Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Tangerang Duri 2024

Disini tersedia informasi Jadwal Kereta KRL Commuterline Tangerang Duri terbaru hari ini April tahun 2024 termasuk jam operasional Stasiun Tangerang paling pagi di 04:35 AM dan paling malam di 10:10 PM. Terutama buat kamu yang akan pergi ke Stasiun Duri dari Stasiun Tangerang. Dari Stasiun Tangerang ini kamu bisa pegi ke beberapa tempat di Jakarta dengan menggunakan transportasi umum KRL Commuterline Jabodetabek.

Namun dari Tangerang ini tak banyak rute KRL langsung. Biasanya untuk pergi ke sebagian besar stasiun Kereta Api di Jakarta, kamu harus transit dulu di Stasiun Duri.

Selain sebagai stasiun tempat berhenti KRL Commuterline, Stasiun Duri ini juga sebagai stasiun untuk naik kereta api Bandara lho.

Dalam kondisi sesuai Jadwal Kereta KRL Commuterline Tangerang Duri, waktu tempuh dengan menggunakan kereta KRL ini adalah sekitar setengah jam.

Informasi Rute dan Jadwal Kereta KRL Commuterline Dari Stasiun Tangerang Ke Stasiun Duri Hari Ini April Tahun 2024

Untuk kamu yang belum tahu stasiun apa saja yang bakal dilewati rute KRL Tangerang Duri, berikut dibawah ini adalah informasi detail mengenai rute KRL Commuter Line Jakarta relasi Stasiun Tangerang – Stasiun Duri.

Mungkin akan berguna juga buat kamu selain informasi Jadwal Kereta KRL Commuterline Tangerang Duri Terbaru Tahun 2024 dibawah.

Stasiun Tangerang ↦ Stasiun Tanah Tinggi ↦ Stasiun Batu Ceper ↦ Stasiun Poris ↦ Stasiun Kalideres ↦ Stasiun Rawa Buaya ↦ Stasiun Bojong Indah ↦ Stasiun Taman Kota (langsung) ↦ Stasiun Pesing ↦ Stasiun Grogol (langsung) ↦ Stasiun Duri.

Nah, Setelah tahu rutenya, kamu bisa membaca informasi informasi Jadwal Kereta KRL Commuterline Duri terbaru hari ini tahun 2024.

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Tangerang

[ Baca Juga : Jadwal Kereta KRL Commuterline Bogor Jakarta Terbaru ]

Tata Letak Peron Di Stasiun Tangerang

Tata Letak Peron Di Stasiun Tangerang

Stasiun Tangerang yang terletak di kawasan Tangerang memiliki 4 jalur kereta api yang strategis. Jalur 1 dan 2 merupakan sepur lurus yang mengarah ke Tanah Tinggi.

Jalur-jalur ini digunakan untuk kedatangan dan keberangkatan kereta api yang melintas di stasiun ini.

Tepat di sebelah jalur 4, terdapat subdepo KRL yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan pemeliharaan sarana KRL.

Di masa lalu, Stasiun Tangerang memiliki sebuah percabangan yang mengarah ke Sungai Cisadane.

Percabangan ini diyakini berada sebelum perlintasan sebidang Pasar Anyar, meskipun saat ini tidak lagi tersisa.

Info Detail Rute dan Jadwal Keberangkatan Pertama, Paling Awal Dan Akhir Kereta KRL Commuterline Tangerang Duri Terbaru Hari Ini April Tahun 2024

Jadwal Kereta - Jadwal KRL Tangerang Duri Terbaru
Info Rute KRL Dari Stasiun Tangerang Ke Stasiun Duri – Foto : instagram.com/rovinzz_

Informasi ini akan berguna untuk kamu yang ingin bepergian dari Stasiun Tangerang Ke Stasiun Duri dan melanjutkan perjalanan ke stasiun lain di rute KRL Jabodetabek.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Tangerang Duri Terbaru Hari Ini Untuk Keberangkatan Pertama dan Terakhir

Perlu dicatat, keberangkatan pertama Kereta KRL Commuterline dari Stasiun Tanggerang adalah jam 04. 30 WIB, lalu keberangkatan KRL Commuterline terakhir dari Stasiun Tangerang adalah jam 22:15 WIB. Jadi jangan sampai salah ya!

[ Baca Juga : Jadwal Kereta KRL Commuterline Cikarang Terbaru, Rute KRL Cikarang ]

Tentang Stasiun Tangerang

Stasiun Tangerang (TNG) terletak di Sukarasa, Tangerang, Tangerang. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api kelas besar tipe C yang melayani KRL Commuter Line.

Dengan ketinggian +15 meter di atas permukaan laut, stasiun ini menjadi salah satu stasiun yang letaknya paling barat di jalur kereta api Tangerang-Duri.

Di Stasiun Tangerang, terdapat satu layanan kereta api yang menjadi andalan, yaitu KRL Lin Tangerang.

Layanan ini merupakan layanan KRL yang mengawali dan mengakhiri perjalanan di stasiun ini.

Dengan adanya KRL Lin Tangerang, memudahkan masyarakat untuk melakukan perjalanan dari dan menuju Tangerang dengan nyaman dan efisien.

Stasiun ini menjadi salah satu akses utama bagi penduduk Tangerang dan sekitarnya untuk mengakses transportasi kereta api.

Dengan pelayanan KRL Commuter Line yang teratur dan terpercaya, perjalanan masyarakat semakin lancar dan terjangkau.

Bagi para pengguna KRL Commuter Line, Stasiun Tangerang merupakan titik awal atau akhir perjalanan yang nyaman dan strategis.

Dengan fasilitas yang lengkap dan keberadaannya yang terintegrasi dengan area perkotaan, Stasiun ini menjadi pusat aktivitas transportasi yang ramai.

Jadi, jika Anda berencana melakukan perjalanan menggunakan KRL di sekitar Tangerang, jangan lupa untuk singgah di Stasiun ini dan nikmati pengalaman perjalanan yang menyenangkan dengan KRL Lin Tangerang.

Sejarah Stasiun

Perlu kamu ketahui juga kalau Stasiun Kereta Api Tangerang ini adalah salah satu stasiun kereta api yang masuk ke dalam area DAOP 1 Jakarta.

Lokasi stasiun ini berada di ujung rute KRL Commuterline Tangerang Duri.

Jadi ini adalah stasiun kereta api yang dilayani KRL Jabodetabek untuk arah ke tangerang dengan jejak sejarahnya yang menarik.

Awal Mula Perkeretaapian di Batavia (Jakarta)

Pada awalnya, perkeretaapian di Batavia (Jakarta) dioperasikan oleh tiga perusahaan, yaitu Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM), Batavia Ooster Spoorweg Maatschappij (BOS), dan Staatsspoorwegen (SS).

NISM merupakan perusahaan kereta api swasta yang membangun jaringan kereta api di lintas tengah, yakni Batavia-Buitenzorg (Bogor).

Sementara itu, BOS mengoperasikan lintas timur Batavia yaitu Batavia-Bekasi-Karawang.

SS, sebagai perusahaan kereta api negara, membangun lintas barat Batavia hingga Anyer.

Perkembangan Stasiun Tangerang

Bersamaan dengan pembukaan lintas Duri-Tangerang, SS meresmikan Stasiun Tangerang pada tanggal 2 Januari 1899.

Stasiun ini menjadi tempat pemberhentian akhir di lintas Duri-Tangerang. Selama beroperasi, Stasiun ini digunakan sebagai tempat naik-turun penumpang dan barang.

Pada tahun 1935, tercatat ada 12 perjalanan kereta api dari Duri ke Tangerang setiap harinya, dengan waktu tempuh sekitar 50 menit.

Peranan Stasiun Tangerang dalam Pengangkutan Barang

Stasiun ini menjadi pusat pengangkutan hasil pertanian dan kerajinan rumah tangga.

Hasil pertanian seperti padi, kacang tanah, ketela, nila, kelapa, dan sayuran diangkut menggunakan kereta api.

Selain itu, kerajinan anyaman topi Tangerang yang terkenal juga menjadi salah satu barang yang diangkut melalui stasiun ini.

Anyaman topi tersebut diborong oleh orang Cina dan Eropa, kemudian dijual di dalam dan luar negeri.

Paska Kemerdekaan: Pemulihan dan Pengembangan Perkeretaapian

Setelah pengakuan kedaulatan Belanda tahun 1949, Djawatan Kereta Api (DKA) melakukan upaya rehabilitasi perkeretaapian di Indonesia.

DKA memperbaiki prasarana kereta api yang rusak selama perang mempertahankan kemerdekaan.

Pada tahun 1954, Stasiun Tangerang dikategorikan sebagai stasiun tipe III A/B, yang menandakan peningkatan fasilitas.

Perkembangan Transportasi di Jabotabek

Pada tahun 1982, dilakukan Proyek Pengembangan Prasarana Kereta Api Jabotabek sebagai upaya meningkatkan fungsi kereta api di wilayah Jabotabek.

Lintas kereta api Duri-Tangerang juga mengalami pengembangan, termasuk rehabilitasi jalur, elektrifikasi, dan penambahan jalur kereta api.

Stasiun Tangerang Saat Ini

Kini, Stasiun Tangerang menjadi salah satu stasiun tersibuk dengan jumlah penumpang naik-turun mencapai 38.000-an setiap harinya.

Stasiun ini telah menjadi primadona transportasi bagi warga Tangerang dan sekitarnya.

Dengan adanya layanan KRL Commuter Line, perjalanan dari Jakarta ke Tangerang dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien.

Stasiun ini juga telah mengalami perbaikan dan peningkatan fasilitas guna memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para penumpang.

Pada tahun 1990, waktu tempuh dari Jakarta ke Tangerang hanya memakan waktu sekitar 60 menit dengan 10 perjalanan kereta api dalam sehari dan kecepatan rata-rata 21 km/jam.

Namun, seiring dengan perkembangan dan peningkatan infrastruktur kereta api, waktu tempuh tersebut semakin meningkat.

Dengan fasilitas yang ditingkatkan, Stasiun ini menjadi pusat mobilitas yang penting bagi masyarakat.

Berbagai aktivitas ekonomi dan sosial terjadi di sekitar stasiun ini.

Para penumpang dapat dengan mudah naik-turun di Stasiun Tangerang untuk melanjutkan perjalanan mereka ke tujuan akhir.

Stasiun ini juga memberikan kontribusi besar dalam mengurangi kemacetan dan mengatasi masalah transportasi di wilayah Jabotabek.

Dengan layanan KRL yang lebih sering dan handal, masyarakat dapat memilih moda transportasi yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

Stasiun ini telah melewati perjalanan panjang sejak awal pendiriannya hingga menjadi stasiun yang penting dan strategis bagi masyarakat Tangerang.

Dengan terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan, Stasiun Tangerang siap menghadapi tantangan masa depan dan menjadi bagian integral dari sistem transportasi yang berkualitas di Indonesia.

***

Semoga informasi Jadwal Kereta KRL Commuterline hari ini terbaru tahun 2024 pada tabel tersebut bisa bermanfaat buat kamu ya.

Lalu, kalau kamu merasa informasi ini berguna, boleh kamu share ke teman-teman lain yang mungkin membutuhkannya juga ya.


Rijal Fahmi Mohamadi

Rijal Fahmi Mohamadi

Fahmi adalah seorang Digital Marketer, Travel Enthusiast, Geek Travel Blogger dari Indonesia penulis catperku.com, Penulis Buku perjalanan Traveling The Traveler Notes Bali The Island Of Beauty dan The Traveler Notes Bersenang-Senang di Bali, Bertualang di Lombok. Pernah disebutkan, mentioned in Lonely Planet Indonesia 2019 as Best in Blogs. Mau menyapa saya? Kunjungi media sosial pribadi saya, atau hubungi lewat email [email protected] jika Anda ingin mengajak saya bekerja sama dan berkolaborasi.
https://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *