Menyelam Secara Virtual Great Barrier Reef Australia

Jika Indonesia punya Raja Ampat sebagai surga pemandangan bawah lautnya maka Australia punya Great Barrier Reef yang juga terkenal dengan keindahan pemandangan bawah lautnya. Hanya saja keduanya cukup mahal untuk dapat kita nikmati secara langsung. bahkan saya baru sempat untuk menikmati pemandangan bawah laut pulau Menjangan, Taman Nasional Bali Barat saja hehehe.

Namun berbahagialah fellow traveller sekalian, karena kita hidup di jaman teknologi yang serba canggih. Beberapa waktu lalu The Catlin Seaview Survey, sebuah lembaga ekspedisi ilmiah baru saja meluncurkan sebuah prototype kamera yang mampu mengambil gambar dengan sudut 360 derajat.

Dengan sudut pengambilan gambar sebesar 360 derajat, memungkinkan kita untuk melihat hasilnya seperti menyelam kedalam air secara nyata. Prototype kamera ini dipublikasikan ke publik pada acara World Oceans Summit di Singapore beberapa waktu lalu.

SVII begitu mereka menamai protototype kamera yang mampu mengambil gambar dengan sudut pengambilan sebesar 360 derajat. Kamera ini mampu menggambil gambar panorama yang telah ditandai lokasi geografisnya (baca : lokasi altitude dan longitudenya) setiap 4-6 detik sekali, pada kecepatan 4 km/jam.

Menyelam Di Great Barrier Reef Lewat Dunia Maya!

Menyelam di great barrier reef
Menyelam di great barrier reef
Kamera SVII yang digunakan untuk menyelam di Great Barrier Reef, courtesy of catlinseaviewsurvey
Kamera SVII yang digunakan untuk menyelam di Great Barrier Reef, courtesy of catlinseaviewsurvey

The Catlin Seaview Survey memilih Great Barrier Reef untuk mencoba prototype kamera mereka.  Mereka bertujuan untuk melakukan studi secara komprehensif sekaligus mendokumentasikan komposisi dan kesehatan terumbu karang Great Barrier Reef di berbagai kedalaman (0-100 m).

Pada Website resmi The Catlin Seaview Survey,  dijelaskan ada tiga komponent utama pada project ini :

  1. Survei terumbu karang dangkal akan melibatkan pengambilan gambar pada sudut 360 derajat dengan kamera khusus SVII. Hasil pengambilan gambar akan di proses oleh perangkat lunak pengenalan gambar, dan akan menghasilkan sebuah baseline visual untuk digunakan dalam analisis ilmiah mengenai Great Barrier Reef sepanjang 2300 km. baseline visual ini dapat diakses secara gratis melalui Google.
  2. Survei terumbu karang dalam  untuk meneliti efek perubahan iklim pada Great Barrier Reef (kedalaman 30-100 m). Hal ini akan memberikan studi komprehensif kesehatan dan keanekaragaman hayati terumbu karang Great Barrier Reef, juga penelitian tentang ketahanan terumbu karang terhadap kenaikan suhu dan perubahan iklim.
  3. Survey keanekaragaman fauna di Great Barrier Reef. Dipimpin oleh pemenang penghargaan cinematografi Emmy award, Richard Fitzpatrick. Menandai dan melacak kehidupan pari manta, Penyu dan Hiu Macan menggunakan satelit secara langsung, untuk data oseanografi.

Penelitian The Catlin Seaview Survey selain menguntungkan para ilmuwan juga menguntungkan para fellow traveller yang berkantong tipis. kita tidak perlu datang jauh – jauh ke negara bagian Quensland, Australia untuk menikmati keindahan Great Barrier Reef. Kita hanya perlu duduk manis didepan komputer dan membuka demo website The Catlin Seavie Survey dan melakukan penyelaman secara virtual ( Klik Disini ). Menarik bukan? Selalu ada alternatif untuk ber-travelling, kondisi kantong kempes sekalipun, selamat mencoba :).

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: