Jalan Jalan Ke Melaka? Kunjungi Tempat Wisata Di Melaka Malaysia Ini!

Setiap kali saya punya kesempatan untuk liburan ke Malaysia, saya selalu menjelajah tempat wisata di Kuala Lumpur saja. Saya tidak menyadari, kalau ada kota lain di Malaysia yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Melaka, kota bersejarah di Malaysia. Tentu saja ada banyak tempat wisata di Melaka Malaysia yang bisa saya kagumi dan saya nikmati ketika liburan kesana.

Dan, pada itinerary liburan ke Malaysia selama 5 hari 4 malam yang saya buat kemarin, Melaka ini masuk ke dalamnya. Yah, meski saya hanya mengalokasikan waktu selama 2 hari 1 malam untuk menjelajah tempat wisata di Melaka Malaysia, namun ternyata saya bisa menjelajah cukup banyak tempat wisata Melaka yang menurut saya tidak bisa dilewatkan seperti Stadthuys atau Bangunan Merah, Melaka River dan tentunya Jonker Steet yang terkenal di Melaka.

Pun, pada penghujung hari ketika saya harus pergi dari Melaka, masih ada banyak tempat wisata di Melaka Malaysia yang terlewatkan. Karena itu saya membuat tulisan ini untuk mencatat tempat wisata Melaka mana saja yang masih terlewat, dan yang mana saja yang sudah dan saya rekomendasikan untuk kamu kunjungi. Biar nanti kalau ada kesempatan untuk berlibur ke Melaka lagi, saya nggak perlu bingung lagi mau berkunjung ke yang mana.

Semoga, tulisan ini juga berguna untuk kamu yang ingin berlibur ke Malaysia, terutam untuk yang ingin berkunjung ke kota bersejarah Melaka. Saya sarankan, kamu mengalokasikan waktu minimal 3 hari 2 malam untuk menjelahah tempat wisata Melaka. Karena jika kurang dari itu, sudah bisa saya pastikan bakalan kurang. Seperti saya kemarin, ada banyak tempat wisata yang masih terlewatkan.

Nah, kalau mau tahu ada apa saja di Melaka, silahkan baca tulisan ini sampai selesai ya.

Jalan Jalan Ke Melaka? Saya Rekomendasikan Kunjungi Tempat Wisata Di Melaka Malaysia Ini!

Jalan Jalan Ke Melaka, Saya Rekomendasikan Kunjungi Tempat Wisata Di Melaka Malaysia Ini!
Jalan Jalan Ke Melaka, Saya Rekomendasikan Kunjungi Tempat Wisata Di Melaka Malaysia Ini!

Jadi dibawah ini adalah daftar tempat wisata di Melaka Malaysia yang saya rekomendasikan untuk kamu kunjungi ketika liburan ke sana ya! Jangan sampai terlewatkan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata Melaka dibawah ini!

1. Stadthuys AKA Bangunan Merah

Stadthuys AKA Bangunan Merah di Melaka Malaysia.
Stadthuys AKA Bangunan Merah di Melaka Malaysia.

Orang Melaka mengenalnya sebagai Bangunan Merah, namun Stadthuys ini adalah sebutan dalam bahasa Belanda yang artinya City Hall atau Balai Kota. Stadthuys atau Bangunan Merah di Melaka inilah yang juga menjadi acuan saya untuk turun dari Bus Panorama no 17 dari Melaka Central. Tentu saja, orang Melaka lebih mengenal tempat ini sebagai Bangunan Merah dibandingkan dengan Stadthuys.

Stadthuys ini dibangun antara tahun 1641 dan 1660 di bekas reruntuhan Benteng yang sebelumnya dimiliki Portugis. Dipercaya kalau Stadthuys ini adalah bangunan tertua milik Belanda di Asia. Ciri khas dari tempat ini adalah bangunannya yang berwarna merah merekah, membuatnya menjadi bangunan besejarah yang unik. Dulunya tempat ini adalah pusat pemerintahan, namun sekarang ini adalah tempat bersejarah yang banyak dikunjungi oleh turis ketika liburan ke Melaka.

2. Jonker Street

Jonker Street Melaka Malaysia.
Jonker Street Melaka Malaysia.

Jonker Street atau dikenal juga sebagai Jonker Walk ini sebenarnya adalah salah satu tujuan wisata di Kota Melaka yang juga merupakan kawasan pecinan dari kota ini. Disini kamu bisa menemukan banyak pertokoan dan juga restoran untuk kuliner.

Jadi Jonker Street ini adalah tempat wisata Melaka yang saya rekomendasikan untuk kamu kunjungi ya. Terutama buat kamu yang suka dengan kegiatan jalan kaki atau kulineran. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Jonker Steet di Melaka ini adalah ketika weekend pada hari Jumat dan Sabtu. Karena pada hari itu akan terdapat pasar malam dimana kamu bisa membeli banyak jajanan enak.

3. Menara Taming Sari

Menara Taming Sari Melaka.
Menara Taming Sari Melaka.

Menara Taming Sari ini kadang dikenal juga sebagai Melaka Tower. Mengenalinya sangat mudah, karena lokasinya berada di pusat keramaian melaka yang berada tak jauh dari Melaka River. Ini adalah salah satu tempat wisata di Melaka yang bisa kamu kunjungi ya.

Tinggi dari Menara Taming Sari ini sekitar 110 meter, dan terdapat sebuah ruangan berbentuk lingkaran yang bisa berputar 360 derajat. Jadi kalau kamu naik ke Menara Taming Sari ini kamu bisa melihat pemandangan Kota Melaka dari atas. Tertarik berkunjung kesini?

4. Melaka River

Melaka River.
Melaka River.

Melaka River atau Sungai Melaka ini bisa dibilang salah satu daya tarik utama dari Kota Melaka. Liburan ke Melaka, rasanya bakal kurang kalau tidak mampir ke tempat wisata di Melaka ini. Saya rekomendasikan untuk mencoba naik Melaka River Cruise pada malam hari deh.

Karena ketika malam hari tiba, pemandangan sepanjang sungai ini akan sangat cantik dengan kerlap-kerlip lampu. Melaka River juga pernah dikenal sebagai “Venice Of The East” dan merupakan jalur perdagangan pada masa kolonial. Sekarang, Sungai Melaka ini adalah salah satu daya tarik wisata Melaka yang tidak bisa dilewatkan ketika liburan ke Melaka.

5. Christ Church Melaka

Christ Church Melaka
Christ Church Melaka

Ini adalah sebuah gereja Anglikan yang didirikan pada abad ke-18 yang berada di Kota Melaka. Lokasinya berada di dekat Stadthuys Melaka. Bangunannya yang berwarna merah membuatnya mudah untuk ditemukan. Bisa dibilang juga ini adalah salah satu tempat wisata sejarah di Melaka yang bisa kamu kunjungi.

6. Museum Maritim Melaka

Menara Taming Sari Melaka.
Menara Taming Sari Melaka.

Museum Maritim Melaka (Flo De Lamar) ini dikenal juga dengan Muzium Samudera. Ini adalah salah satu tempat wisata di Melaka yang unik, karena bangunannya berbentuk kapal laut. Kapal tersebut sejatinya adalah sebuah replika kapal Portugis yang mendarat di Melaka pada tahun 1600-an.

Di dalam tempat wisata Melaka ini isinya berkaitan dengan sejarah maritim juga pelayaran dari berbagai bangsa. Lokasinya sangat dekat dengan Sungai Melaka, dan dalam jarak jalan kaki juga dari kawasan Bangunan Merah atau Stadthuys. Jadi kamu sebaiknya mampir kesini kalau ada kesempatan liburan di Melaka.

7. Royal Malaysian Navy Museum

Royal Malaysian Navy Museum di Melaka.
Royal Malaysian Navy Museum di Melaka.

Royal Malaysian Navy Museum atau Muzium Tentera Laut Diraja Malaysia ini adalah salah satu tempat wisata di Mekala yang lokasinya masih berdekatan dengan Stadthuys. Jadi kamu bisa berjalan kaki saja jika ingin berkunjung ke museum ini. Dari bagian luarnya sudah terlihat jelas koleksi dari museum ini. Mulai dari persenjataan, hingga sebuah kapal laut yang sudah tidak terpakai dipamerkan di halaman museum ini.

Rekomendasi Aktivitas Selama Liburan Di Melaka Malaysia

Selain mengunjungi tempat wisata di Melaka Malaysia, kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas seperti yang pernah saya coba di bawah ini. Apa saja?

1. Jalan Kaki Keliling Melaka

Kota Melaka ini selain punya banyak tempat wisata, juga merupakan kota yang nyaman untuk jalan kaki. Karena itu saya rekomendasikan untuk mencoba berjalan kaki keliling Melaka. Favorit saya sih jalan kaki di sepanjang jalur pejalan kaki yang berada di tepi Sungai Melaka deh.

 

 

2. Cobain Melaka River Cruise

Seperti yang sudah saya bilang, selain mengunjungi beberapa tempat wisata di Melaka, kamu juga saya sarankan untuk mencoba yang namanya Melaka River Cruise. Saya pernah mencobanya sekali, dan ini adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan. Karena saya tak hanya diajak menikmati pemandangan Kota Melaka di sepanjang sungai, tapi saya juga belajar tentang sejarah dari kota ini.

 

 

3. Nongkrong Di Cafe Yang Berada Di Tepi Sungai Melaka

Nongkrong Di Cafe Yang Berada Di Tepi Sungai Melaka.
Nongkrong Di Cafe Yang Berada Di Tepi Sungai Melaka.

Ada banyak cafe dan resto yang berjejer di sepanjang Sungai Melaka. Bisa dibilang, ini juga termasuk salah satu daya tarik wisata Melaka yang wajib kamu coba. Bersantai di cafe sambil menikmati perahu berlalu lalang di Sungai Melaka tentu menjadi cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan di Mekala bukan?

4. Naik Becak Warna Warni Di Melaka

Menara Taming Sari Melaka.
Menara Taming Sari Melaka.

Saya kira, becak itu cuma ada di Indonesia saja. Namun ternyata di Melaka Malaysia ini juga terdapat becak yang merupakan salah satu atraksi wisata di Melaka. Becaknya berwarna warni, dilengkapi dengan alunan musik yang berdentum keras. Sepertinya, ini adalah cara yang unik untuk menikmati suasana Kota Melaka ya?

5. Cobain Kuliner Di Melaka

Cobain Kuliner Di Melaka di Jonker Street.
Cobain Kuliner Di Melaka di Jonker Street.

Berkunjung ke suatu tempat tanpa mencoba kulinernya tentu rasanya kurang lengkap. Begitu juga kalau kamu liburan ke Melaka, bakalan kurang rasanya kalau tidak mencoba kuliner di Melaka. Apalagi ada banyak makanan enak yang bisa kamu coba disini. Harganya juga tidak terlalu mahal kok. Apalagi kalau kamu membelinya di food court.

Selain Beberapa Tempat Wisata Di Melaka Diatas, Kamu Bisa Juga Mengunjungi Yang Ini Ya!

Selain Beberapa Tempat Wisata Di Melaka Diatas, Kamu Bisa Juga Mengunjungi Yang Ini Ya!
Selain Beberapa Tempat Wisata Di Melaka Diatas, Kamu Bisa Juga Mengunjungi Yang Ini Ya!

1. Reruntuhan Benteng A Famosa

Benteng A Famosa ini dulunya adalah benteng milik Portugis. Disebutkan kalau tempat wisata Melaka ini adalah salah satu sisa arsitektur Eropa tertua di Asia yang dibangun pada tahun 1511. Makanya sekarang yang tersisa hanya reruntuhannya saja. Yang terlihat sekarang hanya sebuah gerbang kecil benteng yang dikenal dengan Porta de Santiago. Jadi penasaran, kira-kira seperti apa ya benteng ini ketika masih utuh dulu?

2. Kuil Cheng Hoon Teng Melaka

Kuil Cheng Hoon Teng Melaka ini adalah salah satu kuil tertua yang masih di pakai di Melaka Malaysia. Ini adalah kuil yang mempraktikan tiga sistem doktrin yaitu Buddha, Konghucu dan Tao. Kuil ini dibangun pada masa kolonialisme Belanda di tahun 1645.

3. St. Paul Hill Dan Reruntuhan Gereja St. Paul

Gereja St. Paul ini adalah salah satu tempat wisata di Melaka Malaysia yang bersejarah. Dibangun pada tahun 1521, yang merupakan bangunan gereja tertua di Malaysia juga di Asia Tenggara. Lokasinya berada di St. Paul Hill atau puncak bukit Santo Paulus. Jika kamu suka dengan bangunan bersejarah, saya rekomendasikan untuk berkunjung kesini.

4. Baba and Nyonya Peranakan Museum

Baba and Nyonya Peranakan Museum ini adalah sebuat museum yang berada di pusat Kota Melaka. Baba and Nyonya Peranakan Museum didirikan pada tahun 1986 oleh seorang Chan Kim Lay. Dia merupakan generasi keempat dari keluarganya yang tinggal di sebuah rumah besar. Rumah teresebut dibangun oleh kakek buyutnya pada tahun 1896 di Jalan Tun Tan Cheng Lock, sebuah jalan yang juga dikenal sebagai “Millionaire’s Row” karena kemewahannya.

5. Taman Burung Melaka

Buat kamu yang suka dengan hewan, kamu bisa mampir ke tempat wisata di Melaka Malaysia ini. Dikenal sebagai Taman Burung Melaka atau Melaka Bird Park, tempat ini memiliki puluhan spesies burung yang berbeda. Tempat wisata Melaka ini bisa menjadi alternatif buat kamu yang ingin tujuan wisata berbeda di Melaka.

6. Malay and Islamic World Museum

Malay and Islamic World Museum ini berada di sebuah bangunan tiga lantai yang disebut Bastion House. Bangunan ini dibangun pada tahun 1910, yang awalnya digunakan sebagai kantor regional untuk perusahaan karet Dunlop. Namun sekarang tempat ini adalah sebuah tujuan wisata sejarah di Melaka. Di dalam museum ini terdapat informasi tentang penyebaran Islam di dunia dan koleksi sbenda bersejarah terkait dengan Sejarah Islam di dunia.

7. Masjid Kampung Hulu

Masjid Kampung Hulu ini adalah sebuah bangunan masjid di Melaka yang juga merupakan masjid tertua di Malaysia. Keunikan dari masjid ini adalah arsitekturnya merupakan perpaduan natara gaya Tionghoa, Hindu, Sumatera dan Melayu Melaka.

Puncak Menara Taming Sari.
Puncak Menara Taming Sari.

Selain beberapa tempat wisata diatas, kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata di Melaka lainnya di bawah ini ya :

  • Muzium Budaya
  • Stamp Museum
  • UMNO Museum
  • Youth Museum/Melaka Art Gallery
  • Malacca Straits Mosque
  • Poh San Teng Temple
  • St John’s Hill and Fort
  • Melaka Chinese Mosque
  • Melaka Zoo
  • Kampung Morten
  • Padang Kemunting Sea-Turtle Sanctuary
  • Recreational Forest Ayer Keroh
  • Melaka Botanical Garden, Ayer Keroh
  • Taman Mini Malaysia and Mini ASEAN
  • Muzium Kapal Selam

Nah, dari semua tempat wisata di Melaka diatas, kira-kira kamu paling ingin mengunjungi yang mana saja? Kamu boleh berbagi pendapatmu tentang tempat wisata di Melaka Malaysia favorit kamu di kolom komentar yang ada di bawah ini ya!

 

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
3 Responses
  1. melaka asik sih. sepi adem ngak rame turis. jonker street paling okeh lah diantara semuanya. banyak jajanan dan suvenir murah. jangan lupa cobain nasi ayam bentuk bola2. rasanya biasa sih tapi unik

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: