Tips Solo Backpacker Ke Singapore For Noob Seperti Saya

Backpacker ke Singapore ? Siapa takutttt! Pun saya seorang pemula, baru bikin passport, atau bahkan ini pertama kali saya ke luar negeri, dan Pertama kali backpacker ke Singapore! Aslinya, kalau cuman backpacker ke Singapore siapa saja juga bisa loh!!! Percaya deh!

Kalau saja dilakukan survey kecil – kecilan, negara mana yang pertama kali di kunjungi kira-kira paling banyak menjawab dimana? Kalau bukan Malaysia, pasti diantara backpacker atau traveler dari indonesia kebanyakan menjawab, backpacker ke Singapore! Yah! Saya juga gitu kok, soalnya banyak maskapai yang royal ngasih tiket promo untuk negara Singapore.

tips solo Backpacker ke Singapore untuk pemula yang berguna buat dibaca!
tips solo Backpacker ke Singapore untuk pemula yang berguna buat dibaca!

(Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata Di Singapura Lengkap Untuk Dikunjungi!)

Berikut tips solo Backpacker ke Singapore untuk pemula yang berguna buat dibaca!

Backpacker ke Singapore itu sebenarnya gampang kok, kalau saya bilang gak pake itenary juga bisa :p. Eh, ngak sih, tetep perlu ittenary biar efisien waktu saja :D. Selain itu, jangan takut meski backpackin sendirian. Karena Singapore itu ramah untuk para solo backpacker.

 

Cara Naik MRT Singapore Untuk Pergi Ke Bandara Changi Singapore! [ Travel Vlog ]

 

Nah! Sebagai seorang pemula yang baru sekali backpacker ke Singapore, saya mau coba bagi – bagi tips, yang mungkin bisa cocok atau juga enggak buat pemula lainnya. Kalau kata orang tua sih, ambil yang baik tinggalkan yang buruk! Oke, ini tips nya :

1. Jangan Nantangin Petugas Imigrasi, Stay Cool Meski Pertamakali Main Ke Singapura

Tips Backpacker Ke Singapore : Drinking Water, berarti bisa diminum langsung, Salah satu cara penghematan jika ber - backpacker ke singapore, syaratnya bawa botol kosong! Jangan bawa yang ada isinya, jadi gak ditahan waktu di imigrasi!
Tips Backpacker Ke Singapore : Drinking Water, berarti bisa diminum langsung, Salah satu cara penghematan jika ber – backpacker ke singapore, syaratnya bawa botol kosong! Jangan bawa yang ada isinya, jadi gak ditahan waktu di imigrasi!

Yang namanya keluar dari negara itu pasti ngelewatin imigrasi, entah mau backpacker ke Singapore atau negara lainnya. Nah, yang biasanya bandel seperti saya. Pasti pengen nyoba nantangin petugas imigrasi, apalagi petugas imigrasi indonesia :p. Waktu itu saya coba bawa air mineral 1.5 liter di tas. Harapannya sih biar gak beli lagi di Singapore-nya, kan lumayan mahal tu disana.

Tapi saran saya jangan deh, itu air pasti di tahan sama petugas imigrasi. Jadi bawa air minum yang ada isinya naik pesawat itu big no! Mending bawa botol kosong untuk diisi lagi di bandara Changi, Singapore. Di bandara Changi Ada semacam keran air yang bisa diminum secara langsung airnya, atau buat di isi ke botol kosong yang udah dibawa.

 

Transit Di Bandara Changi Singapura Ngapain Aja!? [ Changi Airport Review ]

2. Yang namanya Pulpen/Pena itu penting!

Tips Backpacker Ke Singapore : DISEMBARKATION/EMBARKATION Card, harus di isi sebelum memasuki Singapore! Terus kalau keluar negeri, pulpen itu penting untuk mengisi ini
Tips Backpacker Ke Singapore : DISEMBARKATION/EMBARKATION Card, harus di isi sebelum memasuki Singapore! Terus kalau keluar negeri, pulpen itu penting untuk mengisi ini

Pulpen biasanya buat apa sih pas traveling ke luar negeri? Bukan buat ngisi tts atau yang lain nya ya! Tetapi buat mengisi kartu kedatangan. Beberapa negara memang memerlukan pengisian kartu kedatangan ini. Nah kalau di Singapura perlu diisi yang namanya DISEMBARKATION / EMBARKATION CARD.

BACA JUGA :  Menyelam Secara Virtual Great Barrier Reef Australia

Kartu ini biasanya dibagikan dipesawat, isi dengan lengkap dan jelas kalau gak mau bermasalah di bagian imigrasi Singapore. Pulpen itu nanti juga bisa dipakai buat corat – coret peta, dan buat bikin rencana cadangan jika rencana awal tidak berjalan mulus. Jangan sampai kegiatan solo backpacker ke Singapore kamu bermasalah karena lupa bawa yang namanya pulpen!

3. Sampai di Bandara Changi, Singapore, Jangan Langsung Keluar Bandara

Bandara Changi Singapore ini luar biasa besar, asik untuk dijelajahi dan diexplore
Bandara Changi Singapore ini luar biasa besar, asik untuk dijelajahi dan diexplore

Kenapa? Banyak sih alasannya, salah satu alasan konyolnya, di dalam bandara Changi, lebih kerasa seperti di luar negeri. Begitu keluar, rasanya seperti Jakarta yang sudah kena bom atom trus diperbaiki lagi menjadi begitu bersih dan rapi.

Kalau alasan yang sebenarnya sih, buat nyari terminal keberangkatan ketika balik dari Singapore nanti. Gak lucu kan kalau pas balik ketinggalan pesawat gara – gara gak ngerti balik dari terminal keberangkatan berapa? Bandara changi itu gedee! Terminalnya ada banyak, jadi perlu sedikit waktu buat mengenalinya.

Antar terminal bandara Changi sudah terkoneksi dengan yang namanya sky train. Jadi gak bakalan capek buat “sedikit” jalan – jalan di bandara sambil bawa ransel segede gajah! Dan jangan lupa buat ngambil peta singapore yang disediakan gratis setelah keluar dari imigrasi Singapore. Percaya atau tidak, peta tadi akan sangat membantu untuk tidak tersesat ketika muter – muter di Singapore.

4. Mau Ekonomis cari fast food Junk Food atau Food Court!

Tips Backpacker Ke Singapore : Makanan Food Court, Lebih Enak Dari Pada Junk Food, Harga Sesuai Kantong.
Tips Backpacker Ke Singapore : Makanan Food Court, Lebih Enak Dari Pada Junk Food, Harga Sesuai Kantong.

Sedih juga kalau nginget makanan pertama yang saya makan di luar negeri itu fast food Junk Food. Tapi karena belum nemu Food Court yang harga makanannya cuma 2-4 SGD , apa boleh buat. Lebih sedih lagi jika sekali makan full course harus ngeluarin kocek 13-15 SGD kalau makan di resto. Bisa buat makan 3 kali itu! Fast food Junk Food banyak ditemukan di mall – mall di Singapore, dan untuk nemuin Mall juga gak terlalu sulit. Karena pada dasarnya hampir setiap stasiun MRT di Singapore ada mall diatasnya!

Kalau food court favorit saya ketika di Singapore ada di Woodlands Center yang berada di dekat perbatasan Singapore dan Malaysia. Di food court Woodlands Center ini ada banyak sekali jenis makanan, mulai dari masakan india, malaysia, bahkan masakan indonesia juga ada. Harganya, lumayan lah 2- 4 SGD dengan porsi yang bisa bikin perut super kenyang.

(Baca Juga : 7 Kuliner Singapore Yang Wajib Dicoba!)

5. Mau hemat dan sehat jalan kaki! Jangan naik MRT melulu!

Mau hemat dan sehat jalan kaki! Jangan naik MRT melulu!
Mau hemat dan sehat jalan kaki! Jangan naik MRT melulu!

Memang transportasi paling enak dan bikin iri di Singapore adalah MRT! Jika dilihat dari segi kenyamanan-nya, naik MRT itu sebenarnya tidak terlalu mahal. Hanya saja jika dikit – dikit naik MRT  jadi lumayan kerasa juga. Padahal jarak antar stasiun MRT ada yang tidak terlalu jauh, stasiun MRT Clarke Quay – China Town misalnya. Jarak antara dua stasiun mrt itu hanya beberapa blok saja. Jalan kaki juga gak bikin kaki pegel!

 

Trotoar Jakarta Kalah? Jalan Kaki Di Trotoar Singapura ke Stasiun MRT Marsiling Dari Woodlands CIQ

 

Hal yang paling menyenangkan ketika backpacker ke Singapore sebenarnya adalah ketika berjalan kaki. Menikmati uniknya negara multikultural ini dengan style kamu sendiri. Terlebih lagi, Singapore itu negara yang ramah dengan pejalan kaki. Seumur – umur baru ketika di Singapore ada pengendara mobil yang mendahulukan penyeberang jalan. Padahal saya sudah kasi kode ke pengendara mobil biar jalan dulu. Kalau sudah gini, saya jadi terharu sebagai pejalan kaki. Hiks…!

BACA JUGA :  Itinerary Touring Ke Lombok 2 Hari 2 malam!

6. Backpacker Ke Singapore Hemat = Park Walking!

Mengunjungi taman adalah tips wisata murah di Singapore
Mengunjungi taman adalah tips wisata murah di Singapore

Satu hal yang membuat saya kagum dengan Singapore adalah taman kota nya! Kalau boleh di bilang, mungkin di setiap distrik yang ada di Singapore pasti memiliki sebuah taman kota. Mulai dari taman kota medium seperti Fort Canning Park sampai yang terbesar yaitu Singapore Botanic Garden.

Nah, yang bikin lebih seneng lagi tiap taman kota ini bisa dinikmati dengan gratis. Makanya jika ingin backpacker ke singapore dengan hemat, jangan sampai yang namanya Park Walking atau jalan – jalan dari taman ke taman tidak ada di ittenary kamu. Sudah hemat sehat lagi, masih tidak mau!?

Hmm, enam tips untuk backpacker ke singapore kebanyakan kali yak!? well semoga bisa berguna buat yang pertama kali travelling ke Singapore. Yang jelas siapa saja pasti bisa untuk ber – backpacker ke Singapore. Selamat mencoba!

7. Jangan Bingung Cari Tempat Menginap di Singapore!

Karena begitu banyaknya pertanyaan dimana tempat menginap yang enak di Singapore, Jadinya saya tambahkan sedikit tips tentang pencarian penginapan disana, Oke!! Sebenarnya ada dua metode untuk mencari penginapan di Singapore. Yang pertama adalah Go Show dan yang kedua pesan ketika masih di Indonesia.

Metode pertama sebenarnya tidak akan ada masalah jika datang pada waktu low season, tetapi akan berbeda ketika high season. Bisa – bisa malah ngemper di jalan nantinya. Tempat yang umum untuk para backpacker menginap di Singapore adalah China Town, Bugis, Dan Little India. Masing masing area punya kelebihan dan kekurangan masing masing.

Dulu saya cari penginapan yang paling dekat dengat stasiun MRT, pertimbangannya adalah, jalan – jalan seharian pasti bikin capek (apalagi yang suka jalan kaki seperti saya), dan pulangnya ga mau jauh – jauh jalan dari stasiun MRT ke Hostel. Pilihan saya pun jatuh pada 5footway.inn Project Chinatown yang hanya sekitar 5 Menit jalan kaki ke stasiun MRT (Bahkan kurang jika lari :P). Lagi lagi saya pesannya lewat online Simple, effisien, gak bakal ribet lagi di sana.

Beberapa Rekomendasi Hostel Ketika Backpacker Ke Singapore :

1. 5footway.inn Project Chinatown (Lokasi Di China Town)

2. Pillows & Toast Hostel (Lokasi Di China Town)

3. 5footway.inn Project Bugis ( Lokasi Di Bugis)

4. ABC Hostel (Lokasi Di Bugis)

5. Kawan Hostel (Lokasi Di Little India)

6. Footprints Hostel (Lokasi Di Little India)

Harga setiap hostel di singapore adalah per kasur, jadi enggak seperti di Poppies Lane Bali yang dihargai per kamar.

8. Bawa Botol Air Minum Kosong Sendiri!

Bawa botol air minum kosong sendiri agar lebih hemat
Bawa botol air minum kosong sendiri agar lebih hemat

Seperti yang saya sebutkan di poin pertama. Membawa air minum/air mineral ke dalam penerbangan luar negeri biasanya tidak diperbolehkan. Karena itu, triknya adalah membawa botol air minum kosong sendiri. Jadi begitu sampai di Singapore, botol tadi bisa diisi dengan tap water. Di Bandara Changi, atau beberapa taman kota di Singapore kalian bisa mendapatkan air gratis yang bisa diminum.

9. Keliling Singapore Gratis Dengan Singapore Tourist Pass

Backpacker ke Singapore pertama kali pasti punya banyak list tujuan yang ingin dikunjungi. Tenang saja, biasanya sebagian besar tempat wisata di Singapore itu berada tidak jauh dari transportas umum. Sementara itu semua transportasi umum disana bisa dibayar dengan EZ-Link. Nah, kalau banyak berpindah tempat, tentu biaya transportasi akan membengkak dong?

BACA JUGA :  Saya, Air Asia, Dan Luar Negeri Pertama!

Saran saya untuk solo backpacker yang banyak bergerak, beli saja Singapore Tourist Pass! Singapore Tourist Pass ini harganya mulai dari $SGD 10 untuk masa berlaku 1 hari dan $SGD 16 untuk 2 hari, dan $SGD 20 untuk 3 hari. Harga itu tidak termasuk depositnya sebesar $SGD 10 ya.

Harga tersebut jauh lebih murah dibanding dengan menggunakan EZ-Link. Apalagi jika sering digunakan untuk naik MRT. Misal, sehari bisa berpindah 20 MRT, dengan EZ-Link paling tidak akan menghabiskan lebih dari $SGD 20!

10. Solo Backpacker Ke Singapore Untuk Traveler pemula Itu Mungkin Kok

Solo backpacker ke Singapore, siapa takut!
Solo backpacker ke Singapore, siapa takut!

Jika pertama kali traveling ke luar negeri, jangan takut. Karena solo backpacker ke Singapore itu bukan perkara susah. Bahkan bisa dibilang Singapore ini adalah salah satu negara yang ramah untuk solo backpacker dan traveler pemula. Pasalnya, moda transportasi di Singapore ini sudah tertata rapi. Mau kemana-mana bisa jalan kaki atau naik MRT!

Yang penting jika solo backpacking ke Singapore, perhatikan saja beberapa hal penting ini:

  • Pastikan merencanakan itinerary solo backpacker ke Singapore kalian dengan detil, termasuk berapa budget backpacker ke Singapore. Kan nggak lucu kebingungan karena itinerary kurang detail atau kekurangan uang karena kurang terencana.
  • Pada tips kesembilan, saya bilang bawa botol air minum sendiri kan? Nah itu penting banget, karena Singapore itu panas seperti Jakarta. Banyak minum air selama menjelajah Singapore tak akan membuat tubuh dehidrasi.
  • Bawa dokumen holder atau semacam tempat untuk mengumpulkan dokumen penting terkait kegiatan solo backpacker kamu agar tidak tercecer.
  • Pelajari peta transportasi umum dan peta MRT Singapore sesaat setelah datang di Singapore. Itu akan banyak membantu, dan mengurangi resiko tersasar.
  • Singapore adalah negara yang ketat peraturannya. Hindari yang dilarang seperti misalnya makan, minum atau merokok di MRT. Salah salah, bisa kena denda hinga ribuan dolar singapura.
  • Solo Backpacker ke Singapore itu berarti bisa banyak jalan kaki. Karena tak akan ada teman yang komplain karena kecapekan jalan kaki! Tentu saja siapkan obat-obatan pengurang rasa sakit akibat kebanyakan jalan kaki seperti counterpain misalnya!
  • Selalu naik eskalator di sisi kiri. Kecuali tergesa gesa, baru ambil bagian kanan. Ada peraturan tak tertulis di Singapore, kalau sisi kiri eskalator adalah untuk yang berhenti dan tidak tergesa gesa. Sementara bagian kanan untuk yang tergesa gesa.

11. Kunjungi tempat wisata gratis di Singapore

Kunjungi tempat wisata gratis di Singapura saja
Kunjungi tempat wisata gratis di Singapura saja

Backpacker ke Singapore dengan budget mepet itu bisa banget, asal tau cara mengakalinya. Salah satunya ya berkunjung ke tempat wisata gratis saja selama di Singapore. Ada banyak tempat wisata gratis di Singapore yang bagus kok. Misalnya, Orchard Road, Singapore Botanical Garden, Marina Bay dan masih banyak lagi jika mau mencari tahu.

12. Ambil peta Singapura dan brosur wisata Singapura di Bandara

Tidak membawa buku panduan wisata Singapura dari Indonesia tak akan bermasalah. Karena ada banyak peta dan brosur wisata Singapura di Bandara Changi. Selain itu yang paling penting, ambil brosur yang ada foto peta MRT Singapura. Karena biasanya untuk yang baru pertama kali backpacker ke Singapura akan memerlukan peta MRT tadi. Termasuk saya salah satunya.

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.


Fahmi (catperku.com)

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
http://catperku.com


Comments

  1. selamat sore..
    mau tanya neh,.denger2 seh kalo mau ke singapore pasportx hrus berlaku selama 6 bln dulu ya bru blh masuk??
    ini aq mau berangkat ksana tgl 1 sept,n pasportq bru akan selese 3 hr lg(masa aktifnya < 6 bn?)
    gmn??:)
    mksh

    1. hee, 6 bulan yang dimaksud bukan begitu :), pasport itu kayak ktp, masa berlaku 5 tahun, jadi buat masuk ke negara lain, masa berlaku si paspor minimal harus lebih dari 6 bulan. kalo jadi 3 hari lagi masa berlaku kan masi 5 tahun :D

          1. ouww…begitu yak
            di sana buat nyebrang jalan harus di garis or masih kek jakarta?
            kali aja nyebrang sembarang kena tilang
            clue nya MRT-Jalan Kaki yak…
            thanks dah inponya :D

          2. sebagian besar tempat di singapore kalau nyeberang pake lampu, tapi ada beberapa bagian kecilnya yang bisa asal nyeberang seperti little india misalnya *bisa loh ya, bukan boleh :) , karean kita keluar negeri itu bawa nama indonesia, kebiasaan jelek di sini jangan dibawa – bawa lah hehe, kalo bisa sekalian latian disiplin :)

  2. tambahan lagi.
    kalau makan beli di Restoran Muslim yang dikelola orang India juga bisa, tidak terlalu mahal juga..sekitar 4 dolar. selain itu pelayannya bisa berbahasa Indonesia. :)
    atau di McD, McD di Singapore sering kasih diskon.
    pas saya kesana dapat burger double 4, 5 dolat + kentang + cola yang gede minta ampun + dikasih hadiah gelas..heuheu..

  3. Hai! Mau tanya di sana nginep di mana? Waktu di imigrasi ditanya nggak tempat kita stay nanti? Saya udh dpt tiket promo buat Jan 2013. Tp msh blm booking hostel coz blm bikin cc :D. Any suggestion? Thankssss…

  4. jadi inget pas 2009 backpackeran sendiri ke Sg, nyari info sebanyak2nya di internet. bikin itinerary, nyari how to go there, print map dari google map kalo pake jalan kaki…
    kalau mau naik mrt atau bus, bisa di http://www.gothere.sg disitu ada informasi naik bus nomor berapa, transit dimana, turun dimana hehehe…

    sekarang udah gak pernah backpackeran ke singapore, soalnya dpt cowok orang Sg, setengah darah sih, Indo-Sg hehehe…

    To : Sheila Hudaya, kalau hostel banyak lah yg bagus. Beary Good sibling sama Beary Nice, lumayan enak kok. Ada juga Pillows n Toast di Mosque St Chinatown juga, enak tuh. WC nya ada kran air nya, kalau di Beary, pake tissue hehehehe… Have a nice trip lah yaa…

  5. Mas mau tanya donk, proses imigrasi di bandara changi gimana? aku takut banyak ditanya-tanya disana, ni aku juga baru pertama kali mau ke singapore.
    Tau ga bus paling malam jalan jam berapa yang ke johor bahru? soalnya aku mau sekalian ke malaysia ajah, bia ririt niatnya mau naik bus, lewat johor bahru. makasih mas atas jawabanya sebelumnya.

    1. tinggal lewat cekpoint imigrasia aja kok, tunjukin passport, sama kayak cekpoint imigrasi indonesia lah. kalo dianya ya jawab aja, kan niatnya mau liburan :D kalau bus ke johor kurang tau, soalnya belum pernah juga :D

  6. pengen backpackeran tapi masi ada rasa takutnya nih, selain blm pny tmn backpackeran, english skill jg masih kurang :D kira-kira budget yg dibutuhkan untuk backpackeran 3 hari dgn perjalanan di kotanya aja. trus untuk hostelnya apabisa sharing room dgn tman lain (biar lebih murah gitu bayarnya ,hehe)

  7. makasih infonya mas. feb besok 1st time bekpekeran bareng suami ke sg. awalny deg degan jg,tapi pas baca kayakny g serem” amat ya. :)).

    kalo kaya anduk,shampo dll harus bawa atw udh d sediain???

    1. Gak sengaja mampir ke blog ini :)
      Singapore gak serem kok :D Malah amaan n nyaman bgt, menurutku lho ya. Pergi sendiri juga aman. Disini gak perlu takut bakal nyasar karena infonya lengkap dan ngebantu banget. Kalo sampe kesasar, tinggal cari MRT terdekat, ato bisa naik bus trus cari deh mrt terdekat. Bus disini juga nyaman kok. Tiap halte ada informasi bus stop mana aja yang dilewati. Paling enak beli pake EZ link card dari pd beli tiket tiap jalan. Selain lebih murah tarifnya, juga praktis,

      kalo taxi, muahaaall pake bgt.. tp kalo perginya 3-4 orang sih utk jarak dekat, masih ok.

      Kalo mau beli tiket masuk atraksi (Singapore flyer, garden by the bay, singapore zoo, dll) yang lebih murah bisa main2 ke web groupon, deal sg, streetdeal.. Kalo lg ada promo, kita bisa dpt paket dengan harga yg OK banget. Selamat liburan!

      Salam kenal. :)

  8. dah dapet tiket ke KL tgl 15 jan jam 8pagi berangkat dari solo, trus mau nyebrang ke sing……masalahnya saya baru pertama kali ke LN, modal nekat doank, gaptek juga, ada yg berangkat tgl segituan ga? sapa tau bs join jadi temen “bolang” huhuhuhu…..mohon petunjuknya agan2

  9. Saya pengen bgt ke singapura, pgnya pertengahan bulan januari 2013, tp blm pernah kesana, ada yang bersedia nemenin gak khususnya cewek dan udah pengalaman pernah ke singapura biar sy gak ky org ilang disana. Plisss pgn bgt kesana tp gak ada temen. Sy baru mau bikin paspor nya nih. Yang bersedia untuk ke singapura bareng sy, invite pin sy ya. 28a40bb0
    Buat para cewe aja, malah pengennya bareng2 ke singapur nya khusus cewek2. Thnks.

  10. Saya dah pernah ke sing via batam. Sempat mutar2 di vivo city n rafles boulevard. N nyasar naik MRT krn Salah tujuan :-D.
    Tgl 1 Januari – 5 Januari 2013 rencananya mau berangkat lg rute Padang-Singapura-Malaysia-Thailand. Ada yg mau ikut ?

  11. Sg gak serem serem amat kok, saya dulu juga backpacker kesana dan malah sudah 3 kali. awal desember habis dari Chiangmai dan chiangrai Thailand dengan modal nekad dan penuh keyakinan dan akhirnya pulang dengan semyum…..

  12. Tgl 5-8jan ini sy ke Sin, dpt 3,1jt 2orang PP dg mandala. Nginapnya blm dpt, kl marrison htl(orchad area) atau Fragrance ht-selegie (bugis area) bgmn? htl melati ekonomis 3.39jt/3malam. Pesawat tiba changi pk 10pagi ke universal studio langs naik apa ya? Brp lama wkt dibutuhkan unt ke USS, bawa anak, takut kelamaan. ☺τhank чσù☺ infonya

  13. aq rencana nya mau backpackeran ke SG september mendatang sama teman2, mau tanya dong klo kita mau balik ke jakarta d changi itu kita harus ke terminal berapa yah? baru pertama kali nya nih aq rencanax mau keluar negeri jd rada2 bingung. trs mnta info nya dong hostel yg murah, dekat stasiun mrt dan mudah untuk mencari makanan halal nya itu daerah mana yah sebaik nya aq nginap? thx sblm nya

    1. saya kemaren nginep di 5footway in, bukan yang paling murah, tapi strategis dan deket stasiun mrt. kalau mau paling murah bisa riset cari cari lewat agoda atau hostel world. disitu bisa bandingin harga :)

  14. ini guna banget infonya. btw jalan2 berapa hari di sana? abis budget berapa? kalo mo nyeberang2 ke malaysia memungkinkan gak ya buat trip 10 hari. terus alat komunikasi aktif gak mas? pake apaan? makasih

  15. hayhayyy,, klo pesen kamar dorm via agoda gimana sih?? ak dah booking sih tp takut ntar ada misunderstanding heheh,,
    jd gini kan ak maksudnya mau pesen 1 kamar 2 bed tipe dorm 14bed, nah pas lg registrasi di agoda kan ga ada kolom buat pesen dua bed 1 kamar makanya ak klik 2 di kolom kamar alhasil jadinya tulisan di voucernya aku pesen 2 room 2 orang, kira2 ini maksudnya ak bisa tetep sekamar ato ngga ya…?? pliss infonya yaa hehehh thanks n salam kenal

        1. aku pernah sih pesen hotel via agoda,,, ya tinggal book, terus ntar isi2 data gt masukin nmr credit card dll, yaudah ntar klo udh fix di book semua, dikirimin voucher ke email, trus di print, ntar pas sampe ke hotelnya tinggal tunjukkin deh tuh printan voucher booknya^^

          1. hai nadia, salam kenal ^,^
            ak dah pesen via agoda sayy, nah di voucernya itu tulisannya ak pesen 2 room 2hari 2 orang, nanti kira2 ak sedorm ga ya ma temenku…? dirimu pernah pesen dorm utk 2 orang kah…?
            oiya buat yg mau backpacker 14 april yuk barengan…

  16. Hi sobat backpakeran;;)
    mohon di bantu share/masukan dong,.. kita mau ke SG bln feb 2013 ini am suami..sebagai backpaker pertama kali ke LN nih.. kita mau nanya tmpt nginap mumer di pusat kota/dkt object wisata di SG, kalo kita book penginapan mumer apakah kita ksh guarantee booking? selain itu kita rencana dari SG mau ke Kualalumpur,tapi blm tahu apakah ada train/kretaapai dr SG ke kualalumpur? kalo naik bis pasti lama dan nyebrang ya… kita masih blank nih soal singapore.. mhn bantuan masukannya biar ga bingung di negara org nih hehehe, bisa di kirim ke :[email protected],,makasih atas bantuan temen2… )

  17. Aq blm pernah ke singapore tapi dah ngebet bgt maret ini antara tgl 8 ampe 13 maret 2013 ala backpacker sih biar bs lbh hemat dan mandiri tapi kami rencana cm bertiga cwe teman saya. Ada ngk yg mw ikut bareng backpacker biar seru”an invite pin saya 2388acc0

  18. saya jg nih rencananya mau backpackeran pertengahan bulan maret,,,,ada yg mau barengan ga brhubung saya jg belum prnh ksana, hahahaa
    klo ada invite ya 21E0479D, hehee

  19. mas, boleh bagi info ttg hostel ga?
    mending di china town atau little india? atau ada hostel yg recommended kah? hehe. yg penting aman. saya mau solo-travel ke sin 2-4 maret besok.
    thanks in advance :)

  20. wah.. seru ya,, aku k sing 9 – 12 maret skrg,, sendirian niich… mau coba backpacker-an,, kalau ada yg bareng pas tanggal itu mending sama-sama yuukk.. add pin bbm 31354c01.. :D

  21. Pingback: Acer Iconia PC tablet dengan Windows 8, Travel Blogger Harus Punya!
  22. Hallo semua.. Sharing ya.
    Pertama ke sing tu 2012 awal bareng group kantor, dari check in di Jakarta sampe sana pun semua dah diatur. Pdahal pengennya naik MRT hehe. Alhasil September kmrn berangkat bareng temen2 deket.

    Sampe changi airport, nanya petugas sky train menuju MRT. Akhirnya sampe di MRT beli ticket by pass kalau gak salah 10 sing. Klo utk perjalanan 3 hari gak cukup, Saya ngisi lagi di Sebrang loket mirip ATM. Ckp tempel Aja kartunya, Ada pilihan kaya top up / reload tak ingat haha. Masukin uang kertas sing nanti ditarik masuk. MRT cardnya nambah deh. Pertama saya lihat org di depan dulu, gak ngerti or bingung mintol aja can you help meeeee? Haha

    Saya nginep di supreme hotel ( dkt sama dhoby gaut MRT ) Salah 1 tempat transit MRT dr line merah, hijau atau ungu. Duh kepanjangan gak ni sharingnya heheh have fun all

  23. Pingback: Petualangan Jakarta : Nginep Di Bandara, Monas, Bajaj, Eskrim Ragusa
  24. gan aku udah beli tiket utk 27 – 30 Agustus 2013 untuk berdua (cowo & cewe ) cuman masih bingung mw nginep dmn…
    kemarin sih dapet di fragrance hotel daerah geylang tp kata temen di spore kalo ngajak cewe soale itu daerah lokalisasi…ada saran hotel yg murah tp nyaman deket MRT…budget 400-500rb an per malam…

          1. semua hostel rata2 kamar mandinya shared :) kalau harga kurang tahu ya, dinamis banget soalnya. mungkin bisa di cek di Agoda. link ke agoda ada diatas tuh :)

          2. kalo untuk transportasi lebih baik menggunakan ezlink atau STP?soalnya kan 4 hari sedangkan paket di STP cuman 3hari

          3. tergantung sih, saya kemaren pake ez link, to up 10 SGD cukup buat 3 hari. banyakan jalan kaki soalnya, naik mrt ga bisa liat apa2 lewat bawah tanah mulu,,

  25. Pingback: Kejutan Saat Terbang Dengan Pesawat Itu Pasti Ada
  26. hihihih seruu tips nya *meskipun saya bukan backpacker tapi itu hostel yang kamu sebutin, 2 diantaranya udah pernah aku inepin loh :)

    kamu sendiri nginep dimana waktu itu?

    buat info ke yang lain juga nih,
    untuk 5footwayinn yang di bugis ada loh private room + private bathroom yg buat 2 orang tapi kalo di 5footwayinn Project 2 china town ga ada. di 5footway.inn china town (prohect 2) kamar mandinya dibikin grouping gitu antara cewe atau cowo :)

    seru loh tempatnya
    *ga sabar mau main ke SG lagi :p

    1. enggak, 3 orang sih, sama temenku :D baru tau kalo 5footway ada banyak cabangnya :| sg cuma seru kuliner saja walking – walkingnya :D, tapi worth lah, buat ngenal selain di dalam negeri saja :)

    1. kalau gak salah antara 230- 250 ribu semalemnya, saya lupa pastinya :) coba dicek aja lagi, harusnya ga berbeda jauh. mungkin sedikit lebih mahal karena udah hampir setahun, dan efek inflasi :)

  27. halo, trimakasih buat info2 nya diatas. Saya ada plan januari 2014 brngkt brng 4 tmn ke SG . Katanya nyewa apartment lbh irit ya?? terus dr indo ada ga sih yg jualin tiket universal studio gtu? tkut khbisan pas dsana :S hehe thank u~

    1. emm, sama aja ternyata,, mei ini mau ke SG lagi, rame2 ber enam niatnya sewa apartemen,, e ternyata malah lebih mahal :D. kalau punya kartu kredit bisa beli sendiri tuh tiket ke universal studio. atau kalau ndak mau repot, bisa cari di kaskus. tapi ati2 belinya, kalau di kaskus :)

    2. @ Sonia,,, kalo nginap di apartemen, bisa lebih hemat krn kita bisa makan makan pagi dan malam di apartmn ( siangnya biasa diluar )krn kalo diapartmen disediakan fasilitas memasak/ nasi( so bawa stok makanan yg banyak spt rendang or teri kacang). Dan disana juga bisa sekamar ber 4 or ber 6,, rate per orangnya 300 ribu. ini di lucky plaza tempatnya ditengah2 dan hanya 70 meter dari stasiun MRT orchard. Kalo ticket US, saat ini sampai des 2013 ada paket promosi pake master card,, bisa beli dsana lebih murah,,,

      1. Kelebihannya bisa masak sendiri sih,, cuma rasanya kok masi terlalu mahal,, lagian kalau masak sendiri endak bisa nyobain kuliner di little india atau woodland center loh,, makanannya aneh2 sama enak :D buat yang hobi kuliner si

  28. wahh pas bagnet nih nemu blog nya

    maaf gan ane mau nanya
    ane dapet trip ke univ studio singapure
    tpi ane gak tw sama sekali tentang travelling
    apalagi kesingapur naek pesawat aja belum pernah
    kasih donk gan tips nya
    apa aja yg ahrus aane bawa kaya baju ato apa erapa bnyak dibawa
    soalnya ane gak tw sama sekali gan

    pliss help
    ane berangkat tgl 25 gan

    1. ya sama aja sih, kalo pas traveling biasanya ane pake 1 baju satu hari :D(tinggal di kali jumlah hari), perlengkapan mandi, gadget, kamera jangan sampai lupa. bawa duit secukupnya, lbih juga boleh :D

  29. Mas Rijal ada rekomendasi rental kamar di flat/apt org indo gt gak?
    Pernah cari2 di google tp rasanya udh gak update baik nomer telp dan rate nya.
    Pernah coba apt di lucky plaza sama madam wong. Tp kayaknya rate nya 11-12 sama hotel bintang 3. Faktor lokasi di orchard kyknya.

    1. @ Nana :kalo di lucky emang lebih mahal, tp lebih gampang kmana- mana krn stasiun MRT nya cuman 70 meter dari lucky,, kalo harga ya mmg tergantung lokasi sihh,,

  30. mas, mau nanya, aq pesen kamar lewat agoda, disitu udah harga aslinya, atau cm harga di internet trus nanti kita bayar tambahannya di hotel waktu kita check out?

  31. wahhh enaknya yaa yang sudah berpengalaman ke singapore

    saya bulan september 28-30, 2013 ada rencana brgkt kesana
    sejauh ini masih sendirian sih…
    hehehe…ini perjalanan pertama saya ke luar negeri
    hehehe

    kalau ada yang minat,
    bisa kirim email ke saya : [email protected] / buka forum ini

    gracias

  32. Baca info ni jadi pengen kesana juga…Penjelasannya yakinin bgt..hehehe..Mudah2n bisa bulan ni, atau bulan depan…Ad yg mau bareng bulan ni, atau bulan depan??Ak diMkassar..hehehe

  33. sisy mau gabung dong aku bulan itu juga ada rencana mau kesana ,, ada nomor yang bisa di hubungi gak ? biar lebih enak tanya nya aku juga udah ngirim email ke kamu

  34. oww…ya mau nanya klo bookg pginpan di agoda aman g sih?soalnya kita disuruh mencantumkan kode cvc…soalnya saya tanya dgn ptgas bank kode itu g bleh dikasih tau soalnya bisa di jebol cc kita..mohon bantuanya?
    n ada yg pernah book pginapan di booking.com g?apa aman jg?
    rencananya sih mo brgkt tgl 23-25 sept ke SIN.,ber7 org.,dri pdg-kl-sin-jog ada jg yg sin-cgk.,,,ud beli tiket promo.. :)

    1. Transaksi online pake kartu kredit, emang harus kasic cvv sih, dimana aja, tapi kalau sekelas agoda harusnya aman, mereka pake sistem enkripsi dan data cc seperti cvv dan nomor kartu nggak disimpan. Saya sudah sering transaksi booking hoster di agoda. Pengalaman saya gitu sih,, :)

    1. yang pesan cukup satu orang saja, tinggal masukin pesan berapa kasur, atau kamar :) kalau model hostel bayarnya per kasur, jadi tinggal masukin berapa orang saja nanti :)

    1. gampang kok nemunya, di foodcourt – foodcourt ada banyak (woodlands, lavender). kalau mau aman tanya aja sebelum beli, atau cari yang jualan orang melayu, mereka rata2 muslim :)

  35. Hi ..
    Aku mau tanya2 ni.
    Aku bakal berngkt minggu depan 24-28 juli. Aku baru pertama kali ni ke SG blank bgt tenang SG
    Bagi2 infonya ya..
    Sekalian pengen ke malaysia juga..
    Budget ku dikit disna cmn bawa uang sgd700 buat 5hri 4malem cukup kan ya?
    Email aku kalo ada yg bsa shared info yaa :)
    [email protected]

    1. kayaknya lebih dari cukup dah itu buat 5 hari 4 malem, kemarin aku 4 hari 3 malam cuma abis sekitar 200 SGD udah sampe malaysia (Kuala Lumpur) seharian. :D Tapi, kalau mau belanja si beda lagi hehee

    1. kemaren nginep di 5footway inn, ada di tulisan ini tuh list hotelnya :D tanya2 disini aja ga apa, nanti biar yang lain juga bisa baca kalau ada yang perlu info hehe :D

    1. ez link card bisa dibeli di tiap stasiun MRT nya singapore. kalau komunikasi bisa kok pake operator indonesia, aktifkan dulu fitur roamingnya ke tiap – tiap operator, kalau yang paling murah, saya kurang tahu :D

  36. mas bro n mbx bro,Q tnggl 2sept mau ke sing,ad yg sm gk pas tnggl itu,,klw ad bs ngebolang breng gk,xixi,,cm q lwt jlur batam,spa tau bs ktmuan dsna..thanx

  37. Saya tanggal 31 agt sampe 4sept 2013 di Singapore..ada yg mau ikutan kah??bareng ama anak2 backpacker indonesia..sekedar info sih barusan tanggal 24agt beli tiket dari surabaya-singapore PP harga 1,2jt all in termasuk bagasi 20kg (jaga2 sih saya buat oleh2) terus hostel nya di footprints 4malam total 760rb via agoda..

    Kali aja ada yg berangkat tanggal segitu ayok bareng2..saya brgkat dr surabaya jam 7.30 pagi via AirAsia….

    Email aja [email protected] ato pin 2776fa2b..

  38. Saya mau tanya buat jalan jalan kesingapur backpacker Dan yang lainya,
    Apakah sewaktu di bandara Jakarta di tanya kartu kredit dan uang yang di bawa untuk di tunjukkan….
    Makasih atas infonya sangat bermanfa’at…

  39. hay saya mau ke singapura tanggal 29-2 october. saya blm dapat tmpt penginapan. dan yg saya lihat klo booking via online harus pake kartu kredit, dan saya tdk punya. ada yg punya saran.saya berdua dengan teman saya perempuan, ada yang mau bareng ?

  40. salam kenal,… rencananya feb 2014 nnti aq dan 2 teman q mau backpackeran untuk pertama kali nya ke SG, kira2 hal apa yah yg harus kami siapkan & kami ketahui supaya liburan nya nanti berjalan lancar,. terus bagi2 tips atw referensi cari makanan halal dan murah disana dong? klo untuk wc umum mudah ditemukan gak disana? terima kasih sebelumnya

  41. Mau tanya nih, saya rencana mau ke sing 4d3n.. tapi ada rencana mau ke malay juga, jadi 2 malam berada di kereta krn bolak balik, dari sing ke malay dan dari malay ke sing, sehingga tidak perlu mencari penginapan. menurut mas memungkinkan ga ya? karena saya sampai sing jam 22.40.. dan ad tips dan trick ga menjawab pertanyaan petugas imigrasi? Terima kasih atas sarannya

    1. enggak apa sih, bilang aja jujur, emang cuma liburan sebentar jadi bolak – balik malaysia singapore dan ga perlu nginep. cuma kayaknya endak bakal ditanya begitu sih :D passport indonesia udah lumayan di percaya kalau levelnya asean terus naik kereta :)

      1. Ohh gitu.. Ok deh makasih ya mas.. nanti kalau bingung mau tanya2 lagi hehe.. oh ya.. mas backpack pake ransel kah? or ad pakai bagasi? soalnya rencana ga mau pakai bagasi jadi semua tas di kabin aja hehe.. ada tips nya ga biar tas muat di kabin? n tas ransel berapa liter ya yg kira2 muat di kabin? kemarin sih baca di peraturan tiger air, 2 tas dengan berat 10 kg mas.. thanks yu ya..

        1. santaii, silahkan tanyakan disini atau di twitter @indBackpacker pasti bantu jawab, paling ga di bantu RT deh :D pengalaman saya dua kali ke singapore ga pernah bawa ransel berat – berat. bawa daypack aja *ga tau kalau cewe, biasanya bawaannya lebih banyak daripada cowok* kalau buat common traveling, ransel 40 atau 60 liter udah cukup sih :). example saja saya ke jepang dua minggu cuma bawa ransel 60 liter :D makanya kalau cuma 3-4 hari daypack udah lebih dari cukup :D *sekali lagi barang bawaan cewek sama cowok beda*

          1. Hahah.. iya juga sih ya kalau cewe lebih banyak bawaannya.. tapi sepertinya kalau mau jd backpacker harus rela ga bawa banyak2 hahaha biar ga berat juga :d.. makasih banyak ya mas.. btw.. salam kenal :)

          2. hahaa, ya disesuaikan deh :D bawa backpack juga boleh kok. kalau saya kan bawa yang ringan soalnya doyan jalan kaki ke mana – mana *biar ringan* salam kenal juga ya :) semoga tulisan saya bisa membantu dan berguna :D

  42. iyaaa mas, ssangat berguna sekali tulisan mas.. jangan bosan2 dan terus menulis mas.. uda di bookmark blog nya nih.. biar ga ketinggalan cerita perjalanan nya hehe.. :) happy travelling…

    1. tergantung destinasi sih, kalau sering naik turun mrt mending beli singapore tourist pass, kalau enggak ez link yang di top up sesuai kebutuhan :) kalau niatnya explore tiap sudut singapore, singapore tourist pass wajib dibeli :)

  43. Pingback: Traveling Pun Tidak Selalu Menyenangkan!
  44. Pingback: This is it! Kalender 2013, Plan your travel itineraries!
  45. Pingback: Eco Traveling yaa, Bukan Ego Traveling!!!
  46. Pingback: Kursi gratis Air Asia rute international, yang bikin panik!
  47. Pingback: Dream Create Future - Catatan Perjalananku
  48. Pingback: Bounty day cruise ke pulau Nusa Lembongan
  49. Di Singapore ada ada yg namanya Singapore Tourist Past (STP) kan buat naik segala macem bulai dari MRT sama SBS Transit. Settingnya sih perhari itu 10 SGD biasanya disediakan 3 hari tapi harus bayar 40 SGD karena yang 10 SGD itu untuk deposit. Klo kartunya dibalikin yg 10 SGD juga dibalikin.

    1. iyaaa itu STP berguna banget buat yang banyak keliling singapore :D kalau enggak banyak pindah tempat sih EZ Link card udah cukup. top up 15 SGD bisa buat beberapa hari :D

  50. Pingback: Get Lost in Singapore, Go Adventure And See This!
    1. kalau enggak salah banyak travel agent di indonesia yang jual tiket universal studio singapore deh. kalau enggak bisa langsung beli dari webnya pake kartu kredit :)

  51. Punya usul …untuk ngadain backpacker ke Singapore.Maksimal 10 orang.Biar ada temen seperjalanan.Maklum cewek ga berani klo ga didampingi cowok atau pergi rame-rame.Biar seru via Batam aja.Gimana?

  52. Saya tgl 22 November ini mau backpackeran ke sg .. sy mau tny utk daerah hostel yg di daerah mas sebutkan itu aman ga ya?? saya niat ke sana sendiri soalnya hehe makasih :)

  53. Pengen juga ke singapore tp masih ragu sendiri secara ga pernah backpakeran sebelumx jangankan LN ke luar kota aja ga pernah,,,,lo ada yg mau ksna bisa donk ikut nimbrung plus nyari temen nyasar hehe…

  54. ane mau mbolang ke Sin gan, ada yg mau bareng ?
    ane brgkat dari ngurah rai jam 17.00 wita
    2 hari doang
    udah booking di Fragrance hotel sekitar Geylang (2 stars doang hwehwehwe)
    23-25 Juni 2015
    klo ada yg minat gabung brng kali jalan2 bareng ?
    WA : 081934784250

  55. Hai.. Mau tanya deh.. Rencana mau ke sg bulan april 2016, nah ak cek di traveloka hostel kan biasanya suka ada foto kamar2nya tuh.. Ada yg 1 kamar isi 8 kasur. Kalau saya brgkt cuma ber3 di kasih ruangannya untuk 3 org kan atau di campur dengan wisatawan lainnya? Dan untuk kamar mandinya di dalam atau diluar ya? Tq ya..

  56. Mau nambahin hostel recommended 1 lg..namanya Mercury backpack hostel terletak di lavender street. Ga jauh dr Lavender MRT station. Tersedia jg female dormitory. Jadi buat para ladies yg agak kurang suka dgn mixed dormitory seperti sy bs jg nginep disitu. Jika ingin nitip tas sebentar krn tiba lebih awal ato cek out kecepetan jg bs. Ada jacucci jg di rooftop tp pas sy kesana sedang tdk beroperasi sih ?

  57. Berlibur ke Singapura bisa dibilang patut dicoba buat kita semua. Terutama bagi yang belum pernah travelling ke luar negeri. Selain harga tiketnya yang bersahabat, transportasi disana sangat memadai meskipun biaya hidup dan hotel disana terbilang mahal ya. Untuk wisata alam tentu tidak sebagus di Indonesia tetapi wisata kota nya layak dikunjungi. Umumnya orang-orang mampir ke universal studio, tapi wisata kota yang gratisnya juga banyak dan instagram-able. Menurut saya, singapura bisa dijadikan ajang “pemanasan” bagi kita-kita untuk liburan ke luar negeri yang lebih jauh. Kalo teman-teman berkenan mampir ke blog saya buat baca review liburan ke Singapura.
    makasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *