Mau Rental Wifi Luar Negeri? Baca Dulu Beberapa Tips Ini!

Kamu mau rental wifi luar negeri? Atau mau sewa wifi untuk liburan ke Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Australia, Jepang dan mungkin ke Eropa? Baca dulu tips dan rekomendasi saya dibawah ini ya! Karena memang sekarang untuk urusan jalan-jalan dan traveling itu semakin dipermudah dengan berbagai kemajuan teknologi.

Ya, jadi mungkin dulu kalau liburan ke luar negeri itu harus ribet aktifkan roaming dulu ke customer servis masing-masing operator seluler yang dipakai di Indonesia. Atau ada juga yang lupa mengaktifkan roaming, lalu pas pulangnya kaget karena tagihan roaming membengkak (sekarang hal ini masih bisa terjadi, dan saya pernah mengalami sekali).

Atau mungkin harus beli sim card lokal dulu agar bisa tetap online selama di tujuan. Gak enaknya kalau beli sim card itu harus lepas pasang simcard di smartphone dulu. Selain itu beli sim card lokal itu kadang harus antri lumayan panjang. Hal seperti ini pernah terjadi ketika saya sedang liburan ke Malaysia. Jadi…. ya lumayan ribet deh!

Untungnya traveling jaman now itu makin mudah. Jaman sekarang sudah banyak bermunculan paket sewa wifi atau paket rental wifi luar negeri bermunculan. Tentunya dengan harga yang makin bersahabat. Bisa dibilang ini adalah solusi sempurna untuk yang gak mau bayar roaming kemahalan atau ribet beli sim card lokal ketika liburan ke luar negeri.

Punya Rekomendasi Rental Wifi Luar Negeri Gak?

Paket rental wifi luar negeri JavaMifi bisa dipakai di Jepang dan lebih dari 100 negara di dunia!
Paket rental wifi luar negeri JavaMifi bisa dipakai di Jepang dan lebih dari 100 negara di dunia!

Nah, sebelum melanjutkan tentang tulisan tips untuk kamu yang mau sewa wifi buat liburan ke luar negeri, ini sedikit cerita tentang salah satu brand rental wifi luar negeri rekomendasi saya nih. Namanya, JavaMifi. Ada beberapa hal yang membuat saya merekomendasikan kamu untuk menggunakan rental wifi luar negeri JavaMifi. Beberapa hal tersebut adalah :

  1. JavaMifi ini mengkover lebih dari 160 negara! Tentunya termasuk jaringan 4G yang ada di negara tersebut juga. Kalau sudah menggunakan jaringan 4G, sudah pasti koneksinya kenceng! Yang paling penting, sewa wifi di JavaMifi ini gak perlu pakai deposit!
  2. Harganya bersahabat, misal untuk sewa wifi Singapore dan Malaysia harganya mulai dari 25 ribu per hari! Yang menarik, JavaMifi ini punya paket berlangganan bulanan untuk kamu yang sering traveling ke luar negeri mulai dari 299 ribu per bulan. Ini nanti kalau ada kesempatan buat touring keliling dunia atau touring keliling Asia Tenggara bisa pake deh. Terus bisa bayar pakai debit card atau credit card juga!
  3. Koneksi aman karena pake enkripsi WPA2, dan sudah pake VPN! Terus Kuota Unlimited, gak kena roaming! Paling males kalau ada paket rental wifi luar negeri pake kuota. Apalagi buat saya yang aktif berbagi konten video baik di Instagram, atau di channel youtube catperku!
  4. Satu modem wifi bisa dipake untuk traveling pindah-pindah negara! Seperti di eropa misalnya. Gak perlu lagi ribet kalau mau pindah negara.
  5. Bisa diambil di Bandara Terminal 3 bandara International Soekarno Hatta. Atau kalau mau dikirim, ongkirnya juga gratiss! Pengembalian tanpa ribet, karena bisa dikembalikan di Indomaret dan Alfamart yang cabangnya banyak itu.
  6. Dan yang paling penting, selain koneksinya kenceng, batere modem wifi juga tahan lama sekitar 15-20 jam pada 4G.

Ada yang pernah pake juga gak? Share pengalaman kamu menggunakan JavaMifi di kolom komentar yak! Atau kalau kamu mau pakai JavaMifi, bisa langsung kunjungi aja websitenya ke www.JavaMifi.com deh!

Itu juga yang membuat saya menggunakan produk ini untuk liburan ke Jepang. Selain koneksinya kenceng, yang paling saya sukai dari JavaMifi adalah daya tahan baterenya yang lama itu. Soalnya kalau pas lagi di Jepang, saya bisa diluar seharian penuh, sering berpindah tanpa punya waktu untuk charging gadget. Ya, meski ada powerbank, biasanya saya prioritaskan untuk cadangan daya smartphone atau kamera sih. Boleh dicoba deh pakai JavaMifi untuk yang mau traveling ke Jepang!

Mau Rental Wifi Luar Negeri? Baca Dulu Beberapa Tips Ini!

Yang pasti, mau rental wifi luar negeri dimanapun, kamu harus perhatikan beberapa hal ini. Terutama sebelum kamu coba rental wifi untuk dipakai di luar negeri.

Apakah harus bayar deposit ketika sewa wifi, dan Seberapa besar depositnya?
Apakah harus bayar deposit ketika sewa wifi, dan Seberapa besar depositnya?

1. Apakah Harus Bayar Deposit? Seberapa Besar Depositnya?

Biasanya nih, kebanyakan untuk paket rental wifi luar negeri itu ada deposit buat jaminan modem wifi yang dipinjamkan. Dan kadang besar jaminan sewa wifi itu cukup lumayan yah. Bisa dibilang adanya kadang deposit juga cukup memberatkan buat traveler berbudget cekak. Karena itu, kalau ada opsi paket sewa wifi luar negeri tanpa deposit, pasti saya utamakan.

2. Seberapa Besar Kuota Wifi Yang Kamu Sewa? Apakah Bisa Unlimited?

Pertama kali tahu dengan paket sewa wifi Jepang dulu (sekitar tahun 2013), kebanyakan paket sewa wifi itu ada batasan kuota. Atau kemarin waktu liburan ke Hainan juga sempet dipinjemin modem wifi yang ada kuotanya. Paket rental wifi luar negeri yang ada kuotanya itu enggak banget. Mau live instagram mikir dulu, upload video ke Youtube apalagi. Bisa-bisa kuota bakal abis cuma buat upload 1-2 video Youtube!

Karena itu saya paling senang menggunakan paket sewa wifi yang nggak ada batasan kuota atau kuota datanya unlimited. Jadi nggak perlu mikir lagi kalau mau banyak share pengalaman traveling ke luar negeri. Terus kalau ngak pake batasan kuota, bisa berbagi koneksi juga dong. Gak perlu pelit sama temen. Atau malah mungkin bisa patungan buat sewa wifi? Ini yang bikin traveling juga lebih menyenangkan.

3. Jaringan Wifi Support 4G Atau Hanya 3G?

Paket rental wifi luar negeri yang bisa terkoneksi ke jaringan 4G itu perlu banget. Pertama, masalah kecepatan! Sudah pasti kalau koneksinya menggunakan teknologi 4G, bakal lebih kenceng untuk sekedar browsing atau berbagi konten ke media sosial.

Terus, selain masalah kecepatan, baterai modem wifi bakal lebih awet kalau selalu terkoneksi di jaringan 4G. Terutama kalau kamu liburan ke negara yang koneksi internetnya kenceng seperti Korea Selatan nih. Udah pasti jangan mau pakai paket sewa wifi Korea Selatan kalau modem wifinya cuma support 3G! RUGI BESAR!

Sebaiknya hindari sewa wifi yang memiliki jatah kuota!
Sebaiknya hindari sewa wifi yang memiliki jatah kuota!

4. Apakah Penggunaan Device Wifi Mudah?

Karena mau liburan, sudah pasti nggak mau ribet sama yang namanya setting wifi kan? Jadi sebaiknya menggunakan paket rental wifi luar negeri yang menyediakan modem wifi user friendly. Paling enggak kalau sudah sampai tujuan, kamu tinggal nyalain modem wifinya, menghubungkan smartphone dengan modem wifi dan langsung bisa online.

Gak ada lagi yang namanya setting modem, setting dns dan segala macam lainnya. Selain buang-buang waktu, bakalan ngerusak suasana liburan loh. Misal kamu pakai paket sewa wifi jepang yang ternyata sesampainya disana harus atur macam-macam agar bisa online. Kamu pasti kesel, baca tulisan kanji dan hiragana aja sudah bikin pusing. Apalagi harus seting modem wifi! Hiiih!

5. Bagaimana Pengambilan Modem Wifi Yang Disewa, Dan Setelah Pulang Dari Luar Negeri Bagaimana Proses Pengembalian Wifi Yang Disewa?

Salah satu pertimbangan ketika saya mau sewa wifi untuk liburan ke luar negeri adalah bagaimana proses pengambilan dan pengembalian device modem wifi. Sudah pasti saya nggak mau ribet sama masalah ini. Minimal, saya bisa ambil di bandara keberangkatan, dan pengembalian juga bisa di bandara.

Atau kalau nggak bisa dibalikin di bandara, bisa balikin pake paket pengiriman masih gak masalah. Asal customernya nggak perlu bayar ongkos kirim balik. Lebih enak lagi kalau saya bisa dapetin paket sewa wifi Surabaya. Soalnya saya tinggal di Blitar, jadi ya lebih sering berangkat dari Bandara Juanda Di Surabaya deh.

Sewa wifi yang bisa dipakai dimana saja, baik pindah negara atau bahkan pindah benua.
Sewa wifi yang bisa dipakai dimana saja, baik pindah negara atau bahkan pindah benua.

6. Modem Rental Wifi Luar Negeri Tadi Bisa Dibawa Pindah-Pindah Negara Gak? Untuk Paket Sewa Wifi Eropa Misalnya!

Fitur paket sewa wifi ini terlihat sepele, tapi ini akan sangat penting jika kamu akan menggunakan paket sewa wifi eropa. Kenapa? Karena tentunya di eropa ada banyak negara berbeda kan? Atau mungkin ada yang travelingnya pakai pindah benua? Masak tiap kali pindah negara dan benua harus ganti wifi atau harus setting ulang wifi?

Karena itu, sebaiknya kamu tidak salah untuk memilih paket sewa wifi eropa. Jangan sampai waktu liburan ke Eropa, ternyata paket rental wifi luar negeri kamu cuma bisa dipake di satu dua negara saja di eropa. Mampus dah, masak harus pake roaming? Jadi pastikan dulu kalau mau ke eropa, sewa wifi di tempat yang benar. Pastikan yang bisa digunakan untuk lintas negara dan lintas benua. Seperti paket rental wifi luar negeri di JavaMifi misalnya.

7. Tim Support Tempat Sewa Wifi Bagaimana?

Terakhir yang tak kalah penting ketika memilih paket rental wifi luar negeri adalah, bagaimana tim support atau customer servisnya. Meskipun saya selalu berharap tak ada masalah selama liburan, namun bagaimana jika ada masalah dengan modem wifi yang kita pakai. Apakah penyedia sewa wifi tadi bisa membantu kapan saja? Minimal, ada contact center yang bisa langsung kita hubungi dengan mudah kalau modem wifi yang disewa bermasalah!

***

Nah, itu lah kira-kira beberapa pertimbangan saya untuk memilih paket rental wifi luar negeri. Semoga bisa berguna buat kamu yang akan liburan atau traveling ke luar negeri, dan ingin tetap online dengan sewa wifi. Ada yang mau nambahin? Tulis aja di kolom komentar yang ada di bawah saja ya!

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: