Tips Memilih Asuransi Perjalanan : Studi Kasus Travel Medical Insurance SafetyWing

Kamu kalau traveling biasanya pakai asuransi perjalanan nggak? Perlu tips memilih asuransi perjalanan? Atau mungkin ada yang menganggap asuransi perjalanan itu tidak penting. Namun kalau kamu akan traveling ke beberapa destinasi seperti ke Eropa misalnya, asuransi perjalanan itu wajib! Ya, asuransi perjalanan ini bahkan juga menjadi salah satu syarat untuk buat Visa Schengen Eropa.

Karena itu, mengetahui tips memilih asuransi perjalanan itu juga penting. Terutama buat kamu yang ingin melakukan perjalanan ke negara tertentu, atau kamu yang ingin liburan dengan nyaman tanpa beban. Karena asuransi ini fungsinya adalah untuk melindungi atau mengkover biaya dari hal-hal yang tidak diinginkan selama kamu traveling.

Hal apakah itu? Biasanya sih berkaitan dengan delay penerbangan, bagasi hilang, hingga jika kamu *amit-amit* kecelakaan ketika sedang berada di perjalanan. Waktu saya liburan ke New Zealand dan menyewa mobil di sana dulu, asuransi perjalanan untuk mobil itu wajib hukumnya. Soalnya kalau terjadi apa apa dengan mobilnya, biaya perbaikan sangat mahal.

Lalu bagaimana dengan asuransi perjalanan yang juga cover pengobatan? pasti pada tahu kan kalau kesehatan itu sangat penting, apalagi tetap sehat selama traveling. Dan, biasanya nggak semua asuransi perjalanan mengkover hal yang berhubungan dengan kesehatan. Jadi yaa…, jangan sampai salah pilih saja!

Kenalan Dengan SafetyWing Asuransi Perjalanan Sekaligus Asuransi Kesehatan!

Kenalan Dengan SafetyWing Asuransi Perjalanan Sekaligus Asuransi Kesehatan!
Kenalan Dengan SafetyWing Asuransi Perjalanan Sekaligus Asuransi Kesehatan!

Kamu udah pernah tau tentang SafetyWing belum? Jadi karena cukup sering traveling ke luar negeri dalam jangka waktu yang lama, saya pun riset tentang Asuransi Perjalanan yang oke buat dipakai. Salah satunya saya nemu SafetyWing ini. Menurut saya ini cukup menarik, karena ini adalah Asuransi Perjalanan sekaligus Asuransi Kesehatan. Seperti yang disebutkan di websitenya ;

“SafetyWing, Travel Medical Insurance. We cover people from all over the world, while outside this country”

Dari situ sudah jelas kalau Asuransi SafetyWing ini adalah produk Asuransi Perjalanan Sekaligus Asuransi Kesehatan. Ya, asuransi yang satu ini nggak cuma memproteksi dari kerugian ketika terjadi delay pesawat terbang, atau bagasi hilang. Namun sesuai yang tertulis di faq-nya, SafetyWing juga mengkover biaya medis jika misalnya kamu sakit atau terjadi keadaan gawat darurat ketika sedang berada di luar negeri.

Harganya juga nggak terlalu mahal, mulai dari USD 37 per 4 minggunya. Atau kalau dirupiahkan ya sekitar 500 ribuan saja. Enaknya lagi, SafetyWing ini adalah asuransi yang cukup fleksible. Karena kamu bisa memutuskan sendiri kapan kamu beli asuransinya, dan kamu bisa memperpanjang kapan saja sesuai kebutuhanmu. Bisa juga diperpanjang manual, atau diperpanjang secara otomatis. Kalau berminat menggunakannya juga, kamu bisa langsung cek website SafetyWing disini deh. Bisa saya bilang, ini cocok untuk kamu yang sering traveling ke luar negeri.

Apa Kelebihan SafetyWing Dan Kenapa Saya Merekomendasikannya?

Apa Kelebihan SafetyWing Dan Kenapa Saya Merekomendasikannya

Jadi karena saya lumayan sering traveling ke luar negeri, saya perlu asuransi perjalanan yang bisa diandalkan dan tentunya bisa digunakan untuk asuransi kesehatan. SafetyWing ini menurut saya cocok sesuai kebutuhan saya. Sebagai travel medical insurance, SafetyWing mengkover kejadian tak terduga di perjalanan dan biaya tindakan medis jika diperlukan.

Untuk lebih detailnya, saya sarankan juga kamu baca faq di website Asuransi SafetyWing. Cuma dari saya, beberapa kelebihan ini yang menjadi alasan kenapa asuransi ini bisa kamu pertimbangkan untuk dipakai ketika kamu traveling :

  1. Bisa beli online, dan dengan harga mulai dari USD 37 saya bisa mendapatkan proteksi perjalanan dan kesehatan selama 4 minggu. Bahkan asuransi ini bisa dibeli meski kamu sudah traveling dan sedang berad di perjalanan.
  2. SafetyWing melindungi di hampir seluruh negara di dunia kecuali Cuba, Iran dan Korea Utara.
  3. Bisa beli asuransi ini untuk teman atau orang tersayang, jadi pemegang polis asuransi gak harus yang beli. Terus, bisa juga beli asuransi untuk grup. Jadi ada pilihan beli asuransi untuk sekeluarga. Cocok buat yang mau traveling sekeluarga.
  4. Beberapa aktivitas olahraga ditanggung oleh asuransi ini. Bahkan kegiatan seperti Camping dan Bungee Jumping juga dicover oleh asuransi ini. Lebih detail mengenai ini bisa baca FAQ atau pertanyaan yang sering ditanyakan di website resmi SafetyWing.

Sekarang Tips Memilih Asuransi Perjalanan Untuk Kamu Yang Mau Traveling

Baca sampai selesai ya tips memilih asuransi perjalanan ini!

Sekarang Tips Memilih Asuransi Perjalanan Untuk Kamu Yang Mau Traveling
Sekarang Tips Memilih Asuransi Perjalanan Untuk Kamu Yang Mau Traveling

1. Apakah Bisa Beli Online Atau Harus Offline? Bagaimana Dengan Klaim Asuransinya, Apakah Mudah?

Selain tentunya cara klaim harus enggak ribet, salah satu tips memilih asuransi perjalanan yang tidak boleh ketinggalan adalah harus bisa dibeli secara onlien. Seperti Travel Medical Insurance SafetyWing ini bisa kamu beli online kapan saja dan dimana saja tanpa ribet. Jadi bahkan kamu bisa tetap beli asuransi ketika sedang dalam perjalanan ke bandara untuk pergi traveling. Kelupaan pun gak masalah.

2. Beli Asuransi Sesuai Kebutuhanmu

Tentu saja salah satu tips memilih asuransi perjalanan disini adalah, kamu harus membeli jenis asuransi perjalanan yang cocok untuk keperluan kamu. Misalnya kamu hanya perlu asurasi perjalanan yang mengcover ketika terjadi delay dan harganya sesuai dengan budget kamu ya gak masalah.

Tapi rasanya akan lebih nyaman kalau asuransi perjalanan yang kamu beli bukan cuma sekedar asuransi perjalanan, namun sekaligus asuransi kesehatan seperti SafetyWing. Kamu gak bakal tahu apa yang akan terjadi kan? Mencegah tentu lebih baik daripada rekening kosong karena harus bayar sendiri tindakan medis di negara orang.

Teliti Dan Cermati Proteksi Apa saja Yang Akan Kamu Dapatkan Dari Asuransi Perjalananmu
Teliti Dan Cermati Proteksi Apa saja Yang Akan Kamu Dapatkan Dari Asuransi Perjalananmu

3. Teliti Dan Cermati Proteksi Apa saja Yang Akan Kamu Dapatkan

Pastikan apakah asuransi yang kamu pakai selama traveling sudah kamu pahami, teliti dan cermati proteksi apa saja yang akan kamu dapatkan. Tentu saja semakin banyak perlindungan akan semakin bagus. Jangan lupa juga baca dan cari tahu hal apa yang tidak akan dicover oleh asuransi perjalanan kamu. Khusus untuk traveling, cari tahu apakah asuransi perjalanan kamu bisa mengcover beberapa kegiatan olah raga dan kegiatan alam bebas seperti SafetyWing.

4. Pastikan Lama Perlindungan Sesuai Dengan Lama Perjalanan Kamu

Jangan sampai ketika kamu masih di perjalanan perlindungan asuransi kamu sudah habis. Minimal kamu harus menggunakan asuransi perjalanan yang bisa melindungi kamu selama traveling. Atau kamu bisa memilih menggunakan Travel Medical Insurance seperti SafetyWing yang bisa memproteksi hingga dalam waktu yang lama. Bahkan untuk kamu yang mungkin traveling selama setahun, seperti yang saya lakukan ketika berlibur setahun penuh ke Australia dengan visa WHV.

5. Pastikan Kamu Tahu Apa Yang Tidak Dicover Asuransi Tersebut, Juga Negara Mana Saja Yang Tidak Dicover!

Ini juga bagian tips memilih asuransi perjalanan yang tidak kalah penting. Kamu harus tahu kejadian-kejadian apa yang membuat asuransi perjalananmu tidak melindungimu lagi. Misalnya kalau Travel Medical Insurance SafetyWing ini tidak berlaku kalau kamu traveling ke Iran, Cuba dan Korea Utara. Padahal saya pengen juga lho main ke Iran atau sedikit mengintip Korea Utara!

Pastikan Kamu Tahu Apa Yang Tidak Dicover Asuransi Tersebut, Juga Negara Mana Saja Yang Tidak Dicove
Pastikan Kamu Tahu Apa Yang Tidak Dicover Asuransi Tersebut, Juga Negara Mana Saja Yang Tidak Dicove

6. Apakah Asuransi Perjalanan Tersebut Memberikan Penjelasan Yang Detail?

Sebagai seorang konsumen, penjelasan yang sejelas-jelasnya adalah penting. Karena itu berguna untuk pertimbangan dalam memilih produk asuransi. Minimal, website asuransi perjanan tersebut menyediakan penjelasan yang cukup detail mengenai hal-hal yang berhubungan dengan produk mereka. Biasanya nih, saya sudah pasti gak bakal beli kalau informasi tentang asuransi perjalanan di website resmi penyedia asuransi tersebut kurang jelas. Logikanya sederhana, baru informasi produk aja kurang jelas, gimana kalau nanti mau klaim? Ya kan?

7. Kamu Harus Tahu Limit Asuransi Perjalanan Kamu

Sudah pasti ketika limit asuransi makin besar, berarti asuransi tersebut makin bagus dan cocok untuk kamu pilih sebagai asuransi perjalanan kamu. Nah, masalah limit ini perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk memilih produk asuransi yang mana ya!

Kamu Harus Tahu Limit Asuransi Perjalanan Kamu
Kamu Harus Tahu Limit Asuransi Perjalanan Kamu

8. Pastikan Kamu Tahu Isi Polis Ya!

Membaca polis asuransi ini penting banget, biar kamu tahu tentang detail asuransi yang kamu beli. Memang sih biasanya polis asuransi itu tebel-tebel, tapi nggak ada salahnya menyisakan waktu untuk membacanya. Jangan sampai kamu gagal klaim asuransi begitu resiko terjadi, cuma karena kamu tidak baca isi polis asuransi! Nyeesi kan!?

***

Nah, kira-kira diatas itu adalah tips memilih asuransi perjalanan dari saya, juga perkenalan dengan SafetyWing yang merupakan travel medical insurance atau asuransi perjalanan sekaligus asuransi kesehatan yang saya rekomendasikan. Kalau dari kamu, ada tambahan tips memilih asuransi perjalan untuk dipakai selama traveling gak? Jangan sungkan buat komentar di bawah ya!

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
4 Responses

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: