitu Sepi! Saking Sepinya, Saya Bisa Tidur Di Jalanan!

Awas ada mobil di belakang tuh bang~
Awas ada mobil di belakang tuh bang~

Ya sebenarnya nggak di seluruh negara sih. Tetapi ada sebagian jalan yang mungkin hanya akan dilewati kendaraan setiap 10 menit sekali. Itu saya perkirakan berdasarkan pengalaman roadtrip di sebulan disana ya. Ketika di South Island, ada daerah yang kira-kira hanya sekitar 10 menit sekali baru berpapasan dengan kendaraan lain. Nah, ketika jalanan lagi sepi nggak bisa dilewatin dong buat foto sambil pose tiduran di jalan. Kapan lagi?

7. Harga BBM Berbeda-Beda Di Tiap Tempat!

Tips hemat road trip di NZ adalah, beli BBM ketika nemu harga yang murah!
Tips hemat road trip di NZ adalah, beli BBM ketika nemu harga yang murah!

Nggak seperti di Indonesia yang harga BBM nya kurang lebih sama, di New Zealand ini harga BBM di tiap tempat berbeda beda. Harganya sih berkisar sekitar NZD 1,80-NZD 2,30 per liternya untuk BBM setara premium. Mahal banget kan? Yah, kalau di rupiahin sekitar 20 ribuan per liter. Nah, gara-gara harga yang enggak sama ini, jadi sebisa mungkin kalau nemu yang harganya murah, ya langsung beli full tank deh.

8. Sebagian Besar Jembatan Di New Zealand Hanya Dibuat Satu Jalur

Satu jalur, ditambah jalur kereta~
Satu jalur, ditambah jalur kereta~

Ini yang sampai sekarang membuat saya bertanya-tanya. Saya enggak paham kenapa hampir sebagian besar jembatan disana hanya dibuat satu jalur. Malah yang lebih ekstrim, ada salah satu jembatan yang cuma satu jalur, dibagi dengan jalur rel kereta api.

Gimana coba nyeberangnya kalau ada kereta api? Gara-gara cuma ada satu jalur juga, driver harus ekstra waspada untuk membaca rambu lalu-lintas. Soalnya kadang ada jalur yang mengharuskan arus lalu-lintas yang datang dari depan didahulukan.

9. Negara Yang Asik Buat Road Trip Dan Kemping Di Alam Terbuka!

Jangan lupa camping with awesome view~~
Jangan lupa camping with awesome view~~

Iya, New Zealand ini negara yang super duper asik untuk dijelajahi dengan cara road trip. Menjelajah alamnya yang luar biasa fotogenik dengan berpindah-pindah pindah seperti nomad. Sesekali camping di gunung, di tepi hutan, danau atau bahkan aliran sungai. Jadi, buat kalian yang suka dengan suasana alam bebas New Zealand harus ada dalam bucket list kalian :D

 

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
78 Responses
  1. APIK POL foto fotone sumpah. Aku ra mudeng blas tentang nyu zeland teus bar moco list iki dadi mudeng. Keren banget iki layak dikunjungi setelah Iceland! hahaah

  2. Duh New Zealand, negara impian banget Mi <3 Semoga kesampaian ke sana dalam waktu dekat. Aminnnnn…. Btw harga bbm di New Zeland sama ajak kayak harga bbm di Indonesia timur ya hahahaha…

  3. waaa aku kayaknya lama banget nggak main ke catperku :3
    bikin project famtrip blitar aja mas *eh
    kalo burung kiwi sih udah tau lewat baca baca gitu. jadi lambang negara NZ juga kan ya?
    kalo ngeliat begitu damainya NZ sih pengen banget ya tinggal di sini hahaha.
    yang bikin penasaran itu gimana ya rasanya tinggal di negara paling ujung selatan yang udah ‘deket’ sama kutub selatan? haha

    1. kalau lambangnya nz itu silver fern~ deket sama kutub selatan yang jelas suhunya dingin banget XD famtrip blitar? gak ada kenalan dinas pariwisata setempat ini~~ tapi kalau mau main ke blitar, ke rumah aja. ada mobil yang bisa dipake :D

  4. Haha! Iya walau di sana summer, anginnya tetep dingin yak 😁

    Emang enak road trip di NZ, tp dulu ga kepikiran buat gegoleran di jalan pas sepi 😂

  5. nofantoro

    haha… gak ada tempat yang jelekan dikit apa…
    tempatnya kok cakep-cakep semua si, terus harus yang mana dulu nih yang mau di kunjungi?

  6. Syuhada Ali

    Masih sulit percaya sama perbandingan dombanya, nih. Mudah-mudahan suatu hari nanti bisa membuktikan sendiri kesana, hehe.

  7. Hamdan

    SubhanAllah ye New Zealand emang dah banyak tempat-tempat menarik untuk dikunjungi yang paling terkenal sih kambingnya dengan berbagai macam.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: