Pantai Drini, Pantai Favorit Saya Di Gunungkidul

Beberapa waktu lalu saya melakukan perjalanan untuk menjelajah beberapa pantai di Gunungkidul. Niatnya sih pengen menjelajah semua pantai yang ada disana. Tapi ternyata waktu saya nggak cukup. Pun begitu, saya sempat mampir ke Pantai Drini, yang kemudian menjadi salah satu pantai favorit yang ada di Jogja.

Sudah sejak lama saya ingin menjelajah pesisir selatan Jogja. Pantai Drini ini juga menjadi salah satu pantai di Jogja yang ada di dalam list pantai yang ingin saya kunjungi. Saya penasaran dengan keberadaan pantai di selatan Jawa ini. Selain itu saya juga penasaran dengan keberadaan Pulau Drini yang menjadi salah satu ciri khas dari pantai ini.

Waktu itu, saya sampai di Pantai Drini tengah hari. Dalam kondisi belum makan siang, dan matahari sedang terik. Pun, kondisi perut kosong tidak membuat saya malas untuk melihat-lihat sekeliling pantai ini. Untuk menghemat tenaga, saya langsung mencari tempat untuk berlindung dari terik matahari, sekalian mencari basecamp untuk menerbangkan drone.

Ada Apa Saja Di Pantai Drini?

 

 

Dari udara, pantai di selatan Jogja ini tampak ramai dipenuhi pengunjungnya. Memang, saya berkunjung pada hari libur anak sekolah. Jadi, meski itu bukan weekend atau akhir pekan, tempat ini tetap dipenuhi dengan wisatawan. Untung saja saya masih mendapatkan tempat untuk berteduh di sebuah gazebo milik warung yang ada di Pantai Drini.

Tentu saja, saya sambil memesan makan siang. Kebetulan saya belum makan siang, dan menemukan kalau gazebo di warung yang ada di tepi pantai ini lokasinya sempurna untuk beristirahat. Sembari menungu makan siang yang saya pesan datang, saya pun menerbangkan drone dji spark yang selalu saya bawa kalau traveling.

Dari atas pantai ini terlihat semakin apik dan sempurna. Deretan payung warna-warni memenuhi pantai. Payung warna-warni tersebut memang ada disini untuk disewakan pada pengunjung. Terutama buat yang ingin bersantai di pasir Pantai Drini sambil mengamati deburan ombak pantai selatan Yogyakarta ini. Selain payung pantai, tentu saja juga ada gazebo seperti yang saya tempati.

Pantai Drini ini adalah, salah satu pantai favorit saya Di Gunungkidul Jogja
Pantai Drini ini adalah, salah satu pantai favorit saya Di Gunungkidul Jogja

Seharusnya, di semua pantai selatan Jogja itu terdapat larangan berenang. Bukan karena mitos atau takhayul, namun karena ombak pantai di selatan Pulau Jawa itu rata-rata besar. Tak banyak pantai di selatan Jawa yang ombaknya bersahabat. Dari semua pantai selatan pulau Jawa yang saya kunjungi, hanya Pantai Karanggongso di Trenggalek saja yang berombak tenang.

Pantai Drini ini juga termasuk pantai yang berombak besar. Namun sepertinya hal itu tak menyurutkan para pengunjungnya untuk bermain air di kawasan pantai. Agak riskan dan sedikit berbahaya sih, tapi entah mengapa sepertinya tidak ada yang takut. Saya sendiri memilih untuk tidak bermain air. Saya memilih menikmati deburan ombak dari kejauhan saja.

Beberapa tahun lalu, ketika saya baru mendengar keberadaan Pantai Drini, pantai ini tergolong salah satu pantai perawan, pantai tersembunyi di Jogja. Namun sepertinya di jaman media sosial seperti sekarang, tak ada lagi yang namanya pantai tersembunyi. Banyak lokasi tempat wisata pantai di Jogja sekarang bisa ditemukan dengan mudah hanya dengan bantuan Google Maps.

Terdapat Pulau Kecil Yang Bernama Pulau Drini

Kalau ini namanya Pulau Drini yang menjadi cirikhas Pantai Drini.
Kalau ini namanya Pulau Drini.

Sebelum dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Jogja, ini sebenarnya adalah pantai nelayan. Bahkan sampai sekarang pun Pantai Drini masih aktif sebagai pantai nelayan. Ketika saya berkunjung kemarin, saya melihat banyak perahu nelayan yang terparkir rapi di bibir pantai. Mungkin karena ombak sedang besar, jadi mereka tidak melaut.

Disini juga terdapat sebuah pulau kecil yang dikenal dengan nama Pulau Drini. Pulau kecil yang terhubung dengan jembatan ini memisahkan pantai menjadi dua bagian. Bagian barat yang ombaknya agak besar, dan Pantai Drini bagian timur yang memiliki ombak lebih tenang. Katanya di pantai drini bagian timur ini biasanya ada yang suka bermain kano. Menurut saya juga kalau ingin bermain air, sebaiknya di pantai bagian timur aja. Dari atas ombaknya terlihat jauh lebih tenang.

Lokasi pantai drini yang berada di sebelah timur Pulau Drini ini lebih tenang ombaknya.
Lokasi pantai yang berada di sebelah timur Pulau Drini ini lebih tenang ombaknya
Jadi kalau mau bermain air, sebaiknya di bagian Pantai Drini yang ini saja.
Jadi kalau mau bermain air, sebaiknya di bagian Pantai Drini yang ini saja.

Dulu Pulau Drini tidak terhubung dengan jembatan. Jadi hanya pada kondisi air laut yang sedang surut saja, baru bisa mengunjungi Pulau Drini. Namun sekarang pengunjung bisa mampir ke Pulau Drini kapan saja. Sebenarnya tak banyak yang bisa dilihat dari pulau kecil ini. Paling hanya beberapa spot selfie dan sebuah mercusuar ada disii. Namun buat yang penasaran, gak ada salahnya sih main ke Pulau Drini.

Video Blog Pantai Drini

Salah satu misi saya mengunjungi pantai ini adalah untuk membuat vlog atau video blog. Nah, buat kamu yang penasaran seperti apa sih penampakan dari tempat wisata pantai di Jogja ini, bisa tonton vlog Pantai Drini dibawah ini.

 

 

Harga Tiket Masuk ke Pantai Drini

Payung warna warni ini menjadi cirikhas Pantai Drini
Payung warna warni ini menjadi cirikhas Pantai Drini.

Jadi harus bayar berapa untuk masuk ke Pantai Drini? Tenang saja, tidak mahal! Tiket masuk menuju ke pantai ini masih sepaket dengan tiket masuk ke beberapa pantai di Gunungkidul lainnya seharga IDR 10.000 saja. Jadi sekali bayar tiket, kamu bisa mengunjungi kawasan Pantai Pok Tunggal, Kukup, Sepanjang, Baron, Drini, Krakal, Sundak, dan Pantai Indrayanti. Itu berarti per pantai cuma perlu bayar sekitar 1000 rupiah++ saja. Murah banget! Namun selain tiket masuk, kamu juga harus bayar parkir dengan tarif sebagai berikut :

  • IDR 2.000 untuk sepeda motor.
  • IDR 5.000 untuk parkir mobil.
  • IDR 20.000 untuk parkir bus.

Gak mahal kaaan?

Kenapa Harus Berkunjung Ke Pantai Drini?

Apa alasannya harus berkunjung kesini?

Bagian pantai Drini yang berombak tenang dan jembatan penghubung daratan ke Pulau Drini.
Bagian pantai yang berombak tenang dan jembatan penghubung daratan ke Pulau Drini.

1. Bibir Pantai Luas Dan Cukup Datar

Menurut saya bibir pantai yang landai nan datar adalah salah satu syarat pantai yang menyenangkan untuk dikunjungi. Karena nggak semua orang yang berkunjung ke pantai itu mau berenang. Bisa jadi ada yang berkunjung ke pantai hanya untuk bersantai. dan pantai di Jogja ini adalah salah satu yang direkomendasikan buat kamu kunjungi.

2. Bisa Bermain Air Dan Pantai

Disini saya tidak menyarankan kalian untuk berenang. Karena seperti yang sudah saya sebutkan, ombak pantai selatan itu GANAS! Pastinya kamu nggak mau pulang tinggal nama kan? Namun kalau sekedar bermain air di tepian Pantai Drini saya rasa tidak mengapa. Saya sarankan di bagian sebelah timur Pulau Drini jauh lebih aman untuk digunakan sebagai tempat bermain air.

3. Menikmati Pemandangan Pantai Drini Dari ketinggian.

Tak perlu punya dron kalau kamu ingin menikmati keindahan pantai ini dari tempat tinggi. Karena disekitar pantai ini terdapat tebing yang cukup tinggi, yang memungkinkan kamu menikmati pemandangan pantai dari tas. Kamu juga bisa naik ke bagian atas Pulau Drini lho.

4. Fasilitas Penunjang Wisata Yang Lengkap

Sebagai salah satu tujuan wisata di Jogja yang populer, tentu saya fasilitas Pantai Drini sudah sangat lengkap. Sebut saja tempat untuk beristirahat seperti persewaan payung dan gazebo, hingga fasilitas dasar seperti tempat makan, toilet, tempat ibadah, tempat parkir dan bahkan penginapan di dekat Pantai Drini juga ada. Karena itu, pantai di Gunungkidul ini cocok untuk kamu yang sedang kangen dengan pantai.

5. Cobain Kuliner

Kebetulan saya berkunjung ke pantai ini ketika belum makan siang. Jadi saya bisa mencoba kuliner setempat. Tentunya ada banyak kuliner, terutama seafood disini. Kemarin saya sempat mencoba memesan menu Udang di Pantai Drini. Rasanya tidak terlalu buruk, dan harganya juga tidak terlalu mahal.

Cara Pergi Ke Pantai Drini

Yakin kamu nggak mau mampir ke pantai Drini di Gunungkidul ini?
Yakin kamu nggak mau mampir ke pantai di Gunungkidul ini?

Cara terbaik untuk pergi ke pantai ini adalah dengan menggunakan petunjuk lokasi Pantai Drini di Google Maps yang bisa kamu temukan disini. Sebaiknya kamu menginap saja di dekat pantai ini daripada harus menginap jauh-jauh di pusat kota Jogja. Selain memang lebih memudahkan, sudah ada banyak penginapan yang berada tak jauh dari wisata pantai ini.

Rekomendasi saya sih menginap di sekitar Pantai Indrayanti yang terletak hanya belasan menit dari pantai ini. Tarif penginapan di dekat Pantai Drini tidak terlalu mahal kok. Untuk kelas budget, ratenya di angka 150 ribu-300 ribuan per malam. Nah, kamu tertarik buat liburan ke Pantai Drini?

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
1 Response
  1. WHAT? Aduh kok saya sampai tidak tahu ya ada pantai sebagus ini. Padahal kemarin waktu ke Jogja sudah sempat singgah di beberapa pantai. Bisa-bisanya si cantik satu ini terlewat. Sedih deh jadinya.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: