Tips Merencanakan Bulan Madu Atau Honeymoon Ala Traveler

Bulan madu itu bisa dibilang merupakan saat yang menyenangkan sekali buat pasangan yang baru menikah. Berbeda dengan ketika masa pacaran, masa bulan madu adalah kali bisa menikmati waktu berduaan dengan “pasangan halalnya”. Tentunya waktu itu adalah dimana pasangan muda bisa menjadi begitu romantis dong.

Memang, bulan madu bisa dilakukan dimana saja, namun ada baiknya direncanakan dengan matang. Apalagi untuk pasangan traveler, atau yang suka traveling merencanakan bulan madu itu bisa lebih rumit dari yang diperkirakan. Memang sih, bulan madu paling gampang itu tinggal terbang ke Bali, cari private villa untuk bulan madu disini misalnya, terus sudah deh! Tinggal menghabiskan masa bulan madu di villa saja berduaan tanpa kemana – mana. #eh :P

Apapun, Tips Merencanakan Bulan Madu Atau Honeymoon Ala Traveler ini mungkin bisa bermanfaat buat pasangan yang ingin mendapatkan pengalaman bulan madu yang berbeda dengan yang lain. Baca deh :)

1. Memilih Destinasi Bulan Madu

Kita backpackmoon kesini nih, rencanain berdua semuanya!
Kita backpackmoon kesini nih, rencanain berdua semuanya!

Bali adalah destinasi yang paling umum dan tentunya paling menyenangkan untuk dipilih sebagai tempat bulan madu pasangan baru. Selain fasilitasnya begitu lengkap, di bali ada banyak private villa yang bisa disewa dengan harga yang cukup bersahabat. Untuk yang ingin sekedar traveling ringan, Bali tetap bisa dimasukkan sebagai destinasi madu kok. Daerah seperti Ubud dan Amed adalah tempat yang tepat untuk berbulan madu di Bali.

Bisa juga memilih Lombok yang berada di sebelah Bali bisa juga dimanfaatkan untuk pasangan traveler yang suka petualangan. Memang, selain mempunyai beberapa destinasi yang romantis, Lombok juga memiliki destinasi untuk para petualang. Seperti bersepedahan berdua di jalanan lombok utara atau bersantai berdua di Lombok Selatan yang menyenangkan misalnya.

Alternatifnya, menggabungkan keduanya seperti kami juga bisa. Meskipun mungkin agak ekstrim untuk pasangan bulan madu, tetapi mencoba cara bulan madu yang tidak biasa, yaitu honeymoon ala loncat pulau seperti kami juga menyenangkan kok. Kami memilih berlayar ke Lombok dari Bali, lalu bersantai di Gili Trawangan, dan melanjutkan naik cruise ke Nusa Lembongan yang tenang, lalu kami akhiri dengan leyeh – leyeh di villa yang ada di Bali. Tertarik?

2. Membeli Paket Lengkap Bulan Madu, Atau Merencanakan Sendiri?

Beli paket bulan madu atau sendiri, tetap cari suasana romantis ya.
Beli paket bulan madu atau sendiri, tetap cari suasana romantis ya.

Baik membeli paket lengkap bulan madu ke travel agent, atau merencanakan sendiri keduanya ada kelebihan masing – masing. Tidak ada yang lebih murah atau lebih mahal, karena kedua cara bisa menjadi lebih mahal atau bahkan lebih murah. Dengan membeli paket ke travel agent, mungkin bisa jadi lebih murah karena sedang ada diskon dan tidak ada perubahan budget. Sementara merencanakan sendiri bisa jadi ada kemungkinan over budget.

Hanya saja, kalau membeli paket di travel agent, biasanya tidak bisa terlalu bebas memilih destinasi untuk bulan madu. Bisa saja, paket bulan madu yang murah itu hanya mengunjungi destinasi yang umum, dan bahkan kadang ramai. Mana bisa menghabiskan waktu berduaan? Sementara dengan merencanakan sendiri, kalian bisa bebas memilih destinasi, akomodasi atau bahkan kapan kalian mau berduaan, kapan kalian mau jalan – jalan.

3. Bulan Madu Romantis, Banyak Jalan – Jalan, Atau Gabungan Keduanya?

Meski bulan madu, jangan lupa coba hal yang baru, seperti coba naik cruise misalnya :D
Meski bulan madu, jangan lupa coba hal yang baru, seperti coba naik cruise misalnya :D

Biasanya ketika bulan madu, adalah masa mendapatkan banyak jatah cuti dan waktu liburan. Mungkin akan ada rasa pengen sekalian banyakin jalan – jalan saja, eksplore sana sini, datangi tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Tetapi ingat, bulan madu itu berbeda dengan liburan biasanya loh!

Waktu berduaan, dan waktu jalan – jalan usahakan berimbang. Dan pastikan selalu ada waktu untuk berduaan ya! *ini penting*. Bisa saja, pagi hari dimanfaatkan untuk menjelajah destinasi di sekitar penginapan, sementara sore hari sampai malam adalah waktu berduaan sambil menunggu sunset yang cantik berdua, atau makan malam yang romantis.

4. Bulan Madu Enaknya Menginap Di Villa, Atau Di Hotel Sih?

Kalau mau privacy lebih, mending sewa villa buat bulan madu.
Kalau mau privacy lebih, mending sewa villa buat bulan madu ( informasi lebih banyak tentang villa untuk bulan madu bisa dilihat di Berry Amour Villas).

Menginap di Villa, atau di Hotel? Ada yang bilang, menginap di villa akan jauh lebih mahal daripada di hotel. Karena itu akan lebih banyak yang memilih menginap di hotel untuk menghemat budget bulan madu. Tetapi, kalau dilihat lebih jauh, sekarang ini ada banyak villa yang biaya sewa per malamnya sama atau bahkan lebih murah dari hotel.

Untuk masalah kenyamanan, dua duanya sama nyaman, asal enggak salah pilih hotel atau villa. Namun, untuk urusan privacy, villa jauh lebih private. Karena kalau di hotel, biasanya hanya akan mendapatkan satu kamar private, dengan area luar dan kolam renang yang penuh dengan pengunjung. Sedangkan kalau menyewa villa, akan mendapatkan satu unit lengkap dengan kolam renang pribadi. Asik kan?

5. Bulan Madu Akhirnya Bukan Masalah Destinasi, Atau Berapa Lama Bulan Madunya. Tetapi Bagaimana Menikmatinya Berdua Dengan Semaksimal Mungkin!

Bulan madu itu yang penting bisa menikmatinya berdua.
Bulan madu itu yang penting bisa menikmatinya berdua.

Mungkin akan ada yang menganggap kalau bulan madu di Bali atau di Lombok itu sudah terlalu mainstream, harus cari yang berbeda, yang jauh, yang unik, yang apalah. Atau, bulan madu 3 hari itu kurang, 5 hari itu nanggung, kalau bisa yang lamaaaaa~ Setahun deh. Kami juga niatnya cuma bulan madu nggak lebih dari dua minggu, tetapi kenyataanya berlanjut sampai 6 bulan, hingga saya menjadi mas – mas kantoran lagi di Jakarta.

Namun, perlu di ingat bulan madu bukan mengenai harus kemana, berapa lama, tetapi lebih penting ke bagaimana bisa menikmati bulan madu berdua dengan maksimal. Apalagi kalau bulan madu sudah usai, tentu akan kembali ke yang namanya rutinitas. Kembali berjuang, mencari uang untuk keluarga. Entah bekerja menjadi mas mas kantoran seperti saya atau yang lain. Makanya, nikmatilah masa – masa bulan madu, karena ketika itu adalah waktu terbaik untuk berduaan :)

***

Nah, semoga tulisan Tips Merencanakan Bulan Madu Atau Honeymoon Ala Traveler ini bisa bermanfaat untuk kalian yang mungkin sedang ingin merencanakan bulan madu dengan suasana yang berbeda. Selamat merencanakan berdua, bulan madu yang diimpikan. Kalau masih bingung, atau perlu ide lain, kalian bisa mencoba website direktori vendor pernikahan, bridestory untuk ide yang lebih banyak :)

Kalian juga bisa membaca pengalaman bulan madu saya dan putrinyanormal.com dibawah ini ya ^^

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

  • tips honeymoon
  • pengalaman bulan madu
  • bulan madu di bali atau bandung
  • ittenary bulan madu lombok
  • merencanakan babymoon backpacker
About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
55 Responses
  1. Huwoow, bulan madu. Enak banget kali ya kalau dapet liburan lumayan lama buat backpackmoon. Tapi bener juga sih mas, kalau nggak dapet momen berduaannya, namanya bukan bulan madu, hihihi

  2. Biasanya kalau pesan sendiripun dan bilang itu untuk bulan madu itu suka dapat yg spesial-spesial gitu. Aku pernah ngaku kalau kami lagi bulan madu pas reservasi hotel :D sebenarnya sih ya bulan madu yang kesekian gitu maksudnya :D ..dan ternyata dapat complimentary champagne gitu loh..

  3. Catatan editor:
    “Namun, perlu di ingat bulan madu bukan mengenai harus ke mana, berapa lama, tetapi lebih penting dari itu adalah ……. dengan siapa?”

    Bener kata Gallant, tip nomer 1, pastikan sudah meniqa :'(

  4. bulan madu? kayaknya kemarin itu pas habis nikah saya lupa bang bulan madunya. akhirnya di ganti ama bulan madu-maduan aja mas. selain sekarang udah beranak dua, bawa mereka juga bikin gaduh se hotel hahaha

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: