#Giveaway Time! Kritik Dan Saran Untuk Travel Video Buatan Catperku

Jeng jeng…! Giveaway time!!!

Terakhir kali catperku.com berbagi oleh-oleh lewat giveaway kapan ya? Udah lupa deh~

Hehee!

Makanya, sekarang ini catperku.com lagi pengen bagi-bagi hadiah untuk pembaca setia travel blog ini. Hadiahnya mungkin sederhana, tetapi yang pasti akan banyak manfaatnya. Bermanfaat untuk traveling dong tentunya! Namanya juga travel blog, jadi sebisa mungkin Giveawaynya juga barang yang bermanfaat untuk piknik!

Giveaway Time! Kritik Dan Saran Untuk Travel Video Buatan Catperku-2
Giveaway Time! Kritik Dan Saran Untuk Travel Video Buatan Catperku

Nah, sebelum ngomongin rule dan cara ikutan Giveaway, mau kasih tahu dulu ya apa hadiahnya~

1. Tas Backpack Kece Limited Edition!

Tas Backpack #INATopBucketList International blogger trip, limited edition!
Tas Backpack #INATopBucketList International blogger trip, limited edition!

2. Tas Daypack Wonderful Indonesia Yang Nggak Kalah Kece Juga!

Tas daypack wonderful indonesia.
Tas daypack wonderful indonesia.

3. Tumbler Wonderful Indonesia Buat Kalau Traveling

Tumbler wonderful indonesia
Tumbler wonderful indonesia, bikin kalian nggak terlalu banyak pake botol plastik ketika traveling!

4. Kopi Flores Yang Aduhai Lezatnya~

Kopi flores yang pasti lezat~~
Kopi flores yang pasti lezat~~

Suka sama hadiahnya nggak? Limited edition semua looh~

Jadi nanti akan ada 3 pemenang totalnya, dan masing masing akan mendapat satu bungkus Kopi Flores plus salah satu item entah tas backpack, daypack atau tumbler! (bakal di undi siapa bakal dapet apa, setelah ditentuin 3 pemenang)

Nah, sekarang waktunya ngomongin cara ikutan Giveaway Travel Blog Catperku kali ini. Cara ikutannya gampang kok!

Kalian tau kan kalau saya barusan bikin video terbaru tentang perjalanan saya di Kalimantan selama 2 minggu yang bisa kalian lihat disini ([Video] Terios 7 Wonders : Borneo Wild Adventure 2015). Sementara itu travel video pertama yang saya buat saya adalah petualangan di Sulawesi selama 2 minggu juga, yang bisa dilihat disini (Terios 7 Wonders : Amazing Celebes Heritage Adventure Video).

Dan, cara ikutan giveaway akan berhubungan dengan kedua video itu… Baca dengan seksama peraturannya dibawah ini :D

Sekarang Cara Ikutan Giveaway Di Travel Blog Catperku!

  1. Saya cuma mau minta kritik dan saran untuk travel video yang saya buat itu, antara yang pertama dan yang terakhir kali saya buat. Misal bagaimana perbedaannya, apakah makin baik atau malah makin ancur :P. Buat saya, kritik dan saran itu salah satu cara agar bisa berkembang. Kritik pedas juga boleh, kalau kurang pedas tambahin cabe saja. Kalau ada saran sih, boleh banget kasih tahu ke saya :D. O iya, Kritik dan saran nanti bisa ditulis di komentar postingan Giveaway ini.
  2. Lalu syarat selanjutnya seperti biasanya, baca lalu komentar atau kasih tanggapan di salah satu tulisan saya manapun di travel blog catperku.com ini yang kalian suka! Bebas, yang mana aja, pokoknya tulisannya kalian sukai~ (baca dan komentar di lebih dari satu tulisan juga boleh :D)
  3. Share informasi giveaway ini ke akun social media kalian (FB atau twitter) dengan hastag #GiveawayPesonaIndonesia.
  4. Udah, gitu aja! O iya, jangan lupa kasih identitas kalau nulis kritik dan saran di blog post yang ini. Boleh email, boleh akun twitter! Kalau masih kurang jelas, bisa tanya lewat komentar atau langsung mention aja ke twitter @catperku ya :)

Mohon Maaf, Karena Giveaway ini Diperpanjang hingga 5 Desember 2015 ya! Tapi Tenang Saja Hadiahnya Bakal Nambah Seperti Dibawah ini! *kemungkinan bakal updated juga kalau ada tambahan oleh-oleh sepulang dari Flores tanggal 23 November ini* Good Luck!

Tas daypack eiger keren edisi khusus Pesona Indonesia! Tas ini nggak dijual di manapun loh!
Tas daypack eiger keren edisi khusus Pesona Indonesia! Tas ini nggak dijual di manapun loh!
Flashdisk, powerbank, kain tenun keren dari indonesia.travel
Flashdisk, powerbank, kain tenun keren dari indonesia.travel

 

Yang Banyak Dicari

  • cara buat vidio giveaway
  • Contoh Kritik pres travel
  • contoh video yang bisa di kasih kritik dan saran
  • saran untuk youtuber biar dapet giveaway
About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
60 Responses
  1. Ikutan aaahh mas fahmi.. Ini pengamatan saya yg notabene org awam dan bukan ahli di bidang pervideoan ya, apalagi di bidang telekomunikasi & informasi… tapi boleh lah klo utk jd sekretarisnya menpora. Eehh ini lg bahas video atau roy suryo sih??
    Yg Sulawesi: music terlalu monoton, ketika men-shoot pemandangan bnyk yg kdng goyang, apalagi ketika ada adegan shoot kaki ketika di perahu, ini ngebikin jd antiklimaks ???? Tapi video underwaternya kereeenn..
    Yg Borneo: musicnya lbh asik, tampilan view lbh keren apalagi yg di bagian terakhir (keknya pakai drone ya), video underwater-nya so so, tapi udh gak ada kaki yg di-shoot. Hihihiii.. Sukses bikin mupeng deh ????

    Duuhhh, tetau udh pnjng aja komennya. Udh ah, nti bisa kena UU ITE *lah, nyambung ke situ lagi. Hahaa..*

  2. Dear mas Fahmi, aku izin ikutan giveawaynya ya hehehehhe

    Kalau membandingkan video pertama [https://catperku.com/terios-7-wonders-amazing-celebes-heritage-adventure-video/] dan yang terakhir [https://catperku.com/video-borneo-wild-adventure-2015/] saya lebih suka yang terakhir, mas. Karena video terakhir lebih banyak menampilkan gambar kegiatan maupun eksotisme atau keindahan lokasi-lokasi yang dikunjungi, sedangkan pada video pertama menurut saya terlalu `iklan`.

    Saya juga ada beberapa masukkan untuk videonya mas Fahmi nih, pertama mungkin cahaya pada video bisa lebih ditingkatkan, saya melihat cahaya pada kedua video tersebut terlalu suram (mungkin pengaruh kabut asap pada saat gambar diambil ya mas).

    Masukkan selanjutnya adalah mas Fahmi agar bisa lebih menyapa penonton, bisa diawal maupun diakhir video. Sapaan dalam arti kata bicara didepan kamera, supaya lebih hangat gitu mas hehehhehe

    Itu saja masukkannya mas, semoga berkenan.

    Salam,
    @adisn84
    http://www.adindut.com

  3. Ikutan komen ya, kalau mau dibandingkan antara video 1 (Borneo) dan video 2 (Celebes) soal musik pengantar enakan di video 1 meskipun soal musik selera, kalau di video 2 musiknya seperti musik pengantar perjalanan terus, untungnya masih terdengar suara asli dari video seperti suara air jadi nggal bosan dengarnya.

    Video 1 (Borneo) lebih banyak menampilkan destinasi sedangkan video 2 (Celebes) lebih banyak menampilkan perjalanan.

    Kesamaan video 1 (Borneo) dan Video 2 (Celebes), sama-sama nggak ada pengantarnya baik di awal ataupun di akhir video. Cuap-cuap dikitlah kasih tau ini lagi menuju ke mana, atau ini apa walaupun di video sudah ada teksnya.

    Trims

    mulyati.asih15@gmail.com

  4. Videonya keren semua, mas :-D
    Ada beberapa perbedaan yang terlihat sih emang mas. Kalo yang di Sulawesi menurutku lagunya udah bagus, cuma kameranya terlalu banyak goyang, tapi tetep keren sih.

    Kalo yang di Borneo bener-bener beda rasanya, kombinasi antara Gopro + Drone emang jago dah hahahhah. Lagunya dapet, pemandangan dari sisi manapun dapat, dan nilai plusnya adalah keterangan lokasinya mas. Itu juga yang membedakan antara video pertama dan kedua. Liat yang di Borneo nggak cuma pemandangan, tapi informasi (lokasi)nya pun kita dapatkan.

    @Nasirullah5itam

  5. Halo, Mas. Saya nggak rutin baca blog ini, sih, sejujurnya. Tapi beberapa kali singgah. Lumayan lengkap ulasannya. Lalu, kalau diminta komen soal travel video, sebagai orang awam yang nggak begitu tahu video, mungkin ulasannya begini:

    Perbandingan dari video pertama dan terakhir dibuat, kentara sekali kalau gadget yang dipakai berbeda ya. Ini dilihat dari hasil video pertama yang terkesan buram dan kualitas gambar kurang jernih. Gradasi warna alamnya kurang kelihatan nendang. Penning di saat menari terlalu cepat, bikin pusing saat melihat, dan nggak fokus. Kok saya yakin, sebenarnya Mas pingin nunjukin orang-orang yang semuanya nari ya. Bukan kilasan gambar saja. Di video pertama juga nggak ada subjudul yang ditulis. Saya yang awam tapi kepo ini, jadi gagal paham, itu lokasi di Sulawesi sebelah mana? Hehe. Selebihnya lumayanlah. Itu saja yang utama, sih. Kalau bisa penningnya dikurangi saja, hehe.

    Kalau video terakhir, kayaknya udah terlatih ya. Gadget yang dipakai pun berkelas dan banyak campuran (ada drone yang dibawa Barry Indtravel, GoPro, sama kamera hape), jadi kelihatan di kualitas gambar yang dihasilkan. Jarang penning. Penning pun sudah sedikit lebih pelan dibandingkan video pertama. Subjudul sudah jelas banget, info yang ingin disampaikan ke pemirsah nan budiman sampai walau tanpa voice over naskah dibacakan. Susunan videonya juga teratur. Jelas banget kalau ngeditnya niat, haha.

    Udah, sih, gitu saja. Semoga saya dapat tas ransel merah atau botol minum. Amin *ditendang*

  6. Halo kak catperku a.k.a kak Fahmi,
    Saya Ica, salam kenal.

    Terima kasih videonya berhasil bikin iri. Mau juga donk jadi blogger traveler.

    Setelah nonton video pertama. Menarik sih, cuman perpindahan dari satu angle video ke angle video lain lumayan bikin sakit kepala sih. Perpindahannya belum smooth. Maunya sih kalau view diving, saya lebih suka pemandangan bawah laut seperti apa, dibanding pose narsis. Biar bisa merasakan seperti apa suasana di dalam lautnya.

    Video kedua lebih baik. Sepertinya. Karena saya buka pakai tampilan mobile. Jadi, cuma bisa nonton separuh bagian kiri aja. Mungkin size video bisa disesuaikan dengan ukuran tampilan mobile blog. Saya pribadi lebih berharap kalau videonya pure hasil take kak Fahmi.

    Terima kasih atas pengertiannya. Mohon maaf bila kata-katanya terlalu pedas, padahal cabenya sudah dikurangi.

    Salam hangat dari Makassar,
    Nurfaisyah Salam
    Email: nurfaisyahsalam@gmail.com
    Twitter: @nurfaisyah_

  7. Mau komen pedas ah *siapin bubuk cabe*

    Video pertama; sulawesi
    Saya suka karena suara-suara sekitar di masukin ke dalam video (gak hanya musik melulu). Tapi, sayangnya malah ada beberapa adegan vital yang gak ada suaranya (kayak mukul gendang, pas ritual, dll) keasikan sama musik.
    Kamera terlalu shake saat merekam. Wajar sih ya ini video pertama..

    *sebar bubuk cabe ????

    Video ke-dua; Borneo Wild Adventure
    Gambar sudah lebih bagus, lebih bersih. (Peralatan udah lebih bagus ya + dibantuin yg lain juga)
    Di video ini walaupun masih belum ada interaksi, penonton sudah mengerti di bawa ke mana berkat teks.
    Musicnya gak ada yg lain ya, bosen juga gak ganti-ganti.

    Kesimpulan..
    Kedua video terlalu monoton, gak ada interaksi sama sekali, kesannya lebih mirip video trailer 15 detik, dan kurang menjual.

    Mungkin untuk video berikutnya wajib ada interaksi, lagi di mana-mau ke mana, yang gak hanya dikasih tau oleh teks. (Interaksi dengan penduduk lokal bisa jadi poin ++, bahkan bbrp pembuat travel video ini adalah hal penting, wajib)
    Suara dari luar jangan dihilangkan, hanya saja di atur seapik mungkin.
    Music bisa di tambah beberapa, pas adegan pemandangan musiknya bisa yg selow. Sebaliknya pas adegan action seperti mobil berangkat dan sebagainya bisa pakai musik yg up-beat. Di mix aja dengan suara asli dalam videonya.
    Oh iya untuk musik, bisa play 8-15 detik (tergantung) > scene interaksi > ganti musik > ganti scene > interaksi > kasih musik.. Begitu-begitu lah.. Minta saran sama mas Barry kayaknya jago tuh ;)

    *sebar bubuk cabe..
    Eh udah ya, maaf kalo pedas. Haha

    *kasih air biar adem

    @sandyituBT

      1. Hm….sudah ku duga.

        Itu memang software impian saya. Tapi sayang sekali spek kompi agak mengkhawatirkan.

        Pernah pake software editing lain atau sekedar rekomendasi?

        Maaf malah jadi konsultasi disini :)

  8. Video Borneo: Beberapa shoot nya rada goyang diambil, sehingga gambarnya kadang blur… Tapii kalo disuruh milih aku tetep lebih suka video Borneo ini, karena mungkin didukung ama soundtrack yang bagus, dan cocok ama videonya, jadi lebih menarik saat ditonton.. Tambah lagi, kegiatannya lebih seru yang Borneo ini Mas.. Paling suka deh yg bagian buaya, ama berenang di Derawan :).. berasa banget adventurenya ;)

    Nah kalo video yang Celebes: dari segi pengambilan gambar malah lebih jernih nih :D.. Tapi lagunya monoton mas… Rada bosen kalo didenger ampe abis, apalagi karena dari segi kegiatan selama di sana, sepertinya juga lebih seru yg Borneo sih :D So, aku nontonnya juga lebih ngerasa excited yang Borneo.

    Cheers ;)
    @f4nf4n

  9. Halo mas Fahmi, perkenankan saya buat ngasih kritik dan saran yaa buat- video-videonya mas.

    Setelah saya melihat video Amazing Celebes Heitage Adventure dan Borneo Wild Adventure, saya melihat adanya perkembangan dalam penyampaian videonya.
    Tapi saya masih belum terlalu exciting ketika melihat intro dan bumper opening dari videonya.
    Kiritik dari saya:
    – opening videonya masih terlalu standart dan belum bisa membranding video perjalanan dari Catperku banget.
    – Kemudian juga masih banyaknya beberapa part video yang pengambilannya over-shaking. Dan dari keseluruhan video belum sinkron dengan lagu, atau bisa dikatakan pergantian frame antar video belum mengikuti up beat dari backsoundnya.
    – Pemberian credit / caption di beberapa part video juga lumayan kurang nyambung dengan video framenya mas apalagi di video Amazing Celebes.

    Saran saya buat kedepannya:
    – Coba mas Fahmi memberikan part opening di video dengan menggunakan logo Catperku seperti logo pada header blog ini mas. Kalau misalkan perjalanan mas Fahmi itu dinsponsori oleh suatu agent / event bisa juga kan opening dikasih logo Catperku dan logo agent / event yang mensponsori. Biar ada brandingnya dan penonton ngeh kalo video itu videonya Catperku.
    – Trus mas, buat ngehindari video yang over-shaking alangkah bagusnya kalo pake tripod. Trus kalau misal keadaan gak memungkingkan buat pake tripod misal di dalem mobil / di atas boat bisa diakali dengan pengambilan video frame bergerak misalnya dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah.
    – Trus juga memanfaatkan fokus kamera mas, misal ada objek yang pengen di-shoot nah biar ada efek yang videografis banget bisa objeknya di-shoot blur dulu trus fokus ke objeknya (hampir sama kayak ngambil video dengan efek bokeh perkotaan)
    – Buat pemberian caption di beberapa part video yang mengambil shoot tempat2 yang berbeda, lebih bagus lagi kalau captionnya itu menunjukan nama dan lokasinya secara jelas (gak harus detil kok mas, misal nama pantai, jembatan, atau kotanya)
    – coba memasukkan juga suara asli dari videonya misalkan itu suara dari mobil, musik dan tarian adat, atau suara pas lagi di dalem air, porsinya sekitar 30% suara backsound video dan 70% suara asli video. Tapi dibeberapa bagiannya aja mas gak harus semua part video kok hehe
    – dan terakhir nih mas, di bagian akhir videonya juga dikasih ending dan credits juga. Kan dari beberapa part video mas Fahmi juga sempet minjem video dari om Barry, mas wiranurmasnyah dkk kan. di credit closing video juga dikasih semacam copyright nya gitu, bisa juga di kasih ucapan terimakasih ke agent / event tsb dan yang paling akhir di kasih logo catperku juga.

    Udah mas segitu aja kritik dan saran yang bisa saya kasih :)
    Saya juga masih harus banyak belajar tentang videografis (kebetulan jurusan kuliah saya lumayan berhubungan dengan videografis) dan saya juga banyak belajar dari tulisan-tulisan mas Fahmi, saya sering baca blog Catperku tapi jarang bisa komen karena cuman pake hp hehe.
    Dan kebetulan juga saya suka nulis perjalanan saya di blog, yaa walaupun itu cuman di sekitaran Malang dan Jawa Timur aja (masih newbie). belum sekeren dan sekece Catperku haha :D
    Tapi saya salut lho mas Fahmi yang dari dulu konsisten jadi Travel Blogger, doakan saya bisa mengikuti jejakmu mas haha, bisa keliling Indonesia dan luar negeri juga.

    Saya tunggu postingan-postingan yang lebih keren lagi mas. Tetap semangat! :)

    @feryarifian

  10. Ikuta ya mas, kalau menurut saya lebih suka melihat video yang kedua. Untuk backsound keduanya OK, tapi secara teknis memang di video kedua lebih bagus. Mungkin karena udah pengalaman juga sehingga banyak perbaikan. Gimana kalau ada narasi sedikit, bisa lewat tulisan divideo tentang informasi lokasi dan prolog diawal dari, pastinya biar bisa dengerin suara merdunya mas Fahmi, hehehe..Sedikit ada suara manusia biar video lebih hidup mas.
    Segitu aja yaa,
    Prima Hapsari @primahapsari83

  11. ([Video] Terios 7 Wonders : Borneo Wild Adventure 2015)
    Tempo: ada beberapa scene yang memiliki tempo yang tidak tepat. Entah itu terlalu cepat atau terlalu lama. Seperti scene start awal mobil yang terlalu lama. Pada detik 0:44 terlalu lama pengambilan gambarnya.
    Framing yang kurang pas dan terlalu banyak gambar yang goyang. Tentang warna video juga kurang berwarna atau pucat.
    Scene ketika di derawan keren banget!!!!!!!!

    (Terios 7 Wonders : Amazing Celebes Heritage Adventure Video).
    Video yang ini terkesan terlalu memaksakan. Terlalu banyak scene yang dipaksa masuk dalam video tsb. Banyak scenen yang singkat, namun scenen yang terlalu lama. Ada beberapa scene yang sebaiknya tidak ditampilkan. Teknik pengambilan gambar kurang proporsional terlalu banyak noise suara.
    Scene ketika di underwater keren banget mas!!!!!!

    Kalo dibandingkan, lebih bagus video Terios 7 Wonders: Borneo Wild Adventure 2015.
    :D

    @rivaihidayat

  12. @jiahjava

    video 1: cepet bgt tp, ada yg goyang. tp view laut, hutannya keren…. enaknya sih dikasih suara, bkn musik.
    vidio 2: ini bikin ati ngenes. posisi anak naik sepedanya burem.

    smua vidio seolah bilang, yg pertama Indonesia yg kaya lalu vidio dua Indonesia rusak di tangan manusia

    bikin iri, mau traveling, mau buat video jugaaaa

  13. Kaaakkk aku mau day pack ‘Pesona Indonesia’ ya *request*

    Wah, jujur aja baru nonton video2 mu, Mik … hehe *maap*

    Tapi pada intinya sih, emang udah banyak ya kemajuannya yaa *halah kayak tau aja haha*

    Yg ketauan banget sih, di video yg 2015, udah ada deskripsi di video tersebut ya, jadi org yg nonton bs ngeh, oh ini lagi ada kegiatan ini itu, and lokasinya di sini sinu.

    Trus emang udah keliatan banget lbh canggih nih yg di video 2015, mulai dari equipment nya, udah pake GoPro ama Drone – keren deh pas pake drone, editing-nya juga lbh oke and mulus kayak paha ayam, dan less shaky ya.

    Terakhir sih dari audio nya ya. Yg di video 2014, masih ada suara asli dari video yg direkam, tapi kl yg di 2015, semuanya udah full pake soundtrack music ya. Kl aku sih emang suka yg pake soundtrack music ya, tp kadang suka jg denger suara asli huhahaha *galau*, mungkin pas di akhir2 dikasih suara asli nya tuh oke – misalnya pas setting nya di saat perpisahan ato apa lah.

    Intinya … kemajuannya udah oke banget lah … Ngiler ama org yg bisa bikin video pas travelling … moment2 mana aja yg diambil huahuaahaha … *ajarin aku kaakkk :3*

  14. Duh bingung mau komen apa, secara kagak paham hal ngedit video. Tapi kok aku malah lebih suka yang video di sulawesi ya….terlihat lebih dinamis, kualitas gambar oke, perpindahan adegan video satu ke video yang lainnya tek…tek..tek…alias lancaaarrr. Dari darat ada laut ada bahkan dari pesawat juga ada. Mas Fahmi rambutnya juga nggak gondrong lagi #eh…. Tapi jika ditambah video pakai drone yang di sulawesi kayaknya lebih keren lagi Hahahahaha. Karena video durasinya singkat pas banget jika mengambil inti dari sebuah perjalanan dalam sebuah bingkai video mini.Menurute nyong ya masih wajar lah namanya juga masih belajar, coba kualitas videonya kayak di film dokumenter natgeo pastinya ga bakalan ngadain giveaway kayak gini hehehe. Itulah tadi sekilas pandangan mata dari kacamata orang Banjarnegara. twitter @hendisetiyanto

  15. Hallo bang fahmi, salam kenal :)
    ikut ngeramein giveawaynya yaaa :D

    Video pertama (Terios 7 Wonders : Amazing Celebes Heritage Adventure Video)
    Menurut saya :
    – Pembukaannya masih standart sekali
    – Video yang diambil kebanyakan over shaking, kalau ambil di area laut sih boleh masuk pengecualian
    – Menurut saya musiknya masih terlalu over tune
    – Ada bagian yang seharusnya ada interaksi justru tidak terdengar/ kurang jelas (ex : waktu main seruling, tabuh kendang dan gong, terus waktu apa itu yaa… ritual adat kah?)
    – Perpindahan antar frame video satu ke yang lain kurang mulus, seakan masih comot & tempel

    Video kedua ([Video] Terios 7 Wonders : Borneo Wild Adventure 2015).
    – Pembukaan kurang jelas maksudnya
    – Perpindahan tulisan dlm frame terlalu cepat
    – penutup, biasa saja.

    Saran :
    – Untuk pembukaan, lain kali sebaiknya dimulai dengan opening suara dan dijelaskan apa tujuan pengambilan videonya, bang :)
    – Untuk masalah over shaking, menurut saya mungkin bisa ditangani dengan penggunaan tripod… untuk masalah video perjalanan/ petualangan sih menurut saya masih lumrah kalo ada shaking, tapi kalau bisa diminimalisir sebanyak mungkin :)
    – Soal musik, saya lebih memilih yang video awal (Terios 7 Wonders : Amazing Celebes Heritage Adventure Video) karena musik dengan beat awal sampai akhir yang menggebu itu cocok saja dibandingkan dengan video kedua yang terkesan ada kalemnya, karena soundtrack juga penting untuk membuat para penonton semangat ngelihatnya, pengaturan besar-kecilnya suara juga perlu dipertimbangkan, jangan sampai suara terlalu over tune sehingga menenggelamkan bagian yang harusnya ditonjolkan
    – Soal perpindahan antar video ke video lain saya rasa masih terlalu kasar, mungkin bisa diperhalus lagi agar tidak terkesan asal tempel :)
    – Kalau ada keterangan tulisan dalam video, lebih baik diperpanjang durasi tulisan itu muncul, usahakan penonton jangan sampai mengulagi video dan kalau bisa tidak mengganggu pemandangan di video, contohnya mau fokus ke vidio ada tulisan muncul… ehh cepet banget, kan tidak enak rasanya :)
    – untuk penutupnya mungkin diberi credit bang, yang ngerekam siapa, kameranya minjem atau gimana, rasa terimakasihnya pada penduduk setempat, etc lahh :)
    – overall bagus, video kedua juga mengalami peningkatan dalam sudut kualitas dan pengambilan gambar. hanya saja saat mendengar suaranya saya kurang nyaman, dan pergerakan tulisan terlalu cepat.

    Sekian bang, kritik dan saran dari saya. maaf kalo agak pedes2 gimanaa gitu :D

    Twitter @yoggysatya

  16. Dzulfikar

    Bro, gw akhirnya ikutan yah,,, hehehe. ada plus minus sama sarannya juga….

    Plus
    * Ada perkembangan signifikan dari video pertama ke video kedua, mulai dari pemilihan lagu, dan of course gadget yang digunakan.
    * Story board itu penting bro. Jadi kalo diliat lagi, video kedua told much story than before.
    * Tampilan mobil udah kece mulai dari perjalanan sampai ketangguhan mobil berhasil di rekam dengan baik. Cuma mungkin porsinya memang kurang klo diliat dr sudut pandang branding mobil. Klo dari sudut pandang traveler udah pas lah. Iklan kan muncul dikit doang hehehe.
    * Beberapa scene dramatis mulai bisa ketangkep di video kedua terutama yang pas ngasih makan buaya.
    * Borneo Adventure pesannya udah cukup ketangkep meski memang masih kurang tereksplore lebih dalam.

    Minus
    * Overshaking memang ngeselin banget klo pas ditonton. Soalnya fokus kita jadi berkurang. Di video pertama emg lbh byk dari video kedua.
    * Interaksi dgn alam, orang hrs full framing, kesannya yang ada ini setengah2, jd penonton bingung sebenernya apa sih tujuannya atau pesan yg sesungguhnya dingin disampaikan.
    * Durasi nanggung klo adventure kyk gini cm 2-3 menitan aja.
    * Mungkin krn pake gadget yang berbeda jd kualitas gambar kadang bagus kadang enggak. Jd kurang maksimal hasilnya.
    * Gak ada testimoni dr traveler, penduduk atau source yang bisa ngasih pandangan ttg aktifitas yang dilakukan.

    Suggestions
    * Coba bikin trailer 1 menit aja untuk mangkas scene2 dramatis buat opening sblm video utama launch.
    * Video adventure ya kira2 spy bercerita banyak minimal 5 menit lah. Klo cerita 2 minggu cuma ditampilin 2-3 menit rasanya kurang.
    * Efek dramatis misalnya gambar diperlambat (slow motion) gw liat blm ada. Itu yang bikin video lbh dramatis padahal sebenernya biasa aja hahahah.
    * sunset sm sunrise itu video yang wajib dimasukin saat lo adventure bro. Apalagi klo bikin pake timelapse. pasti keren dah.
    * Untuk lagu, liat pasar Indonesia bro. lo bisa liat deh soundtrack yang dipake my trip my adventure… #selarapasar bro. Jd jgn pake selera lo sendiri misalnya dangdut koplo wkwkwkw…
    * Klo bisa pake slr bro, efek bokeh itu bener ngaruh banget sm hasil video. Liat deh video video di NET. Lbh keren dr produksi di Transtv ato Trans7.
    * Frame di youtube ini gak full frame bro. Klo bisa di pelajari lagi skill render sm editing spy pas di youtube full framing. Jd space item dibawah sm atas bisa ilang sama sekali. Biar puas nontonnya kyk di Blitzmegaplex ehehe.
    * Pas record gw saranin setel di fitur fine atau resolusi tertingg (RAW) spy pas diedit lbh maksimal hasilnya
    * Gw dl edit video lbh enak pake iMovie. Pakenya enak banget dan simple. Hasilnya juga oke lah. Gak harus pake macbook sih, bisa hackintosh hahaha.
    * gw sepakat sm yg udah komen diatas, caption video itu penting banget spy match dgn story board.
    * Logo-logo sponsor, title roll gitu2 juga oke sbg printilan tambahan.

    Keep moving lah. Klo udh punya gopro lbh dimaksimalin aja krn wide anglenya banyak bercerita. Yah hrs byk liat video2 go pro di channel youtubenya bro sebagai referensi. Cakep2 dah terutama pas diving lagi.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: