Photo Esai : Setahun Lalu, Di Pulau Merak Kecil

Rate this post

Kalian, mungkin harus main ke pulau ini juga deh. Karena mungkin jika semua es di dua kutub bumi mencair, pulau yang satu ini bisa tidak akan ada di muka bumi lagi, alias tenggelam. Memang pulau kecil ini tidak tersohor seperti Bali, atau Gili Trawangan yang sudah banyak dikenal oleh orang. Tetapi,  hanya dengan sekitar 3,5 Jam jarak tempuh, Pulau Merak Kecil bisa sedikit mengobati kangen saya dengan laut setahun lalu, di tahun 2013 setelah saya memutuskan untuk bertarung dengan hiruk pikuk Jakarta sampai sekarang.

Ini dia, si Merak Kecil manis di ujung Barat Jawa :)

Sesuai dengan namanya Pulau Merak kecil tidak terlalu besar ukurannya. Jaraknya juga tidak terlalu jauh. Pulau di seberang itu adalah Pulau Jawa lho~
Sesuai dengan namanya Pulau Merak kecil tidak terlalu besar ukurannya. Jaraknya juga tidak terlalu jauh. Pulau di seberang itu adalah Pulau Jawa lho~
Pun pulaunya tidak terlalu besar, ada beberapa anak kecil yang bermain - main ke sini.
Pun pulaunya tidak terlalu besar, ada beberapa anak kecil yang bermain – main ke sini.
Bibir pantai Pulau Merak kecil banyak dipenuhi dengan batu karang kecil yang mungkin terbawa ketika air laut sedang pasang.
Bibir pantai Pulau Merak kecil banyak dipenuhi dengan batu karang kecil yang mungkin terbawa ketika air laut sedang pasang.
Sementara disalah satu sisi pulau adalah laut dengan Pulau Sumatera di ujungnya.
Sementara disalah satu sisi pulau adalah laut dengan Pulau Sumatera di ujungnya.
O iya, Pulau Merak Kecil juga dekat sekali dengan Pelabuhan Merak lho! Jadi, sehabis dari pulau ini, bisa langsung lanjut ke  Sumatera dong :D
O iya, Pulau Merak Kecil juga dekat sekali dengan Pelabuhan Merak lho! Jadi, sehabis dari pulau ini, bisa langsung lanjut ke Sumatera dong :D
Ada juga banyak perahu nelayan yang sedang tertambat diantara Pulau Merak Kecil dan Pulau Jawa yang bisa diamati.
Ada juga banyak perahu nelayan yang sedang tertambat diantara Pulau Merak Kecil dan Pulau Jawa yang bisa diamati.
Entah kenapa saya selalu suka dengan pemandangan banyak kapal laut seperti ini.
Entah kenapa saya selalu suka dengan pemandangan banyak kapal laut seperti ini.
Batu karang kecil yang banyak tersebar di sisi pulau.
Batu karang kecil yang banyak tersebar di sisi pulau.
Pemandangan panorama di sisi kanan Pulau Perak Kecil, ketika saya menghadap ke arah Pulau Jawa.
Pemandangan panorama di sisi kanan Pulau Perak Kecil, ketika saya menghadap ke arah Pulau Jawa.
Kalau yang ini pemandangan di sisi kiri pulau ya :)
Kalau yang ini pemandangan di sisi kiri pulau ya :)
Karena di dekat jalur pelayaran utama, ada banyak kapal besar yang bisa dilihat.
Karena di dekat jalur pelayaran utama, ada banyak kapal besar yang bisa dilihat.
Makin sore, jangan beranjak pergi dari Pulau Merak Kecil. Soalnya pemandangan menjelang senja di sini makin kece!
Makin sore, jangan beranjak pergi dari Pulau Merak Kecil. Soalnya pemandangan menjelang senja di sini makin kece!
Senja selalu bisa menjadi penggoda bukan? Senja di Merak Kecil juga kok.
Senja selalu bisa menjadi penggoda bukan? Senja di Merak Kecil juga kok.
Apalagi buat para penyuka senja, pasti terkejut! Saya saja terkejut karena pemandangannya lumayan bisa bikin mata adem.
Apalagi buat para penyuka senja, pasti terkejut! Saya saja terkejut karena pemandangannya lumayan bisa bikin mata adem.
Kalau timingnya pas, kalian bisa menikmati pemandangan matahari terbenam seperti ini dari Pulau Merak Kecil.
Kalau timingnya pas, kalian bisa menikmati pemandangan matahari terbenam seperti ini dari Pulau Merak Kecil.
Salah satu favorit saya, pemandangan matahari terbenam dengan foreground kapal laut yang lewat. Romantis! :)
Salah satu favorit saya, pemandangan matahari terbenam dengan foreground kapal laut yang lewat. Romantis! :)
Atau, bisa juga yang seperti ini. Kalian mau?
Atau, bisa juga yang seperti ini. Kalian mau?

Semoga kalian ngiler melihat Photo Esai : Setahun Lalu, Di Pulau Merak Kecil ini. Buat yang mau kesana, bisa naik bus jurusan merak dari terminal Kalideres, Jakarta Barat. Turun saja sebelum pelabuhan merak. Untuk lokasi pastinya bisa dilihat di peta yang ada di bawah ini ya.

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
9 Responses
    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      Indonesia, pasti ada sampahnya :D yang membersihkan secara khusus kayanya enggak ada, ya yang berkunjung harusnya sadar untuk menjaga kebersihannya deh :D

        1. Rijal Fahmi Mohamadi

          iya, tapi biasanya sampah itu kebawa dari pulau jawanya sih *Sigh* orang di pulau jawa banyak yang buang sampahnya ngawur~

  1. Halim

    Pantainya lumayan buat berjemur, tapi kenapa masih sepi pengunjung ya? Disayangkan banget lihat foto di awal ternyata pantai sepi ini sudah mulai banyak sampah berserakan hiks

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      entah, mungkin karena jarang orang tahu ya :D o iya, itu sampahnya memang banyak karena lokasinya dekat sama pulau jawa :D tau sendiri kan, kalau pantai dekat pulau jawa sering banyak yang kotor~

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: