Panduan Lengkap Transportasi Umum Di Singapura Tahun 2024

Singapore, negeri singa yang ramah wisatawan, memiliki sistem transportasi umum yang sangat efisien dan nyaman untuk para warga lokal dan wisatawan di Singapura seperti MRT, Bus, dan Taksi. Untuk transportasi pribadi yang bisa disewa juga ada seperti misalnya sepeda. Nah, kali ini travel blog indonesia catperku.com akan mengulas semuanya di sini.

MRT Singapura: Moda Transportasi Unggulan

MRT Singapura: Moda Transportasi Unggulan

Salah satu moda transportasi utama yang sangat populer di Singapura adalah Mass Rapid Transit (MRT).

Dengan jaringan yang luas dan fasilitas modern, MRT menjadi pilihan favorit bagi wisatawan untuk menjelajahi kota ini dengan mudah.

Nah, sekarang Saya akan memberikan panduan lengkap tentang transportasi umum di Singapura, terutama MRT, agar perjalananmu semakin menyenangkan dan lancar.

Kenapa MRT Singapura Begitu Populer?

MRT Singapura, atau Mass Rapid Transit, memang menjadi salah satu sistem transportasi terbaik di dunia. Kenapa begitu?

Nah, pertama-tama, MRT sangat efisien. Kamu bisa sampai ke berbagai tujuan wisata dan pusat perbelanjaan dengan cepat dan tanpa macet.

Selain itu, MRT juga nyaman karena dilengkapi dengan AC dan konektivitas Wi-Fi. Petunjuk yang jelas di setiap stasiun membuat perjalananmu semakin mudah.

Keunggulan MRT Singapura

MRT Singapura memang menjadi andalan wisatawan internasional. Selain efisien dan nyaman, ada beberapa keunggulan lain yang membuat MRT begitu diminati:

  • Jaringan yang Luas: MRT menghubungkan berbagai tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan area residensial di Singapura. Dengan begitu, kamu bisa menjelajahi berbagai sudut kota dengan mudah.
  • Terintegrasi: MRT terintegrasi dengan sistem transportasi lainnya, seperti bus dan LRT (Light Rapid Transit), sehingga kamu bisa melakukan perjalanan lintas moda dengan lancar.
  • Harga Terjangkau: Tarif naik MRT di Singapura cukup terjangkau, terutama jika kamu menggunakan Singapore Tourist Pass atau kartu EZ Link.

Cara Menggunakan MRT Singapura

Untuk tutorial cara naik MRT di Singapura yang lebih lengkap bisa kamu baca di sini ya.

1. Dapatkan Singapore Tourist Pass (STP)

Singapore Tourist Pass (STP) adalah kartu isi ulang EZ Link yang istimewa yang memungkinkanmu bepergian sepuasnya dengan MRT dan bus selama satu, dua, atau tiga hari.

Kamu bisa mendapatkan STP di berbagai lokasi di Singapura, termasuk stasiun MRT tertentu dan kios otomatis STP di beberapa tempat strategis.

2. Gunakan Kartu Bank atau Mastercard®

Selain STP, kamu juga bisa menggunakan kartu bank atau Mastercard® untuk membayar tarif naik MRT.

Pastikan kartumu mendukung pembayaran tanpa kontak (contactless) dan memiliki saldo yang mencukupi.

3. Beli Kartu Pintar Isi Ulang Dewasa (EZ Link / Nets FlashPay)

Jika kamu tidak menggunakan STP atau kartu bank, kamu bisa membeli kartu pintar isi ulang dewasa seperti EZ Link atau Nets FlashPay.

Kartu ini bisa kamu beli di Kantor Tiket Transitlink atau toko serba ada di sekitar Singapura.

Tarif Naik MRT di Singapura

Tarif naik MRT di Singapura bervariasi tergantung jarak tempuh. Tarifnya dihitung mulai dari stasiun asal hingga stasiun tujuan.

Saldo kartumu akan dipotong saat kamu keluar dari stasiun tujuan, sesuai dengan tarif yang berlaku.

Kamu bisa mengecek tarif yang dikenakan dan saldo kartumu di mesin tiket atau mesin pengecekan saldo di stasiun MRT.

[ Baca Juga: Peta MRT Singapore: Berbagai Bahasa, Ukuran Besar, Terbaru Di 2024 ]

Bus di Singapura: Moda Transportasi Umum Yang Penting

Bus di Singapura: Moda Transportasi Umum Yang Penting

Singapura tidak hanya terkenal dengan sistem MRT-nya yang canggih, tetapi juga memiliki jaringan bus umum yang luas dan efisien.

Meskipun mungkin tidak sepopuler MRT di kalangan wisatawan, bus merupakan moda transportasi yang penting untuk menjelajahi banyak wilayah di Singapura, terutama yang tidak terjangkau oleh MRT.

Nah, kali ini saya akan memberikan panduan lengkap tentang cara naik bus di Singapura, mulai dari cara pembayaran hingga tips penting saat berada di atas bus.

Mengapa Bus Penting di Singapura?

Bus adalah moda transportasi yang penting di Singapura karena mencakup hampir semua wilayah di kota ini.

Meskipun tidak secepat MRT, bus tetap menjadi pilihan yang baik untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu, terutama di daerah-daerah yang tidak dilalui oleh jalur MRT.

Selain itu, bus juga menawarkan kenyamanan dengan AC dan ruang duduk yang nyaman.

Kamu juga bisa membaca website SBS TransitSMRTGo-Ahead Singapore, dan Tower Transit Singapore untuk informasi lebih lanjut mengenai moda transportasi umum di Singapura berupa bus ini.

Keuntungan Menggunakan Bus di Singapura

  • Jangkauan Luas: Sistem bus di Singapura mencakup hampir semua jalanan di kota ini, sehingga kamu bisa sampai ke banyak tempat yang tidak terjangkau oleh MRT.
  • Hemat Biaya: Naik bus bisa menjadi pilihan yang lebih hemat biaya daripada taksi atau layanan transportasi pribadi lainnya.
  • Pemandangan Kota: Naik bus memberikan kesempatan untuk melihat pemandangan kota yang beragam dari jendela bus, termasuk pepohonan hijau dan arsitektur khas Singapura.

Cara Menggunakan Bus di Singapura

Berikut informasi cara naik bus di Singapura.

1. Cara Naik Bus di Singapura

  • Pergi ke Pemberhentian Bus Terdekat: Pertama-tama, pastikan kamu berada di pemberhentian bus yang benar. Kamu bisa menemukan informasi tentang rute bus dan pemberhentian di aplikasi MyTransport atau Google Maps.
  • Tandai Bus yang Akan Dinaiki: Saat bus yang kamu tunggu tiba, angkat tanganmu untuk memberi tahu pengemudi bahwa kamu ingin naik. Ini adalah tanda bagi pengemudi bahwa ada penumpang yang ingin naik.
  • Bayar Tiket: Naiklah dari pintu depan dan bayar tiket bus dengan menggunakan kartu EZ Link/Nets FlashPay atau uang tunai. Pastikan untuk membayar dengan uang pas karena tidak ada kembalian yang diberikan.
  • Pencet Tombol Stop: Jika kamu ingin turun di pemberhentian selanjutnya, pencet tombol stop yang ada di dalam bus. Ini akan memberi tahu pengemudi bahwa kamu ingin turun di pemberhentian tersebut.
  • Tap Kartu Kembali: Saat turun dari bus, pastikan untuk men-tap kartu EZ Link/Nets FlashPay kamu pada mesin pembaca kartu di pintu keluar belakang.

2. Kartu Transportasi yang Dapat Digunakan

  • EZ Link/Nets FlashPay: Kartu ini dapat digunakan untuk membayar tiket bus di Singapura. Pastikan untuk mengisi saldo yang cukup sebelum naik bus.
  • Kartu Bank Internasional: Selain kartu EZ Link/Nets FlashPay, kamu juga bisa menggunakan kartu bank internasional seperti Visa atau Mastercard yang mendukung pembayaran tanpa kontak.

3. Gunakan Google Maps untuk Merencanakan Perjalanan

  • Google Maps: Untuk merencanakan perjalanan dengan bus di Singapura, kamu bisa menggunakan fitur Google Maps yang menyediakan informasi tentang rute bus dan perkiraan waktu kedatangan bus. Ini akan membantumu untuk menentukan rute yang tepat dan menghindari keterlambatan.

Itulah panduan lengkap tentang cara naik bus di Singapura.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu juga bisa unduh aplikasi MyTransport yang tersedia untuk iOS dan Android

Meskipun tidak sepopuler MRT, bus tetap menjadi moda transportasi penting yang dapat membawamu ke berbagai tujuan di kota ini.

Dengan memahami cara naik bus dan menggunakan kartu transportasi yang tepat, kamu bisa menjelajahi Singapura dengan lebih mudah dan hemat.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba bus saat berkunjung ke Singapura selanjutnya!

[ Baca Juga: Explore Singapore, Panduan Trip Jalan Jalan Ke Singapura ]

Taksi Biasa dan Online di Singapura: Kenapa Transportasi Umum Ini Juga Penting?

Taksi Biasa dan Online di Singapura: Kenapa Transportasi Umum Ini Juga Penting?

Taksi adalah pilihan transportasi yang nyaman dan praktis terutama ketika kamu ingin mendatangi tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh MRT atau bus.

Meskipun biayanya relatif lebih tinggi daripada menggunakan transportasi umum, taksi menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas yang sulit didapat dari moda transportasi lain.

Keuntungan Menggunakan Taksi di Singapura

  • Kenyamanan: Dengan naik taksi, kamu bisa sampai langsung di depan pintu tujuanmu tanpa perlu berjalan jauh dari stasiun MRT atau pemberhentian bus.
  • Praktis: Taksi tersedia di hampir semua tempat di Singapura, termasuk di sepanjang jalan dan di banyak tempat wisata.
  • Fleksibilitas: Kamu bisa memesan taksi kapan pun dan di mana pun kamu berada, baik melalui panggilan telepon atau aplikasi ride-hailing.

Jenis Taksi di Singapura

Taksi di Singapura terbagi menjadi dua jenis utama: taksi konvensional dan taksi online (ride-hailing). Berikut penjelasan singkat tentang keduanya:

1. Taksi Konvensional

Taksi konvensional atau biasa disebut sebagai “street-hail taxi” adalah taksi yang dapat kamu hentikan di pinggir jalan atau menunggu di pangkalan taksi yang tersedia di berbagai lokasi di kota.

2. Taksi Online (Ride-Hailing)

Taksi online adalah layanan transportasi yang bisa dipesan melalui aplikasi mobile seperti Grab, Go-jek, ComfortDelGro, TADA, dan Ryde.

Kamu bisa memesan taksi ini melalui aplikasi dan pembayaran dilakukan secara elektronik.

Tarif Taksi di Singapura

Komponen Biaya Taksi

Untuk memahami tarif taksi di Singapura, penting untuk mengetahui komponen biaya yang dikenakan.

Berikut beberapa komponen biaya utama yang perlu kamu ketahui:

1. Flag-down Fare

Flag-down fare adalah biaya dasar yang dikenakan ketika kamu menaiki taksi.

Untuk taksi standar, tarifnya berkisar antara $3.20 hingga $3.90, sementara untuk taksi premium, tarifnya berkisar antara $3.90 hingga $5.00.

2. Distance and Time-based Unit Fares

Biaya berdasarkan jarak tempuh dan waktu tunggu dihitung setiap 400 meter atau 45 detik, tergantung pada jenis taksi yang kamu naiki.

Tarifnya berkisar antara 22-25 sen untuk taksi standar dan 30-33 sen untuk taksi premium.

3. Peak Periods Fare

Selama periode sibuk, seperti pada jam sibuk pagi dan sore hari, tarif taksi akan dikenakan tambahan hingga 25% atau 50% dari tarif meter yang biasanya.

4. Location Surcharges

Ada juga biaya tambahan yang dikenakan jika kamu naik taksi dari atau ke beberapa lokasi tertentu, seperti bandara atau tempat wisata populer.

Biaya ini biasanya berkisar antara $3.00 hingga $8.00 tergantung pada lokasi dan waktu perjalanan.

5. Booking Fees

Jika kamu memesan taksi melalui aplikasi ride-hailing, biasanya akan dikenakan biaya tambahan atau booking fee.

Biaya ini berbeda-beda tergantung pada perusahaan taksi dan waktu pemesanan.

Tips Naik Taksi di Singapura

  • Pilih Taksi yang Tersedia: Pilih taksi yang tersedia di depan pintu masuk mall, hotel, atau pangkalan taksi resmi.
  • Periksa Tarif dan Biaya Tambahan: Pastikan untuk memeriksa tarif dan biaya tambahan sebelum naik taksi dan tanyakan kepada pengemudi jika ada hal yang kurang jelas.
  • Gunakan Aplikasi Ride-Hailing: Jika kamu ingin memesan taksi dengan mudah dan cepat, gunakan aplikasi ride-hailing yang tersedia di Singapura.
  • Berikan Petunjuk Jalan: Berikan petunjuk jalan yang jelas kepada pengemudi, terutama jika kamu tidak yakin dengan lokasi tujuanmu.

Dengan memahami tarif dan tips naik taksi di Singapura, kamu bisa menikmati perjalananmu dengan lebih nyaman dan lancar.

Jadi, jangan ragu untuk menggunakan taksi sebagai salah satu pilihan transportasimu saat berada di Singapura!

[ Baca Juga: Tentang Sejarah Negara Singapura Yang Penuh Dengan Warna ]

Bersepeda di Singapura: Sebuah Pengalaman yang Menyenangkan

Singapura, dengan segala kecanggihannya, menawarkan berbagai pilihan transportasi umum yang memudahkan perjalanan bagi penduduk lokal maupun wisatawan.

Selain MRT dan bus, bersepeda juga menjadi opsi menarik untuk menjelajahi pulau cerah ini.

Dalam panduan ini, kita akan membahas lebih detail tentang penggunaan sepeda sebagai sarana transportasi yang umum digunakan di Singapura.

Mengapa Bersepeda di Singapura?

Bersepeda di Singapura bukan hanya tentang transportasi, tetapi juga tentang pengalaman.

Kota ini memiliki jaringan jalur sepeda yang terhubung dengan baik, memungkinkan kamu untuk menjelajahi berbagai tempat menarik dengan cara yang menyenangkan.

Selain itu, bersepeda juga merupakan cara yang ramah lingkungan untuk bergerak di sekitar kota tanpa meninggalkan jejak karbon.

Manfaat Bersepeda

  • Asupan Vitamin D: Bersepeda di bawah sinar matahari adalah cara yang baik untuk mendapatkan asupan Vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh.
  • Menikmati Ruang Hijau: Singapura dikenal dengan taman-tamannya yang indah dan hijau. Bersepeda memungkinkan kamu untuk menikmati keindahan alam kota ini sambil berolahraga.
  • Mengurangi Kemacetan: Dengan bersepeda, kamu bisa menghindari kemacetan lalu lintas dan sampai di tujuan lebih cepat, terutama di daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh mobil atau bus.

Sewa Sepeda di Singapura

Dimana sewa sepeda di Singapura?

Operator Berlisensi

Kamu dapat menyewa sepeda dari operator berlisensi di Singapura.

Mereka menyediakan sepeda berkualitas dan dapat diandalkan untuk menjelajahi kota ini.

Sebagian besar operator ini memiliki stasiun-stasiun penjemputan dan pengembalian sepeda yang tersebar di berbagai lokasi strategis di kota.

Aplikasi Sewa Sepeda

Selain itu, kamu juga bisa menyewa sepeda melalui aplikasi sewa sepeda seperti SG Bike atau yang lainnya.

Aplikasi ini memudahkan kamu untuk menemukan sepeda yang tersedia di sekitar lokasimu dan melakukan pembayaran secara digital.

Tips Bersepeda di Singapura

Baca tips berikut ini biar naik sepeda di Singapura lebih nyaman.

Patuhi Peraturan Bersepeda

Sebelum memulai perjalanan bersepeda, pastikan kamu memahami dan mematuhi peraturan bersepeda di Singapura.

Kamu dapat membaca pedoman resmi tentang bersepeda di situs web Land Transport Authority (LTA) Singapura untuk informasi lebih lanjut.

Perhatikan Ukuran Sepeda Lipat

Jika kamu berencana untuk membawa sepeda lipat ke dalam kereta atau bus, pastikan untuk memeriksa ukurannya terlebih dahulu.

Beberapa operator transportasi mungkin memiliki batasan ukuran untuk sepeda yang dapat dibawa ke dalam kendaraan.

Jaga Keamanan dan Keselamatan

Ingatlah untuk selalu mengenakan helm dan perlengkapan keselamatan lainnya saat bersepeda di jalan raya. Selalu berhati-hati dan patuhi rambu lalu lintas untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Kesimpulan

Bersepeda di Singapura adalah cara yang menyenangkan dan ramah lingkungan untuk menjelajahi kota ini.

Dengan jaringan jalur sepeda yang terhubung dengan baik dan berbagai pilihan penyedia sepeda, kamu dapat menikmati pengalaman bersepeda yang menyenangkan dan bermanfaat bagi kesehatan.

Jadi, jangan ragu untuk menyewa sepeda dan menjelajahi keindahan Singapura di atas dua roda!


Rijal Fahmi Mohamadi

Rijal Fahmi Mohamadi

Fahmi adalah seorang Digital Marketer, Travel Enthusiast, Geek Travel Blogger dari Indonesia penulis catperku.com, Penulis Buku perjalanan Traveling The Traveler Notes Bali The Island Of Beauty dan The Traveler Notes Bersenang-Senang di Bali, Bertualang di Lombok. Pernah disebutkan, mentioned in Lonely Planet Indonesia 2019 as Best in Blogs. Mau menyapa saya? Kunjungi media sosial pribadi saya, atau hubungi lewat email [email protected] jika Anda ingin mengajak saya bekerja sama dan berkolaborasi.
https://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *