Pantai Tambakrejo Blitar, Dulu Tersembunyi, Kini Ramai Dikunjungi!

Pantai Tambakrejo Blitar ini bisa dibilang salah satu pantai di Blitar yang memiliki banyak kenangan buat saya. Karena ini adalah salah satu pantai yang cukup sering saya kunjungi ketika kecil. Sejak masih smp, saya memang suka touring pake sepeda motor bapak. Kalau diingat, bandel juga ya saya. Masih berumur 16 tahun, tapi sudah mengendarai sepeda motor kemana-mana. Salah satunya sih ya main ke pantai ini.

Tenang, meski saya baru 16 tahun, secara ajaib saya sudah punya SIM. Rahasianya, umur dituakan selama 1 tahun. Tapi kali ini saya nggak akan membahas tentang cara bikin sim pake calo. Tapi membahas salah satu pantai di Blitar yang dahulu adalah pantai tersembunyi, sekarang ini berubah menjadi pantai yang ramai dikunjungi. Namanya Pantai Tambakrejo.

Pantai ini sekarang memang menjadi salah satu tempat wisata Blitar yang cukup populer. Terbukti ketika lebaran kemarin berkunjung kesini, banyak turis lokal tumpah ruah di pantai ini. Saya sempat kaget, karena seingat saya dulu Pantai Tambakrejo tidak seramai ini. Meski mungkin itu adalah salah satu efek pantai ini menjadi destinasi wisata libur lebaran, tapi kaget saja kalau perkembanganya menjadi seperti ini.

Pantai Tambakrejo Blitar Dalam Ingatan Masa Kecil Saya, Dan Kondisi Pantai Sekarang

 

Flashback ke masa kecil, pantai ini hanyalah pantai nelayan biasa. Tak ada fasilitas wisata, tak banyak orang berkunjung kesini. Pun, memang Pantai Tambakrejo ini adalah salah satu tujuan wisata favorit masyarakat Blitar sejak dulu. Pantai ini dulu hanyalah desa nelayan kecil yang sepi. Belum ada toko, penginapan atau bahkan warung makan ketika saya pertama kali ke pantai ini.

Tak ada penjaga tiket masuk ke pantai, tak perlu membayar parkir. Dibandingkan dengan Pantai Serang Blitar yang memang populer sejak dulu, bisa dibilang Pantai Tambakrejo ini kalah pamor. Boleh juga kalau disebut ini adalah pantai tersembunyi di Blitar yang tak banyak orang tahu. Namun kunjungan terakhir ke pantai ini membuat saya tercengang.

Foto drone dari atas Pantai Tambakrejo.
Foto drone dari atas Pantai Tambakrejo.

Pantai ini semakin populer, ada banyak wisatawan dari luar kota yang mengunjungi tempat ini. Saya berasumsi seperti itu karena saya sempat melihat beberapa mobil dengan plat nomor yang bukan berasal dari wilayah karesidenan Kediri. Tentu saja, pengunjung dari sekitar Kota Blitar juga tak kalah banyaknya.

Semuanya tumpah ruah bermain di pantai ini. Dulu mungkin pantai ini sepi, tapi sekarang sudah berubah. Seakan pariwisata memang bisa mengubah kondisi suatu tempat. Sekarang disini sudah ada tempat pelelangan ikan, lengkap dengan pasar ikan yang menjual berbagai jenis ikan segar dan ikan asap.

Kamu bisa membeli ikan asap di pasar ikan.
Kamu bisa membeli ikan asap di pasar ikan.
Ikan segar juga dijual di pasar ikan Pantai Tambakrejo.
Ikan segar juga dijual di pasar ikan Pantai Tambakrejo.

Warung makan pun juga sudah ada banyak, dengan harga yang masuk akal. Kemarin saya memesan makanan untuk prosi 4 orang dewasa dan 1 anak kecil disana hanya habis sekitar IDR 114.000 saja. Bisa dibilang ini harga yang sangat murah untuk warung makan yang berada di tempat wisata. Bahkan harga sebiji kelapa muda denga es hanya IDR 10.000. Biasanya harga kelapa muda di tempat wisata itu pasti lebih dari 20 ribu lho.

Di tempat wisata Pantai Tambakrejo ini juga tak hanya bisa bermain air saja. Karena ada beberapa fasilitas pelengkap wisata lain yang menunjang aktifitas liburan seru disini. Ada juga penjaga pantai yang senantiasa mengingatkan kalau berenang di pantai ini berbahaya. Terutama di lokasi yang dekat dengan bebatuan pemecah ombak. Bahkan disana dipasang dengan ekstrim foto korban jiwa yang nekat berenang dipantai. Tentu saja dengan sedikit disensor.

 

 

Memang ada satu area di ujung salah satu garis pantai yang bisa digunakan untuk berenang karena arusnya masih kecil. Cuma kalau laut sedang pasang, sepertinya lokasi itu juga cukup berbahaya. Kalau penasaran lokasinya dimana, kamu bisa melihat travel vlog Pantai Tambakrejo yang saya buat ketika liburan kesana kemarin diatas.

Lokasi Pantai Tambakrejo Blitar

Pantai Tambakrejo Blitar, Dulu Tersembunyi, Kini Ramai Dikunjungi!
Pantai Tambakrejo Blitar, Dulu Tersembunyi, Kini Ramai Dikunjungi!

Bisa dibilang ini adalah tempat wisata pantai di Blitar yang lokasinya tak jauh dari pusat kota. Alamat dari Pantai Tambak rejo sendiri berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Sementara itu untuk lokasi dari Pantai Tambakrejo di Google Maps bisa kamu temukan disini.

Petunjuk lokasi pantai tersebut juga bisa kamu gunakan untuk panduan navigasi menuju ke pantai. Untuk jalur menuju ke lokasi pantai bisa dibilang cukup bagus, dan jalanan aspal semua. Meski ada beberapa titik dengan jalan berlubang. Namun secara umum jalurnya aman untuk berkendara dengan seeda motor atau mobil. Jadi bisa dibilang ini adalah salah satu pantai di Blitar yang aksesnya mudah.

Berapa Tiket Masuk Ke Pantai Tambakrejo?

Garis Pantai Tambak rejo ini bisa dibilang cukup panjang!
Garis Pantai Tambak rejo ini bisa dibilang cukup panjang!

Dulu mungkin tiket masuk ke Pantai Tambakrejo ini merupakan tempat wisata di Blitar yang gratis. Tapi sekarang karena sudah ada beberapa fasilitas penunjang wisata, untuk masuk ke pantai ini harus membayar. Tiket masuk ke Pantai Tambak rejo ini tidak terlalu mahal kok. Hanya IDR 8000 saja per orang. Sementara itu untuk parkir mobil harus membayar lagi sebesar IDR 10.000.

Fasilitas Wisata Pantai Tambakrejo

Tempat pelelangan ikan yang berada tak jauh dari Pantai Tambak rejo.
Tempat pelelangan ikan yang berada tak jauh dari Pantai Tambak rejo.

Selain akses ke pantai di Blitar ini mudah, hal lain yang membuat tempat ini semakin ramai mungkin karena fasilitasnya yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas yang ada di tempat wisata Pantai Tambakrejo antara lain :

1. Tempat Parkir Yang Luas

Terdapat tempat parkir di kawasan tempat wisata Pantai Tambakrejo bisa dibilang cukup luas dan bisa menampu kendaraan bermotor baik mobil atau sepeda motor.

2. Ada Banyak Warung Makan

Tak perlu takut kelaparan ketika main ke pantai ini. Meski kamu tak membawa bekal makanan, kamu bisa membeli makanan yang ada di warung makan yang ada disini. Harga makanan tergolong normal dan murah untuk sebuah wisata. Kebanyaan warung makan di Pantai Tambakrejo ini menjual makanan berupa seafood.

Bisa menyewa tenda untuk berteduh, atau membawa tenda camping sendiri seperti saya.
Bisa menyewa tenda untuk berteduh, atau membawa tenda camping sendiri seperti saya.

3. Tenda Wisata Untuk Berteduh

Kebiasaan orang Indonesia (termasuk saya) kalau ke pantai kadang nggak mau kepanasan. Nah, asiknya di Pantai Tambakrejo ini terdapat tenda wisata untuk berteduh dari panas terik matahari.

4. Aktifitas Wisata Tambahan

Di pantai ini kamu tidak hanya bisa menikmati keindahan pantai saja. Tapi buat yang ingin kegiatan ekstra, disini ada aktifitas naik ATV atau naik perahu seharga IDR 10.000 per orang untuk yang ingin melihat area pantai dari tengah laut atau merasakan sensasi deburan ombak laut selatan Jawa.

Kamu juga bisa naik ATV kalau males jalan kaki di sepanjang garis pantai.
Kamu juga bisa naik ATV kalau males jalan kaki di sepanjang garis pantai.

5. Fasilitas Kamar Mandi

Nggak usah bingung kalau mau bilas atau membersihkan diri selepas bermain air di pantai. Karena fasilitas kamar mandi di pantai ini sudah cukup banyak. Jadi nggak bakal antri juga meski kondisi sedang ramai. Untuk mandi, buang air kecil atau yang lainnya kamu hanya perlu membayar dari IDR 2000 – IDR 10.000 saja.

6. Pasar Ikan Pantai Tambakrejo

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, ada tempat pelelangan ikan di pantai ini. Tentu saja selain tempat pelelangan ikan, biasanya diikuti dengan keberadaan pasar ikan. Ya, di dekat Pantai Tambak rejo ini juga terdapat pasar ikan. Disini kamu bisa membeli ikan asap atau ikan segar yang merupakan hasil tangkapan nelayan setempat.

Hampir semua jenis ikan ada disini. Namun ketika kemarin saya menanyakan tentang kepiting, katanya susah ditemukan. Karena sudah sejak lama nelayan setempat tidak mendapati hasil tangkapan kepiting di laut sekitar Pantai Tambakrejo. Kalaupun ada kepiting, biasanya merupakan kepiting kiriman dari daerah lain.

Kalaupun sekedar melihat-lihat pasar ikan juga boleh.
Kalaupun sekedar melihat-lihat pasar ikan juga boleh.

Untuk harganya bervariasi, namun tidak mahal. Untuk harga ikan di yang dijual di Pasar Ikan Pantai Tambak rejo ini mulai dari IDR 5000 saja. Tergantung apakah ikan segar atau ikan asap, terus jenis ikannya apa yang mau di beli. Yang jelas, kalau beli lumayan banyak kamu bisa menawarnya dan mendapatkan harga diskon terbaik. Tapi saran saya jangan afgan nawarnya. Karena mencari ikan di laut bebas itu mempertaruhkan nyawa lho!

Cara Pergi Ke Pantai Tambakrejo Blitar

Kalau kamu mencari tempat wisata pantai di Blitar yang aksesnya mudah, berarti sudah benar kalau kamu memilih Pantai Tambakrejo. Karena jalanan menuju ke pantai bisa dibilang bagus. Untuk cara pergi ke Pantai Tambak rejo ini kamu tinggal berkendara ke arah Blitar selatan, melewati Kademangan. Petunjuk jalan menuju ke pantai sangat jelas, jadi kemungkinan nyasar sangat kecil sekali. Kalau pun bingung bisa bertanya ke penduduk sekitar atau menggunakan petunjuk lokasi Pantai Tambak rejo di Google Maps yang ada diatas.

Perlu dicatat, semakin mendekati ke lokasi pantai jalanan akan berupa jalanan sempit dengan tanjakan dan turunan curam. Tidak disarankan untuk pengendara mobil atau sepeda motor pemula untuk melewati jalur ini. Pastikan juga kondisi kendaraan yang akan dibawa ke pantai berada dalam kondisi terbaiknya, terutama untuk rem.

Aktifitas Apa Saja Yang Bisa Kamu Lakukan Di Pantai Tambakrejo

Kalau ombak sedang besar atau angin kencang tidak direkomendasikan untuk berfoto diatas pemecah ombak ini.
Kalau ombak sedang besar atau angin kencang tidak direkomendasikan untuk berfoto diatas pemecah ombak ini.

Ada banyak aktifitas yang bisa dilakukan di Pantai Tambakrejo, meskipun berenang tidak saya rekomendasikan untuk dilakukan disini. Mengingat ombak pantai selatan itu cukup ganas, dan beberapa korban juga sudah berjatuhan di beberapa pantai yang ada di Blitar termasuk Pantai Tambak Rejo ini. Masih ada beberapa aktifitas lain yang bisa kamu lakukan disini. beberapa diantaranya seperti :

1. Bersantai Di Tepi Pantai Sambil Menikmati Udara Segarnya

Mungkin ini cuma cocok untuk orang seperti saya sih. Tapi nggak ada salahnya buat yang ingin mencoba. Saya memang cukup sering mengunjungi tempat wisata berupa pantai. Namun jarang banget saya berenang ketika mengunjungi suatu pantai. Saya lebih sering duduk di tepi pantai sambil membaca buku, atau hanya diam menikmati suara ombak dan alam. Menurut saya itu adalah salah satu obat penghilang stress paling manjur. Gak percaya? Coba saja!

2. Naik ATV Dan Naik Perahu Nelayan

Di Pantai Tambakrejo ini terdapat fasilitas penyewaan ATV atau semacam kendaraan 4 wheel drive yang bisa digunakan untuk menyusuri garis pantai. Selain itu ada juga perahu nelayan yang bisa kamu coba untuk dinaiki disini.

Ikan asap di Pantai Tambak rejo ini murah kok, harganya mulai dari 5000 rupiah saja.
Ikan asap di Pantai Tambak rejo ini murah kok, harganya mulai dari 5000 rupiah saja.

3. Mencoba Kuliner Seafood Lokal

Untuk yang tidak ingin repot memasak masakan seafood sendiri sepulang dari pantai, mungkin kamu bisa mencoba berbagai masakan seafood yang berada di kawasan Pantai Tambakerjo ini. Kamu tinggal pilih menu seafood apa yang menjadi favoritmu.

4. Membeli Ikan Di Pasar Ikan

Untuk yang ingin membawa pulang oleh-oleh berupa ikan segar atau ikan asap, bisa mampir ke pasar ikan yang ada di dekat pantai. Jenis ikan ada bermacam-macam, namun paling banyak berupa ikan salem, ikan tongkol, cumi dan beberapa jenis ikan lain yang umumnya ditemukan di pesisir Jawa.

5. Mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan

Ada tempat pelelangan ikan di dekat pantai. Kalau sedang buka, kamu bisa mampir ke tempat ini.

Ada bebatuan pemecah ombak yang sering digunakan untuk tempat berfoto.
Ada bebatuan pemecah ombak yang sering digunakan untuk tempat berfoto.

6. Memancing

Untuk kamu yang hobi memancing, Pantai Tambakrejo ini adalah salah satu pantai yang tepat untuk kegiatan tersebut. Kemarin saya melihat ada beberapa pemancing yang sedang menikmati kegiatannya. Paling banyak orang memancing di sekitar batu pemecah ombak dan area dermaga dekat tempat pelelangan ikan.

7. Camping

Meskipun mungkin tak banyak melakukannya, mungkin camping di dekat Pantai Tambakrejo juga merupakan ide bagus. Tapi saran saya jangan camping di lokasi yang terlalu dekat dengan kawasan laut Pantai Tambakrejo kalau tidak ingin tersapu ombak laut yang sedang pasang. Perkirakan saja ketika laut sedang pasang ombaknya sampai ke bagian pantai yang mana.

Foto drone bebatuan pemecah ombak Pantai Tambakrejo.
Foto drone bebatuan pemecah ombak Pantai Tambakrejo.

***

Nah, kira-kira kalau liburan ke Blitar apakah kamu ingin berkunjung ke Pantai Tambakrejo ini? Kira-kira aktifitas favoritmu kalau main ke pantai ini apa saja ya? Boleh lho dibagi pendapatnya di kolom komentar yang ada dibawah!

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
10 Responses
  1. Subrata Kampit

    sangat menarik artkel liburannya, apalagi dilengkapi dengan dokumentasi drone. semoga kapan-kapan bisa mengeksplor Pulau Belitung di Prov. Kep. Bangka Belitung.

  2. Erdjon

    Saya tidak pernah membayangkan bahwa di Blitar, ada tempat wisata yang menawan ini. Saya acungi jempol untuk drone shootingnya, TOP! Dan mekin kelihatan indahnya pantai ini. Boleh juga tuh dikunjungi pantai Tambakrejo ini!

  3. Kemana-lagi

    Pernah kesini, jaman saya SD. Nemenin bokap mancing pada waktu.

    Sekarang kondisinya sudah lebih yahut ternyata

  4. CREAMENO

    Sudah lama mengikuti cerita-cerita Catperku, tapi baru kali ini bisa komen :D hehe, dan yang paling ingin dikomentari adalah soal harga ikannya yang murah sekaliiiiii HAHA. Soalnya kalau di Bali, especially di warung-warung makan pinggir pantai, pasti harga makanannya jadi selangit~ dan terima kasih atas penjelasannya yang rinci :D

  5. M. Reza Arya Pramudya

    Kalau di Jejak Petualang Trans7 mereka bukan menikmati alamnya saja tapi lebih dekat dengan orang-orang disana untuk mempelajari kehidupan atau adat istiadat yang dilakukan di pagi siang sore dan malam. Lebih menarik bukan

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: