Pesona Keindahan Air Terjun Sungai Cikaso Sukabumi

Curug Cikaso, lokasi air terjun ini berada di kawasan wisata Ujung Genteng. Cikaso adalah nama sungai yang mengalir dari hulunya yang terletak di Sukabumi Utara hingga berakhir dengan muaranya di Pantai Selatan di daerah Kecamatan Surade, Sukabumi Selatan. Ini adalah salah satu tempat wisata di Sukabumi selain Geopark Ciletuh.

Dari hulu hingga muaranya, air sungai cikaso mengaliri beberapa curaman tebing-tebing sungai membentuk curahan air terjun yang yang menakjubkan.Lokasi wisata Air Terjun Cikaso ini akan menjadi pelengkap wisata bahari anda di Ujung Genteng setelah cukup puas menikmati pesona laut pantai-pantai di Ujung Genteng, inilah lokasi yang tepat untuk berenang di air tawar.

Air terjun Cikaso atau lebih dikenal dengan nama lokal Curug Cikaso ini terletak di antara Jampang Kulon dan Surade. Limpahan air terjun terlihat megah dan menawan, wajar panorama air terjun ini menjadi favorit bidikan para juru kamera yang bisa anda liat di berbagai macam sumber di internet.

Ujung Genteng disamping dikenal dengan pesona pantainya, ternyata juga kaya dengan curug/air terjun di sepanjang sungai-sungainya, selain Curug Cikaso anda dapat juga menemui curug-curug lainnya yang juga cukup dikenal seperti Curug Luhur, Curug Cigansa dan masih banyak lagi lainnya.

Air terjun Curug Cikaso

Air terjun Curug Cikaso

Air yang mengalir dari Hulu di daerah pegunungan Sukabumi Utara, disepanjang alirannya menuju Sukabumi Selatan (Pantai Selatan) rupanya menghasilkan aliran yang cukup deras dengan riam dan jeram menantang bagi para pehobby olahraga air untuk kegiatan pengarungan riam (white water rafting). Sungai Cikaso memang belum banyak dikenal oleh para penggiat arung jeram, maklum letaknya jauh di daerah Jampang Kulon di pelosok pantai selatan Jawa Barat yang jauh dari lintasan umum.

Padahal sungai ini mempunyai potensi yang tak kalah menarik dari sungai-sungai lain yang sudah lebih dulu diarungi. Jeram-jeramnya berkelas II sampai VI, dengan lebar sungai yang bervariasi antara 50 m hingga 100 m ditambah dengan pemandangannya yang cukup mengasyikkan karena terdapat banyak air terjun di kanan kiri sungai.

Air Terjun Curug Cikaso Sukabumi

(Baca Juga : Sawarna Beach, The Next Kuta Di Jawa?)

Menurut informasi dari penduduk setempat (Jampang Kulon), memang belum banyak para pelaku Arung Jeram yang mencoba berarung jeram di sungai ini. Informasi tentang jalur juga masih sulit di akses. Meskipun anda berbekal peta topografi, masih kesulitan mengenali jalur dan lintasan sungai lebih detail. Sehingga informasi dari penduduk lokal masih sangat berguna sebagai tahapan awal survey lokasi.

Meskipun demikian saran-saran agar tetap cukup waspada dan ekstra berhati-hati lebih utama karena jalur lintasan ini belum banyak dikenal, karenanya bekal dan persiapan peralatan menjadi sangat penting, karena dapat diperkirakan bisa menginap di tengah perjalanan.

Air Terjun Curug Cikaso

Tidak harus menggunakan peralatan dan ketrampilan khusus kalau hanya ingin menikmati pesona alam di jalur sungai Cikaso, karena masih banyak potensi lainnya di wilayah sungai Cikaso ini, salah satunya adalah pesona Curug Cikaso. Anda dan keluarga dapat menikmati kemegahan limpahan air sungai yang meluncur bebas dengan indahnya, sehingga membentuk sebuah danau kecil berwarna bening kehijauan yang nyaman untuk mandi dan berenang.

Perjalanan menuju Curug Cikaso ini bisa dimulai dari Kampung Ciniti, sesampainya di ujung kampung sudah siap tersedia Perahu milik masyarakat untuk mengantar kita menuju lokasi curug. Perahu kayu yang bisa memuat 5-10 orang dan bergerak menggunakan mesin diesel, beberapa perahu jukung (dayung) juga terlihat berjajar rapi disana, masyarakat setempat memanfaatkan perahu kayu tanpa mesin ini umumnya di pergunakan untuk mengangkut pasir (tambang sirt- pasir dan batu) dan dijual sebagai bahan bangunan.

Tips Asik Liburan Ke Curug Cikaso

  • Gunakan aplikasi peta dalam smartphone untuk mempermudah dalam mencari lokasi Curug Cikaso. Lokasi air terjun Cikaso ini dalam Google Maps bisa dilihat disini.
  • Bila berkunjung ketika musim hujan, harap berhati-hati karena selain jalanan menuju air terjun akan licin, debit air terjun bisa bertambah dengan tiba-tiba.
  • Kalau mau menyewa perahu sebaiknya tawar dulu agar mendapatkan harga yang tidak terlalu mahal.
  • Jangan berenang ketika berkunjung kesini pada waktu musim hujan.
  • Berkunjung pada waktu pagi hari adalah waktu yang tepat, terutama untuk yang ingin berburu foto.

Cara Menuju Ke Curug Cikaso

Curug Cikaso ini berada di Desa Surade, berjarak sekitar 30-40 menit dari Ujung Genteng. Untuk menuju curug ini, daro araj Ujung Genteng, bisa langsung mengarahkan kendaraan untuk menuju Surade. Kemudian carilah lokasi SPBU Surade. Tidak jauh dari SPBU tersebut akan terdapat sebuah persimpangan, belok saja kanan. Ikuti jalan tersebut hingga sampai menuju Kampung Ciniti.

Setibanya di Ciniti, akan terdapat sebuah papan petunjuk untuk menuju Curug Cikaso. Ikuti saja papan petunjuk arah tersebut, maka kamu akan menemukan sebuah pos pintu masuk menuju curug. Di pos ini juga kalian harus membayar tiket masuk.

Setelah membayar biaya retribusi tersebut, ada dua opsi untuk menuju Curug Cikaso, pertama berjalan kaki/trekking selama sekitar 15-30 menit. Cara kedua yang lebih mudah adalah dengan menggunakan perahu menyusuri aliran sungai cikaso.

Tiket Masuk Dan Informasi Sewa Perahu Di Curug Cikaso

Untuk menikmati keindahan dari curug di Sukabumi ini perlu membayar beberapa biaya retribusi seperti:

  1. Biaya tiket masuk mobil Rp 27.000/per mobil ditambah uang parkir Rp 6.000.
  2. Pejalan kaki hanya perlu membayar Rp 3.000 per orang
  3. Semuanya akan ditari biaya kebersihan sebesar Rp 2.000/ orang
  4. Terdapat toilet disini, untuk menggunakannya perlu membayar Rp 2.000
  5. Harga sewa perahu untuk yang mau menyewa adalah Rp 60.000,- sampai Rp 120.000,- per perahu dan bisa diisi hingga 10 penumpang tiap perahu.

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

7 Responses

  1. Oh di surade ada curug luhur juga yaaa, gw pikir cuman di bogor :-) waktu aku ke cikaso debit air nya gede banget jadi air nya bagus :-)

  2. aba iqbal says:

    klo buat menuju ke muara sungai nya kemana lagi ya jln nya ?
    waktu saya kesana dari tempat parkiran bisa dilalui jalan kaki untuk menuju curug,skitar 5-10mnt udh nyampe ke tujuan,ya itung2 ngurangi biaya hehehe

  3. trie al ziqrie says:

    untuk menuju curug cikaso apa aksess jalan bisa dilewati bus ngga.
    bantu kami

  4. terimakasih infonya gan, rencana memang desember mau kesini bareng istri, ngelihat foto fotonya sih keren kayaknya jadi nggak sabar nunggu bulan desember. sukses selalu gan

  5. Wah ternyata paman udah duluan kesini. Ternyata view setahun yang lalu gak jauh berbeda, syukurlah.

  1. March 1, 2013

    […] Pesona Keindahan Air Terjun Sungai Cikaso Sukabumi […]

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: