Travel Blog Indonesia - Wisata - Nusa Tenggara Barat - Tahun 2024

Berikut ini adalah rekomendasi destinasiw wisata Nusa Tenggara Barat yang teidan dan populer dari Catperku.com! Di sini, kamu akan menemukan informasi terbaru dan terlengkap tentang tempat-tempat wisata menarik di Nusa Tenggara Barat. Disini berisi panduan lengkap tentang cara menuju ke destinasi wisata populer seperti Pantai Senggigi, Pulau Gili Trawangan, dan Taman Nasional Gunung Rinjani, serta tempat-tempat tersembunyi yang belum banyak diketahui orang. Selain itu, kami juga memberikan rekomendasi hotel dan restoran terbaik di Nusa Tenggara Barat, sehingga kamu dapat menikmati pengalaman wisata yang lengkap dan memuaskan. Dari keindahan alam yang menakjubkan hingga wisata sejarah yang kaya, kami akan memandumu mengeksplorasi pesona Nusa Tenggara Barat yang memukau. Jadi, jika kamu sedang merencanakan liburan ke Nusa Tenggara Barat, jangan ragu untuk membaca tulisan ini sampai selesai!

13 Tempat Wisata Nusa Tenggara Barat Terindah Dan Populer Di 2024

Dari semua tempat wisata yang indah dan menarik di Nusa Tenggara Barat, setiap destinasi memiliki daya tariknya sendiri dan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

1. Gili Nanggu

Gili Nanggu adalah sebuah pulau kecil yang terletak di daerah Sekotong, Lombok Barat.

Gili Nanggu adalah sebuah pulau kecil, tempat wisata yang terletak di daerah Sekotong, Lombok Barat. Pulau ini terkenal karena keindahan alamnya yang masih alami dan privat.

Hanya dihuni oleh pihak manajemen dan staf resor, Gili Nanggu menjadi pilihan yang sempurna untuk liburan romantis, seperti bulan madu.

Pantainya yang bersih dengan pasir putih dan air laut yang jernih menawarkan pengalaman berenang dan snorkeling yang luar biasa.

Pengunjung juga dapat menikmati kegiatan lain seperti berjemur di bawah sinar matahari, berjalan-jalan di sepanjang pantai, atau sekadar bersantai di hammock yang tersedia.

2. Gili Asahan

Gili Asahan

Gili Asahan adalah salah satu dari sekian banyak pulau di desa Batu Putih, Sekotong, Lombok Barat.

Pulau ini menawarkan pesona alam yang memukau dengan pantai berpasir putih, air laut yang jernih, dan terumbu karang yang indah.

Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas di Gili Asahan, mulai dari snorkeling, diving, hingga menikmati sunset yang mempesona.

Salah satu daya tarik utama Gili Asahan adalah keheningan dan kedamaian yang terasa di pulau ini.

Dikelilingi oleh hamparan laut yang tenang dan pemandangan alam yang memukau, Gili Asahan menjadi tempat yang sempurna untuk melepaskan penat dan menikmati keindahan alam yang masih asri.

3. Pantai Bangko-Bangko

Pantai Bangko-Bangko Lombok Nusa Tenggara Barat

Pantai Bangko-Bangko terletak di kawasan Sekotong, Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan terkenal dengan keindahan pantainya yang masih alami.

Pantai ini dikenal dengan ombaknya yang cukup kuat, menjadikannya tempat yang populer bagi para peselancar dan penggemar olahraga air lainnya.

Selain itu, pantai ini juga menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang berwarna biru kehijauan.

Pengunjung dapat menikmati kegiatan seperti berjemur, berenang, atau sekadar bersantai menikmati keindahan alam sekitar.

4. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu terletak di Lombok Tengah dan merupakan salah satu objek wisata alam yang populer di NTB.

Nama “Benang Kelambu” diambil karena air terjun ini memiliki kemiripan dengan benang kelambu atau tirai yang terbentang.

Keunikan lain dari air terjun ini adalah suara alirannya yang halus dan menenangkan.

Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar sambil mendengarkan suara gemericik air terjun dan merasakan kesegaran udara yang masih bersih.

5. Gili Trawangan

Gili Trawangan Nusa Tenggara Barat.

Gili Trawangan adalah salah satu dari tiga pulau Gili yang terletak di sebelah barat laut Lombok.

Pulau ini terkenal dengan suasana yang ramai dan berbagai kegiatan yang ditawarkan kepada pengunjungnya.

Mulai dari menyelam, snorkeling, hingga berpesta di berbagai tempat hiburan yang tersedia.

Pantainya yang indah dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih menjadikan Gili Trawangan sebagai destinasi yang populer bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selain itu, pulau ini juga dikenal dengan kehidupan malamnya yang meriah, dengan berbagai restoran, bar, dan klub malam yang menawarkan hiburan yang beragam.

6. Gili Meno

Gili Meno

Gili Meno adalah pulau terkecil di antara tiga pulau Gili di Nusa Tenggara Barat yang terkenal dengan pantainya yang indah dan air lautnya yang sangat jernih.

Pulau ini menawarkan suasana yang lebih tenang dan damai dibandingkan dengan Gili Trawangan atau Gili Air, sehingga cocok bagi mereka yang mencari ketenangan dan relaksasi.

Pengunjung dapat menikmati kegiatan seperti berjemur di pantai, berenang, snorkeling, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

Pulau ini juga memiliki pohon jongkok yang ikonik dan menjadi spot foto yang populer di media sosial.

7. Gili Sulat

Gili Sulat

Gili Sulat adalah salah satu destinasi wisata yang masih tersembunyi di Lombok Nusa Tenggara Barat.

Pulau ini menawarkan pantai yang indah dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih, menjadikannya tempat yang ideal untuk snorkeling dan diving.

Selain pantainya yang memukau, Gili Sulat juga memiliki hutan mangrove yang indah yang dapat dijelajahi oleh pengunjung.

Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas di pulau ini, mulai dari berjalan-jalan di sepanjang pantai, snorkeling di terumbu karang yang indah, hingga berkemah di bawah bintang-bintang.

8. Doro Ncanga

Doro Ncanga adalah sebuah padang rumput yang terletak di Bima Nusa Tenggara Barat.

Doro Ncanga adalah sebuah padang rumput yang terletak di Bima Nusa Tenggara Barat. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dengan hamparan rumput yang hijau dan langit yang luas.

Jutaan hewan berkeliaran di padang rumput ini, menjadikannya tempat yang sempurna untuk berburu foto yang eksotis.

Pengunjung dapat menikmati kegiatan seperti berjalan-jalan di sepanjang padang rumput, berkemah di bawah langit yang berbintang, atau sekadar bersantai menikmati keindahan alam sekitar.

Tempat ini juga menjadi destinasi yang populer bagi para penggemar fotografi yang mencari pemandangan alam yang menakjubkan.

9. Pulau Satonda

Pulau Satonda adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Dompu Nusa Tenggara Barat.

Pulau Satonda adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Dompu Nusa Tenggara Barat. Pulau ini terkenal karena keindahan alamnya yang masih alami dan eksotis.

Selain itu, pulau ini juga memiliki nilai sejarah yang penting, karena terkait dengan letusan Gunung Tambora yang fenomenal.

Pengunjung dapat menikmati kegiatan seperti berenang, snorkeling, atau sekadar bersantai di pantai sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Pulau ini juga menawarkan pemandangan matahari terbenam yang memukau, menjadikannya tempat yang sempurna untuk menikmati momen romantis bersama pasangan.

10. Pundu Nence Peak

Pundu Nence Peak, atau sering disebut Punce, adalah sebuah bukit yang terletak di bagian utara kota Bima, NTB.

Pundu Nence Peak, atau sering disebut Punce, adalah sebuah bukit yang terletak di bagian utara kota Bima, NTB.

Bukit ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan hamparan hutan yang hijau dan langit yang biru.

Pengunjung dapat menikmati kegiatan seperti hiking, berjalan-jalan di sepanjang jalur trekking, atau sekadar menikmati keindahan alam sekitar.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pundu Nence Peak adalah pagi hari, ketika udara masih segar dan pemandangan alamnya masih terlihat jelas.

Bukit ini juga menjadi tempat yang populer bagi para pecinta alam yang mencari petualangan dan tantangan.

11. Kawasan Mandalika

Kawasan Mandalika adalah salah satu destinasi wisata terbaru di NTB dan telah menjadi Destinasi Super Prioritas (DSP) yang mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

Kawasan Mandalika adalah salah satu destinasi wisata terbaru di NTB dan telah menjadi Destinasi Super Prioritas (DSP) yang mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

Kawasan ini menyimpan banyak pesona alam dan budaya yang menarik, termasuk Sirkuit Mandalika yang terkenal.

Salah satu keunikan dari Sirkuit Mandalika adalah adanya motif tenun Suku Sasak yang menjadi ciri khas dari sirkuit ini.

Pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan di kawasan Mandalika, mulai dari menyaksikan balapan motor yang seru, menjelajahi pantai-pantai indah di sekitar kawasan, hingga berinteraksi dengan masyarakat lokal dan mempelajari budaya mereka.

12. Bukit Merese

Pemandangan sunset di Bukit Merese yang lokasinya nggak jauh dari Pantai Tanjung Aan Beach.

Bukit Merese adalah destinasi wisata alam yang terletak di Lombok Tengah.

Tempat ini menawarkan pemandangan indah dari puncak bukit, dengan hamparan perbukitan hijau, pasir putih, dan gradasi warna air laut yang memesona.

Pengunjung dapat menikmati kegiatan seperti hiking atau trekking menuju puncak bukit untuk melihat langsung keindahan alam yang dimiliki Nusa Tenggara Barat.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Merese adalah pagi hari atau menjelang matahari terbenam.

Tempat ini menawarkan pemandangan sunset yang memukau dan memanjakan mata, sehingga cocok bagi mereka yang mencari pengalaman romantis atau sekadar ingin menikmati keindahan alam yang masih alami.

13. Desa Adat Sade

Potret kegiatan sehari-hari masyarakat Desa Sade

Desa Adat Sade adalah salah satu desa wisata di Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat yang menawarkan pengalaman unik bagi para pengunjung.

Desa ini merupakan tempat tinggal bagi masyarakat Suku Sasak dan menyajikan berbagai atraksi budaya dan tradisional.

Pengunjung dapat melihat langsung kehidupan sehari-hari dari masyarakat Suku Sasak, termasuk proses menenun kain yang menjadi cenderamata khas dari Desa Sade.

Desa ini juga terkenal dengan rumah adatnya yang unik, dengan dinding terbuat dari anyaman bambu dan atap terbuat dari alang-alang kering.

Pengunjung dapat berinteraksi dengan penduduk setempat, belajar tentang budaya mereka, atau sekadar menikmati keindahan alam dan arsitektur tradisional yang masih terjaga dengan baik.

Kunjungi Juga Destinasi Wisata Nusa Tenggara Barat Lainnya Di 2024

Jadi, kapan kamu akan mengunjungi NTB dan mengeksplorasi keindahan alam dan budayanya yang memukau? Kunjungi juga tempat wisata di NTB lainnya berikut ini ya.

Selamat Pagi Dari Pelabuhan Lembar, Lombok Barat

Catperku.com ( Travel Blogger Indonesia ) – Lembar adalah salah satu pelabuhan utama Pulau Lombok yang berada di bagian barat pulau ini. Pelabuhan ini adalah penghubung utama antara dua surga yang ada di bagian timur Indonesia, yaitu Bali dan Lombok. Kebetulan saya mendapat kesempatan untuk menyaksikan pagi hari Pelabuhan Lembar yang begitu menakjubkan. Karena itu saya mencoba membaginya kepada kawan - kawan traveler semua melewati foto - foto yang saya abadikan ini. Selamat menikmati! :)

23+ Tempat Wisata Di Lombok Terkenal Termasuk Senggigi

Catperku.com ( Travel Blogger Indonesia ) – Jadi ceritanya, setelah tiga kali traveling ke lombok dan selalu menghindari Senggigi karena menurut saya kurang menantang dan terlalu turis banget, saya akhirnya tetap menjejakkan kaki di senggigi! Coba tebak, di tempat sini asik apa enggak!? Ternyata, tempat yang menjadi tujuan utama turis ketika traveling ke Lombok ini asik juga lho!

Pantai Selong Belanak : Eat, Surf, and Fun!

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Dua kali berkunjung ke Pantai Selong belanak tidak lantas membuat saya bosan dengan pantai ini, bahkan kunjungan kedua ini membuat saya semakin ingin kembali lagi ke pantai ini. Betapa tidak, lebih dari satu tahun dari kunjungan pertama saya ke Pantai Selong Belanak, sepertinya pantai ini semakin asik saja untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi terbaik di Lombok.

Panduan Wisata Ke Pantai Mawun Beach Di Lombok

Catperku.com ( Travel Blogger Indonesia ) – Bagian selatan Lombok banyak dikaruniai pantai dengan pasir putih yang halus, seperti pantai mawun yang satu ini. Tetapi, bukannya bermain pasir atau berenang di airnya yang berwarna biru cerah, saya malah menghabiskan waktu di Pantai Mawun dengan leyeh - leyeh. Entah karena takdir atau apa, dua kali saya berkunjung ke Pantai Mawun selalu pada waktu matahari sedang bersemangat memancarkan sinarnya.

Sunset Mantap Dari Bukit Dekat Pantai Seger Lombok Tengah

Catperku.com ( Travel Blogger Indonesia ) – Tahukah kamu dari bukit dekat Pantai Seger Lombok Tengah kamu bisa menikmati sunset sekaligus bisa melihat Sirkuit Mandalika dari ketinggian? Ya, ini adalah salah satu pantai di Lombok yang punya view sunset cakep bin ajib. Alamat Pantai Seger ini di Lombok Tengah, tak begitu jauh dari Kuta Lombok dan Sirkuit Mandalika.

Pink Beach Lombok Timur Dikenal Juga Sebagai Pantai Tangsi

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Soalnya ternyata Pink Beach itu tidak cuma berada di Pulau Komodo saja lho! Lombok Timur pun ternyata juga punya pantai yang seperti itu! Meskipun kalau di Lombok namanya juga dikenal sebagai Pantai Tangsi. Nanti saya ceritakan juga sejarahnya, kenapa bisa dikenal dengan nama Pantai Tangsi.

Menggelinjang Kepedasan Karena Ayam Taliwang!

Catperku.com ( Travel Blogger Indonesia ) – Ayam Taliwang ini merupakan makanan khas yang hanya bisa ditemui di Lombok, jarang saya menemukannya di tempat lain. Kalaupun bisa menemukan ayam taliwang di luar Pulau Lombok, rasanya pastilah tidak sama, jika dibandingkan mencoba langsung di tempat asalnya.

Tips, Itinerary Backpacking Ke Lombok Sendirian!

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Saya ingat, ketika pertama kali backpacker ke Lombok, saya tidak tahu sama - sekali kondisi Pulau Lombok itu seperti apa. Yang saya punya hanya modal nekat, informasi dari beberapa teman travel blogger, GPS dan sepeda motor matic yang selalu menemani saya kemanapun :D. Tapi kali ini saya akan mencoba berbagi tips backpacker ke Lombok.

Rute Touring Terindah di Lombok: Pamenang – Senggigi – Mataram

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Hai semua, kali ini saya akan membahas salah satu rute touring yang menurut saya adalah yang terindah di Lombok, yaitu rute dari Pamenang menuju Senggigi dan Mataram. Saya akan menjelaskan mengapa rute ini begitu istimewa, tempat-tempat yang bisa Anda kunjungi di sepanjang perjalanan!

Pantai Semeti, Pantai Di Lombok Yang Tersembunyi

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Halo semuanya! Kali ini saya akan membawamu untuk mengenal lebih dalam tentang salah satu surga tersembunyi di Pulau Lombok, yaitu Pantai Semeti. Pantai Semeti adalah destinasi yang sempurna untuk kamu yang mencari petualangan dan ingin menikmati keindahan alam yang unik.

Lombok Selatan Adventure, Dari Lembar Hingga Kuta

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Perjalanan menuju Kuta - Lombok Selatan kami mulai ketika sang mentari baru saja menggeliat menampakkan wujudnya, dengan harapan kami bisa sampai sebelum sore hari, dan Selama perjalanan kami disuguhi pemandangan yang benar benar "breath stopping scenery"

Lombok Selatan Adventure, Chapter 1 : Padang Bai – Lembar

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Mendengar kata "liburan ke lombok" apa yang pertama kali terpikirkan di kepala anda? kebanyakan pasti "pantai senggigi, dan tiga pulai kecil gili" karena tujuan wisata tersebut memang sudah banyak terekspose ke dunia luar, namun kali ini saya mencoba sedikit style berbeda