5 Item Favorit Yang Saya Beli Di Tahun 2015 Bikin Pekerjaan Sebagai Travel Blogger Semakin Mudah!

Setelah saya resign dan beristirahat untuk sejenak dari profesi utama sebagai programmer di 2014, tahun 2015 adalah tahun yang eksperimental buat saya. Iya, di tahun 2015 lalu saya mencoba peruntungan untuk menjadi full time travel blogger. Sebuah pekerjaan yang bagi sebagian besar orang masih dianggap kurang bisa diandalkan untuk bertahan hidup di Indonesia.

Entah benar atau tidak, saya juga masih belum bisa menjawab. Karena, seperti saya bilang, tahun 2015 yang lalu adalah tahun yang penuh dengan percobaan dan masih berlanjut hingga tahun 2016 ini. Mungkin di tahun 2015 saya sedikit beruntung, setiap bulan di sepanjang tahun saya mendapat ajakan famtrip dan beberapa project menyenangkan.

Tentunya ini juga bermanfaat sekali untuk memperkaya konten di travel blog catperku. Di tambah lagi, pada bulan maret 2015 lalu, saya mendapat pekerjaan untuk mengisi konten travel blog di sebuah perusahaan startup hingga bulan Desember 2015.

Nah, karena sudah basah, terjun ke profesi yang belum lazim di Indonesia ini, tentu saya juga melengkapi diri dengan berapa item penunjang pekerjaan. Dan beberapa diantaranya adalah barang favorit yang pernah saya beli di tahun 2015. Seperti misalnya nambah satu kamera, hingga Go Pro yang bisa saya bawa menyelam ke bawah air.

Tentunya, setiap item favorit yang saya beli di tahun 2015 kemarin punya cerita masing-masing dong!

1. Nambah Satu Kamera Olympus E-PM2, Biar Istri Makin Rajin Ngeblog!

Nambah Satu Kamera Olympus E-PM2, Biar Istri Makin Rajin Ngeblog!
Nambah Satu Kamera Olympus E-PM2, Biar Istri Makin Rajin Ngeblog!

Sebelumnya saya sudah punya satu kamera kesayangan yang saya beli waktu traveling ke Jepang dulu. Sudah sekitar 3 tahun saya memakai si Sony Nex F3 tanpa ada masalah sedikitpun. Namun ternyata satu kamera kurang terutama jika punya istri yang doyan ngeblog juga. Apalagi jika ada undangan famtrip yang jadwalnya bersamaan? Nggak mungkin ganti-gantian pinjem kamera kan?

Akhirnya, ya cari lagi satu kamera yang bisa dipakai istri, dan tentunya bisa saya manfaatkan kalau sedang nganggur. Setelah memilih dan cari-cari di Internet, akhirnya keputusan jatuh pada kamera Olympus E-PM2 yang harganya masuk akal dan kata seorang blogger kawakan penggemar kamera Olympus, kualitasnya cukup oke.

Pada akhirnya, kamera Olympus E-PM2 ini saya maksimalkan sebagai kamera untuk foto instagram, karena dia bisa mengambil gambar dengan format 1×1. Memang, di tahun 2015 kemarin, saya sedang berusaha growing follower @catperku di Instagram, sebagai salah satu strategi branding travel blog catperku di social media.

2. Beli Go Pro Biar Tetep Bisa Foto-Foto Meski Di Dalam Air

Beli Go Pro Biar Tetep Bisa Foto-Foto Meski Di Dalam Air
Beli Go Pro Biar Tetep Bisa Foto-Foto Meski Di Dalam Air

Alasan yang konyol sebenarnya kalau saya beli Go Pro biar bisa foto selfie di dalam air. Tapi memang, itu alasan utama saya beli gadget yang satu ini di tahun 2015. Kebetulan kemarin saya diajak keliling kalimantan oleh salah satu brand mobil, dan salah satu destinasi yang didatangi adalah Danau Kakaban di Kepulauan Derawan.

Saya pikir, kapan lagi bisa ke Danau Kakaban? Terus kalau sudah sampai ke Danau Kakaban nggak foto bareng Ubur-ubur kok rasanya kurang banget. Atas dasar alasan konyol dan sedikit impulsif itulah, kemudian saya beli Go Pro.

Akhirnya! Selfie bareng Ubur-ubur Danau Kakaban!
Akhirnya! Selfie bareng Ubur-ubur Danau Kakaban!

Pun ternyata kegunaan Go Pro ini nggak cuma buat foto selfie di bawah air. Karena ukurannya yang kecil, saya bisa mengeluarkan kamera ini kapan saja. Bahkan ketika berada di tengah kerumunan orang, yang ngak akan memungkinkan untuk mengeluarkan kamera lain. Sayang, kelemahan Go Pro adalah ketika cahaya kurang, hasilnya nggak begitu bagus.

3. Flash Air, Biar Bisa Sharing Foto Dari Kamera Lebih Cepat

Flash Air, Biar Bisa Sharing Foto Dari Kamera Lebih Cepat
Flash Air, Biar Bisa Sharing Foto Dari Kamera Lebih Cepat

Kesalahan terbesar saya ketika beli kedua kamera yang saya punya adalah, saya beli kamera yang nggak ada wifinya! Jadi kalau mau sharing ke Internet, saya harus copy foto ke laptop terlebih dahulu, baru bisa di share ke internet. Beruntung ya, teknologi sekarang sudah semakin maju. Meski nggak ada wifi di kamera, tetapi ada teknologi memory card yang ada wifinya.

Brand yang lumayan oke sih Flash Air dari Toshiba. Dengan pake Flash Air ini, saya bisa sharing dari kamera mirrorless saya yang nggak ada wifinya dengan cepat! Kalau lagi dapet moment bagus, selang beberapa menit hasil fotonya pasti sudah nongol di akun instagram saya di @catperku.

4. Lenovo Vibe X2 Untuk Kebutuhan Social Media Instagram

Lenovo Vibe X2 Untuk Kebutuhan Social Media Instagram
Lenovo Vibe X2 Untuk Kebutuhan Social Media Instagram

Saya ini orang yang nggak suka terlalu sering gonta-ganti gadget. Biasanya saya baru ganti setelah yang lama rusak, atau ilang. Cuma, kali ini karena smartphone saya yang lama itu nggak smart-smart benget, dengan terpaksa saya harus ganti. Tentu saja karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskan untuk aktif di social media dan blog.

Karena itu saya memutuskan untuk beli Lenovo Vibe X2 yang bisa mendukung pekerjaan saya sebagai travel blogger dan digital marketer pemula. Saya suka beli smartphone yang ini karena desainnya yang unik, cukup powerfull dan nggak banyak orang yang pakai. Yah meski kadang baterainya cepet abis sih~ Tapi tenang, masih ada powerbank kok!

5. Hardisk 1 TB, Karena Makin Sering Jalan, Makin Cepet Penuh Hardisk Yang lama!

Hardisk 1 TB, Karena Makin Sering Jalan, Makin Cepet Penuh Hardisk Yang lama!
Hardisk 1 TB, Karena Makin Sering Jalan, Makin Cepet Penuh Hardisk Yang lama!

Kecepatan jalan-jalan selalu berbanding lurus dengan kecepatan penuh hardisk, namun selalu berbanding terbalik dengan kecepatan menulis di blog. *eh*  Bagaimana tidak, sekali jalan selama beberapa hari, paling enggak akan menhasilkan 1000 hingga 5000 foto baru. Hardisk berkapasitas 1 Terabyte yang yang saya punya penuh dalam waktu yang tidak terlalu lama.  Karena itu tahun 2015 kemarin akhirnya beli lagi hardisk berkapasitas 1 Terabyte, yang kemungkinan juga akan penuh dalam waktu singkat.

Nah, kalau item favorit kalian yang udah dibeli di tahun 2015 apa? Terus di tahun 2016 ini kira-kira mau berburu item favorit apa aja? Kalau saya sih cuma satu, kalau ada rejeki pengen beli Sony Alpha a7S Mirrorless Digital Camera. Atau ada yang mau ngasih? *terima hadiah atau endorse ya~ wkwkwk*

Barang idaman yang diincar di tahun 2016 ini
Barang idaman yang diincar di tahun 2016 ini XD

Anyway, buat kalian yang doyan belanja apalagi belanja online, sekarang makin gampang euy! Ada yang namanya Shopee, sebuah aplikasi jual beli online yang ada di smartphone, baik android ataupun iphone. Mau belanja sambil di dalam bus atau kereta juga bisa~

Kagak perlu nangkring di depan laptop lagi! Yang mau coba bisa download aplikasi Shopee mobile disini! Ntar kalau udah belin saya A7s disono ya~ plisss! Shopee lagi ada diskon gila-gilaan sampai 95% nih! Cek aja kalo ndak percaya :| Kalaupun nggak mau beliin, minimal doain aja tahun ini ada rejeki buat upgrade kamera XD

Psst! Jangan kasih tau yang lain, kalau Shopee lagi ngadain kompetisi #ShopeeThrowback. Jadiii… Yang mau hadiah, tinggal download Shopee terus ikutan quiznya deh! Hadiahnya lumayan, kalian bisa dapetin Samsung Galaxy A8 juga voucher belanja senilai IDR 500.000!

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
47 Responses
  1. bang.. itu memory card gimana sih sebenarnya cara kerjanya.. kok aku jadi penasaran dan tertarik :D
    and by the way sharingnya berguna banget, klopun sedikit konyol di bagian gopro, tapi masuk akal sih bang. yudi pun berencana demikian. tahun ini rencananya mau upgrade kamera syukur2 bisa kebeli drone hehehe

  2. meidianakusuma

    maau flash Air jugaa ahh, eh tapi kalo jadi beli Sony atau Fuji mirrorless jadi kagak perlu lagi yehh udah ada NFC hahaha *galaaauu*

  3. Agil Yanuar

    Wah keren nambahnya banyak juga ya. Aku di 2015 cuma nambah action camera sama hp hehehe.. semoga bisa nambah kamera dslr gitu heheh

  4. Harry Genseti

    Wah, mantap mas list-listnya.

    Saya baru tau ada sd card yang bisa wifi -_-‘

    kira-kira beli SD Flash Air di mana yaa??

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: