Panduan Wisata Nusa Penida Untuk Yang Mau Liburan Kesana

Kamu mau liburan ke Nusa Penida tapi belum pernah kesana? Mungkin kamu perlu membaca panduan wisata Nusa Penida Bali terlebih dahulu ya. Karena pulau yang berada di seberang Bali ini jauh lebih besar dibandingkan dengan Pulau Nusa Lembongan yang pernah beberapa kali saya kunjungi sebelumnya.

Tentu saja karena lebih besar, terdapat lebih banyak tempat wisata Nusa Penida yang bisa kamu kunjungi nantinya. Terus, yang pasti, Nusa Penida ini akan terasa kurang kalau cuma dikunjungi dalam satu atau dua hari saja kalau tidak diatur dengan itinerary yang baik. Karena itu nanti disini saya juga akan berbagi itinerary liburan ke Nusa Penida yang efisien.

Biar kamu yang punya waktu liburan tak terlalu banyak, tetap bisa menikmati beberapa tempat wisata di Nusa Penida dengan maksimal. Karena kalau kamu liburan ke Bali tapi nggak mampir ke Nusa Penida, jalan-jalan ke Bali kamu rasanya bakal kurang lengkap. Karena ada banyak tempat keren di Nusa Penida yang bisa kamu kunjungi! Nah, sekarang kamu baca dulu saja tulisan panduan liburan ke Nusa Penida ini sampai selesai ya.

Baca Dulu Panduan Wisata Nusa Penida Untuk Yang Mau Liburan Kesana

Mungkin sebelum membaca tulisan panduan wisata Nusa Penida Bali ini, kamu bisa melihat travel video yang saya buat ketika liburan ke Nusa Penida beberapa waktu lalu. Siapa tahu kamu jadi terinspirasi, mau mengunjungi tempat wisata di Nusa Penida yang mana saja kalau pergi kesana. Videonya sendiri cuma sekitar 10 menit ya. Jadi, tonton sampai selesai, dan jangan lupa komentar, like, share dan subscribe channel youtube saya youtube.com/catperku ya!

 

 

Cara Pergi Ke Nusa Penida

Seperti cara pergi backpacking ke Bali, ada banyak cara untuk pergi ke Nusa Penida. Yang paling dekat sih dari Pantai Sanur. Biasanya orang pergi ke Nusa Penida dari Sanur untuk day trip saja. Alternatifnya untuk yang bawa sepeda motor sendiri, atau mau cara paling murah ya lewat Pelabuhan Padang Bai Bali. Detailnya seperti bagaimana, silahkan baca sampai selesai.

Pergi Ke Nusa Penida Lewat Padang Bai

 

 

Menyeberang ke Nusa Penida lewat Pelabuhan Padang Bai Bali ini adalah cara termurah dibandingkan lewat penyeberangan lainnya. Hanya saja bisa dibilang ini adalah cara yang paling susah juga. Meski jadwal aslinya ada 2 kali penyeberangan ke Nusa Penida setiap harinya, namun ketika ada masalah waktu menyeberang dan jumlah penyeberangan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Misalnya seperti ketika saya menyeberang ke Nusa Penida bawa motor sendiri pertama kali. Seharusnya kapal menyeberang pada jam 10.00 WITA, namun karena dermaga Pelabuhan Padang Bai sedang bermasalah, saya jadinya menyeberang sekitar jam 14.00 WITA.  Selain itu, penyeberangan diubah menjadi 1 kali saja pada hari itu.

Daftar tarif penyeberangan ke Nusa Penida dari Pelabuhan Padang Bai.
Daftar tarif penyeberangan ke Nusa Penida dari Pelabuhan Padang Bai.

Lalu berapa tarif penyeberangan ke Nusa Penida? Kalau untuk menyeberang ke Padang Bai tiket sepeda motor sudah termasuk orangnya, biaya tiket penyeberangan ke Nusa Penida untuk orang dan sepeda motor berbeda beda. Untuk daftar harga penyeberangan ke Nusa Penida bisa kamu temukan di bawah ini :

  • Tiket penyeberangan ke Nusa Penida untuk dewasa : IDR 31.700
  • Tiket penyeberangan ke Nusa Penida untuk Anak : IDR 22.700
  • Tiket penyeberangan ke Nusa Penida untuk Motor : IDR 56.200
  • Tiket penyeberangan ke Nusa Penida untuk Motor + 1 Dewasa : IDR 87.900 (Biasanya kena 88.000)
  • Tiket penyeberangan ke Nusa Penida untuk Mobil : 328.000
Tiket menyeberang Padang Bai Nusa Penida seperti ini lho.
Tiket menyeberang Padang Bai Nusa Penida seperti ini lho.

Sementara itu untuk jadwal penyeberangan Kapal Ferry Ro-Ro Nusa Jaya Abadi dari Pelabuhan Padang Bai ke Nusa Penida :

  • Jadwal pertama Jam 10.00 WITA
  • Jadwal kedua Jam 14.00 WITA

Sementara itu untuk jadwal penyeberangan Kapal Ferry Ro-Ro Nusa Jaya Abadi dari Pelabuhan Nusa Penida ke Padang Bai :

  • Jadwal pertama Jam 8.30 WITA
  • Jadwal kedua Jam 13.00 WITA

Lama penyeberangan dari Pelabuhan Padang Bai ke Nusa Penida dalam kondisi normal adalah 1 jam. Jika terjadi kondisi khusus, jadwal perjalanan bisa berubah tanpa pemberitahuan. Kapal Ferry Ro-Ro Nusa Jaya Abadi akan berlabuh di Pelabuhan Buyuk Nusa Penida.

Pergi Ke Nusa Penida Lewat Sanur

Ini adalah cara pergi ke Nusa Penida terdekat jika kamu megninap di Kuta, Denpasar dan Sekitarnya.  Selain itu juga ada banyak jadwal penyeberangan ke Nusa Penida dari Pantai Sanur. Hanya saja, harga tiket penyeberangan dari Sanur ke Nusa penida ini tergolong paling mahal. Mulai dari IDR 150.000 per orang. Perlu dicatat juga, kamu tidak bisa membawa sepeda motor sendiri jika menyeberang ke Nusa Penida dari Sanur.

Pergi Ke Nusa Penida Lewat Pelabuhan Benoa

Terdapat beberapa penyeberangan ke Nusa Penida dari Pelabuhan Benoa. Biasanya yang berangkat dari pelabuhan ini adalah jenis kapal pesiar. Atau kapal yang sekaligus menjual paket ke Nusa Penida seperti Quicksilver misalnya. Tentu saja kapal yang berangkat dari Benoa ini adalah kapal premium dengan harga tiket diatas IDR 500.000 per orang. Kalau kamu kebanyakan duit, kamu bisa deh berangkat dari sini.

Pergi Ke Nusa Penida Lewat Kusamba

Dari kusampa kapal cepat berangkat dari Pelabuhan Tribuana. Salah satu operator yang mengoperasikan fastboat dari sini adalah Gangga Express dengan tarih IDR 100.000 per orang. Selain itu dari dekat Pelabuhan Tribuana ini juga terdapat kapal umum yang berasal dari Sampalan di Nusa Penida. Harga tiket untuk kapal umum (jukung) ini adalah IDR 45.000 dan akan menempuh lama perjalanan sekitar 45 menit.

Pergi Ke Nusa Penida Lewat Nusa Lembongan

Buat kamu yang sedang liburan di Nusa Lembongan dan pengen lanjut liburan ke Nusa Penida, kamu bisa menyeberang juga. Ada kapal umum berupa kapal jukung melayani penyeberangan Nusa Lembongan ke Nusa Penida berangkat setiap jam 6 pagi. Biasanya kapal ini akan sering penuh, jadi ya memang kurang direkomendasikan sih.

Tempat Wisata Nusa Penida Wajib Kamu Kunjungi

Ternyata ada banyak tempat wisata Nusa Penida yang cakep!
Ternyata ada banyak tempat wisata Nusa Penida yang cakep!

Saya tidak menyangka kalau ada banyak sekali tempat wisata di Nusa Penida yang cakep. Beberapa malah masuk ke kategori wajib kunjung. Namun selama liburan ke Nusa Penida selama 4 hari, saya menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa tempat wisata Nusa Penida dibawahi ini. Jadi, saya rekomendasikan kamu mengunjungi tempat ini kalau ada kesempatan main ke Nusa Penida ya.

1. Tanjung Juntil

 

Lokasinya berada tak jauh dari Pantai Atuh. Ini sebenarnya hanyalah tanjung kecil yang menjorok ke tengah laut. Pada cuaca yang cerah, kamu bisa melihat sunrise yang cantik dari Tanjung Juntil. Dari sini kamu juga bisa melihat Pulau Lombok yang berada di seberang. Dari bentuknya, Tanjung Juntil di Nusa Penida ini juga merupakan tempat yang asik untuk mancing.

2. Atuh Beach ( Pantai Atuh )

Pantai Atuh ini adalah salah satu pantai di Nusa Penida yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Untuk menuju ke bibir pantainya, kamu harus menuruni puluhan anak tangga. Jadi pastikan kamu sudah siap dengan stamina kamu ya. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Atuh adalah pagi hari, sekalian untuk melihat sunrise.

3. Kelingking Beach ( Pantai Kelingking )

 

 

Pantai Kelingking atau Kelingking Beach ini adalah tempat wisata Nusa Penida yang paling populer. Bahkan follower instagram saya ada yang bilang foto di Pantai Kelingking ini sering dipakai untuk foto profil di aplikasi Tinder. Well, sepertinya nggak kaget sih, karena foto di atas Pantai Kelingking ini memang keren banget. Apakah harus saya gunakan untuk foto profil tinder juga? Gimana menurut kalian?

4. Diamond Beach

Diamond Beach atau pantai berlian ini lokasinya bersebelahan dengan Pantai Atuh. Jadi kalau kamu berkunjung ke Pantai Atuh, sebaiknya kamu sempatkan juga untuk mampir ke Diamond Beach yang berada di sebelahnya. Disini ada sebuah ayunan ikonik yang sering nongol di Instagram banyak digunakan sebagai tempat berfoto. Namun tentu saja, untuk menuju ke ayunan tersebut kamu harus turun jauh ke bawah melewati puluhan anak tangga juga.

5. Crystal Bay

 

 

Saya mengunjungi Crystal Bay Nusa Penida karena ini adalah tempat yang direkomendasikan untuk melihat pemandangan matahari terbenam. Namun sialnya ketika saya berkunjung ke tempat wisata Nusa Penida ini cuaca sedang mendung. Jadi saya tidak mendapatkan pemandangan sunset cantik seperti yang banyak dibicarakan orang. Hanya saja, meski tanpa sunset, Crystal Bay ini tetap menjadi salah satu tempat menyenangkan untuk berenang dan bersantai di Nusa Penida.

6. Pantai Suwehan

Pantai Suwehan ini bisa dibilang salah satu pantai di Nusa Penida yang tersembunyi. Memang benar adanya, saya pun mengamininya. Karena akses menuju ke Pantai Suwehan ini bisa dibilang lumayan sulit. Melewati belasan kilometer jalanan rusak naik turun. Setelah sampai di parkiran pun untuk menuju ke pantai harus turun melewati tebing. Turunnya sih gampang, lha naiknya? Apa gak capek?

7. Broken Beach

 

Kamu tak bisa turun ke pasir pantai Broken Beach. Kamu tak bisa bermain air, atau bermain pasir disini. Namun anehnya, ini adalah salah satu tempat wisata Nusa Penida terpopuler. Paling tidak, saya sering banget menemukan foto Pantai Broken Beach ini di Instagram. Ya memang sih, ada banyak spot instagramable disini.

Tidak ada kegiatan lain lagi selain berfoto di Broken Beach ini. Pantai ini memang unik, tak banyak ada di Indonesia dan mungkin di dunia. Lubang menganga yang ada di Broken Beach juga tak tahu sampai kapan ada. Jadi mumpung masih ada, sebaiknya kamu berfoto dengan latar belakang Broken Beach ya.

8. Angel’s Bilabong Nusa Penida

 

Ini juga tempat wisata Nusa Penida yang pernah viral di social media. Apalagi kalau bukan karena tempat ini adalah salah satu tempat berfoto sempurna di Nusa Penida. Namun, ada yang perlu kamu ketahui sebelum berburu foto selfie di Angel’s Bilabong Nusa Penida. Tempat ini sebenarnya agak berbahaya, karena ombak besar bisa datang tiba-tiba.

Bahkan ada papan peringatannya juga disana, yang menyebutkan tempat ini telah merengut beberapa nyawa. Tapi ya memang Angel’s Bilabong Nusa Penida ini cakep ya. Tapi apa sepadan nyawa ditukar dengan foto selfie semata? Silahkan ddijawab sendiri ya. Yang pasti lokasi Angel’s Bilabong Nusa Penida ini berada tak jauh dari Broken Beach. Hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit saja.

9. Teletubies Hill Nusa Penida

Begitu tahu mengenai tempat wisata Teletubies Hill Nusa Penida, saya langsung bertanya-tanya. Kenapa dikit-dikit suatu tempat dinamakan dengan Teletubies Hill? Apakah sebegitu miripnya ya? Sebenarnya tempat wisata Nusa Penida ini nggak begitu mirip dengan bukit teletubies yang ada di TV itu. Apalagi kalau sedang musim kemarau.

Karena sudah pasti tempat ini akan kering kerontang. Kalau musim hujan, ya bukitnya masih berwarna hijau dan jadi agak mirip dengan Teletubies Hill yang di TV. Namun, pertanyaan saya lagi, memang anak jaman sekarang yang suka berburu foto Instagram itu sudah pernah nonton Teletubies di TV ya?

10. Tembeling Natural Pool And Forest

Untuk menuju ke Tembeling Natural Pool And Forest saya memerlukan banyak perjuangan. Mulai dari nyasar, hingga berjibaku melewati jalur turunan curam hingga ke tempat parkir tempat wisata Nusa Penida ini. Namun, perjuangan itu terbayarkan. Tempat ini memang cakep, enggak rugi deh semua perjuangan yang harus saya lakukan. Terus, bisa dibilang juga ini adalah tempat wisata di Nusa Penida yang tersembunyi dan masih sedikit orang yang mengunjunginya. Jadi, sebaiknya kamu segera mengunjungi Tembeling Natural Pool And Forest ini sebelum makin ramai ya!

11. Tembeling Beach ( Pantai Tembeling )

Tembeling Beach atau Pantai Tembeling ini masih berada satu lokasi dengan Tembeling Natural Pool And Forest. Di Pantai Tembeling ini juga terdapat kolam renang alami seperti di atasnya. Kolam renangnya jauh lebih dangkal, tidak terlalu lebar dan dekat dengan pantai. Namun biasanya kolam renang alami ini lebih ramai dibandingkan dengan Tembeling Natural Pool And Forest yang berada di atasnya.

Tips Wisata Ke Nusa Penida

Berikut ini adalah beberapa tips wisata ke Nusa Penida berdasarkan pengalaman saya liburan ke Nusa Penida ya.

  1. Kamu bisa lakukan daytrip ke Nusa Penida dengan berangkat dari Pantai Sanur Bali. Namun rekomendasi saya, paling tidak sediakan waktu efektif 4 hari untuk liburan ke pulau ini.
  2. Moda transporasi yang bisa diandalkan di Nusa Penida adalah sepeda motor, jadi kamu bisa membawa sepeda motor yang sudah kamu sewa di Bali atau menyewa sepeda motor lagi selama di Nusa Penida.
  3. Terdapat 3 SPBU di Nusa Penida, dan semuanya berada di pesisir barat pulau. Jadi kalau kamu mau membeli BBM, kamu bisa pergi ke salah satu dari 3 SPBU tadi. Perlu dicatat, hanya SPBU di daerah Toya Pakeh yang menjual Pertamax.
  4. Karena pulau kecil, harga makanan di Nusa Penida sedikit lebih mahal dibandingkan dengan harga makanan di Bali. Kemarin saya menginap di dekat Pelabuhan Buyuk, dan tak jauh dari sana terdapat semacam pasar malam yang  menjual berbagai jenis makanan. Lokasinya bisa kamu temukan disini ya.
  5. Penginapan banyak ditemui di pesisir barat pulau seperti di Toya Pakeh, dan sekitar Pelabuhan Buyuk. Penginapan seharga seratus ribuan semalam masih bisa ditemukan disini.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
5 Responses

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: