Jadwal Kereta KRL Commuterline Bekasi Cikarang Tahun 2024

Di website ini tersedia informasi Jadwal Kereta KRL Commuterline KRL Stasiun Bekasi terbaru tahun 2024 untuk rute tujuan ke Stasiun Cikarang, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Manggarai dan Stasiun Pasar Senen.

Disini juga tersedia informasi rute Kereta KRL Commuterline Cikarang – Bekasi – Jakarta Kota.

Mungkin informasi Jadwal Kereta – Jadwal KRL ini akan berguna buat kamu yang akan naik kereta api commuterline di jalur ini.

Informasi Semua Jadwal Kereta KRL Commuterline Dari Stasiun Bekasi Terbaru Tahun 2024!

Lalu dibawah ini adalah informasi Jadwal Kereta – Jadwal KRL Bekasi untuk beberapa tujuan utama ke arah Jakarta juga ke arah Cikarang.

Untuk lebih detail mengenai informasi jadwalnya bisa kamu temukan dibawah ya.

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Bekasi

Sementara itu dibawah ini adalah informasi rute Jadwal Kereta KRL Commuterline Commuter Line Jakarta relasi Stasiun Bekasi – Stasiun Jakarta Kota.

Stasiun Bekasi ↔ Stasiun Kranji ↔ Stasiun Cakung ↔ Stasiun Klender Baru ↔ Stasiun Buaran ↔ Stasiun Klender ↔ Stasiun Cipinang (langsung) ↔ Stasiun Jatinegara (transit) ↔ Stasiun Manggarai (transit) ↔ Stasiun Cikini ↔ Stasiun Gondangdia ↔ Stasiun Gambir (langsung) ↔ Stasiun Juanda ↔ Stasiun Sawah Besar ↔ Stasiun Mangga Besar ↔ Stasiun Jayakarta ↔ Stasiun Jakarta Kota.

Lalu dibawah ini adalah rute KRL Bekasi Cikarang ya. Sementara itu untuk Jadwal Kereta KRL Commuterline Jakarta Cikarang bisa kamu temukan disini ya.

Stasiun Bekasi ↔ Stasiun Bekasi Timur ↔ Stasiun Tambun ↔ Stasiun Cibitung ↔ Stasiun Metland Telagamurni ↔ Stasiun Cikarang.

Tata Letak Peron Di Stasiun Bekasi

Stasiun Bekasi, sebuah destinasi yang sarat akan sejarah perkeretaapian, memukau para pengunjung dengan keindahan dan kemegahan arsitektur yang menghiasi stasiun ini.

Awalnya, stasiun ini memiliki lima jalur kereta api, di mana jalur 1 dan 4 merupakan sepur lurus yang memberikan kesan megah layaknya Stasiun Depok.

Tak hanya itu, terdapat pula jalur-jalur bongkar muat angkutan batu bara yang menambah pesona di sisi barat daya emplasemen.

Pembangunan jalur dwiganda ruas Manggarai-Cikarang merupakan tonggak penting dalam sejarah Stasiun Bekasi.

Tata Letak Peron Di Stasiun Bekasi

Perluasan jalur ini dilakukan untuk memastikan kelancaran perjalanan KRL Commuter Line dan KA barang serta penumpang non-KRL, sehingga tidak saling mengganggu.

Sebagai upaya menyongsong perubahan tersebut, PT KAI, KCI (sekarang KAI Commuter), Pemkot Bekasi, dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian sepakat untuk merenovasi stasiun ini dengan tata letak jalur yang direvitalisasi.

Bangunan baru Stasiun Bekasi menghadirkan desain minimalis modern yang memikat hati para pengunjung.

Stasiun ini kini berkonsep bertingkat, sejalan dengan stasiun-stasiun lain di jalur Cikarang-Klender.

Meskipun bangunan lama peninggalan Staatsspoorwegen telah berubah akibat renovasi, keindahan dan kepraktisan stasiun baru tetap mempesona.

Lahan bekas jalur bongkar muat batu bara yang berada di sisi selatan stasiun telah diubah menjadi emplasemen jalur tambahan untuk KRL CommuterLine, sementara jalur 1-3 sedang dalam proses pembangunan stasiun baru di sisi utara.

Dengan selesainya bangunan stasiun baru di sisi utara dan juga operasional jalur dwiganda ruas Cakung-Bekasi pada pertengahan Desember 2022, stasiun ini kini memiliki total delapan jalur kereta api.

Jalur 2 dijadikan sepur lurus bagi kereta api non-KRL menuju Jatinegara, jalur 3 menjadi sepur lurus bagi kereta api non-KRL menuju Cikarang-Cikampek.

Sementara itu, jalur 5 menjadi sepur lurus bagi KRL Commuter Line menuju Jatinegara, dan jalur 6 menjadi sepur lurus bagi KRL Commuter Line menuju Cikarang.

Jalur 1-3 digunakan untuk pemberhentian kereta api penumpang jarak jauh, jalur 4 dapat digunakan untuk pemberhentian kereta api penumpang jarak jauh maupun KRL, jalur 5-7 ditujukan untuk KRL, dan jalur 8 sebagai tempat parkir rangkaian kereta api.

Jalur dwiganda ini berakhir di sebelah timur stasiun, tepatnya di perlintasan sebidang sebelah timur Jembatan Sungai Bekasi.

Dengan luas bangunan mencapai 3.600 m², Stasiun Bekasi menjadi sebuah kompleks yang lengkap dengan fasilitas-fasilitas modern untuk kenyamanan penumpang.

Musala yang disediakan di dalam stasiun ini memungkinkan para pengunjung untuk melaksanakan ibadah dengan khidmat.

Tak hanya itu, toilet yang bersih dan terawat juga tersedia untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Dalam upaya memberikan aksesibilitas yang lebih baik, stasiun ini dilengkapi dengan eskalator dan lift.

Hal ini memudahkan penumpang, terutama yang membawa barang bawaan berat atau memiliki keterbatasan mobilitas, untuk berpindah dari satu tingkat ke tingkat lainnya dengan mudah dan nyaman.

Kehadiran eskalator dan lift sebagai fasilitas penunjang membuat stasiun ini ramah bagi semua kalangan, tanpa memandang usia atau kondisi fisik.

Stasiun Bekasi Timur bukan hanya sekadar sebuah perhentian kereta api. Ia merupakan titik temu perjalanan yang mempertemukan berbagai cerita dan perjalanan hidup manusia.

Di sini, berjuta kenangan tercipta, sejuta harapan tumbuh, dan miliaran perjalanan dimulai.

Stasiun ini menjadi saksi bisu dari setiap kebahagiaan yang dibawa oleh para penumpangnya, serta menyaksikan perpisahan yang mungkin takkan terlupakan.

Tak heran jika Stasiun Bekasi Timur menjadi salah satu ikon penting dalam sejarah perkeretaapian di kawasan Jabodetabek.

Dengan keberadaannya yang strategis, stasiun ini memberikan kemudahan akses bagi ribuan penumpang yang setiap harinya berlalu-lalang.

Stasiun ini tak hanya sekadar titik singgah dalam perjalanan, tetapi juga menjadi saksi sejarah dan simbol penting dari pergerakan kehidupan di kota Bekasi.

Detail Rute dan Jadwal Keberangkatan Pertama, Paling Awal Dan Akhir Kereta KRL Commuterline Dari Stasiun Bekasi ke Jakarta Kota Hari Ini Tahun 2024

Info Detail Rute dan Jadwal Keberangkatan Pertama, Paling Awal Dan Akhir Jadwal Kereta KRL Commuterline Bekasi Cikarang Hari Ini Tahun 2024
Info Detail Rute dan Jadwal Keberangkatan Pertama, Paling Awal Dan Akhir Jadwal Kereta KRL Commuterline Bekasi Cikarang Hari Ini Tahun 2024

Jadwal Kereta KRL Commuterline Dari Stasiun Bekasi Ke Jakarta Kota Hari Ini April Tahun 2024 Dari Keberangkatan Pertama Paling Pagi Jam 04.38 Paling Akhir 23.45

Untuk jalur rute Kereta KRL Commuterline Bekasi Jakarta Kota bisa kamu temukan setelah ini ya:

Stasiun Bekasi ↦ Stasiun Kranji ↦ Stasiun Cakung ↦ Stasiun Klender Baru ↦ Stasiun Buaran ↦ Stasiun Klender ↦ Stasiun Cipinang (langsung) ↦ Stasiun Jatinegara (transit) ↦ Stasiun Manggarai (transit) ↦ Stasiun Cikini ↦ Stasiun Gondangdia ↦ Stasiun Gambir (langsung) ↦ Stasiun Juanda ↦ Stasiun Sawah Besar ↦ Stasiun Mangga Besar ↦ Stasiun Jayakarta ↦ Stasiun Jakarta Kota.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Dari Stasiun Bekasi Ke Cikarang Hari Ini April Tahun 2024 Keberangkatan Paling Pagi Jam 04.36 Paling Akhir 23.26

Untuk jalur rute Kereta KRL Commuterline dari Stasiun Bekasi ke Cikarang bisa kamu temukan setelah ini ya:

Stasiun Bekasi ↦ Stasiun Bekasi Timur ↦ Stasiun Tambun ↦ Stasiun Cibitung ↦ Stasiun Metland Telagamurni ↦ Stasiun Cikarang.

Info Jadwal Kereta KRL Commuterline dari Stasiun Bekasi ke Manggarai dan Cikarang Hari Ini Tahun 2024 – Foto . instagram.com/kalog.palembang

Jadwal Kereta KRL Commuterline Dari Stasiun Bekasi Ke Manggarai Hari Ini April Tahun 2024 Keberangkatan Paling Pagi 04.38 WIB Paling Akhir 23.45

Untuk jalur rute KRL Bekasi Manggarai bisa kamu temukan setelah ini ya:

Stasiun Bekasi ↦ Stasiun Kranji ↦ Stasiun Cakung ↦ Stasiun Klender Baru ↦ Stasiun Buaran ↦ Stasiun Klender ↦ Stasiun Cipinang (langsung) ↦ Stasiun Jatinegara (transit) ↦ Stasiun Manggarai (transit).

Jadwal Kereta KRL Commuterline Dari Stasiun Bekasi Ke Pasar Senen Hari Ini April Tahun 2024 Keberangkatan Pertama Paling Pagi 06.37 WIB Paling Malam 20.25

Untuk jalur rute KRL Bekasi Pasar Senen bisa kamu temukan setelah ini ya:

Stasiun Bekasi ↦ Stasiun Kranji ↦ Stasiun Rawabebek ↦ Stasiun Cakung ↦ Stasiun Klender Baru ↦ Stasiun Buaran ↦ Stasiun Klender ↦ Stasiun Cipinang ↦ Stasiun Jatinegara ↦ Stasiun Pondok Jati ↦ Stasiun Kramat ↦ Stasiun Gang Sentiong ↦ Stasiun Pasar Senen.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Dari Stasiun Bekasi ke Tanah Abang Paling Awal Dan Akhir Hari Ini April Tahun 2024

Keberangkatan pertama paling pagi pada Jadwal Kereta KRL Commuterline dari Stasiun Bekasi ke Tanah Abang adalah jam 04.41 WIB.

Keberangkatan terakhir paling malam pada Jadwal Kereta KRL Commuterline dari Stasiun Bekasi ke Tanah Abang adalah jam 22.56 WIB.

Tentang Stasiun Bekasi

Stasiun Bekasi (BKS) memiliki karakteristik yang unik sebagai stasiun kereta api kelas besar tipe B yang berdiri tegak di Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Terletak di ketinggian +19 meter, stasiun ini menjadi salah satu landmark penting dalam Daerah Operasi I Jakarta.

Keberadaannya tidak hanya membanggakan masyarakat setempat, tetapi juga menjadi tempat transit bagi ribuan penumpang yang berlayar menuju wilayah Jabodetabek menggunakan KRL Commuter Line.

Melangkah melintasi gerbang stasiun, mata kita akan terpesona dengan kehadiran bekas depo KRL yang megah di sebelah barat stasiun.

Bekas depo ini merupakan saksi bisu dari masa-masa kejayaan layanan kereta api di Bekasi.

Meskipun tidak lagi berfungsi sebagai depo, keberadaannya menambah daya tarik Stasiun Bekasi sebagai pusat perjalanan KA komuter.

Sejarah Stasiun

Pada bulan Maret 1887, sejarah jalur kereta api Batavia–Bekasi mencatat babak baru dengan selesainya pembangunan yang dilakukan oleh Bataviasche Oosterspoorweg Maatschappij (BOS).

Awalnya, rencana BOS adalah memperpanjang jalur kereta api dari Batavia hingga Karawang, namun kenyataannya jalur tersebut hanya terwujud hingga Kedunggedeh, di sebelah barat Karawang.

Perusahaan ini mengalami kendala keuangan yang serius, sehingga pada tahun 1898 Staatsspoorwegen memutuskan untuk membeli jalur BOS.

Dengan pembelian tersebut, stasiun-stasiun di lintas ini mengalami perubahan yang signifikan.

Bangunan stasiun diganti dengan bangunan permanen yang mengusung gaya Indische, mirip dengan stasiun-stasiun lain di jalur Staatsspoorwegen saat itu.

Tidak hanya itu, jalur kereta api pun diperpanjang hingga mencapai Karawang, dan kemudian mencapai Cikampek pada tanggal 27 Desember 1902.

Stasiun Bekasi menjadi saksi bisu dari peristiwa sejarah yang terjadi di tepi Kali Bekasi.

Pada tanggal 19 Oktober 1945, stasiun ini menyaksikan penganiayaan terhadap tentara Jepang yang ditawan di sungai tersebut.

Laksamana Muda Maeda, seorang perwira angkatan laut Jepang, mengecam perlakuan tersebut, namun pada akhirnya memilih untuk memberikan pengampunan.

Sebagai penghormatan atas peristiwa bersejarah tersebut, didirikanlah Monumen Peringatan Kali Bekasi.

Untuk mendukung pengoperasian KRL Jabotabek di Bekasi, Perumka mendirikan gardu listrik aliran atas pada September–November 1992.

Dengan pendirian gardu tersebut, KRL Jabotabek dapat beroperasi dengan lancar di lintas ini, membawa para penumpang dalam perjalanan yang nyaman dan efisien.

Stasiun Bekasi terus menjadi pusat kegiatan yang menghubungkan komunitas di wilayah ini, menjadi saksi perjalanan sejarah dan masa depan yang semakin berkembang.

Transportasi Umum dari Stasiun

Jika Kamu berada di Stasiun Bekasi, terdapat beberapa jenis angkutan umum yang dapat Anda manfaatkan untuk perjalanan.

Berikut adalah beberapa jenis angkutan umum beserta trayek dan tujuannya:

Koperasi Angkutan Bekasi (Koasi) Kota Bekasi

  • Trayek K01: Aren Jaya-Terminal Pulo Gadung
  • Trayek K02: Terminal Bekasi-Pasar Pondok Gede
  • Trayek K04: Terminal Bekasi-Kayuringin Jaya
  • Trayek K05: Terminal Bekasi-Jakasetia (via K.H. Noer Ali)
  • Trayek K05A: Terminal Bekasi-Jakasetia (via Pemuda-Patriot)
  • Trayek K07: Terminal Bekasi-Harapan Jaya
  • Trayek K09B: Kayuringin Jaya-Teluk Pucung

Trans Patriot

  • Trayek 01: Pasar Modern Harapan Indah-Terminal Bekasi
  • Trayek 02: Pasar Alam Vida-Summarecon Mal Bekasi
  • Trayek 03: Pasar Sumber Arta-Pasar Tradisional Wisma Asri

Nikmati kemudahan dan kenyamanan perjalanan Anda dengan menggunakan angkutan umum yang tersedia di Stasiun Bekasi.

Pilih trayek yang sesuai dengan tujuan Kamu dan nikmati perjalanan yang lancar dan efisien!

Jadwal Kereta Api Jarak Jauh Lain Selain KRL Commuterline Berangkat Dari Stasiun Bekasi

Jalur Nama kereta api Kelas Tujuan akhir Keterangan
Lintas utara Jawa Airlangga Ekonomi Surabaya Pasarturi
Lintas utara Jawa Airlangga Ekonomi Pasar Senen
Lintas utara Jawa Argo Cheribon Eksekutif dan bisnis Gambir Hanya jadwal malam

Dijalankan pada hari tertentu

Lintas utara Jawa Argo Cheribon Eksekutif dan bisnis Cirebon Hanya jadwal malam

Dijalankan pada hari tertentu

Lintas utara Jawa Argo Cheribon (Cirebon–Gambir pp) Eksekutif dan ekonomi Gambir Hanya jadwal pagi dan siang hari
Lintas utara Jawa Argo Cheribon (Cirebon–Gambir pp) Eksekutif dan ekonomi Cirebon Hanya jadwal pagi dan malam hari
Lintas utara Jawa Argo Cheribon (Tegal–Gambir pp) Eksekutif dan ekonomi Gambir Hanya jadwal pagi dan sore hari
Lintas utara Jawa Argo Cheribon (Tegal–Gambir pp) Eksekutif dan ekonomi Tegal Hanya jadwal pagi dan sore hari
Lintas utara Jawa Argo Muria (reguler & tambahan) Eksekutif Gambir Kecuali jadwal tambahan arah Gambir.

Jadwal tambahan dijalankan pada hari tertentu.

Lintas utara Jawa Argo Muria (reguler & tambahan) Eksekutif Semarang Tawang Kecuali jadwal tambahan arah Gambir.

Jadwal tambahan dijalankan pada hari tertentu.

Lintas selatan Jawa Argo Parahyangan (reguler & tambahan) Eksekutif Gambir Hanya jadwal pagi (KA 45) dan sore (KA 51A)
Lintas selatan Jawa Argo Parahyangan (reguler & tambahan) Eksekutif Bandung Hanya jadwal siang (KA 50F)
Lintas selatan Jawa Argo Parahyangan (reguler & tambahan) Eksekutif dan ekonomi premium Gambir Hanya jadwal siang (KA 39 & 47F) dan malam (KA 53F)
Lintas selatan Jawa Argo Parahyangan (reguler & tambahan) Eksekutif dan ekonomi premium Bandung Hanya jadwal siang (KA 48F & 52A)
Lintas utara Jawa Argo Sindoro Tambahan Eksekutif Gambir Kecuali jadwal tambahan arah Gambir.

Jadwal tambahan dijalankan pada hari tertentu.

Lintas utara Jawa Argo Sindoro Tambahan Eksekutif Semarang Tawang Dijalankan pada hari tertentu.
Lintas tengah Jawa Bengawan Ekonomi Purwosari
Lintas tengah Jawa Bengawan Ekonomi Pasar Senen
Lintas tengah Jawa Bogowonto Eksekutif dan ekonomi Pasar Senen Tidak ada
Lintas tengah Jawa Bogowonto Eksekutif dan ekonomi Lempuyangan Tidak ada
Lintas utara Jawa Brantas Eksekutif dan ekonomi Dari Blitar via Madiun–Semarang Tawang
Lintas utara Jawa Brantas Tambahan Bisnis dan ekonomi Dari Blitar via Madiun–Semarang Tawang.

Dijalankan pada hari tertentu.

Lintas selatan Jawa Cikuray Ekonomi Pasar Senen
Lintas selatan Jawa Cikuray Ekonomi Garut
Lintas tengah Jawa Gajahwong Eksekutif dan ekonomi Pasar Senen Dihentikan sementara
Lintas tengah Jawa Gajayana Tambahan Eksekutif Gambir Tidak ada
Lintas tengah Jawa Gaya Baru Malam Selatan Eksekutif dan ekonomi Pasar Senen Tidak ada
Lintas utara Jawa Gumarang Eksekutif dan bisnis Pasar Senen
Lintas utara Jawa Jayabaya Eksekutif dan ekonomi Dari Malang via Surabaya Pasarturi
Lintas tengah Jawa Jayakarta Ekonomi premium Surabaya Gubeng Tidak ada
Lintas utara Jawa Kertajaya Ekonomi premium Pasar Senen
Lintas utara Jawa Kertajaya Ekonomi premium Surabaya Pasarturi
Lintas utara Jawa Kertajaya Tambahan Bisnis dan ekonomi Surabaya Pasarturi Dijalankan pada hari tertentu.
Lintas utara Jawa Kertajaya Tambahan Bisnis dan ekonomi Pasar Senen Dijalankan pada hari tertentu.
Lintas tengah Jawa Kutojaya Utara Ekonomi premium Kutoarjo
Lintas tengah Jawa Kutojaya Utara Ekonomi premium Jakarta Kota
Lintas tengah Jawa Mataram Eksekutif dan ekonomi Pasar Senen Tidak ada
Lintas utara Jawa Matarmaja Ekonomi Dari Malang via Madiun–Semarang Tawang
Lintas utara Jawa Menoreh Ekonomi Jakarta Kota
Lintas utara Jawa Menoreh Ekonomi Semarang Tawang
Lintas selatan Jawa Pangandaran Eksekutif dan ekonomi premium Gambir Dihentikan sementara
Lintas selatan Jawa Pangandaran Eksekutif dan ekonomi premium Banjar Dihentikan sementara
Lintas tengah Jawa Progo Ekonomi Pasar Senen Terkadang ditambahkan kelas eksekutif.
Lintas tengah Jawa Purwojaya Eksekutif Gambir Tidak ada
Lintas tengah Jawa Purwojaya Eksekutif Cilacap Tidak ada
Lintas tengah Jawa Sawunggalih Eksekutif dan ekonomi Pasar Senen Tidak ada
Lintas tengah Jawa Senja Utama Solo Eksekutif dan ekonomi Pasar Senen Tidak ada
Lintas tengah Jawa Senja Utama Yogya Eksekutif dan ekonomi Pasar Senen Tidak ada
Lintas selatan Jawa Serayu Ekonomi Pasar Senen Via Kiaracondong
kecuali jadwal malam arah Purwokerto.
Lintas selatan Jawa Serayu Ekonomi Purwokerto Via Kiaracondong
kecuali jadwal malam arah Purwokerto.
Lintas tengah Jawa Singasari Eksekutif dan ekonomi Blitar
Lintas tengah Jawa Singasari Eksekutif dan ekonomi Pasar Senen
Lintas utara Jawa Tawang Jaya Premium Eksekutif dan ekonomi Pasar Senen Terkadang ditambahkan kelas eksekutif.
Lintas utara Jawa Tawang Jaya Premium Eksekutif dan ekonomi Semarang Tawang Terkadang ditambahkan kelas eksekutif.
Lintas utara Jawa Tegal Bahari Ekonomi Pasar Senen Terkadang ditambahkan kelas eksekutif.

***

Diatas adalah informasi Kereta KRL Commuterline dari Stasiun Bekasi terbaru tahun 2024 untuk rute tujuan ke Stasiun Cikarang, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Manggarai, dan Stasiun Jakarta Kota.

Untuk jadwal lainnya seperti Jadwal Kereta KRL Commuterline Cikarang bisa kamu cari di website ini juga.


Rijal Fahmi Mohamadi

Rijal Fahmi Mohamadi

Fahmi adalah seorang Digital Marketer, Travel Enthusiast, Geek Travel Blogger dari Indonesia penulis catperku.com, Penulis Buku perjalanan Traveling The Traveler Notes Bali The Island Of Beauty dan The Traveler Notes Bersenang-Senang di Bali, Bertualang di Lombok. Pernah disebutkan, mentioned in Lonely Planet Indonesia 2019 as Best in Blogs. Mau menyapa saya? Kunjungi media sosial pribadi saya, atau hubungi lewat email [email protected] jika Anda ingin mengajak saya bekerja sama dan berkolaborasi.
https://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *