Liburan ke Jatim Park 2 Batu Secret Zoo Bisa Ngapain Aja? Baca Ini Aja Untuk Informasi Lengkapnya!

Liburan ke Jatim Park 2 Batu Secret Zoo bisa ngapain aja? Dulu sempat bingung kalau ditanya seperti itu. Malu juga sih, udah pernah kemana-mana seperti : Touring keliling Sumatera sejauh 5000 KM lebih, Udah pernah liburan ke Jerman, New Zealand, dan Jepang. Namun pas ditanya di Batu Secret Zoo yang merupakan bagian dari Jawa Timur Park 2 malah bingung.

Yah, saya emang belum pernah ke Jatim Park 2 sih. Kalau ke Jatim Park 1 udah pernah waktu jaman kuliah. Kesana bareng teman-teman satu geng. Batu Secret Zoo yang merupakan bagian dari Jatim Park 2 ini sebenarnya bagus. Tapi karena ini adalah salah satu tempat wisata di Kota Batu yang cocok untuk keluarga. Kalau kesana sendirian ya bingung juga mau ngapain.

Nah, kebetulan ada kesempatan main kesana nih beberapa waktu lalu. Jadi saya mau berbagi aja pengalaman main ke Jatim Park 2, khususnya di Bagian Batu Secret Zoo. Ternyata tempatnya kok ya asik buat refreshing. Tiket masuk ke Jatim Park 2 juga nggak terlalu mahal, dan lokasinya dekat dari tempat tinggal saya di Blitar.

Liburan ke Jatim Park 2 Batu Secret Zoo Bisa Ngapain Aja? Baca Ini Aja Untuk Informasinya!
Liburan ke Jatim Park 2 Batu Secret Zoo Bisa Ngapain Aja? Baca Ini Aja Untuk Informasinya!

Jatim Park 2 Batu Secret Zoo Itu Sebenarnya Apa?

Mungkin sebelum kamu membaca tulisan ini sampai selesai, bisa melihat dulu video singkat yang saya buat ketika liburan kesana kemarin. Kalau mau subscribe channel youtube saya youtube.com/catperku boleh juga ya!

 

 

Jatim Park 2 ini adalah sebuah tempat wisata di Kota Batu. Ini adalah pengembangan dari Jatim Park 1, dengan konsep yang lebih ke eduwisata atau penggabungan edukasi dan wisata. Makanya beberapa daya tarik wisata tempat ini lebih ke edukasi.

Pun begitu Jatim Park 2 ini juga merupakan tujuan liburan yang cocok ketika musim liburan tiba. Cuma yang saya tekankan disini, jangan liburan kesini sendirian. Karena memang tempat wisat di Batu ini didesain untuk liburan bersama keluarga.

Jatim Park 2 Batu Secret Zoo ini adalah salah satu tempat wisata Kota Batu yang populer.
Jatim Park 2 Batu Secret Zoo ini adalah salah satu tempat wisata Kota Batu yang populer.

Ada beberapa destinasi yang bisa dikunjungi di Jawa Timur Park 2. Namun saya baru sempat mampir ke Batu Secret Zoo dan Museum Satwa Batu. Menurut saya juga yang masih bisa dinikmati oleh orang dewasa ya dua itu sih. Makanya untuk kali ini saya bakal membahas dua destinasi wisata Kota Batu itu dulu.

Tempat wisata kota Batu lainnya seperti Jawa Timur Park 1, Museum Angkut dan Batu Night Spectaculer akan saya bahas pada lain kesempatan ya. Semoga juga segera ada waktu buat liburan ke Kota Batu lagi.

Apa Yang Menarik Dari Batu Secret Zoo?

Kalau buat saya, yang paling menarik dari Batu Secret Zoo adalah hewan-hewan lucu yang ada didalamnya. Namanya juga kebun binatang, sudah pasti ada banyak hewan yang ada disana kan? Tapi hewan yang ada disini nggak seperti kebun binatang pada umumnya sih. Jauh lebih terawat dan cenderung lebih aktif. Cuma kalau datang pas jam tidurnya, ya bakalan lihat mereka lagi pada tidur.

Selain sebagai tempat wisata, Batu Secret Zoo ini juga merupakan sebuah tempat konservasi satwa modern yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Paling tidak seperti yang dituliskan di laman resmi website Jatim Park 2.

Tempat wisata di Kota Batu ini adalah tempat yang cocok untuk liburan bareng keluarga.
Tempat wisata di Kota Batu ini adalah tempat yang cocok untuk liburan bareng keluarga.

Tempat wisat di Kota Batu ini berdiri di area seluas 14 hektar, cukup luas untuk menghabiskan libur sehari penuh. Paling enggak siapkan waktu minimal setengah hari jika ingin mengelilingi tempat ini sampai puas.

Disini para pengunjung bisa melihat dari dekat berbagai satwa dan hewan yang habitat aslinya tersebar di seluruh dunia. Mulai dari hewan yang tinggal di hutan tropis Asia, atau hewan dari padang gurun Afrika hingga hewan yang berasal dari dasar Samudera Pasifik juga ada. Beberapa hewan yang ada disini bahkan baru pertama kali saya lihat.

Ada juga harimau di kebun binatang ini
Ada juga harimau di kebun binatang ini.

Saking luasnya, area kebun binatang Batu Secret Zoo ini dibagi menjadi ke beberapa bagian. Seperti Reptile Garden, Tiger Land, Zona Aquarium dan beberapa lainnya yang akan saya jabarkan dibawah ini.

Reptile Garden

Buat kamu yang suka dengan binatang reptile, ini adalah area yang menarik. Karena disini ada berbagai macam jenis reptile yang ditaruh didalam akuarium. Tentu saja akuarium tadi didesain dengan sedemikian rupa agar sesuai dengan habitat asli tempat para reptil tersebut tinggal. Mulai dari iguana, ular biasa hingga King Kobra ada disini. O iya, buat yang takut ular, sebaiknya skip saja area ini.

Tiger Land

Sesuai namanya, sudah pasti Tiger Land di Batu Secret Zoo ini adalah tempatnya para kucing raksasa tinggal. Ya, ada beberapa jenis harimau ditempatkan disini. Mulai dari Harimau Putih, Harumau Sumatera dan beberapa jenis harimau lain ada disini. Mereka ditempatkan di kandang yang luas berdinding kaca bening. Pengunjung bisa melihat para harimau tersebut dari balik kaca bening tadi.

Ada yang tahu nama si kucing hitam raksasa ini apa?
Ada yang tahu nama si kucing hitam raksasa ini apa?

Area Savana

Hewan yang berada di area ini semuanya berasal dari Afrika yang memiliki banyak padang safana. Habitat dan Lokasinya pun didesain mirip dengan suasana di Afrika.

Tak jauh dari lokasi ini adalah Fantasy land, dan sebuah area dimana ada banyak Gajah berada. Pada jam-jam tertentu pengunjung bisa ikut memberi makan gajah lho. Ini kali kedua saya melihat Gajah di kebun binatang, selain di Bali Safari Marine Park.

Zona Aquarium

Sesuai namanya Aquarium, tentunya pada area Jatim Park 2 Batu Secret Zoo ini terdapat berbagai jenis hewan yang tinggal di Air. Layaknya sea world, di area ini ditampilkan berbagai jenis hewan yang tinggal di air laut atau air tawar. Mulai dari Ikan hiu, belut listrik, hingga hewan aneh bernama Axlotl ada disini. Ini adalah area favorit saya selama berkeliling di Batu Secret Zoo.

Disini kamu bisa melihat berbagai macam jenis binatang unik, lucu dan aneh!
Disini kamu bisa melihat berbagai macam jenis binatang unik, lucu dan aneh!

Area Fantasi And Adventure Land

Nah, kalau ini adalah tempat untuk para pengunjung yang mengajak anak kecil ke Jatim Park 2 Batu Secret Zoo. Karena selain banyak wahana permainan untuk anak disini, ada juga kolam renang dan tempat untuk makan. Pada salah satu sudutnya juga terdapat sungai buatan, dimana pengunjung bisa naik perahu sambil berkeliling sungai. Tenang saja, semua wahana yang ada disini gratis, karena sudah termasuk di dalam tiket masuk.

Berapa Sih Harga Tiket Masuk Jatim Park 2 Batu Secret Zoo?

Untuk harga tiketnya sendiri tidak terlalu mahal. Sayangnya nggak bisa beli hanya untuk masuk ke Batu Secret Zoo atau taman yang lainnya saja. Karena tiketnya dijual paketan, dengan atraksi yang lainnya. Seperti misalnya paket tiket masuk ke Batu Secret Zoo dan Museum Satwa. Untuk detail harga tiket Jatim Park 2 Batu Secret Zoo bisa dilihat dibawah ini ya. Perlu dicatat, harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi harap cek terlebih dahulu.

Harga Tiket Weekday Weekend
Harga Tiket Jatim Park 2 (Batu Secret Zoo + Museum Satwa) IDR 85.000 IDR 120.000
Harga Tiket Eco Green Park IDR 55.000 IDR 75.000
Harga Tiket Jatim Park 2 + Eco Green Park (Terusan) IDR 110.000 IDR 150.000
Harga Tiket Museum Tubuh IDR 55.000 IDR 70.000
Harga Tiket Predator Fun Park IDR 37.500 IDR 50.000
Harga Tiket Museum Angkut IDR 100.000 IDR 100.000
Ada juga buaya di Batu Secret Zoo!
Ada juga buaya di Batu Secret Zoo!

Fasilitas Yang Ada Di Jatim Park 2 Batu Secret Zoo Apa?

Ada banyak fasilitas penunjang untuk para pengunjung di tempat ini. Semuanya memang sengaja disiapkan agar pengunjung betah untuk berlama-lama mengunjungi area Jatim Park 2 Batu Secret Zoo. Beberapa fasilitas yang bermanfaat tersebut adalah :

Bisa sewa yang namanya E-bike kalau malas jalan kaki keliling kebun binatang.
Bisa sewa yang namanya E-bike kalau malas jalan kaki keliling kebun binatang.

Angkutan gratis Jatim Park Grup.

Untuk yang ingin mengunjungi kawasan Jatim Park yang lain, bisa memanfaatkan angkutan gratis ini. Angkutan gratis ini beroperasi dari jam 10.00- 21.00 WIB. Untuk rutenya adalah sebagai berikut.

RUTE 1 : Jatim Park 3 – Jatim Park 1 & Museum Tubuh – Museum angkut. RUTE 2 : Jatim Park 3 – Predator Fun Park – Batu Night Spectacular – Jatim Park 2.

Persewaan E-Bike

Untuk yang malas berjalan kaki, bisa menyewa yang namanya E-Bike. Jadi bisa berkeliling area Batu Secret Zoo tanpa harus capek jalan kaki. Harga sewanya juga tidak mahal. IDR 100.000 untuk 3 jam. Sangat membantu sih, mengingat area kebun binatang modern di Batu ini lumayan luas.

Sementara itu untuk fasilitas lainnya adalah sebagai berikut :

  • ATM center
  • Food court
  • Pusat belanja oleh-oleh
  • Mushola
  • Charging station untuk menambah daya gadget kamu
  • Loker untuk kamu yang malas jalan kaki dengan membawa barang
  • Baby Care
  • Pusat informasi

Nah, mungkin buat kamu yang ingin liburan ke Kota Batu, kamu bisa mengunjungi Jatim Park 2 Batu Secret Zoo ini. Saran saya jangan datang pas weekend atau peak season. Karena ini adalah tempat wisata Kota Batu yang populer. Jadi jangan kaget ketika liburan tiba, tempat ini akan penuh dengan pengunjung. Kemarin sih, saya datang pas hari biasa, jadi nggak terlalu ramai! Selamat berkunjung dan berwisata ke Kota Batu ya!

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
4 Responses
  1. mnrt ane sih paling seru tiger land,, soalnya pecinta kucing besar :D

    itu hewan peranakan marmut sama tikus kah? mukanya marmut tapi punya ekor wirog wkwk..

    -Traveler Paruh Waktu

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: