Panduan Wisata Ke Geopark Ciletuh Di Sukabumi Jawa Barat

Berikut ini adalah panduan wisata ke Geopark Ciletuh di Sukabumi Jawa Barat tahun 2023 lengkap termasuk info lokasi curug, pantai hingga hotel juga penginapan. Baca sampai selesai, tonton vlognya juga!

Memang sudah bukan rahasia lagi, kalau Geopark Ciletuh ini adalah salah tempat wisata di Sukabumi yang paling keren!

Paling tidak itu menurut saya pribadi! Nggak heran kalau destinasi wisata pantai ataupun curug di Geopark Ciletuh ini sering ramai ya.

Untuk yang lagi nggak pengen baca, bisa menikmati pemandangan tempat ini dari atas video drone saja.

Kalau yang mau tahu informasi lengkapnya, silahkan baca tulisan ini sampai selesai.

Video Drone Kawasan Wisata Geopark Ciletuh Di Sukabumi Jawa Barat

Kalai dilihat dari bagian bawah memang indah, namun tetapi pemandangan di video drone Geopark Ciletuh ini lebih indah.

Ini adalah footage Video drone Ciletuh yang saya ambil ketika touring ke Ciletuh beberapa waktu lalu.

Silahkan tonton sampai selesai, jangan lupa like, share dan subscribe.

 

Hunting Video Drone Wisata Geopark Ciletuh Sambil Touring!

 

Tentang Kawasan Wisata Geopark Ciletuh Sukabumi

Sukabumi di Jawa Barat adalah sebuah kabupaten dengan banyak sekali daftar destinasi wisata alam, mulai dari wisata curug hingga pantai.

Tidak ketinggalan kawasan wisata Geopark Ciletuh di Sukabumi yang merupakan salah satu destinasi menarik yang wajib dikunjungi disini.

Disebukan kalau ini adalah wisata geopark yang ke tiga di Indonesia dan satu satunya di Jawa Barat.

Jadi kamu tidak akan menemukan lagi yang seperti ini di Provinsi Jawa Barat ya.

Tentang Kawasan Wisata Geopark Ciletuh Sukabumi

Tentunya ada banyak fakta menarik yang bisa kamu temui dari destinasi wisata Sukabumi ini seperti:

  • Kawasan wisata geopark di Jawa Barat ini memiliki luas sekitar 126.100 hektar dimana areanya mencapai delapan kecamatan dan 74 wilayah desa.
  • Geopark ini sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia yang harus dirawat, dilestarikan dan dijaga sejak tahun 2018.
  • Berbagai fosil, pepatahan, dan lempengan bumi yang berusia puluhan juta tahun hasil sedimentasi yang kemudian membentuk bebatuan banyak ditemukan di tempat ini. Jadi untuk yang suka dengan ilmu geologi hingga Paleontology, ini adalah destinasi yang tepat untukmu.
  • Selain wisata curug dan pantai, jika kamu suka dan ingin mempelajari tentang keaneragaman alam dan budaya, terdapat kurang lebih sekitar 50 situs geologi yang bisa dikunjungi di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi.
  • Kawasan ini memiliki banyak curung / air terjun, dimana setiap tempat tersebut memiliki keunikan terendiri untuk dinikmati. Beberapa air terjun di kawasan wisata Geopark Ciletuh Sukabumi itu misalnya, Curug Awang, Curug Cikanteh, Curug Tengah, Curug Luhur, Curug Sodong, Curug Karet, Curug Cimarinjung, Curug Cikaso, Curug Puncak Manik, Curug Puncak jeruk dan Curug Larangan.

Selain curug, tentu saja kawasan ini juga memiliki banyak destinasi pantai.

Namun sebelum kamu capek turun menuju ke area pantai, sebaiknya kamu menikmati dulu pemandangan dari puncak bukit yang ada di sekitar tempat ini.

Misalnya dari bukit tempat dimana Puncak Darma berada. Puncak Darma ini adalah salah satu dataran tertinggi di daerah kawasan Geopark Ciletuh lho.

Berada di ketinggian sekitar 230 mdpl, kamu bisa menikmati pemandangan pantai di kejauhan lengkap dengan area yang terlihat membentuk seperti amphiteater alam.

Berapa Harga Tiket Masuk Kawasan Wisatanya?

Karena ada banyak banget tempat wisata di area ini, jadi tiket masuknya pun bervariasi.

Ada yang gratis, ada juga yang hanya membayar tarif parkir saja.

Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa membaca informasi tentang daftar tempat wisata lengkap terbaru setelah ini.

Daftar Tempat Wisata Pantai Juga Curug di Geopark Ciletuh Sukabumi Terbaru Tahun 2023

Daftar Tempat Wisata Pantai Juga Curug di Geopark Ciletuh Sukabumi Terbaru Tahun 2023

Kadang bingung juga kalau ada yang merekomendasikan tempat wisata seperti Pantai Muara Cipanarikan, Pantai Ujung Genteng yang sudah jelas lokasinya jauh di Ujung Genteng ( sekitar 1 jam 40 menit dari area ini ).

Sudah jelas banget kalau tempat wisata itu nggak di area Ciletuh.

Kalau merekomendasikan Pantai Cimaja mungkin masih bisa, asal kamu datang touring dari arah Palabuhan Ratu, kalau enggak ya mending skip aja.

Lumayan jauh juga pantai itu dari daerah Ciletuh, capek di jalan doang kalau emang kamu mau eksplore kawasan geopark.

Nah, untuk daftar tempat wisata pantai dan curug yang beneran ada di kawasan wisata Geopark Ciletuh lengkap dengan lokasinya di Google Maps ini ya kira kira:

Wisata Curug / Air Terjun Geopark Sukabumi Terbaru 2023

Wisata Curug / Air Terjun Geopark Sukabumi Terbaru 2023

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata air terjun / curug yang ada disini.

1. Air Terjun / Curug Cimarinjung

Ini adalah salah satu tempat wisata air terjun yang populer untuk dikunjungi.

Salah satu air terjun di Jawa Barat yang keren, dan aksesnya mudah dicapai.

Kalau malas untuk datang ke air terjun, kamu juga bisa berfoto dengan air terjun dari spot foto yang berada di Jalan Simarinjung disini.

Alamat : Jl. Cimarinjung No.2, Ciwaru, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ( Lokasi Di Google Maps )

2. Air Terjun / Curug Sodong

Dikenal juga dengan air terjun kembar karena memang terdapat dua air terjun di satu lokasi.

Pemandangan paling bagus adalah ketika debit air sedang banya, jadi air terjun kembarnya juga semakin besar.

Disarankan tidak mandi di air terjun ini karena berbahaya.

Ada beberapa gazebo disini yang bisa kamu gunakan bersantai sembari melihat air terjun.

Fasilitasnya cukup bagus, dan bersih. Jika mau, kamu bisa berjalan kaki sekitar 15-20 menit dari tempat ini untuk melihat Curug Cikandeh.

Tarif parkir di air terjun / curug Sodong adalah IDR 5000 untuk sepeda motor, sementara tiket masuk seikhlasnya ( IDR 5000 / 10.000 oke lah ).

Alamat : Komplek Wisata Geopark Ciletuh, Ciemas, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ( Lokasi Di Google Maps )

3. Air Terjun / Curug Cikanteh

Lokasi Curug Cikanteh berada tak jauh dari Curug Sodong, bisa jalan kaki untuk pergi kesini.

Tiket masuk ke Curug Cikanteh ini sebesar IDR 15.000.

Worth buat dikunjungi karena terdapat air terjun bertingkat disini.

Waktu terbaik berkunjung kesini adalah pagi hari sebelum area ini dipenuhi pengunjung.

Alamat : Ciwaru, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43177 ( Lokasi Di Google Maps )

4. Air Terjun / Curug Ciateul

Curug Ciateul ini masih termasuk ke dalam area curug cikanteh dan di dekat curug sodong geopark ciletuh sukabumi juga.

Untuk pergi ke curug ini kamu berjalan dari parkiran curug sodong dengan menempuh perjalanan sekitar 15 – 20 menit.

Jalur yang dilewati terdiri dari tanah dengan kontur yang  sedikit menanjak, bebatuan, jembatan bambu yang memotong sungai berarus deras.

Alamat : Ciemas, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ( Lokasi Di Google Maps )

5. Air Terjun / Curug Panganten /Curung Cibelener

Salah satu tempat wisata air terjun atau curug tersembunyi di Sukabumi Jawa Barat.

Akses jalan agak susah, dan tidak bisa dilewati dengan kendaraan roda empat.

Jadi kalau mau mengunjungi tempat ini sebaiknya dengan trekking atau naik sepeda motor saja.

Alamat : Mekarjaya, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ( Lokasi Di Google Maps )

6. Air Terjun / Curung Nyelempet Dan Curug Dog-Dog

Lokasinya berada tak jauh dari Jalan Geopark Pelabuhan ratu, terlihat dengan mudah dari salah satu jembatan di jalan itu.

Dinamakan curug Nyelmpet karena memang letaknya yang terpencil dan dihimpit diantara 2 lembah.

Untuk mengakses lokasi air terjun ini kendaraan bisa diparkirkan di area Curug Dog-Dog ( Lokasi di Google Maps ) yang berada tak jauh dari air terjun ini.

Pada musim kemarau atau ketika debit air sedang sedikit, air terjun ini tidak terlalu besar.

Yang menjadi ciri khas dari tempat ini adalah bebatuan yang unik bertebaran di sekitar air terjun.

Alamat : Ciemas, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ( Lokasi Di Google Maps )

7. Air Terjun / Curug CiTiis

Curug Citiis adalah salah satu wisata air terjun tersembunyi yang masih asri di area wisata Geopark Ciletuh Sukabumi.

Karena masih alami, fasilitasnya belum terlalu lengkap, jadi sebaiknya mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum berkunjung.

Tidak ada warung atau semacamnya, jadi pastikan bawa bekal makan dan minum yang cukup.

Alamat : Mekarjaya, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43177 ( Lokasi Di Google Maps )

8. Air Terjun / Curug Cikawung

Belum dikelola dengan baik, jadi mungkin tempat wisata ini agak tidak terurus.

Namun kalau kamu pecinta wisata air terjun, ini adalah salah satu tempat wisata di area Geopark Sukabumi yang bisa kamu kunjungi.

Alamat : Mekarjaya, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43177 ( Lokasi Di Google Maps )

9. Air Terjun / Curug Cikaret

Kamu akan melakukan perjalanan yang sedikit menantang untuk menuju ke kawasan Curug Cikaret.

Untuk pergi kesini harus melewati jalanan menanjak melewati perkampungan selama sekitar beberapa puluh menit.

Air di Curug Cikaret mengalir dengan tenang di tebing, cocok untuk kamu yang ingin melepas penat di akhir pekan.

Alamat : Mekarjaya, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43177 ( Lokasi Di Google Maps )

10. Air Terjun / Curug Puncak Manik

Akses ke kawasan air terjun curug Puncak Manik di dekat kawasan wisata Geopark Ciletuh Sukabumi mungkin agak melelahkan.

Karena kamu harus melewati 750 anak tangga menuju ke bawah lembah, belum lagi nanti naiknya.

Namun pengalaman ke air terjun ini akan terasa menantang, karena kamu akan merasakan percikan air membentuk kabut dari arah terjun.

Jika kamu berhasil lolos dengan kesabaran melewati akses ke air terjun sejauh sekitar 2 km, pemandangan indah adalah hadiahnya.

Alamat : Cibenda, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ( Lokasi Di Google Maps )

11. Air Terjun / Curug Awang

Curug Awang adalah sebuah air terjun yang sangat besar terutama saat debit air sedang tinggi.

Dikunjungi saat debit air tinggi atau saat sedang surut sama sama menarik.

karena saat air sedang surut ( musim kemarau ), kamu bisa mengakses tebing tepat di pinggir dekat air terjun.

Akses menuju kesana cukup menantang, namun akan terbayarkan dengan keindahan air terjun.

Tempat parkir untuk mobil atau sepeda motor cukup memadai. Jalan setapak sudah diaspal dengan beberapa titik pandang dari atas air terjun.

Namun harap berhati-hati jika ingin turun ke tebing, terutama di saat musim hujan ( direkomendasikan tidak turun ketika musim hujan ).

Alamat : Cibenda, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ( Lokasi Di Google Maps )

Wisata Pantai Di Kawasan Wisata Geopark Ciletuh Sukabumi Terbaru 2023

Wisata Pantai Di Kawasan Wisata Geopark Ciletuh Sukabumi Terbaru 2023

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata pantai yang ada disini.

1. Pantai Palangpang

Pantai ini berada tepat di dalam kawasan geopark, langsung terlihat sesaat memasuki area geopark.

Kamu hanya perlu membayar tiket seharga Rp 5000 untuk sepeda motor dan menikmati pemandangan Pantai Palangpang ini.

Aman untuk camping di tepi pantai dengan fasilitas lengkap seperti toilet dan mushola.

Alamat : Pantai palangpang geopark ciletuh, Ciwaru, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43177 ( Lokasi Di Google Maps )

2. Pantai Cikadal

Salah satu pantai yang cukup sepi untuk dikunjungi.

Lokasinya berada di dekat mangrove Ciletuh.

Alamat : Mandrajaya, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43177 ( Lokasi Di Google Maps )

Kawasan Wisata Bukit / Puncak Di Geopark Sukabumi Terbaru Tahun 2023

Kawasan Wisata Bukit / Puncak Di Geopark Sukabumi Terbaru Tahun 2023

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata puncak bukit untuk menikmati kawasan wisata Geopark Ciletuh Sukabumi dari ketingian.

1. Puncak Darma

Salah satu puncak dengan pemandangan terbaik ke arah kawasan Geopark.

Dari sini bisa terlihat dengan jelas keindahan bibir Pantai Palangpang yang panjang.

Cocok untuk tujuan touring, atau gowes karena rute menuju ke tempat ini sangat menarik.

Alamat : Girimukti, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ( Lokasi Di Google Maps )

2. Puncak Bukit Panineungan

Lokasinya berada beberapa saat sebelum Puncak Darma.

Jadi bisa sekalian mampir kesini kalau berkunjung ke Puncak Darma.

Alamat :Girimukti, Sukabumi Regency, West Java ( Lokasi Di Google Maps )

3. Bukit Panenjoan Ciletuh Geopark

Salah satu view point untuk menikmati kawasan geopark dari ketinggian.

Dari sini bisa terlihat beberapa tempat wisata seperti Pantai Palangpang.

Perlu dicatat, pada musim liburan akses ke tempat ini sering macet, jadi harap dipertimbangkan sebelum mengunjungi tempat ini.

Alamat : Jl. Tamanjaya Ciwaru Jalan Cigaok No.4, panenjoan, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ( Lokasi Di Google Maps )

4. Puncak Tugu Ciletuh

Jalanan menuju ke kawasan wisata ini mungkin kurang terlalu bagus, namun pemandangannya cukup indah

Alamat : Jl. Cicukang, Mekarjaya, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ( Lokasi Di Google Maps )

Hotel, Penginapan, Homestay Di Geopark Ciletuh Sukabumi

Berikut ini adalah daftar hotel, penginapan hingga homestay dekat pantai dan curug di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi.

  • Ladisa Geopark Ciletuh Inn, Jl. Cimarinjung, Ciwaru, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ( Lokasi Di Google Maps )
  • Villa Ikbhar Ciletuh, Jalan Raya Pantai Palangpang, Ciwaru, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Harga Mulai Dari IDR 350.000 ( Lokasi Di Google Maps )
  • RedDoorz @ Geopark Ciletuh Sukabumi, Jl. Cimarinjung, Ciwaru, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Harga Mulau Dari IDR 300.000 ( Lokasi Di Google Maps )
  • Homestay D’Leuit Exa, Jl. Cimarinjung KM.44, Ciwaru, Ciemas, Ciwaru, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ( Lokasi Di Google Maps )
  • Penginapan Samudra Jaya, Jl. Ciwaru-Palangpang, Ciwaru, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43177 ( Lokasi Di Google Maps )
  • OYO 921 Hotel Ratu Pantai, Jl. Cimarinjung, Ciwaru, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Harga Mulai Dari 450.000 ( Lokasi Di Google Maps )
  • Villa D’Koboy, Pantai Palangpang Geopark Ciletuh, Jl. Cimarinjung, Ciwaru, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ( Lokasi Di Google Maps )

Nah, diatas adalah panduan wisata ke Geopark Ciletuh di Sukabumi Jawa Barat tahun 2023 lengkap termasuk info lokasi curug, pantai hingga hotel juga penginapan.

Semoga informasi ini bisa berguna buat kamu ya!

My Instagram : instagram.com/catperku
My Travel Blog : catperku.com


Fahmi (catperku.com)

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
http://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *