Rekomendasi Tempat Wisata Di Kansai Area (Kyoto, Osaka, Himeji, Nara dan sekitarnya)

Selain Tokyo,  area Kansai adalah tujuan wisata populer di Jepang. Terutama untuk first timer, atau yang baru pertama kali mengunjungi Jepang. Untuk turis dari Indonesia sendiri, Kansai International Airport adalah salah satu pintu masuk ke Jepang selain dari Tokyo. Nggak ada salahnya kok sesekali menjelajah area di luar Tokyo.

Kansai Area ini juga memiliki banyak daya tarik wisata lho. Paling terkenal mungkin adalah area Kyoto, karena memang sedari dulu Kyoto ini adalah salah satu tujuan wisata Jepang nomor wahid, terutama ketika musim semi. Sudah bisa dipastikan, Kyoto pada musim semi akan penuh sesak dengan wisatawan.

Pun, setiap musim sepertinya kota itu tak pernah sepi. Terakhir berkunjung ke Kyoto adalah pada musim gugur tahun 2018. Pada waktu itu, saya mengunjungi Kyoto dan beberapa kota di sekitarnya seperti Kota Himeji, Uji, Otsu, dan Nara. Memang tujuan saya pada waktu itu bukan cuma mengunjungi beberapa tempat wisata di Jepang yang belum pernah saya kunjungi. Namun juga berburu kuliner Jepang yang enak enak.

Itinerary perjalanan keliling area Kansai tersebut saya tulis di Itinerary Liburan Ke Jepang – Osaka Kansai Gastronomy And Culinary Exploration 7 Hari 6 Malam disini. Sementara itu pengalaman berburu kuliner di sekitar Kyoto Osaka juga saya tuliskan disini. Nah, kalau di tulisan ini saya akan membahas tentang beberapa tempat wisata di Kansai Area yang sempat saya kunjungi kemarin.

Tempat wisata di dekat Kyoto Osaka itu ada banyak banget! Jadi gak cuma keliling kota saja!
Tempat wisata di dekat Kyoto Osaka itu ada banyak banget! Jadi gak cuma keliling kota saja!

Tentunya nggak hanya tulisan saja, tapi juga ada travel vlog selama traveling di Jepang waktu musim gugur. O iya, kalau kamu mau melihat beberapa travel vlog atau video tentang Jepang lainnya kamu bisa main ke channel youtube saya di youtube.com/catperku. Jangan lupa like, share dan subscribe juga ya!

Rekomendasi Tempat Wisata Di Kansai Area (Kyoto, Osaka, Himeji, Nara dan sekitarnya)

Kira-kira berikut dibawah ini adalah beberapa tempat wisata di Kansai Area yang sempat saya kunjungi ketika liburan ke Jepang di musim gugur kemarin.

1. Dotonbori Area

Dotonbori in adalah salah satu tempat wisata di Osaka paling populer. Makanya sudah sejak lama saya ingin berkunjung ke tempat wisata di Osaka yang ini. Sejatinya Dotonbori ini adalah sebuah jalanan yang sejajar dengan Kanal/Sungai. Jadi selain jalan kaki di sepanjang Dotonbori, saya juga bisa naik perahu di sepanjang sungai yang ada di dekat dotonbori.

 

 

Waktu terbaik untuk mengunjungi Dotonbori adalah malam hari. Karena pada malam hari semua lampu neon yang ada disini akan menyala, dan membuat tempat ini semaki meriah. Asiknya lagi, ini adalah salah satu tempat wisata Gratis di Osaka. Jadi selain meriah, tempat ini juga murah. Murah-meriah gitu! Jangan lupa juga untuk belanja di tempat ini ya!

2. Himeji Castle

Himeji Castle (姫 路 城, Himejijō), atau juga dikenal sebagai Shirasagijo. Dikenal seperti itu karena penampilannya yang elegan dan berwarna putih. Kastil ini dianggap sebagai kastil paling keren di Jepang karena ukuran dan keindahannya yang mengesankan. Selain itu kastilnya yang sangat terawat. Saya mengamininya, karena kastil ini memang masih berdiri dengan kokoh meski umurnya sudah ratusan tahun. Kastil ini juga merupakan harta nasional Jepang dan situs warisan dunia.

 

 

Tidak seperti banyak kastil Jepang lainnya, Kasti Himeji ini tidak pernah dihancurkan oleh perang, gempa bumi atau kebakaran karena api. Kastil Himeji masih berdiri tegak dan bertahan hingga hari ini. Kebetulan kemarin saya sempat berkunjung ke Kota Himeji, mampir ke Himeji Castle dan membuat travel vlognya di bawah ini.

3. Gunung Hiei

Mount Hiei, Hieizan, atau Gunung Hiei! Siapa yang menyangka kalau tak jauh dari Kyoto ada tempat semenarik ini. Ada banyak jalur trekking, pemandangan musim gugur yang keren, hingga beberapa kuil berumur ratusan tahun disini. Misalnya ada Kuil Enryakuji yang merupakan salah satu kuil tertua di Jepang.

 

 

Dulunya Kuil Enryakuji ini adalah rumah para biksu pejuang yang legendaris. Pun akhirnya mereka diserang oleh Oda Nobunaga, dan area Kuil Enryakuji tadi dibakar. Namun sekarang Kuil Enryakuji tadi sudah dibangun kembali. Bahkan ketika saya berkunjung kesana kemarin, ada satu area yang sedang direnovasi. Asiknya, kalau main ke tempat wisata di dekat Kyoto ini kamu bisa merasakan sensasi naik gunung dengan Cable Car.

4. Fushimi Inari

Fushimi Inari ini adalah tempat wisata di Kyoto paling banyak saya kunjungi. Pertama kali saya kunjungi di tahun 2013, lalu saya kunjungi lagi dua kali di tahun 2018. Pun begitu, saya nggak pernah bosan kok berkunjung ke tempat ini. Soalnya tempatnya memang menarik, selain tentunya ini adalah tempat wisata di Kyoto yang gratis. Kalau mau tahu seperti apa Fushimi Inari ini, kamu bisa tonton travel vlog Kyoto tentang Fushimi inari dibawah ini ya:

 

 

Sementara itu kalau mau tahu bagaimana cara pergi ke Fushimi Inari kamu bisa melihat videonya dibawah ini:

 

5. Kyoto Tower

Kyoto Tower ini adalah salah satu tempat wisata di Kyoto yang nggak bisa kamu lewatkan. Terutama kalau kamu ingin menikmati Kota Kyoto dari ketinggian seperti yang saya lakukan kemarin. Menara setinggi 131 meter berlokasi di seberang Stasiun JR Kyoto ini adalah tempat tertinggi di Kyoto. Jadi dari atas menara ini saya bisa melihat dengan jelas Kota Kyoto di segala penjuru.

 

 

Menara Kyoto atau Kyoto Tower sendiri selesai dibangun pada tahun 1964. Itu adalah tahun yang sama dengan pembukaan jalur shinkansen dan Olimpiade Tokyo. Pemandangan Kyoto secara 360 derajat terlihat dengan jelas disini. Tak hanya menara pandang, disini juga terdapat restoran, toko souvenir, hotel dan bahkan ada musholla yang bisa digunakan umat muslim beribadah.

 

 

6. Taman Nara (Nara Park)

Kalau ada yang tanya, tempat wisata di Nara mana yang wajib dikunjungi, pasti saya jawab “Nara Park” atau Taman Nara! Selain tempat wisata ini gratis, saya bisa bertemu dengan banyak rusa bersahabat di Taman Nara. Bahkan disana ada yang menjual makanan rusa juga. Jadi tidak hanya melihat para rusa imut tadi, saya juga bisa memberikan makanan kepada mereka.

 

 

Tapi jangan kaget ya kalau mereka cukup agresif kepada orang yang sedang membawa makanan. Pun begitu, berinteraksi dengan para rusa di Taman Nara ini adalah salah satu aktifitas yang menyenangkan ketika berwisata ke Kota Nara. Taman Nara ini lokasinya hanya berjarak lima menit berjalan kaki dari Stasiun Kintetsu Nara atau sekitar 20 menit berjalan kaki dari Stasiun JR Nara.Taman Nara juga bisa dikunjungi dengan naik dengan bus. Ada beberapa halte bus di sekitar taman ini.

7. Danau Biwa (Lake Biwa)

Lake Biwa atau danau biwa adalah danau terbesar di Jepang, yang lokasinya ada di Perfektur Shiga. Orang Jepang sendiri mengenal danau ini dengan nama “Biwako”. Senang sekali kemarin saya mendapat kesempatan untuk mengunjungi Danau Biwa di musim gugur. Tidak cuma berkesempatan melihat keindahan danau, tapi saya juga mengikuti tur naik kapal pesiar mewah sambil berkeliling danau. Mau tahu seperti apa serunya? Tonton saja videonya dibawah ini ya!

 

8. Kiyomizudera dan sekitarnya

Memakai Baju Kimono sembari berkeliling Kyoto adalah salah satu kegiatan yang gak bisa dilewatkan. Kyoto ini mempunyai banyak lokasi yang fotogenik. Baik untuk kebutuhan foto Instagram, atau yang lainnya. Yang jelas, kalau lagi liburan ke Kyoto, jangan lupa untuk menyewa Kimono seperti yang saya lakukan.

 

 

Setelah itu baru merasakan Kyoto yang sesungguhnya dengan mengenakan baju tradisional Jepang ini. Salah satu tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi sambil memakai Baju Kimono adalah area di Sekitar Kiyomizudera. Disini ada banyak banget rumah Jepang yang masih asli dari jaman dulu. Jadinya, suasa Jepangnya akan lebih terasa gitu!

Ini saya lagi naik ropeway di Hieizan atau Gunung Hiei! Pemandangannya cakep dari sini!
Ini saya lagi naik ropeway di Hieizan atau Gunung Hiei! Pemandangannya cakep dari sini!

Nah, diatas itu adalah rekomendasi tempat wisata di Kansai Area termasuk tempat wisata di Kyoto, Osaka, Himeji, Nara dan sekitarnya! Kira-kira dari semua tempat wisata diatas, kamu paling ingin mengunjungi yang mana? Boleh lho kamu share pendapatmu di kolom komentar yang ada dibawah!

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
4 Responses

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: