Main Ke Tugu Jogja, Kamu Bisa Ngapain Aja?

Liburan ke Yogyakarta tanpa main ke Tugu Jogja? Ya pasti rasanya ada yang kurang ya. Karena Tugu Jogja ini adalah salah satu landmark Kota Jogja yang cukup ikonik. Bahkan ini adalah salah satu tempat liburan di Jogja yang tepat untuk membuat kenangan. Jadi kalau kamu liburan ke Jogja, pastikan mampir ke tempat ini ya. Lokasinya nggak begitu jauh dari Jalan Malioboro dan Stasiun Tugu Yogyakarta kok.

Ini adalah landmark Jogja yang terkenal, karena itu hampir setiap harinya, baik low season atau high season, tempat ini pasti ramai dikunjungi oleh wisatawan. Kebanyakan sih karena pengen selfie atau berfoto di depan landmark Jogja yang terkenal ini. Katanya, main ke Jogja itu wajib hukumnya selfie ditempat wisata Jogja ini. Nggak tau siapa yang bilang begitu. Saya sih meski sering main ke Jogja, tapi malah belom pernah selfie di dekat Tugu ini.

Paling sering saya cuma numpang lewat, atau sesekali nongkrong di trotoar yang ada di dekatnya. Sesekali saya bakal makan di angkringan yang ada di dekat Tugu. Ya, itu sih cara saya menikmati landmark Kota Yogyakarta ini. Kalau kamu boleh menikmati tempat ini dengan cara yang berbeda, tak harus sama dengan cara saya menikmati tempat ini. Namun yang jelas, ada beberapa rekomendasi cara menikmati suasana landmark jogja yang bakal saya bahas dibawah. Namun sebelum itu, mari bahas sedikit dari Sejarah Tugu Jogja.

Daftar Isi

Belajar Sedikit Sejarah Tugu Jogja

Mari Belajar Belajar Sedikit Sejarah Tugu Jogja dulu.
Mari Belajar Belajar Sedikit Sejarah Tugu Jogja dulu.

Selain terkenal, Tugu Jogja ini juga berada di lokasi yang sangat strategis. Berdiri persis di tengah perempatan jalan, antara Jalan A.M Sangaji, Jalan Jendral Soedirman, Jalan Pangeran Mangkubumi dan Jalan Diponegoro. Usianya sekitar 3 abad, sehingga bisa dibilang ini adalah landmark yang merupakan saksi bisu dari sejarah kota Yogjakarta.

Disebutkan kalau tugu landmark Kota Jogja ini dibuat sekitar setahun setelah Keraton Jogja berdiri. Dibuat untuk menggambarkan persatuan rakyat dan penguasa untuk melawan penjajahan pada masa kolonialisme. Sebelumnya tugu ini dikenal dengan nama Tugu Golong Gilig sesuai dengan bentuk aslinya yaitu Golong yang artinya bulat, dan Gilig yang artinya silinder. O iya, yang dimaksud dengan Tugu disini bukan Stasiun Tugu Yogyakarta yang ada di bawah ini ya!

 

Stasiun Tugu Jogja Yogyakarta! Stasiun Kereta Api Paling Keren Di Indonesia! [ Travel Vlog Jogja ]

Tugu yang dimaksud itu ya seperti pada video tentang Tugu Yogyakarta di bawah ini nih!

 

Mampir Tugu Jogja Sebentar, Sebelum Jalan Ke Malioboro! [ Wisata Jogja Tugu Yogyakarta ]

 

Beberapa Fakta Tentang Tugu Jogja Yang Menarik Ini Perlu Kamu Ketahui Dulu Deh!

Sebelum main kesini, mungkin kamu perlu tahu beberapa hal menarik dari keberadaan landmark Jogja yang terkenal ini.

Di dekat tugu, di salah satu sudut perempatan terdapat diorama seperti ini.
Di dekat tugu, di salah satu sudut perempatan terdapat diorama seperti ini.

1. Tugu Ini Pernah Runtuh Karena Gempa

Jogja memang cukup rawan gempa, dari sejarahnya memang terjadi beberapa kali gempa yang menggoncang kota ini. Dan pada gempa yang terjadi tahun 1867, sempat membuat Tugu Golong Gilig atau Tugu Jogja ini runtuh. Baru pada masa Sri Sultan Hamengkubuwono VII di tahun 1889 Tugu yang sampi sekarang menjadi landmark jogja ini dibangun kembali.

2. Tingi Tugu Berubah Dari Aslinya

Pada awal pembuatan tugu, tingginya sekitar 25 meter, sampai kemudian runtuh karena gempa. Namun kemudian setelah dibangun kembali, tinggi tugu di Jogja ini hanya sekitar 15 meter saja. Bukan cuma tingginya yang berubah, namun bentuk tugu juga berubah, puncaknya menjadi runcing.

BACA JUGA :  Kalian Akan Terkesima, Karena Tanpa Wisata Alamnya Pun, Yogyakarta Tetap Menggoda!

3. Tugu Ini Adalah Saksi Bisu Sejarah Jogja Selama Hampir 3 Abad

Dibangun pada tahun 1755, itu berarti tugu ini sudah berumur ratusan tahun. Sehingga, bisa dibilang banyak sejarah dan perubahan jogja terjadi selama tugu ini berdiri. Nggak salah kalau tempat ini menjadi landmark dan salah satu simbol penting Kota Jogja.

Main Ke Tugu Jogja, Kamu Bisa Ngapain Aja?

 

8 Tempat Wisata Jogja Dekat Jalan Malioboro! No 7 Gak Boleh Dilewatkan! [Travel Vlog Jogja]

 

Tugu Jogja ini adalah salah satu tempat wisata di Jogja dekat Jalan Malioboro seperti vlog diatas. Nah, kalau mungkin kamu mau main kesini, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan kalau main kesini.

1. Nongkrong Di Tepi Perempatan Tugu Yogyakarta Sampai Malam

Buat yang suka nongkrong, boleh saya bilang perempatan di dekat Tugu Yogyakarta ini adalah salah satu tempat favorit. Siang pun juga bisa kalau mau nongkrong disini. Cuma harus kuat sama panasnya jogja ya. Paling pas sih kesini ketika sore sampai malam hari. Karena selain sudah tidak terlalu panas lagi, ketika malam tiba, disekitar sini akan banyak angkringan khas Jogja yang bisa kamu coba. Ya, menikmati keramaian sekitar tempat ini sambil kulineran di Jogja pasti asik banget deh!

2. Bikin Video Timelapse

Ini juga merupakan salah satu spot untuk membuat video timelaps favorit saya. Perempatan dimana tugu ini berada memang cukup rame, jadi merupakan tempat yang cocok untuk digunakan sebagai spot timelapse atau hyperlapse Jogja. Siapa tahu ada yang lagi bikin video tentang Jogja, jangan sampai melewatkan tempat ini ya. Selain disini, saya rekomendasikan kamu buat video timelapse di Jalan Malioboro juga. Apalagi pas lagi car free day Selasa Wagen. Pasti epik banget tuh hasilnya!

BACA JUGA :  Jepang Juga Punya Warteg Lho! Seperti Ini Penampakannya!

3. Foto Dengan Latar Belakang Tugu Jogja

Orang Jogja asli mungkin banyak yang belum pernah berfoto disini. Hayo yang orang Jogja ngaku? Saya pun baru dua kali foto dengan latar belakang Tugu Jogja yang ikonik ini. Alasannya bukan karena enggak mau, tapi karena ini adalah landmark Kota Yogyakarta yang ikonik, jadi pada waktu terbaiknya, jarang sekali tugu ini sepi. Jadi kalau mau foto dengan latar Tugu Yogyakarta ini, harus antri lumayan lama. Belum lagi lalu-lintas disini memang padat. Jadi harap bersabar. Atau, kalau enggak ya tunggu tengah malam, dijamin deh baru sepi.

Malam hari, tempat ini malah makin ramai, bukan makin sepi.
Malam hari, tempat ini malah makin ramai, bukan makin sepi.

4. Belajar Tentang Sejarah Tugu Jogja Lewat Diorama

Dahulu mungkin disini hanya ada tugu saja, namun sekarang di salah satu sudut perempatan ini terdapat semacam diorama dan miniatur yang menggambarkan peta daerah sekitar Tugu Jogja. Selain itu disini juga diceritakan sejarah singkat dari tugu ini. Jadi kalau kamu main ke tempat wisata di Jogja yang terkenal ini, jangan cuma buat selfie aja. Sekalian belajar sejarahnya gitu. Oke!?

5. Pacaran!

Kalau kamu Jomblo, minggir dulu ya. Cuma beberapa kali saya main ke Jogja dan lewat Tugu ini, kadang terlihat muda mudi yang sedang berduaan. Memang sih, tempatnya lumayan asik buat nongkrong seperti yang telah saya sebutkan. Bisa jadi, tempat ini juga tujuan yang menyenangkan buat pasangan yang ingin menghabiskan sore hari di Jogja. Iya nggak sih?

***

Nah, kira-kira diatas adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan kalau mengunjungi Tugu Jogja. Ada yang mau nambahin? Boleh lho kalau mau ada yang mau nambahin! Mungkin ada yang terlewat dari yang saya sebutkan. Disini bebas untuk share pendapatnya di kolom komentar yang ada di bawah ini asal tertib dan baik! Yuk!

 

 


Fahmi (catperku.com)

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
http://catperku.com


Comments

  1. Masya Allah…. infonya sangat menarik banget mas. Beberapa fakta yang sudah disebutkan diatas bahkan saya tidak tahu sama sekali. Ternyata Tugu Jogja pernah rubuh saat gempa toh. Hmm menarik. Saya suka blog ini :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *