Ketagihan Wahana Pacu Adrenalin Di Fuji-Q Highland!

Biasanya orang yang traveling ke Jepang itu bakal isi itinerarynya untuk berkunjung ke salah satu taman hiburan atau amusement park selama di sana. Misalnya beberapa taman hiburan yang terkenal di Jepang adalah Universal Studio Japan dan Tokyo Disneyland. Namun sayangnya saya malah kurang berminat untuk mengunjungi kedua tempat tersebut.

Yang menarik perhatian saya sejak saya tahu keberadaannya malah Fuji-Q Highland yang berada tak jauh dari Gunung Fuji. Mungkin nggak banyak yang tahu mengenai keberadaan taman hiburan ini ya. Namun bukan berarti Fuji-Q Highland ini nggak menarik. Malah, menurut saya ini adalah taman hiburan di Jepang yang wajib dikunjungi para adrenaline rush lover.

Soalnya taman hiburan Fuji-Q highland ini ada banyak banget permainan yang bisa membuat jantung berdebar-debar dan adrenalin terpompa dengan kencang ketika mencobanya. Makanya saya sudah lama banget pengen mencoba mengunjungi tempat ini. Sayang karena keterbatasan dana, saya nggak mengunjungi Fuji-Q pada tahun 2013 dulu, tetapi lebih memilih untuk mengunjungi Tateyama Kurobe Alpine Route terlebih dahulu.

Baru pada tahun 2017 ini saya baru bisa untuk mengunjunginya. Kemarin saya mendapatkan paket one day pass dan transportasi pulang pergi ke Fuji-Q Highland di Tripvisto. Jauh lebih gampang sih daripada beli disana. Udah pasti kendala pertama adalah bahasa, sama seperti waktu saya beli tiket masuk Museum Doraemon.

Penyuka kegiatan pacu adrenalin pasti deh ketagihan wahana permainan di Fuji-Q Highland ini!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Penyuka kegiatan pacu adrenalin pasti deh ketagihan wahana permainan di Fuji-Q Highland ini!

Sedikit informasi, Fuji-Q Highland (富士急ハイランド Fujikyū Hairando) atau sebelumnya ditulis sebagai Fujikyu Highland adalah sebuah taman bermain di Fujiyoshida, Yamanashi, Jepang. Lokasinya nggak jauh dari kawasan Lima Danau Fuji di kaki Gunung Fuji. Seperti yang saya sebutkan, Fuji-Q Highland memiliki daya tarik berupa roller coaster yang pernah memegang rekor tercepat di dunia, dan beberapa lainnya yang juga sempat memecahkan rekor dunia!

Nah buat yang penasaran seperti apa sih Fuji-Q Highland ini, dan seseram apa wahana yang ada disana, simak baik-baik tulisan ini. Terutama untuk beberapa wahana pemecah rekor dunia seperti Fujiyama, Dodonpa, Eejanaika dan Takabisha! Wahana di Fuji-Q ini seram, tapi bikin nagih!

Wahana Di Fuji-Q Highland Yang Sudah Saya Coba

Sebenarnya yang paling pengen saya coba di Fuji-Q itu wahana Fujiyama, tapi apa dikata. Setelah antri selama sejam lebih, ternyata Fujiyama diberhentikan karena alasan cuaca. Biar bagaimanapun mereka lebih mementingkan keamanan pengunjungnya.

Akhirnya saya cuma diberi nomor yang bisa dipake untuk skip antrian kalau nantinya Fujiyama diaktifkan kembali. Sayangnya, sampai waktunya pulang, wahana Fujiyama gak pernah diaktifkan lagi dan saya pun pulang tanpa sempat mencobanya.

Sebelum mencoba roller coaster paling serem di Fujikyu~
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Sebelum mencoba roller coaster paling serem di Fujikyu~

Jadinya seharian di Fuji-Q saya hanya sempat mencoba 4 wahana saja. Dikit ya? Iya, soalnya antrian tiap wahana paling minim ya sejam XD

1. Eejanaika

Kalau mau naik roller coaster yang memiliki teknologi 4D dan kursinya bisa berputar 360 derajat, berati harus coba naik Eejanaika. Saya diharuskan melepas semua benda yang bisa jatuh ketika naik roller coaster ini, termasuk sepatu. Hanya baju dan celana melekat ditangan plus kaos kaki dan seucap doa biar pengaman yang menahan saya tidak terlepas ketika roller coaster sedang berjalan nantinya.

Berbeda dengan roller coaster yang lainnya, naik Eejanaika ini menghadap ke belakang, dengan arah roller coaster berlawanan dari arah saya menghadap. Itu juga yang menambah pacu adrenalin ketika naik Eejanaika. Belum lagi nantinya bakal merasakan diputar-putar tanpa pijakan. Bisa dibayangkan dong sensasi digantung menghadap ke belakang sambil diputar-putar plus melesat dalam kecepatan lebih dari 100km/jam?

Tenang saja, meski kedengaran seram kecepatan maksimalnya cuma 126km/jam dengan panjang jalur 1153 meter, dan ketinggian roller coaster adalah 76 meter saja. Buat penyuka adrenalin rush cincau lah ini!

2. Takabisha

Satu yang membuat saya tertarik untuk mecoba takabisha adalah karena roller coaster ini adalah pemecah rekor dunia sebagai “World’s steepest roller coaster” atau roller coaster tercuram di dunia. Wajar saja, tinggak kemiringan jatuh roller coaster ini adalah 121°. Padahal jatup ada sudut 90° aja udah ngeri banget euy!

Roller coaster Takabisha ini memiliki total panjang track 1004 meter dan kecepatan maksimal cuma 100 km/jam. Bagian paling seru dari roller coaster ini adlah ketika kereta Takabisha bergerak naik ke salah satu puncaknya setinggi 46 meter dan kemudian meluncur dengan kecepatan tinggi melewati sudut kemiringan 121°.

videonya bisa dilihat disini~

3. Fuji Airways

Kalau ini sih sebenarnya atraksi paling kalem di Fuji-Q. Bukan berupa roller coaster tetapi sebuah flight simulator dengan layar yang super besar. Dengan naik wahana ini bakalan ngerasain gimana terbang memutari Gunung Fuji secara nyata, menikmati lansekap disekitarnya dalam berbagai musim.

Saking kerasa nyatanya, bahkan kalau misalnya cuacanya sedang hujan, bakalan disemprot sama buih air biar serasa beneran lagi kehujanan. Tapi tenang saja nggak bakalan basah kok. Jadi kalau belum sempat naik ke Gunung Fuji, bisa dengan cobain naik Fuji Airways di Fuji-Q ini. Kalau penasaran seperti apa, bisa lihat videonya disini:

4. Evangelion World

Kalau suka nonton film Evangelion, berarti harus disempetin mampir kesini deh. Soalnya disini ada replika ukuran asli bagian kepala Eva Unit 01. Nggak cuma itu saja, disini juga ada replika salah satu karakter pemain Evangelion, Asuka Langley Soryu.

Wahana DI Fuji-Q Yang Belum Sempat Saya Coba

Saya kira Fuji-Q ini nggak terlalu besar, dan dengan one day pass saya bisa mencoba sebagian besar wahana yang ada. Ternyata prediksi saya salah, ditambah lagi saya datang pada hari minggu! Soalnya taman hiburan ini cukup populer sebagai tempat berlibur akhir pekan orang yang tinggal di area Tokyo.

Makanya antrian di tiap wahana begitu mengular dengan rata-rata antrian hingga sekitar 1 jam. Memang sih ada jalur khusus agar saya bisa naik tiap wahana lebih cepat. Namun itu artinya saya harus mengeluarkan biaya lebih. Soalnya dengan membayar JPY 1000 di tiap wahana, saya bisa masuk lewat jalur cepat yang lebih sepi.

Namun karena pengeluaran bakal jadi lebih mahal pake banget, jadi saya cobain aja sebisanya sampai mendekati waktu kepulangan. Itu artinya, masih ada banyak list yang harus saya coba ketika kembali berkunjung ke Fuji-Q suatu saat nanti. Dan daftar wahana pacu adrenalin di Fuji-Q yang belum sempat saya coba tetapi saya rekomendasikan untuk dicoba kalau berkunjung ke sana adalah sebagai berikut:

1. Fujiyama

Sebenarnya saya sudah sempat mengantri untuk naik Fujiyama. Namun setelah satu jam di antrian, tiba-tiba ada pengumuman kalau wahana ini diberhentikan karena angin semakin kencang dan membahayakan roller coaster Fujiyama. Akhirnya saya nggak sempet naik deh.

Namanya diambil dari nama gunung tertinggi di Jepang. Spesifikasi teknisnya, roller coaster ini memiliki ketinggian 79 m dengan panjang total 2.045 m, kecepatan maksimum 130 km/jam. Yang paling menarik buat saya adalah karen roller coaster FUJIYAMA ini adalah wahana utama dan tertinggi di Fuji-Q Highland.

Roller coaster FUJIYAMA ini juga pernah memecahkan rekor sebagai roller coaster tertinggi di dunia pada tahun 1996. Lalu pada tahun 2007 FUJIYAMA dinobatkan sebagai roller coaster tercepat ke-10, tertinggi ke-8, dan terpanjang ke-5 di dunia. Sekarang begitu jelas kenapa antrian untuk naik roller coaster ini begitu panjang!

2. Dodonpa

Dodonpa in pernah menjadi roller coaster tercepat di dunia dengan kecepatan maksimal adalah 172 KM/jam dalam 1,8 detik saja. Pun sekarang kecepatan itu sudah dikalahkan oleh Top Thrill Dragster dengan kecepatan maksimal 193 KM/jam. Tapi tetap nggak ada salahnya kan untuk mencoba melesat dari nol sampai ke 17 KM/jam dalam 1,8 detik? Sayangnya sampai Juli 2017 nanti wahana Dodonpa di Fuji-Q ini masih dalam renovasi.

3. Cool Jappaan

Sebenarnya roller coaster ini pengen saya cobain, antriannya pun nggak terlalu panjang. Cuma karena nggak bawa baju ganti, jadinya saya urung untuk mencobanya. Mungkin lain kali saya bakal coba kalau bawa baju ganti. Karena naik Cool Jappaan ini artinya harus siap basah kena cipratan air setelah meluncur dari ketinggian 30 meter.

4. Panic Clock

Kalau mau merasakan gimana rasanya diputar-putar layaknya jarum jam dengan kecepatan tinggi, ada baiknya cobain salah satu atraksi ini deh :D

5. Shining Flower

Nggak ada seram-seramnya, dan pacu adrenalin untuk atraksi ini. Namun ketika hari sedang cerah, dengan naik ini kalian bisa menikmati pemandangan Gunung Fuji yang berada nggak jauh dari Fuji-Q Highland. Sebenarnya saya masih ada waktu untuk naik ini, cuma karena saya lihat banyak yang berpasangan ketika naik wahana ini, saya jadi males :D

6. Super Scarry Labyrinth of Fear

Sebenarnya wahana ini sudah saya masukkan ke list yang ingin saya coba dulu. Namun ternyata saya malah kelupaan. Baru inget setelah di dalam bus perjalanan pulang ke Shibuya. Padahal ini adalah wahana sejenis rumah hantu di Fuji-Q yang katanya paling seram.

Kalau ngeliat deskripsinya sih kayaknya iya. Siapa yang nggak takut jalan sejauh 900 meter hanya untuk melewati terror dan hal seram lainnya. Dan untuk menyelesaikan wahana ini perlu waktu sekitar 50 menit atau hampir satu jam! Karena itu pengunjung tidak boleh masuk sendirian meski berani dan anak kecil harus ditemani orang dewasa.

Nyesel banget sampe kelupaan coba masuk ke Super Scarry Labyrinth of Fear euy. Kalau ada yang mau kesini ikutan lagi ya :(

Wahana Lainnya Di Fuji-Q

Selain diatas masih ada banyak wahan lain yang bisa dicoba selama di Fuji-Q. Namun yang ini bisa dicoba kalau memang ada waktu saja. wahana tersebut adalah

  1. Tentekomai
  2. Tekkotsubanchou
  3. Ultimate Fort2
  4. Tondemina
  5. Nagashimasuke
  6. Red Tower
  7. Mad Mouse
  8. Wave Swinger
  9. Merry-Go-Round
  10. Tea Cups
  11. Bloodthirsty ward

Tips Berkunjung Ke Fuji-Q

Biar pengalaman berkunjung ke sini lebih maksimal, saya akan berbagi beberapa tipsnya. Terutama agar waktu berkunjungnya lebih efisien ya!

  1. Beli tiket fastlane atau jalur cepat untuk beberapa atraksi utamanya seperti FUJIYAMA, Takabisha, Dodonpa, dan Eejanaika. Meski bakal nambah sekitar JPY 4000 (diluar harga one day pass), tetapi bakal menghemat waktu banget! Karena antrian di empat wahana tersebut yang paling panjang.
  2. Jika memang nggak ingin mencoba semua wahana sebaiknya membeli tiket terpisah saja sesuai wahana yang diinginkan, gak perlu beli one day pass.
  3. Jangan makan terlalu banyak sebelum cobain atraksi seperti FUJIYAMA, Takabisha, Dodonpa, dan Eejanaika. Bisa-bisa malah muntah setelah cobain salah satu dari ke-empat atraksi utama di Fuji-Q tadi.
  4. Datang sepagi mungkin, dan pulang menjelang Fuji-Q highland tutup agar waktu kunjungan lebih optimal.

Harga Tiket Fuji-Q Highland

Untuk harga tiket di Fuji-Q sebagai berikut ini ya

Tipe Tiket Dewasa Anak sekolah Anak-anak Keterangan
(di atas 18) (12-18) (3-11)
Tiket masuk JPY 1,500 JPY 1,500 JPY 900 Hanya tiket masuk saja, untuk mencoba tiap wahana harus bayar lagi
Tiket masuk+ Thomas Land 1 hari JPY 3,900 JPY 3,300 JPY 2,900 Bebas bermain seluruh wahana Thomas Land
Tiket terusan 1 hari JPY 5,700 JPY 5,200 JPY 4,300 Bebas bermain seluruh wahana. Jika ingin lewat jalur cepat, tambah JPY 1000 tiap wahana
Tiket terusan 2 hari JPY 9,300 JPY 8,400 JPY 7,200 Bebas bermain seluruh wahana. Jika ingin lewat jalur cepat, tambah JPY 1000 tiap wahana

Cara Pergi Ke Fuji-Q Highland Dari Tokyo

Ada beberapa cara untuk pergi ke Fuji-Q Highland, mulai dari naik kereta hingga naik bus. Kalau kemarin saya ke Fuji-Q dengan cara nomor dua karena ini adalah cara yang paling mudah dan murah.

1. Naik Kereta Api dari Shinjuku

Ke Fuji-Q naik kereta bisa dimulai dari Stasiun Shinjuku. Dari sini bisa naik kereta JR Chuo Line sampai ke Stasiun Otsuki. Lama perjalanan kira-kira 1 jam 40 menit menit dengan harga tiket 1.320 yen. Lalu Dari Stasiun Otsuki, ambil kereta Fujikyu Line sampai Stasiun Fujikyu Highland.

Untuk lama perjalanan dari Stasiun Otsuke ke Stasiun Fujikyu Highland 45 menit, dengan harga tiket 1.080 yen. Perlu dicatat kalau Japan Raill Pass bisa dipakai di rute ini meski hanya mengcover biaya perjalanan dari Stasiun Shinjuku hingga Stasiun JR Otsuki saja. Selebihnya harus membayar lagi.

2. Naik Bus dari Stasiun Shinjuku atau Tokyo

Ini adalah cara paling mudah karena tidak perlu pindah jalur atau pindah kereta. Selain itu naik bus adalah cara paling murah untuk ke Fujikyu Highland. Untuk tiket Fuji-Q yang sepaket dengan transportasi juga menggunakan moda transportsi ini

Caranya adalah dengan naik dari Shinjuku Bus Express Terminal, yang berada di lantai 4 di dekat Stasiun Shinjuku. Kalian bisa naik Chuo Highway Bus Fujigoko Line dengan lama perjalanan 100 menit. Nantinya bus akan berhenti di Fuji-Q Highland.

Alternatifnya bisa juga berangkat dari Stasiun Tokyo, dengan naik Tomei Highway Bus. Dari sini lama perjalanan sekitar 150 menit. Kedua bus, bus Chuo Highway maupun Tomei bisa langsung direservasi melalui highwaybus.com atau telepon +81-555-73-8181 (hanya melayani dalam bahasa jepang).

3. Naik bus dari Bandara Haneda

Jika mau langsung dari Bandara Haneda, terdapat juga bus langsung dari Haneda ke kawasan Danau Kawaguchiko, Fujikyu Highland, dan Gunung Fuji. Kalian bisa naik naik bus Keihin Kyuko yang tersedia keberangkatan pada jam 6:55,10:05, 12:25, dan 14:40. Untuk lama perjalanannya adalah sekitar 2,5 jam. Harga tiket busnya 2.000 yen untuk sekali perjalanan.

Bagaimana? Ada yang berminat untuk mencoba pacu adrenalin di Fuji-Q Highland?

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

You may also like...

13 Responses

  1. Yasir Yafiat says:

    Lihat videonya aja udah kayak ngerasain dan rasanya ikut was-was saat mau meluncur ke bawah. Apalagi kalau ngerasain bneran. Udah nggak kepikiran lagi gimana jadinya.

  2. fadhil aulia says:

    nggak kebayang kalo semua wahana permainan dicobain..
    mungkin satu dicoba nyawa melayang..haha

  3. aku naik kora-kora di pasar malem sekaten aja udah gak berani maaaaaasss apalagi naik beginiaan wkwkwkw.
    mungkin pengen nyobainnya yang Cool Jappan wkwkwk.

  4. Fanny f nila says:

    Feb kmrn aku ke jepang, tujuan utama cuma fuji q dan nagashima spaland di prefecture mie..

    Dan aku jg kecewa bgt dodonpa lg ga beroperasi :( .. Makanya ini niat ama suami mw cari tiket pergi jumat, pulang minggu, demi main di fuji q doaaang :D. Saking cintanya aku ama wahana2 extreme nih :p.. Pokoknya sebelum bisa nyobain dodonpa, ga bakal berhenti ke jepang :D.

    Kmrn nyobain takabisha juga seruu yaa.. Mana suhu lg drop, itu wahana bikin ngeluarin airmata, nth saking dinginnya ato memang takut hahahahaha…

  5. iyoskusuma says:

    Wah! Gila! Itu seru semua mainannya! Memang khusus buat yang pengen teriak-teriak ya kayanya. Dikira hal kaya gitu akan sangat populer di Jepang, ternyata malah kalah ngepop sama Universal Studio dan Disneyland yak. Hehe. Ayok segera balik ke sana buat coba Fujiyama! :)

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: