Travel Blog Indonesia - Wisata - Pacitan- Tahun 2024

Halo, teman-teman! Kali ini saya akan membawa kamu untuk mengenal lebih dalam tentang Pacitan dan objek wisata terkenalnya di 2024, sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pacitan mungkin belum sepopuler destinasi wisata lainnya, tetapi jangan salah, daerah ini memiliki pesona tersendiri yang tak boleh dilewatkan. Mari kita eksplorasi lebih lanjut!

Pacitan memiliki sejarah yang panjang dan menarik. Menurut Babad Pacitan dan sumber lainnya, pada paruh pertama abad ke-16, wilayah Pacitan merupakan bagian dari Ponorogo.

Pada masa itu, daerah ini dikenal sebagai Kawedanan Pacitan, yang terkenal sebagai tujuan wisata. Namun, apa yang membuat Pacitan begitu menarik adalah asal-usulnya yang unik.

Konon, orang-orang Pacitan mungkin berasal dari rombongan Bathara Katong yang diberi izin untuk menempati daerah Pacitan. Pada saat itu, wilayah ini masih merupakan hutan belantara yang tak berpenghuni.

Kisah-kisah masa lalu juga menceritakan bahwa orang-orang pertama yang membuka hutan ini disebut sebagai pembabat alas, di antaranya adalah Kiai Siti Geseng, Kiai Ampak Boyo, Ménak Sopal, dan Syekh Maulana Maghribi. Mereka adalah sosok-sosok pemberani yang membuka jalan menuju apa yang sekarang menjadi Pacitan.

Keindahan Geografis Pacitan

Keindahan Geografis Pacitan

Pacitan adalah salah satu kabupaten yang berada di pesisir selatan Jawa Timur.

Wilayahnya berada di paling ujung barat daya Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Jawa Tengah, tepatnya Kabupaten Wonogiri. Ini adalah tempat yang memiliki kekayaan geografis yang luar biasa.

Sebagian besar wilayah Pacitan adalah karst, bagian dari rangkaian Pegunungan Sewu.

Karst ini memberikan pemandangan alam yang sangat khas, dengan gua-gua yang indah dan pemandangan perbukitan yang menakjubkan.

Di sini, Kamu akan menemukan Gua Gong, Gua Tabuhan, Gua Kalak, dan Gua Luweng Jaran. Gua-gua ini memiliki daya tarik sendiri dan menjadi tempat yang sempurna untuk petualangan.

Pacitan: Surga Wisata Di Jawa Timur

Pacitan: Surga Wisata Di Jawa Timur

Pacitan dikenal dengan sebutan “Tempat Pariwisata” atau “Seribu Gua” karena kekayaan alamnya yang menakjubkan.

Terdapat berbagai jenis wisata yang bisa Kamu nikmati di Pacitan, mulai dari wisata gua, wisata pantai, wisata pegunungan, hingga wisata sejarah. Mari kita bahas beberapa di antaranya!

Wisata Gua yang Memukau

Salah satu daya tarik utama Pacitan adalah wisata gua. Gua Gong adalah salah satu yang paling terkenal dan dianggap sebagai gua terindah di Asia Tenggara.

Selain itu, ada Gua Tabuhan, tempat Kamu bisa mendengarkan suara seperti alat musik gamelan saat batu-batu di dalamnya dipukul.

Gua Kalak memiliki nilai sejarah yang penting karena pernah menjadi tempat semadi mantan Presiden Soeharto. Dan jangan lupakan Gua Luweng Jaran, yang disebut-sebut sebagai kompleks gua terluas di Asia Tenggara.

Pantai-Pantai Memesona

Pacitan juga dikenal dengan pantai-pantai yang indah. Pantai Watu Karung adalah salah satu yang paling terkenal, dengan pasir putih dan ombak yang tinggi yang cocok untuk berselancar.

Pantai Klayar memiliki hamparan pasir putih, gulungan ombak yang indah, dan air laut yang sangat jernih. Pantai Kasap memiliki pemandangan pulau-pulau kecil yang menyerupai Raja Ampat, dan dari atas bukit di pantai ini, Kamu dapat menikmati matahari terbenam yang memukau.

Selain itu, Pantai Teleng Ria adalah tempat yang mudah diakses, hanya beberapa kilometer dari Kota Pacitan.

Pantai-pantai lain seperti Pantai Soge dengan jembatan yang terkenal, Pantai Taman dengan penangkaran penyu, Pantai Sidomulyo dengan flying fox terpanjang se-Indonesia, dan Pantai Banyutibo dengan air terjun yang langsung menuju ke pantai juga menawarkan pengalaman yang luar biasa.

Kuliner Khas Pacitan

Setelah menjelajahi keindahan alam Pacitan, jangan lupa mencicipi kuliner khasnya. Salah satu hidangan yang wajib dicoba adalah nasi tiwul. Nasi tiwul terbuat dari gaplek (umbi dari ketela pohon yang dikeringkan) yang kemudian ditumbuk dan ditanak. Ini adalah makanan tradisional yang memiliki rasa unik dan lezat.

Tak hanya itu, Pacitan juga terkenal dengan olahan ikan tuna yang lezat. Kamu bisa mencoba tahu tuna, nuget tuna, otak-otak tuna, kerupuk tuna, bakso tuna, pangsit tuna, dan berbagai hidangan lain yang menggunakan ikan tuna sebagai bahan utama. Rasanya pasti akan memanjakan lidah Kamu.

Aksesibilitas dan Transportasi

 

 

Untuk mencapai Pacitan, Kamu dapat menggunakan berbagai jalur. Jalur dari timur, melalui Ponorogo, telah mengalami peningkatan aksesibilitas.

Jalur dari barat juga tersedia, dengan opsi melewati jalur selatan yang lebih panjang tetapi lebar atau jalur Sedeng yang lebih pendek tetapi memiliki tanjakan yang cukup tajam.

Saat ini, juga telah dibangun jalur alternatif Lintas Selatan yang menghubungkan Pacitan dengan Kabupaten Trenggalek, membantu mempermudah akses ke wilayah ini. Kamu juga dapat mencapai Pacitan dari Surabaya, Madiun, Ngawi, dan kota-kota lainnya di sekitarnya.

Ada Banyak Keindahan Tersembunyi, Dan Destinasi Wisata Keren di Pacitan Wajib Dikunjungi Di 2024

Pacitan mungkin belum begitu terkenal seperti destinasi wisata lainnya di Jawa Timur, tetapi keindahannya patut diacungi jempol.

Dengan gua-gua yang menakjubkan, pantai-pantai yang memukau, kuliner lezat, dan sejarah yang unik, Pacitan adalah tempat yang sempurna untuk petualangan Kamu berikutnya.

Jadi, jika Kamu mencari tempat yang belum begitu ramai dan penuh pesona, jangan lewatkan Pacitan dalam daftar perjalananmu. Selamat menjelajah!

Pantai Soge Pacitan, Di Tepi Jalur Great Ocean Road Indonesia!

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Saya pertama kali mengetahui keberadaan Pantai Soge Pacitan ini ketika sedang mencari informasi rute jalur lintas selatan Jawa atau JLS yang berada di Pacitan. Dari penelusuran itu saya menemukan informasi kalau ada sebuah pantai indah yang berada persis ditepi jalur lintas selatan Jawa tadi.

Touring Jelajah Jalur Lintas Selatan Jawa – Gunungkidul – Pacitan

Catperku.com ( Travel Blogger Indonesia ) – Kali ini kita akan membahas mengenai pengalaman touring Jelajah Jalur Lintas Selatan Jawa yang melintasi Gunungkidul dan Pacitan. Bagi para penggemar touring, rute ini akan menjadi pilihan yang menarik untuk dijelajahi karena menawarkan keindahan alam yang menakjubkan serta pemandangan yang memukau.

Pesona Pantai Klayar Pacitan, Surga Tersembunyi di Jawa Timur

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Sudah pernah main - main ke Pantai Klayar? saya belum :) karena itu coba deh lihat video om Giri Prasetyo di vimeo ini. Paling enggak, bisa buat motivasi untuk mengunjungi Pantai Klayar nanti :D. Kalau lihat di video ini sih, Pantai Klayar yang ada di Pacitan itu cakep banget dah. *harus buru - buru banget atur jadwal untuk maen ke Pacitan nih*

Solo Touring Lewat PLTU Sudimoro Pacitan ke Trenggalek

Catperku.com (Travel Blogger Indonesia) – Jalurnya muantap! Naik turun dan penuh dengan kelokan lewat Jalan Lorok Pacitan, dan melewati dekat PLTU Sudimoro Pacitan. Rute ini sangat cocok buat penyuka touring jalur ekstrim dan berkelok kelok!