Pantai Selong Belanak : Eat, Surf, and Fun!

Dua kali berkunjung ke Pantai Selong Belanak tidak lantas membuat saya bosan dengan pantai yang ada di Lombok Selatan ini, bahkan kunjungan kedua ini membuat saya semakin ingin kembali lagi ke pantai ini. Betapa tidak, lebih dari satu tahun dari kunjungan pertama saya ke Pantai Selong Belanak, sepertinya pantai ini semakin asik saja!

Nggak aneh kalau kemudian pantai ini bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi terbaik di Lombok. Bahkan sampai-sampai ada yang menyebutkan kalau Selong Belanak ini adalah “Hawainya Lombok”. Padahal sih ini lebih keren lagi! Iya nggak? Lokasi Pantai Selong Belanak berada di Lombok Selatan sekitar 60 Km dari Kota Mataram. Jalan menuju pantai ini cukup baik jika kalian datang dari Kota Mataram.

Kira-kira bakal memerlukan waktu sekitar dua jam perjalanan jika datang ke Pantai Selong Belanak dari arah Mataram, tetapi hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit saja jika datang dari arah Kuta, Lombok Selatan. Akses jalan dari kedua arah tadi sudah sangat baik, tidak seperti beberapa tahun lalu yang masih berupa jalan setengah rusak, sekarang ini aspal hitam yang keras sudah menghiasi di sepanjang jalan menuju pantai ini.

Dengan akses yang begitu mudah, pantai ini sepertinya semakin populer saja dari hari ke hari. Dengan tidak adanya tiket masuk (masuk ke pantai gratis!), tetapi hanya membayar tarif parkir sebesar IDR 5000 untuk sepeda motor dan IDR 10.000 untuk mobil. Tentunya makin banyak dong, yang mau sekedar berlibur dan bersenang senang di Pantai Selong Belanak. Kemarin, waktu saya berkunjung ada banyak bule yang sengaja datang ke pantai ini, entah untuk sekedar bersantai, atau yang sedang belajar menunggang ombak.

(Baca Juga : Pantai Nyasar, Errr, Eh, Bukan Pantai Cemara Namanya)

Di pantai ini bisa juga untuk berlatih surfing

Di pantai ini bisa juga untuk berlatih surfing

Ya! Pantai Selong Belanak sekarang ini, sudah mulai populer sebagai tempat untuk berlatih surfing! Memang karakteristik pantai yang landai, dengan ombak yang tidak terlalu besar cukup mendukung untuk dijadikan sebagai tempat berlatih surfing. Pantai ini mirip dengan Pantai Kuta yang ada di Bali. Bedanya, Pantai Selong Belanak, 100 persen lebih bersih, dan lebih sepi!

Sayangnya di pantai ini tidak ada yang menyewakan papan surfing. Satu – satunya penyewaan papan surfing terdekat ada di daerah Kuta, Lombok Selatan yang berjarak 30 menit dari pantai ini. Karena itu juga akhirnya saya pun urung mencoba kehebatan ombak di Pantai Selong Belanak. Padahal kalau melihat kondisi pantai, sangat cocok untuk surfer pemula.

Tidak bisa bermain surfing di pantai ini tidak lantas membuat saya kecewa, karena bermain pasir sehalus tepung dan air laut yang berwarna biru toska di pantai ini pun menyenangkan juga. Jarang – jarang loh, ada pantai dengan pasir yang begitu halus seperti di Pantai Selong Belanak. Bahkan, Bali yang namanya sudah mendunia pun tidak punya pantai dengan pasir yang seperti ini.

Ada beberapa warung untuk menyantap kuliner seafood di pantai ini.

Ada beberapa warung untuk menyantap kuliner seafood di pantai ini.

Selain itu, posisi pantai yang menjorok di dalam teluk membuat pantai ini aman untuk berenang ataupun bermain main air. Di bagian pinggir ombaknya juga tidak terlalu besar. Makanya di pantai ini bisa berenang sambil menikmati gradasi warna biru laut alami yang membuat siapapun terkagum kagum. Nggak salah kalau saya bisa betah berlama lama di pantai ini.

Bagi pecinta suasana pantai sunyi sepi yang seakan milik sendiri, tentunya Pantai Selong Belanak menjadi pantai di Lombok yang wajib dikunjungi. Selama disana saya juga sempat melihat beberapa perahu di pantai ini. Mungkin milik penduduk lokal yang bekerja sebagai nelayan, yang tinggal di dekat Pantai Selong Belanak.

Di pantai ini bisa juga untuk berlatih surfing

Di pantai ini bisa juga untuk berlatih surfing

Nah, dengan kondisi seperti itu, jangan kaget jika kombinasi bermain pasir dan air laut di pantai ini bisa membuat lupa daratan. Kalau saya sih, ingetnya daratan waktu lapar doang. Hehee! Eh, kalau ngomongin lapar, jangan takut kalau bakal enggak bisa makan di pantai ini! Soalnya ada yang bisa dicoba disini.

Jadi, meskipun pantai di Lombok ini lumayan jauh dari pusat kota dan keramaian, di Pantai Selong Belanak sudah ada warung makan juga lho! Rata – rata mereka menjual nasi campur dan kelapa muda segar sebagai minumannya. Di tempat ini juga ada penduduk lokal yang menjual seafood hasil tangkapan mereka.

Seafood tadi pun tidak dimasak dengan bumbu spesial, cara memasaknya dibakar saja, dan dimakan dengan sambal pedas. Meskipun begitu, jangan diragukan rasanya ya! Memakan seafood di tepi Pantai Selong Belanak lah yang selalu membuat saya kangen untuk kembali berkunjung ke tempat ini.

Cumi dan ikan tengiri bakar seperti ini bisa didapatkan dengan harga Rp 25.000 di Pantai Selong Belanak. Paling enak di makan dengan sambal dan kecap, plus kelapa muda sebagai minumannya

Cumi dan ikan tengiri bakar seperti ini bisa didapatkan dengan harga Rp 25.000 di Pantai Selong Belanak. Paling enak di makan dengan sambal dan kecap, plus kelapa muda sebagai minumannya

(Baca Juga : Pantai Tangsi, Pantai Pink Dengan Latar Belakang Gunung Rinjani)

Peta Jalur Cara Ke Pantai Selong Belanak, Dari Mataram Dan Kuta, Lombok Selatan

Ada banyak cara ke Pantai Selong Belanak ini. Salah satunya adalah berkendara sendiri dengan sepeda motor atau mobil. Seperti yang sudah disebutkan diatas, dari arah mataram menuju ke pantai selong belanak akan ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam dengan melewati jalan yang sudah diaspal halus. Panduan pertama menuju Pantai Selong Belanak dari Mataram adalah arah ke jalur Bandara Internasional Lombok.

Baru kemudian ketika menemui perempatan Batujai, dilanjutkan belok kanan mengikuti tikungan sampai di depan Masjid Nurul Huda Batujai. Pada pertigaan masjid tersebut lanjutkan belok kiri menuju ke jalur Penujak sampai di tikungan pasar.

Pantai Selong Belanak yang berada di Lombok Selatan ini masih belum terlalu ramai

Pantai Selong Belanak yang berada di Lombok Selatan ini masih belum terlalu ramai

Dari situ teruskan hingga sekitan 30 meter dari pasar tersebut. Setelah itu barulah berbelok kanan melewati Desa Mungkur. Dari Desa Mungkur lurus saja, sampai menemui pertigaan dengan Gapura dari Besi bertuliskan Selong Belanak. Kalau sudah sampai sini berarti pantai sudah tidak jauh lagi, tinggal lurus saja.

Untuk rute singkat menuju Pantai Selong Belanak adalah sebagai berikut ya: Mataram – Jalur Bandara Internasional – Perempatan Penujak ke Kanan – Pertigaan Masjid Nurul Huda Batujai – Belok kiri ke Jalur Penujak – Pasar Penujak Belok Kanan – Gapura Masuk Selong Belanak

Jika masih bingung, bisa menggunakan panduan peta dibawah ini:

Terimakasih kepada google map  kita bisa melihat peta dibawah ini, untuk melihat jalan ke Pantai Selong Belanak.

Peta Menuju Pantai Selong Belanak

Peta Menuju Pantai Selong Belanak

Fasilitas Wisata Yang Ada Di Selong Belanak

Terdapat areal parkir yang digunakan oleh mobil dan sepeda motor dengan membayar sesuai informasi diatas. Disini juga bisa naik perahu yang disewakan oleh nelayan setempat baik sekedar untuk hiburan atau untuk aktivitas memancing. Jika ingin menginap di dekat Pantai Selong Belankaak, penginapan yang ada didekat pantai ada di daftar yang ada bawah ini.

Penginapan Atau Hotel Di Dekat Pantai Selong Belanak

Nggak cuma orang lokal, disini banyak bule yang berlatih surfing.

Nggak cuma orang lokal, disini banyak bule yang berlatih surfing.

Untuk yang ingin bermalam tak jauh dari Pantai Selong Belanak direkomedasikan menginap di beberapa hotel yang ada di dekat Pantai Selong Belanak ini.

Tips Berlibur Ke Pantai Selong Belanak

Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dengan ombak yang tenang.

Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dengan ombak yang tenang.

(Baca Juga : Tips Dan Trik Backpacking Ke Lombok)

  • Meskipun jalanan di Lombok sepi, jangan ngebut ya naik sepeda motornya. Dan kalau bingung jangan sungkan tanya
  • Karena pantai ini cukup terbuka dan panasnya luar biasa, jadi jangan lupa memakai sunblock dulu.
  • Usahakan ada yang menjaga barang ketika bermain di pantai. Lebih baik diamankan dulu atau lebih baik tidak membawa barang berharga ketika berkunjung ke pantai ini.
  • Tempat parkir mungkin akan berpasir, jadi harus berhati hati jika tidak ingin kendaraan terjebak di pasir.
  • Selain Pantai Selong Belanak, didekatnya juga terdapat Pantai Mawun, Pantai Kuta, Pantai Sade, Pantai Seger dan Pantai Tanjung Aan
  • Waktu terbaik untuk berwisata di Pantai Selong Belanak adalah jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Sebaiknya jangan pulang terlalu malam karena jalanan minim penerangan.
  • Jangan pernah duduk di bawah payung di pinggir pantai jika tidak memesan makanan atau minuman dari warung yang memiliki payung tersebut. Sebaiknya membeli dahulu baru duduk disana.

Nah, bagaimana? Rencana liburan selanjutnya bisa dong berkunjung ke Pantai Selong Belanak yang ada di Lombok ini!

Yang Banyak Dicari

32 Responses

  1. Cumi MzToro says:

    Beberapa kali ke lombok tapi belum kesampean kesini, kata jasa rental mobil kalo jalanan menuju selong belanak ini ancur total jd mereka ngak mau nganterin hahaha.

    Beneran ngaksech ???

    • Rijal Fahmi Mohamadi says:

      sekarang udah endak ancur kok mas cumi~~ mulus dah sekarang,, pantat bayi aja kalah~~ aspal item~~ (data terakhir maret 2013) baik dari arah kuta, lombok atau mataram. buruan kesini deh, mumpung jalanya belum ancur lage :3

  2. jense07 says:

    untuk homestay di daerah sana apa ya gan??
    info dan CP-nya dong…

    thankss

  3. Sity says:

    Yapzz tp sekarang udah ngg se indah dulu kak.

  4. Sity wah! emang kenapa? Terahir kesini udah lumayan lama sih :|

  5. Sity says:

    Udah ngg se alami dulu kak. Panas sekarang d sana

  6. emang dari zaman dulu sampai saat ini di daerah pantai selatan lombok panas, jadi bukan hanya saat ini saja ,, salam LOMBOK TOUR & TRAVEL PARTNER

  7. hahaha lombok memang panas kalo daerah selatan dan timur nya . kalok yg adem sih di kamar pakek AC . Salam Lombok Tour & Travel Patner from Explore Lombok Travel

  8. Selong Belanak ini pantai nya masih bagus.. Kemarin saya pergi, pasir yang kena air laut seperti cermin..sangat indah..

  9. Tapi view yang paling bagus di Pantai Mawun..

  1. June 7, 2013

    […] utama saya di Lombok kali ini adalah Senggigi! Yak Sengigigi yang ada di Lombok Utara! Bukan Lombok selatan atau Lombok Timur lagi Ya! Nah! Ketika mendengar Senggigi, dalam imajinasi pasti terlintas gambaran […]

  2. October 11, 2013

    […] yang berbentuk homestay yang mirip seperti di Jalan Poppies, Kuta, Bali. O iya, secara kebetulan di Lombok Selatan namanya juga Kuta, tetapi dibacanya […]

  3. November 7, 2013

    […] Pantai Selong Belanak, primadona yang ada di Lombok Selatan […]

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: