Fakta, Tips Liburan Ke Pantai Tangsi Lombok

Ini adalah salah satu pantai favorit saya di Lombok Timur, untuk menuju Pantai Tangsi atau yang juga dikenal sebagai Pantai Pink memang lumayan ribet jalannya. Saya harus melewati jalan rusak sepanjang lebih dari 10 km untuk mencapai tempa ini.

Nah, buat yang belum pernah ke Pantai Tangsi, fakta mengenai Pantai Tangsi ini bisa membantu. Terus foto-foto cantiknya bisa dibawah ini bisa memotivasi kalian untuk mau pergi ke sana :D. Namun ingat, tetep jaga etika eco traveling yak! Jangan sampai rusak dan kotor pantai yang cakep ini ^^

Berikut Fakta Unik Tentang Pantai Tangsi/ Pantai Pink Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Pergi Kesana!

Sudah siap, fakta unik apa saja yang perlu kamu ketahui sebelum liburan ke Pantai Tangsi?

1. Lokasi Pantai Pink/Pantai Tangsi Berada Di Ujung Timur Pulau Lombok

Meski letaknya cukup jauh, namun ini adalah salah satu pantai di Lombok yang tak bisa kamu lewatkan!
Meski letaknya cukup jauh, namun ini adalah salah satu pantai di Lombok yang tak bisa kamu lewatkan!

Pantai Tangsi atau juga biasa dikenal sebagai Pantai Pink ini alamatnya berada di Desa Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Biasanya banyak yang memulai perjalanan menuju ke Pantai Tangsi dari kota Mataram. Selain ke Pantai Pink ini, kamu juga bisa berkunjung ke Pantai Tanjung Ringgit yang letaknya berdekatan.

Perlu dicatat, jalanan rute menuju ke Pantai Tangsi ini ada yang rusak dan berlubang. Ini akan membuat pengunjungnya membutuhkan waktu sekitar 2 jam berkendara untuk sampai ke pantai ini. Saya dulu bahkan memerlukan waktu lebih lama karena belum tahu lokasinya.

Petunjuk arah masuk ke pantai ini akan terlihat pada 1 km sebelum tempat wisata Tanjung Ringgit di Lombok Timur. Perhatikan saja beberapa saat sebelum Tanjung Ringgit, akan terlihat papan petunjuk menuju ke Pantai Tangsi atau Pantai Pink 50 Meter.

2. Pasir Berwarna Pink adalah Ciri khas unik dari Pantai Tangsi

Pantai ini memang unik, berbeda dari pantai di Lombok yang lain. Salah satu ciri khas unik dari Pantai Tangsi yang paling terlihat adalah, pasirnya yang terlihat berwarna pink. Sejauh yang saya tahu, di Indonesia hanya ada dua pantai seperti ini. Yang pertama, pantai pink di Komodo, dan yang kedua, di Lombok Timur ini.

Pasir di Pantai Tangsi ini memang berbeda dibanding dengan beberapa pantai di Lombok yang lainnya.
Pasir di Pantai Tangsi ini memang berbeda dibanding dengan beberapa pantai di Lombok yang lainnya.

3. Pernah Menjadi Lokasi Pendaratan Tentara Jepang Ketika Perang Dunia Kedua

Kondisi Pantai Tangsi ini memang ideal untuk pendaratan, mengingat pantainya cukup landai. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, dulu Pantai Tangs memangi pernah digunakan sebagai lokasi mendarat tentara jepang, dan digunakan sebagai barak tentara jepang. Mungkin karena itu pantai ini kemudian dinamakan “Tangsi” yang artinya barak. Namun belum ada dokumen resmi yang membuktikan hal ini

Kalau melihat lansekap pantai berpasir pink di Lombok ini sih memang cocok banget untuk pendaratan pasukan ala D-Day
Kalau melihat lansekap pantai berpasir pink di Lombok ini sih memang cocok banget untuk pendaratan pasukan ala D-Day

4. Datanglah Pada Cuaca Yang Bagus, Kamu Akan Bisa Melihat Gunung Rinjani di Kejauhan

Di hari yang cerah tanpa awan, dari Pantai Pink ini kadang bisa terlihat jelas Gunung Rinjani yang berdiri tegak di bagian tengah Pulau Lombok. Mungkin karena saking tingginya Gunung Rinjani, jadi bisa terlihat disini. Padahal jaraknya sih lumayan jauh ya.

Kalaupun tidak tertarik dengan pemandangan gunung rinjani dari Pantai Tangsi, kamu masih bisa menikmati pasir pantainya yang halus dan lembut ini.
Kalaupun tidak tertarik dengan pemandangan gunung rinjani dari Pantai Tangsi, kamu masih bisa menikmati pasir pantainya yang halus dan lembut ini.

5. Pecahan Karang Berwarna Merah, Adalah Yang Membuat Pasir Pantai Terlihat Berwarna Pink

Pasir pantai ini memang terlihat berwarna pink, namun bukan berarti pasirnya memang berwarna pink ya. Namun karena disini terdapat karang yang berawana merah, kemudian hancur menjadi butiran akibat hempasan ombak. Nah, butiran pasir berwaran kemerahan tadi tercampur dengan pasir putih yang kemudian memberi efek Pantai Tangsi ini terlihat seperti berwarna Pink. Itu juga yang membuat pantai ini unik, lalu disebut sebagai pantai pink di Lombok!

Butiran pasir berwaran kemerahan yang tercampur dengan pasir putih ternyata yang memberi efek Pantai Tangsi ini terlihat seperti berwarna Pink.
Butiran pasir berwaran kemerahan yang tercampur dengan pasir putih ternyata yang memberi efek Pantai Tangsi ini terlihat seperti berwarna Pink.

6. Kamu Bisa Berenang Disini, Atau Sekedar Bermain Pasirnya Yang Berwarna Pink

Biasanya selain bermain – main air di Pantai Tangsi, saya senang mengaduk – ngaduk pasir halus Pantai Tangsi. Terutama kalau matahari sedang terlalu terik atau sedang malas kena yang namanya air. Namun buat yang pertamakali berkunjung ke pantai di Lombok yang unik ini. Sebaiknya kamu mencoba menceburkan diri kedalam airnya ya. Asik kok!

Selain bermain - main air, saya senang mengaduk - ngaduk pasir halus pantai tangsi, terutama kalau matahari sudah terlalu panas atau sedang malas kena yang namanya air :)
Selain bermain – main air, saya senang mengaduk – ngaduk pasir halus Pantai Tangsi, terutama kalau matahari sudah terlalu panas atau sedang malas kena yang namanya air :)

7. Garis Pantai Tangsi Cukup Panjang, Jadi Asik Untuk Jalan Kaki atau Jogging Di Sepanjang Pantai

Pastikan kamu sudah memakai sunblock terlebih dahulu sebelum menyusuri garis pantai ini. Garis pantainya memang landai, dan memanjang. Jadi cocok banget untuk kegiatan olahraga seperti Jogging atau jalan kaki. O iya, karena garis pantainya yang panjang, jadi kemping di tepi Pantai Tangsi juga bisa kok. Tapi jangan sendirian ya, karena kalau malam lumayan serem.

Atau bisa juga berpanas panas ria di sepanjang garis pantai tangsi, tapi ingat! Panas matahari di Pulau Lombok dua kali lebih kejam daripada panas di manapun. Siap - siap saja kulit menjadi hitam kelam dan lebih eksotis :D
Atau bisa juga berpanas panas ria di sepanjang garis Pantai Tangsi, tapi ingat! Panas matahari di Pulau Lombok dua kali lebih kejam daripada panas di manapun. Siap – siap saja kulit menjadi hitam kelam dan lebih eksotis :D

8. Jika Mau Kemping Di Pantai Tangsi, Usahakan Memilih Lokasi Di Bawah Pohon Yang Teduh

Ada beberapa pohon yang rindang di pantai ini. Tentunya pepohonan tadi adalah tempat yang cocok untuk berteduh dari panasnya matahari Pulau Lombok. Jika kemping disini, pohon tadi juga bisa kamu gunakan untuk melindungi tenda dari sengatan matahari.

Yang takut dengan panas, jangan khawatir juga sih~~ di tepi pantai tangsi banyak pohon yang bisa digunakan untuk mengamankan diri dari kejamnya panas matahari Pulau Lombok. Malah, kadang - kadang sekedar berteduh di bawah pohon sambil mendengarkan suara ombak itu sangat menyenangkan :)
Yang takut dengan panas, jangan khawatir juga sih~~ di tepi Pantai Tangsi banyak pohon yang bisa digunakan untuk mengamankan diri dari kejamnya panas matahari Pulau Lombok. Malah, kadang – kadang sekedar berteduh di bawah pohon sambil mendengarkan suara ombak itu sangat menyenangkan :)

Nah, gimana? Tertarik untuk mengunjungi salah satu pantai di Lombok yang unik ini? Jangan lupa untuk mebawa kamera ya! Sayang banget kalau sudah jauh-jauh main kesini, namun lupa mengabadikannya dengan kamera!

Yang Banyak Dicari

  • ciri ciri pantai tangsi
About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

7 Responses

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: