Pantai Green Bowl Beach Bali Yang Menguras Tenaga Tapi Bikin Bahagia!

Pantai Green Bowl Beach Bali ini mengingatkan saya pada sebuah perjalanan naik gunung beberapa waktu lalu. Saya teringat bagaimana rasanya berjalan melalui puluhan anak tangga. Itu adalah ketika beberapa tahun lalu saya naik ke puncak Gunung Bromo yang juga harus melewati puluhan anak tangga untuk naik ke puncaknya.

Bedanya kalau ke Gunung Bromo naik, kali ini turun plus ada naiknya juga. Jadi capeknya double deh. Kali ini memang karena saya memang bukan pergi naik gunung seperti ketika hiking ke Gunung Batur. Tetapi kali ini saya sedang mengunjungi salah satu hidden beach Bali yang masih jarang di kunjungi.

Pantai Green Bowl Beach adalah pantai yang berada di bagian selatan Pulau Bali. Dan sebagian besar landscape dari Pulau Bali bagian selatan adalah berupa perbukitan. Otomatis Pantai Green Bowl Beach yang lebih dikenal karena ombak yang bagus ini berada di bagian bawah bukit. Jadi persiapkan tenaga ekstra untuk mencapai Pantai Green Bowl yang cantik ini.

Pantai Green Bowl Beach, ini dikenal Juga sebagai Pantai Bali Cliff karena lokasinya berada jauh di bawah tebing. Selain itu pantai ini merupakan salah satu hidden beach yang dimiliki Pulau Bali. Nggak banyak orang yang berkunjung kesini. Apa munggkin karena jalannya yang beneran bikin capek ya? Tapi yang pasti, liburan ke Bali wajib mampir ke pantai ini!

Biasanya Pantai Green Bowl Beach ini dikunjungi oleh beberapa turis untuk berenang atau surfing
Biasanya Pantai Green Bowl Beach ini dikunjungi oleh beberapa turis untuk berenang atau surfing

Tidak salah memang jika Pantai Green Bowl Beach mendapat titel sebagai salah satu hidden beach-nya Bali. Pantai ini sangat sepi, tak banyak orang berada disini waktu saya kunjungi. Kondisinya agak mirip dengan ketika saya berkunjung ke Pantai Karma Kandara Beach. Ketika saya berkunjung ke Pantai Green Bowl waktu itu, saya hanya melihat dua orang bule yang sedang asik tiduran dan berenang.

Memang selain ombak yang bagus untuk surfing, pantai ini juga cocok untuk sekedar bersantai atau berenang. Meskipun waktu terbaik untuk berenang adalah ketika air laut pantai ini sedang surut ya. Karena kalau kondisi lagi pasang, lansekap pantai yang penuh karang cukup berbahaya jika digunakan untuk berenang.

Kalau boleh saya bilang, tipe Pantai Green Bowl Beach ini mirip seperti Pantai Bingin. Ketika air laut surut, gugusan karang di pantai ini akan mengurung air yang tertinggal, dan membentuk sebuah kolam renang alami yang cantik. Bisa dibilang di pantai ini banyak terdapat jacuzzi alami raksasa lah :D

Sementara itu orang lokal berkunjung kesini biasanya untuk mencari ikan
Sementara itu orang lokal berkunjung kesini biasanya untuk mencari ikan

Selain jacuzi alami yang mempercantik suasanan pantai, ada lagi satu hal yang membuat Pantai Green Bowl Beach ini berbeda dengan pantai lain di bagian selatan Pulau Bali. Di pantai ini terdapat beberapa goa kecil yang didalamnya dihuni oleh ratusan kelelawar. Hemm, sepertinya kok malah terdengar seram ya?

Tapi Jangan takut untuk mencoba masuk kedalamnya, karena kelelawar ini hanya akan keluar pada malam hari untuk mencari makan. Dan sepertinya mereka sudah terbiasa dengan kehadiran pengunjung. Hanya, siap – siap saja menutup hidung karena bau “pup” si kelelawar penghuni gua bakal sangat menyengat dan tidak enak jika tercium.

Beberapa gua alami bisa ditemukan di Pantai Green Bowl Beach ini
Beberapa gua alami bisa ditemukan di Pantai Green Bowl Beach ini

(Baca Juga : Gak nemu Pantai Payung, Pantai Geger Pun Jadi)

Selidik punya selidik, ternyata pantai ini sebenarnya memiliki tiga buah nama lho. Yaitu Pantai Green Bowl, Pantai Bali Cliff, dan Hidden Beach atau pantai tersembunyi di Bali. Katanya disebut pantai Green Bowl Beach karena ketika laut surut pantai ini akan membentuk kolam alami atau jacuzi seperti mangkuk berwarna hijau.

Sementara Bali Cliff  berasal dari nama sebuah hotel yaitu Bali Cliff berada tepat di atas tebing pantai ini. sedangkan yang ketiga dinamakan Hidden Beach karena memang lokasi pantai ini cukup tersembunyi dibalik bukit. Pun lokasinya agak tersembunyi, jalan menuju ke pantai ini cukup bagus kok. Paling tidak jalanan ke pantai ini lumayan mulis.

Namun nama yang paling terkenal adalah Pantai Green Bowl Beach. Terkenal karena siapa lagi kalau bukan karena bule – bule yang haus sama ombak bagus buat surfing! Biasanya mereka memang berkunjung ke Pantai Green Bowl Beach ini untuk menaklukkan ombak liarnya. Pada kondisi terbaiknya, ombak panai ini memang sangat pas untuk surfing.

Tak banyak orang tahu mengenai keberadaan pantai ini
Tak banyak orang tahu mengenai keberadaan pantai ini

(Baca Juga : Pantai Terbaik Di Pulau Bali Yang Wajib Dikunjungi!)

Iya, wisata pantai di Bali Selatan ini memang cocok sekali untuk menghabiskan hari dengan suasanya yang penuh ketenangan. Apalagi setelah menghabiskan banyak tenaga untuk mencapai Pantai Green Bowl Beach dengan menuruni puluhan anak tangga. Tapi jangan lupa yaaa!

Untuk kembali ke atas puluhan anak tangga tadi masih ada menunggu kamu. Isitilahnya “Bercapek – capek dahulu tetap capek kemudian, mau lewat manapun capeknya sama”. Yep, istilah tadi memang berlaku jika datang ke pantai ini. Yah, cuman capek fisik sih, yang akan terbayarkan dengan pesona keindahan Pantai Green Bowl.

Tips Wisata Ke Pantai Green Bowl Beach

Jalan turun ke pantai lumayan curam, jadi harus hati-hati
Jalan turun ke pantai lumayan curam, jadi harus hati-hati

Jika ingin berkunjung ke pantai tersembunyi di Bali selatan ini. Ada beberapa tips untuk dibaca terlebih dahulu agar liburan ke pantai di Bali ini lebih aman dan menyenangkan. Tipsnya adalah sebagai berikut.

  1. Selalu perhatikan kondisi air laut. Jika terlihat air laut akan pasang, sebaiknya segera kembali keatas karena akan berbahaya.
  2. Sebaiknya berkunjung ke Pantai Green Bowl Beach pada siang hari dan pada kondisi air laut sedang surut. Karena itu adalah waktu terbaiknya.
  3. Bawa sunblock untuk menghindari kulit terbakar sinar matahari
  4. Pastikan kondisi badan sedang fit, karena pantai ini tidak seperti pantai yang lain. Untuk menuju ke area Pantai Green Bowl Beach kalian harus menuruni ratusan anak tangga (ada yang bilang 400-an) sebelum akhirnya sampai ke bibir pantai. Itu berarti, setelah turun kalian juga harus naik kembali kan? Meskipun begitu, tingkat kesulitannya masih berada di bawah Pantai Nyang Nyang.
  5. Disarankan membawa bekal terutama air minum. Karena memang tak selalu ada orang yang berjualan di pantai ini. Jadi lebih baik bersiap siap agar tidak kehausan dan kelaparan ketika sudah di pantai.
  6. Bawa alas duduk untuk bersantai atau tiduran selama di pantai.
  7. Tiket masuk ke Pantai Green Bowl Beach adalah IDR 5.000. Pembayaran di loket yang berada di dekat Pura Batu Pageh. Tangga menuju ke pantai sendiri berada di dekat pura.

Rute Dan Cara Pergi Ke Pantai Green Bowl Beach

Waktu terbaik berkunjung adalah ketika air laut sedang surut
Waktu terbaik berkunjung adalah ketika air laut sedang surut

Lokasinya masih berada di Bali Selatan, jadi cara menuju ke Pantai Green Bowl Beach ini enggak terlalu susah. Selain itu jalanan menuju ke pantai ini cukup baik. Disarankan menggunakan kendaraan sepeda motor agar lebih fleksible dan gesit.

Untuk lokasi Pantai Green Bowl Beach ini tepatnya berada di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Bali. Untuk menuju kesana arahkan saja kendaraan menuju ke Pura Uluwatu hingga melewati Tempat Wisata Garuda Wisnu Kencana. Setelah itu belok ke arah Jalan Bali Cliff, ikuti jalan hingga sekitar 3 km dan menemukan petunjuk arah ke Pantai Bali Cliff, nama lain dari Pantai Green Bowl Beach.

Ikuti saja terus jalannya hingga ketemu gerbang bekas Bali Cliff Hotel. Lokasi pantai berada tak jauh dari Hotel Bali Cliff. Jadi kalau bingung atau nyasar, tanyakan saja mana arah ke hotel tadi. Atau biar lebih gampang lagi kalian bisa menggunakan petunjuk lokasi Pantai Green Bowl Beach di Google Maps yang ada dibawah ini.

Hotel Dekat Pantai Green Bowl Beach

Mungkin kamu ingin menginap di dekat pantai tersembunyi di Bali ini namun tidak tahu harus menginap dimana. Tenang saja ada banyak sekali hotel dan villa yang ada di dekat Pantai Green Bowl ini. Mulai dari hotel budget, hotel mewah, hingga sekelas villa mewah juga tersedia di dekat pantai. Tinggal pilih saja salah satu dari daftar yang ada dibawah ini:

  • Bali Cliff.
  • Cliff Melati.
  • Bukit Maison De Charme.
  • Nazeki Hostel.
  • Ocho Bali Villa.
  • Nazeki Villa.
  • Villa Karang Putih by Nagisa Bali.
  • Villa Karang Selatan.
  • Villa Bidadari.
  • Villa Hardevi by Nagisa Bali.
  • Villa Bukit Karang.
  • Villa Salvatore.
  • Banyan Tree Ungasan.
  • Maha Ungasan Villa.
  • Pantai Green Bowl Bali Homestay.
  • Green Gowl Beach villas.
  • Indigo Dream Villa.
  • Puri Pandawa Resort.
  • Vivo Villas.
  • The Reika Villas by Nagisa Bali.

Peta Lokasi Pantai Green Bowl Beach Di Google Maps

Waktu terbaik berkunjung adalah ketika air laut sedang surut. Pastikan sedang dalam kondisi fisik yang prima!
Waktu terbaik berkunjung adalah ketika air laut sedang surut. Pastikan sedang dalam kondisi fisik yang prima!

Dibawah ini adalah peta lokasi pantai, sementara itu pntuk rute ke pantai dari Bandara Ngurah Rai ke Pantai Bali Cliff  bisa lihat disini.

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
5 Responses
  1. Andy-Gunawan

    Salam ransel

    Bro Byteeater, saya sudah baca beberapa tulisanmu, semua ok. Saya juga penggila travelling dan fotografi, mungkin sekali-kali kita bisa backpacker barengan. Akhir tahun ini kalau tidak ada halangan saya juga akan singgah di Bali.

    Oh ya, Saya berasal dari Medan. Maaf kalau tata bahasanya berantakan.

    HORAS.

    1. byteeater

      makasih udah berkunjung dan membaca tulisan saya :), kebetulan saya domisili bali, kalau mampir ke bali bilang2 saja, sapa tahu bisa kopdar.

      salam ransel,

  2. Didit

    Om swastiastu. Terima kasih sudah memberikan informasi yang lengkap. Saya orang Solo yang kebetulan besuk akan berkunjung ke Bali dan Green Bowl menjadi salah satu destinasi saya. Namun, saya bingung menentukan pilihan tujuan wisata yang lain nya. Saya tertarik dengan wisata alam, terutama gunung, dan juga budaya. Mungkin Anda bisa memberikan sedikit review tempat wisata yang tidak begitu mainstream. Terima kasih sebelumnya

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: