Tarif, Rute BRT Trans Semarang Koridor 1-8 Terbaru April 2024!

Berikut ini adalah informasi rute Trans Semarang terbaru tahun 2024 untuk kamu yang ingin keliling tempat wisata di Semarang Jawa Tengah dengan memanfaatkan moda transportasi umum. Jadi sekarang makin banyak pilihan cara buat keliling Kota Semarang ya. Kamu juga bisa naik moda transportasi umum berupa bus ini dari Badara Internasional Achmad Yani.

Daftar Isi

Apa Itu Trans Semarang?

Bisa dibilang ini sedikit mirip dengan moda transportasi umum Busway TransJakarta, namun rute yang dicover tidak seluas Jakarta.

Dan tentu saja tidak terintegrasi dengan transportasi kereta seperti MRT Jakarta atau KRL Commuterline Jakarta. Tapi ada salah satu koridornya yang melewati Stasiun Semarang Tawang.

Tarif naik Trans Semarang ini tidak mahal, hanya IDR 1.000 saja untuk penumpang anak dibawah 6 tahun dan yang berseragam sekolah.

Sementara itu untuk penumpang biasa, hanya perlu bayar IDR 3.500 ( non tunai ) dan IDR 4000 ( tunai ) untuk sekali jalan baik rute pendek atau rute jauh.

Pembayaran bisa dilakukan dengan cara cash atau bisa juga dengan cara non tunai seperti dengan Gopay, OVO, LinkAja dan kartu E-Money seperti kalau naik Transjakarta.

Informasi Koridor Trans Semarang

Berikut dibawah ini adalah koridor Trans Semarang yang sudah beroperasi sampai sekarang ini.

  • Koridor 1 Melayani Rute Terminal Mangkang Terminal Penggaron
  • Koridor 2 Melayani Rute Terminal Terboyo Terminal Sisemut Ungaran
  • Koridor 3A Melayani Rute Pelabuhan Tanjung Emas Elizabeth
  • Koridor 3B Melayani Rute Pelabuhan Tanjung Emas Elizabeth
  • Koridor 4 Melayani Rute Terminal Cangkiran Stasiun Semarang Tawang
  • Koridor 5 Melayani Rute Meteseh Bandara PRPP
  • Koridor 6 Melayani Rute Universitas Diponegoro Universitas Negeri Semarang
  • Koridor 7 Melayani Rute Genuk Balai Kota Semarang
  • Koridor 8 Melayani Rute Terminal Cangkiran Gunungpati Balai Kota Semarang
  • Koridor B Melayani Rute Bandar Achmad Yani Simpang Lima

Detail Peta Rute Jalur Trans Semarang Terbaru Koridor 1-8 Lengkap Tahun 2024!

[ Peta Ukuran Besar Lihat Disini ]

Lalu untuk transit antar koridor tanpa harus bayar lagi, disediakan khusus shelter transit Trans Semarang sebagai berikut :

  • Shelter Amarta untuk transit antar koridor I, IV, V.
  • Shelter Balai Kota untuk transit antar koridor I, II, III, IV, V, VII.
  • Sheleter Java Supermall untuk transit antar koridor III, V.
  • Shelter Simpang Lima untuk transit antar koridor I, III, IV (Arah ke Stasiun Tawang), V.
  • Shelter Pengadilan untuk transit antar koridor I, IV.
  • Shelter Pengapon untuk transit antar koridor II, III, IV.
  • Shelter Imam Bonjol (Udinus) untuk transit antar koridor I, II, III, IV, V (Arah ke Meteseh), VII.
  • Shelter Taman Diponegoro (Elizabeth) untuk transit antar koridor II, III, VI.

Informasi tarih naik bus Trans Semarang terbaru tahun 2024.
Informasi tarih naik bus Trans Semarang terbaru tahun 2024.
Lalu untuk kamu yang berencana bepergian dengan memanfaatkan Trans Semarang, kamu bisa melihat peta jalur rute Transsemarang selengkapnya dibawah ini ya. Pastikan kamu tidak salah naik busnya ya.

Jadwal Operasional Trans Semarang: Memastikan Keterhubungan Kota Semarang

Sebuah sistem transportasi publik yang efisien adalah salah satu komponen penting dalam menjaga mobilitas masyarakat dalam sebuah kota. Di kota Semarang, Jawa Tengah, Trans Semarang hadir sebagai sarana transportasi yang sangat berperan dalam memfasilitasi pergerakan penduduk setempat dan wisatawan. Dengan jadwal operasional yang telah ditetapkan, warga Semarang dan pengunjung dapat merencanakan perjalanan mereka dengan lebih baik.

Awal Keberangkatan: Menyambut Pagi di Semarang

Awal keberangkatan Trans Semarang adalah momen penting dalam menjalankan operasional sehari-hari. Jadwal keberangkatan ini memberikan gambaran tentang bagaimana Trans Semarang menyambut pagi di kota tersebut. Mari kita lihat jadwalnya dengan lebih detail.

Hari Senin–Sabtu: 05.30 WIB

Pada hari Senin hingga Sabtu, Trans Semarang memulai operasionalnya pada pukul 05.30 WIB. Ini adalah waktu yang ideal bagi mereka yang ingin memulai hari mereka dengan berangkat ke tempat kerja, sekolah, atau tujuan lainnya dengan menggunakan transportasi publik. Jadwal awal ini memberikan alternatif yang baik bagi warga yang ingin menghindari kemacetan lalu lintas pagi.

Khusus Koridor 8 dimulai 05.15 WIB

Terdapat pengecualian pada Koridor 8, yang memulai operasionalnya lebih awal, tepatnya pada pukul 05.15 WIB. Koridor ini melayani rute tertentu di Semarang, dan waktu keberangkatannya yang lebih awal dapat menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang tinggal atau bekerja di sekitar koridor ini.

Hari Libur Nasional (Termasuk Minggu): 05.45 WIB

Pada hari libur nasional, termasuk hari Minggu, Trans Semarang memulai operasionalnya sedikit lebih lambat, yaitu pada pukul 05.45 WIB. Ini memberikan fleksibilitas bagi warga yang ingin menikmati hari libur mereka dengan tidur lebih lama atau melakukan aktivitas pagi lainnya sebelum berangkat menggunakan transportasi publik.

Hari Besar Lainnya: Menyesuaikan

Untuk hari besar lainnya yang tidak termasuk dalam hari libur nasional, jadwal operasional Trans Semarang dapat menyesuaikan waktu keberangkatannya. Hal ini bisa bergantung pada peraturan dan kebijakan yang berlaku pada saat itu. Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksa jadwal terkini saat menjelang hari-hari besar tertentu.

Akhir Keberangkatan: Kembali dari Aktivitas Sehari-hari

Selain mempertimbangkan awal keberangkatan, jadwal akhir keberangkatan juga sangat penting. Ini adalah waktu di mana armada Trans Semarang mengakhiri perjalanan mereka untuk hari itu. Berikut adalah detail jadwal akhir keberangkatan untuk berbagai koridor dan feeder Trans Semarang:

Secara Umum: 17.30 WIB

Secara umum, armada Trans Semarang mengakhiri operasionalnya pada pukul 17.30 WIB. Ini adalah waktu ketika kendaraan terakhir meninggalkan terminal untuk kembali ke depot mereka. Bagi kebanyakan penumpang, ini adalah waktu ketika perjalanan sehari-hari mereka berakhir.

Peta Rute Jalur Trans Semarang Terbaru Tahun 2024 Koridor 1

Berikut dibawah ini adalah rute untuk Koridor I dengan rute Terminal Mangkang ↔ Terminal Penggaron.

Jam Operasional Terakhir Koridor 1: Terminal Penggaron dan Terminal Mangkang

Terminal Penggaron: 17.50 WIB

Koridor 1 menghubungkan Terminal Penggaron dengan berbagai titik di kota Semarang. Armada yang melayani koridor ini mengakhiri operasionalnya pada pukul 17.50 WIB, memberikan layanan hingga menjelang malam.

Terminal Mangkang: 17.45 WIB

Sementara itu, bagi penumpang yang berakhir perjalanan mereka di Terminal Mangkang, armada terakhir berangkat pada pukul 17.45 WIB.

Dari Terminal Mangkang Ke Pengaron

Terminal Mangkang → Pasar Mangkang – Sango → Kawasan Industri → Karanganyar (SMA 8) → Karpet → KTI → Taman Lele → Lapangan Tugu → PLN → RSUD Tugu – Pengadilan – Muradi – Cakrawala – Karangayu → ADA Pasar Bulu → Pasar Bulu → Tugu Muda → Halte Transit Imam Bonjol → Jalan Kapten Pierre Tendean → Jalan Pemuda → Halte Transit Balai Kota Semarang – Pandanaran → Gramedia → Simpang Lima → RRI Stasiun (Ahmad Yani I) → Mullo (Milo) → Beruang → ADA Majapahit → BLK → Pedurungan/Samsat → Zebra → Manunggal Jati → Pucang Gading → Terminal Penggaron.

Dari Terminal Penggaron Ke Terminal Mangkang

Terminal Penggaron – Bitratex → Pucang Gading → Manunggal Jati → Zebra – BLK → ADA Majapahit → Pasar Gayamsari → Kelinci → Mullo (Milo) – RRI → SPBU (Ahmad Yani II) → Simpang Lima → Gramedia → Pandanaran → Tugu Muda → Halte Transit Imam Bonjol → Jalan Kapten Pierre Tendean → Jalan Pemuda → Halte Transit Balai Kota Semarang → Pasar Bulu → ADA Pasar Bulu → Karangayu → Cakrawala → Muradi → Pengadilan → RSUD Tugu → PLN → Lapangan Tugu → Taman Lele → KTI → Karpet → Karanganyar (SMA 8) → Kawasan Industri → Sango → Pasar Mangkang → Terminal Mangkang.

Peta Rute Jalur Trans Semarang Terbaru Tahun 2024 Koridor 2

Berikut dibawah ini adalah rute untukKoridor II dengan rute Terminal Terboyo ↔ Terminal Sisemut, Ungaran.

Jam Operasional Terakhir Koridor 2: Terboyo dan Terminal Sisemut

Terboyo: 18.05 WIB

Koridor 2 menjangkau Terboyo dan Terminal Sisemut. Waktu akhir keberangkatan untuk Terboyo adalah pukul 18.05 WIB, memberikan pilihan bagi penumpang yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan aktivitas mereka.

Terminal Sisemut: 17.48 WIB

Di sisi lain, Terminal Sisemut menutup layanannya pada pukul 17.48 WIB.

Dari Terminal Terboyo Ke Terminal Sisemut (Ungaran)

Pool Padi, Terboyo → RSI Sultan Agung → LIK → Kampoeng Semarang → Sawah Besar Kaligawe → Pasar Kobong → Raden Patah → Kota Lama → STIE BPD Jateng → Johar → Balai Kota → Katedral → RSUP Kariadi → Ngaglik → SPBU Gajahmungkur → Halte Transit Taman Diponegoro/RS Elisabeth → Kagok → Akpol → Don Bosko → Kesatrian → Pasar Jatingaleh → Bukitsari → Ngesrep/Tembalang → Ruko Setiabudi → SPBU Sukun → Banyumanik → Mega Rubber → Gedawang → BPK Jawa Tengah → Alun→alun Ungaran → Sisemut (Terminal Ungaran).

Dari Terminal Sisemut (Ungaran) Unggaran Ke Terminal Terboyo

Sisemut → Taman Unyil → BPK Jawa Tengah → Pudakpayung – Kodam IV/Diponegoro → Terminal Banyumanik → ADA Setiabudi → TK Srondol → Ngesrep → Gombel → Pasar Jatingaleh → Kesatrian → Don Bosco → Akpol → Kagok → Halte Transit Taman Diponegoro/RS Elisabeth → Taman Gajahmungkur → Ngaglik → RSUP Kariadi → RS Wira Bhakti Tama → Halte Transit Imam Bonjol → Halte Balai Kota → Dinkes Jateng → Johar → Layur – Stasiun Tawang → Pengampon → Penjaringan → Pasar Kaligawe → Kampoeng Semarang → SMP 4 → RSI Sultan Agung – Pool Padi, Terboyo.

Peta Rute Jalur Trans Semarang Terbaru Tahun 2024 Koridor 3

Berikut dibawah ini adalah rute untuk Koridor III dengan rute Pelabuhan Tanjung Emas ↔ Halte Elizabeth ↔ Pelabuhan Tanjung Emas.

Jam Operasional Terakhir Koridor 3: Pelabuhan

Koridor 3 memiliki dua bagian, yaitu 3A dan 3B, yang menghubungkan berbagai lokasi di sekitar pelabuhan Semarang.

3A: 17.32 WIB

Koridor 3A mengakhiri operasionalnya pada pukul 17.32 WIB.

3B: 17.45 WIB

Sedangkan untuk Koridor 3B, armada terakhir berangkat pada pukul 17.45 WIB.

Jalur Rute Trans Semarang Jalur 3A

Pelabuhan Tanjung Emas – Jl. Ronggowarsito – Jl. Pengapon – Jl. R. Patah – Jl. Sayangan – Bubakan – Jl. Pattimura – Jl. Dr. Cipto – Jl. MT Haryono – Jl. Dr. Wahidin – Jl.Teuku Umar → Underpass Jatingaleh → Pasar Jatingaleh → Jl. Sultan Agung – Halte Transit Papandayan – Jl. Diponegoro – Jl. Veteran → Jl.Kariadi – Jl.Menteri Supeno → Halte SMAN 1/Taman Indonesia Kaya → Simpang Lima – Jl. Gajahmada – Jl. Pemuda Halte Balai Kota – Tugu Muda – Jl. Imam Bonjol – Stasiun Poncol — Jl. Kolonel Sugiyono – Stasiun Tawang – Jl. Ronggowarsito – Pelabuhan Tanjung Emas.

Jalur Rute Trans Semarang Jalur 3B

Pelabuhan Tanjung Emas – Jl. Ronggowarsito – Jl. Pengapon – Jl. R. Patah – Jl. Letjen Suprapto – Jl. Imam Bonjol Stasiun Poncol — Jalan Kapten Pierre Tendean → Jl. Pemuda Halte Balai Kota – Tugu Muda – Jl.Imambonjol → Jl. Tendean → Jl. Thamrin→ Jl. Pandanaran – Simpang Lima – Jl. Pahlawan → Jl.Imambarjo – Jl. Diponegoro – Halte Transit Taman Diponegoro – Jl. Sultan Agung – Jl. Teuku Umar → Underpass Jatingaleh→ Pasar Jatingaleh → Jl. Dr. Wahidin – Jl. MT Haryono – Bubakan – Jl. Cenderawasih – Jl. Letjen Suprapto – Jl. Kolonel Sugiyono – Stasiun Tawang – Jl. Ronggowarsito – Pelabuhan Tanjung Emas.

Peta Rute Jalur Trans Semarang Terbaru Tahun 2024 Koridor 4

Berikut dibawah ini adalah rute untuk Koridor IV dengan rute Terminal Cangkiran ↔ Stasiun Tawang.

Jam Operasional Terakhir Koridor 4: Terminal Cangkiran dan Damri Tawang

Terminal Cangkiran: 17.40 WIB

Koridor 4 menghubungkan Terminal Cangkiran dengan berbagai tujuan di Semarang. Pada pukul 17.40 WIB, armada terakhir Koridor 4 berangkat.

Damri Tawang: 18.15 WIB

Terminal Damri Tawang, yang juga melayani Koridor 4, memiliki waktu akhir keberangkatan yang lebih lambat, yaitu pukul 18.15 WIB.

Terminal Cangkiran Ke Stasiun Tawang

Terminal Cangkiran → Jalan Raya Mijen → Jalan Raya Semarang Boja → Jalan Raya Ngaliyan → Jalan Prof. Dr Hamka → Jerakah → Krapyak → Kalibanteng → Jalan Jend Sudirman→ ADA Siliwangi Pasar Karang Ayu → Jalan Soegiopranoto → Halte Imam Bonjol Udinus → Halte Balai Kota → Jalan Pandanaran → Halte Simpang Lima → Jalan Gajahmada → Jalan Empu Tantular → Stasiun Tawang.

Stasiun Tawang Ke Terminal Cangkiran

Stasiun Tawang → Kota Lama → Stasiun Poncol → Halte Imam Bonjol Udinus → Jalan Kapten Pierre Tendean → Halte Balai Kota → Pasar Bulu → ADA Siliwangi Pasar Karang Ayu → Jalan Jend Sudirman → Kalibanteng → Jalan Siliwangi → Krapyak → Jerakah → Jalan Prof. Dr Hamka → Jalan Raya Ngaliyan → Jalan Raya Cangkiran → Terminal Cangkiran.

Peta Rute Jalur Trans Semarang Terbaru Tahun 2024 Koridor 5

Berikut dibawah ini adalah rute untuk Koridor V dengan rute Meteseh ↔ Bandara ↔ PRPP.

Jam Operasional Terakhir Koridor 5: Meteseh dan PRPP

Meteseh: 17.40 WIB

Koridor 5 mencakup Meteseh dan PRPP. Pukul 17.40 WIB adalah waktu akhir keberangkatan untuk Koridor 5.

PRPP: 17.50 WIB

Sementara itu, PRPP memiliki waktu operasional hingga pukul 17.50 WIB.

Dari Meteseh ke PRPP

Perumahan Victoria Residence Tembalang → Jalan Kedungmundu → Jalan Tentara Pelajar → Jalan MT Haryono → Jalan Sriwijaya → Jalan Pahlawan → Halte SMA 1→ Simpang Lima → Jalan Gajahmada → Jalan Pemuda → Jalan Dr.Sutomo → RSUP Kariadi → Jalan Kaligarang → Jalan Pamularsih → Bundaran Kalibanteng → Jl. Jensud → Puri Anjasmoro → Bandar Udara Internasional Achmad Yani → PRPP → Terang Bangsa.

Dari PRPP ke Meteseh

Terang Bangsa → Puri Anjasmoro → pasar karangayu → Bunderan BanjirKanalBarat → Bundaran Kalibanteng → Jalan Pamularsih → Jalan Kaligarang → RSUP Kariadi → Jalan Dr.Sutomo → Halte Transit Imam Bonjol → Jalan Kapten Pierre Tendean → Jalan Pemuda → Halte Transit Balai Kota Semarang – Pandanaran → Gramedia → Simpang Lima → Jalan Pahlawan → Jalan Sriwijaya → Jalan MT Haryono → Jalan Tentara Pelajar → Jalan Kedungmundu → Perumahan Dinar Mas Tembalang → Bukit Kencana Jaya Tembalang (memutar taman) → Perumahan Victoria Residence Tembalang.

Peta Rute Jalur Trans Semarang Terbaru Tahun 2024 Koridor 6

Berikut dibawah ini adalah rute untuk Koridor VI dengan rute Undip Tembalang ↔ Unnes Sekarang.

Jam Operasional Terakhir Koridor 6: RS Nasional Diponegoro dan Universitas Negeri Semarang

RS Nasional Diponegoro: 17.46 WIB

Koridor 6 mengakhiri operasionalnya pada pukul 17.46 WIB.

Universitas Negeri Semarang: 17.45 WIB

Sementara itu, Universitas Negeri Semarang memiliki waktu akhir keberangkatan pada pukul 17.45 WIB.

Dari Undip  Ke Unnes Sekaran

RS Nasional Diponegoro → Rusunawa Undip → Jalan Prof H. Soedarto → Jalan Ngesrep Timur V → Jalan Setiabudi → Pasar Jatingaleh → Jalan Teuku Umar → Jalan Sultan Agung → Memutar di Halte Transit Taman Diponegoro/RS Elisabeth → Jalan Sultan Agung → Jalan Semeru Raya → Jalan Karangrejo Raya → Jalan Pawiyatan Luhur → Kampus Universitas Katolik Soegijapranata → Kampus Universitas 17 Agustus 1945 → Akpelni → Jalan Dewi Sartika Raya → Jalan Kolonel HR Hadijanto → Jalan Sekaran Raya → Kampus Unnes Sekaran, Fakultas Teknik.

Dari Unnes Ke Undip

Fakultas Teknik Unnes → Jalan Sekaran Raya → Jalan Kolonel HR Hadijanto → Jalan Dewi Sartika Raya → Akpelni → Kampus Universitas 17 Agustus 1945 → Kampus Universitas Katolik Soegijapranata → Jalan Pawiyatan Luhur → Jalan Karangrejo Raya → Jalan Semeru Raya → Jalan Sultan Agung → Memutar di Halte Transit Taman Diponegoro/RS Elisabeth → Jalan Sultan Agung → Jalan Teuku Umar → Pasar Jatingaleh → Jalan Setiabudi → Jalan Ngesrep Timur V → Jalan Prof H. Soedarto → Jalan Banyuputih → RS Nasional Diponegoro.

Peta Rute Jalur Trans Semarang Terbaru Tahun 2024 Koridor 7

Berikut dibawah ini adalah rute untuk Koridor 7 dengan rute Terboyo ↔ Balai Kota ↔ Terboyo.

Jam Operasional Terakhir Koridor 7: Terboyo

Koridor 7, yang melayani Terboyo, menutup layanannya pada pukul 17.50 WIB.

Dari Terboyo ke Balai Kota

Terboyo → Jl. Wolter Monginsidi → Jl. Arteri Soekarno→Hatta → Relokasi Pasar Johar → Jl. Citarum → Jl. Pattimura → Jl Cendrawasih → Jl Pemuda Balai Kota.

Dari Balai Kota Ke Terboyo

Jl. Pemuda Balai Kota → Jl Imam Bonjol Udinus → Jl Kapten Piere Tendean → Jl Suzuki Pemuda → Jl Kolonel Sugiono → Jl Empu Tantular → Stasiun Tawang → Jl Merak → Jl. MT Haryono (Sayangan) → Jl. Patimura → Jl. Citarum → Relokasi Pasar Johar → Jl. Arteri Soekarno→Hatta → Jl. Wolter Monginsidi → Jl. Kaligawe Genuk → Terboyo.

Peta Rute Jalur Trans Semarang Terbaru Tahun 2024 Koridor 8

Berikut dibawah ini adalah rute untuk Koridor 7 dengan rute Terminal Cangkiran ↔ Halte Simpang Lima ↔ Terminal Cangkiran.

Jam Operasional Terakhir Koridor 8: Terminal Cangkiran

Terminal Cangkiran: 17.45 WIB

Koridor 8, yang juga mencakup Terminal Cangkiran, mengakhiri operasionalnya pada pukul 17.45 WIB.

Dari Terminal Cangkiran Ke Simpang Lima

Terminal Cangkiran → Jl Raya Cangkiran gunungpati → Pertigaan Gunung Pati Ungaran → Jl Warsito Sugiarto → Jl Raya Manyaran Gunung Pati → Jl Untung Suropati → Jl Abdul Rahman Saleh →Kalibanteng → Jl Jend Sudirman → Jl Indraprasta → Jl Pemuda Balaikota → Jl Pandanaran → Halte Simpang Lima.

Dari Simpang Lima ke Terminal Cangkiran

Halte Simpang Lima → Jl Pandanaran → Jl Mgr Soegiopranoto → Jl Jenderal Sudirman → Kalibanteng → Jl Abdul Rahman Saleh → Jl Untung Suropati → Jl Raya Manyaran Gunung Pati → Jl Warsito Sugiarto → Pertigaan Gunung Pati Ungaran → Jl Raya Cangkiran Gunung Pati → Terminal Cangkiran.

Peta Rute Jalur Trans Semarang Terbaru Tahun 2024 Koridor B

Berikut dibawah ini adalah rute untuk Trans Semarang Koridor B dengan rute Bandar Udara Internasional Ahmad Yani ↔ Simpang Lima.

Dengan naik ini, kamu bisa pergi ke bandara atau sebaliknya naik bus kota di Semarang.

Jalur Rute Trans Semarang Dari Bandara

Bandar Udara Internasional Achmad Yani → PRPP → Puri Anjasmoro → Pasar Karang Ayu → Jalan Soegiopranoto → Halte Imam Bonjol Udinus → Halte Balai Kota → Jalan Pandanaran → Halte Simpang Lima.

Jalur Rute Trans Semarang Dari Simpang Lima

Halte Simpang Lima → Pandanaran → Jalan Soegiopranoto → Puri Anjasmoro → Bandar Udara Internasional Achmad Yani.

[ Baca Juga: Informasi Rute Angkot Bandung Terbaru Lengkap ]


Rijal Fahmi Mohamadi

Rijal Fahmi Mohamadi

Fahmi adalah seorang Digital Marketer, Travel Enthusiast, Geek Travel Blogger dari Indonesia penulis catperku.com, Penulis Buku perjalanan Traveling The Traveler Notes Bali The Island Of Beauty dan The Traveler Notes Bersenang-Senang di Bali, Bertualang di Lombok. Pernah disebutkan, mentioned in Lonely Planet Indonesia 2019 as Best in Blogs. Mau menyapa saya? Kunjungi media sosial pribadi saya, atau hubungi lewat email [email protected] jika Anda ingin mengajak saya bekerja sama dan berkolaborasi.
https://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *