Yuk, Berburu Sunrise Di Pantai Sanur!

Sepengetahuan saya, di Bali ada sebuah pantai yang bisa memaksa ratusan atau bahkan ribuan pengunjungnya untuk bangun pagi. Namanya biasa dikenal dengan Pantai Sanur. Bukannya lebay, tapi kalau gak percaya silahkan hitung sendiri berapa jumlah pengunjung pantai ini menjelang matahari terbit :p.

Weits! Kenapa bisa begitu ya? Kok bisa banyak yang datang kesana? Ada JKT 48 konser disana tiap pagi? Atau YKS sekarang acaranya dipindah ke Sanur? Err….

Sayangnya bukan itu alasannya kenapa pantai yang menghadap ke timur ini banyak dikunjungi oleh banyak orang. Lantas apakah pantai ini banyak dikunjungi orang karena daya tariknya yang unik? Iya, pantai ini memang unik, namun tidak seperti Pantai Kuta yang membuat banyak orang tertarik kesana karena banyak bule berjemur. Pantai Sanur menarik minat banyak orang karena pemandangan matahari terbit di pagi hari yang tidak ada duanya :D

Apakah pantai sanur ramai karena mereka? Siapa mereka, saya juga tidak tahu :P
Apakah pantai sanur ramai karena mereka? Siapa mereka, saya juga tidak tahu :P
Semburat cahaya menjelang sunrise di Pantai Sanur ini yang banyak dicari orang :)
Semburat cahaya menjelang sunrise di Pantai Sanur ini yang banyak dicari orang :)

Terus…

Berburu sunrise di Pantai Sanur itu gampang, kuncinya bangun pagiii!! Kalau enggak ingin ketinggalan menikmati sunrise yang cakep di Pantai Sanur! Begitu caranya~ Pun, dua tahun di Bali saya cuma bisa sekali bangun pagi demi melakukan salah satu ritual wajib bagi para traveler ini. Itupun saya lakukan karena semalam habis begadang hehee~ Jadi enggak bisa dibilang bangun pagi sih, tetapi begadang sampai pagi. Karena, Setuju atau enggak, katanya ke Bali tanpa menikmati pemandangan matahari terbenam dari Pantai Sanur itu hambar. Seperti makan tanpa lauk, atau mencintai tanpa kamu…. Begitu…. :p

Pantai yang berlokasi sekitar 6 km dari Denpasar ini berada di sisi timur Bali, dari Kuta juga tidak terlalu jauh. Karena itu saya tidak heran lagi Pantai Sanur adalah tempat paling oke buat turis untuk menikmati pemandangan matahari terbit di Bali. Lokasinya begitu strategis diakses dari manapun di Bali Selatan. Pun, meski dekat dari mana – mana, agar tidak ketinggalan pemandangan matahari terbit, saya sarankan setidaknya harus berangkat lebih awal. Sebagai contoh dari daerah Kuta bisa berangkat dari jam 05.00 – 05.30 pagi WITA. Biasanya dalam kondisi normal perjalanan menuju Pantai Sanur akan ditempuh dalam waktu 15 – 30 menit.

Kalau mau dapat tempat, jangan terlambat :)
Kalau mau dapat tempat, jangan terlambat :)

Selain itu dengan berangkat lebih pagi akan terhindar dari kemacetan, juga bisa mendapatkan tempat yang nyaman untuk menikmati pemandangan matahari terbit. Terlebih lagi untuk yang berniat mengambil foto dengan angle yang bagus. Sudah saya bilang sebelumnya bukan, pemandangan sunrise di Pantai Sanur ini  banyak diminati oleh orang yang berkunjung ke Bali. Jangan ambil resiko dengan datang terlambat, apalagi harus berlomba untuk mendapatkan tempat yang nyaman dengan yang lain. Tapi juga jangan tiru cara saya, begadang sampai pagi. Hehee!

Beranjak siang, jangan langsung pergi dari pantai ini. Memang pemandangan matahari terbit mungkin sudah tidak terlihat lagi. Sekitar jam 7 pagi, matahari sudah terlalu tinggi posisinya. Diam sejenak, sambil menikmati topografi pantai yang melengkung memanjang, juga pasir putihnya yang halus. Lalu lanjutkan jalan kaki ringan di sekitar pantai. Terutama untuk para penyuka jalan kaki seperti saya, pasti kegiatan yang menyenangkan. Ditambah lagi pada sepanjang garis pantai sanur sudah disediakan jalur khusus untuk para pejalan kaki! Asik kan?

Yang suka sejarah, atau penikmat artefak kuno, ada sisi yang bisa digali dari Pantai Sanur ini. Konon,  keindahan Pantai Sanur sendiri sudah dinikmati oleh banyak orang sejak jaman kerajaan Bali kuno lho. Mungkin karena itu juga di dekat Pantai Sanur ada sebuah prasasti dari masa Raja Kasari Warmadewa, seorang raja yang berkeraton di Singhadwala pada tahun 917 M. Sekarang, prasasti tersebut terdapat di daerah Blanjong, bagian selatan Pantai Sanur. (red : Prasasti Blanjong)

Jalan ringan menyusuri Pantai Sanur juga asik kok :D
Jalan ringan menyusuri Pantai Sanur juga asik kok :D

Ada unik tentang Pantai Sanur, ketika bali mulai dikenal di negara barat. Pantai ini pernah dikenalkan kepada dunia internasional oleh seorang pelukis yang  bernama A. J. Le Mayeur. Dia sendiri adalah seorang pelukis dari Belgia yang datang ke Bali pada tahun 1932. Seorang pengagum Pantai Sanur yang begitu indah. Karena itu seorang Le Mayeur memutuskan untuk menetap di Sanur dengan mendirikan sebuah sanggar melukis.

Le Mayeur sendiri kemudian menikah dengan seorang gadis Bali bernama Ni Nyoman Pollok, seorang penari Legong dan merupakan salah satu model lukisannya. Kalau istilah sekarang sih, mungkin cinta lokasi ya, Hehe! Melalui lukisannya juga Le Mayeur mengenalkan Pantai Sanur, hingga kemudian Pantai Sanur mulai dikenal oleh dunia internasional. Saat ini, sanggar lukis tersebut telah menjadi Museum Le Mayeur dan dapat dikunjungi oleh publik. Lokasi Museum Le Mayeur sendiri berada dalam area wisata Pantai Sanur.

Posisinya yang menghadap ke timur, ombak di Pantai Sanur lebih tenang dari pada ombak di pantai yang berada di bagian selatan Bali. Karena itu Pantai Sanur tidak terlalu terkenal di kalangan surfer, kecuali untuk para pecinta Kitesurfing. Nah loh, apa lagi itu yang namanya Kitesurfing?

Jadi begini, yang namanya Kitesurfing itu sebenarnya mirip dengan surfing. Bedanya kalau Kitesurfing bukan memakai ombak untuk menggerakkannya, tetapi memakai parasut yang mirip olahraga paralayang, yang ditarik dengan tenaga angin. Kitesurfing sebenarnya olahraga yang menarik, seperti surfing, tetapi saya belum pernah mencobanya, bukan karena tidak berani, tetapi karena harganya bisa bikin kantong kering sebelum mahir bermain Kitesurfing. Jadi, ada yang berniat bayari saya belajar Kitesurfing!?

Trivia :

  1. Sudah jelas pagi hari sebelum matahari terbit adalah waktu terbaik untuk menikmati Pantai Sanur, dan sudah menjadi rahasia umum kalau pemandangan terbaik Pantai Sanur adalah matahari terbitnya. Tidak percaya? Datang kesana dan buktikan sendiri! :)
  2. Siang hari sampai sore hari adalah waktu yang pas untuk berjemur, bermain air , bermain Kitesurfing atau sekedar menyaksikan atraksi para pemain Kitesurfing yang sedang mempertontonkan keahliannya.
  3. Sepanjang hari mulai pagi sampai sore adalah waktu yang baik untuk sekedar jalan – jalan di sepanjang Pantai Sanur atau mengunjungi pasar tradisional yang berada di sekitar Pantai Sanur. Jangan lupa mampir ke Museum Le Mayeur buat yang suka menikmati karya seni berupa lukisan :)

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

  • jam berapa sunrise muncul
  • bulan september jam berapa sunrise di pantai sanur
  • jam berapa sunrise di karapyak
  • matahari terbit di pantai pada pukul
  • sunrise di bali jam berapa
About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
13 Responses
  1. Itu 15-30 menit perjalanan kan kalau nggak pakai acara nyasar. Lha dulu saya dari Kuta nyaris butuh satu jam baru sampai Sanur karena bingung arah, hahaha. Padahal ya kalau dari peta cuma dari barat ke timur gitu ya?

    Kalau mau menikmati sunrise di sini enaknya nyari tau lokasi yang “hot” dulu sehari sebelumnya. Nah, pas besok paginya kita datang udah tahu mesti lewat mana. Gemes aja kalau pagi-pagi kok ada acara bingung arah, hahaha.

  2. Seru banget bisa liat sunrise…. apalagi diapantai, biasanya kan liat sunset di pantai.. #bener gk ya?

    Pengalaman liat sunset cuma dari atas gunung doang ane.
    kepingin kesini jadinya.

  3. chie

    telat deh catching sunrise pagi ini.. cuacanya lebih mendukung untuk leha leha di teras villa. Bali ujan terus tiap subuh..

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: