Panduan Liburan Ke Melaka Malaysia Untuk Pemula

Kamu mau liburan ke Melaka Malaysia gak? Memang disana ada apa saja? Mungkin sebagian orang belum tahu tujuan liburan di Malaysia selain Kuala Lumpur. Memang ada banyak tempat wisata di Kuala Lumpur yang sudah terkenal, jadi tiap kali ingin berlibur ke Malaysia, pasti Kuala Lumpur akan terpikirkan terlebih dahulu. Padahal, kalau dilihat lagi, Melaka ini adalah salah satu tujuan liburan yang tak kalah menarik lho.

Terutama untuk yang suka kuliner, jalan kaki dan sejarah. Ada banyak tempat bersejarah di Melaka yang bisa kamu kunjungi, ada banyak tempat wisata di Melaka yang bisa dinikmati. Buat penyuka kuliner juga ada banyak pilihan kuliner Malaysia yang bisa kamu coba disini. Tinggal pilih saja yang sesuai selera dan kantong. Kalau mau jalan kaki keliling kota Melaka juga bisa banget. Terakhir Liburan ke Melaka Malaysia, saya malah menikmati berjalan kaki keliling kotanya.

Nah, jadinya buat kamu yang sudah bosen liburan ke Kuala Lumpur, kamu bisa mencoba mengunjungi kota ini sebagai alternatif tujuan liburan ke luar negeri selanjutnya. Disini saya mencoba berbagi pengalaman selama liburan ke Melaka, juga apa saja yang bisa kamu lakukan dan kamu temukan di kota besejarah Malaysia ini. Kamu juga bisa menonton travel vlog melaka yang sudah saya buat diĀ  tulisan “Panduan Liburan Ke Melaka Malaysia Untuk Pemula” ini. Jangan lupa, kalau kamu suka videonya, subscribe juga ke channel youtube saya di youtube.com/catperku ya.

Oke, langsung saja, saya mau berbagi sedikit informasi tentang Melaka, kota bersejarah yang saya rekomendasikan sebagai tujuan wisata!

Kenapa Kamu Harus Liburan Ke Melaka Malaysia?

Panduan Liburan Ke Melaka Malaysia Untuk Pemula.
Panduan Liburan Ke Melaka Malaysia Untuk Pemula.

Kenapa harus kesini? Pertama, mungkin kamu sudah terlalu sering liburan ke Kuala Lumpur Malaysia, sehingga tanpa baca panduan liburan ke Kuala Lumpur pun kamu sudah tau ada apa saja disana. Jadi, kamu pengen destinasi liburan yang berbeda selain Kuala Lumpur. Selain liburan ke Penang, Melaka ini adalah alternatif tujuan liburan yang menyenangkan. Apalagi jarak Kuala Lumpur ke Melaka ini tak terlalu jauh, hanya sekitar 2-3 jam perjalanan saja. Jadi, kenapa tidak mencoba untuk mengunjunginya. Nah, selanjutnya, bagaimana cara pergi ke Melaka?

Cara Pergi Ke Melaka

Ada beberapa cara untuk pergi ke Melaka. Baik lewat udara, lewat jalur darat, atau bahkan dari laut. Tentu saja cara termudah untuk pergi ke Melaka ini adalah dengan terbang ke Kuala Lumpur KLIA 2 lalu melanjutkan perjalanan darat dengan naik bus. Tenang saja, cara naik bus di Malaysia itu gampang banget, seperti yang saya lakukan di vlog yang ada dibawah. Lalu untuk yang ingin tahu beberapa cara alternatif untuk pergi ke Melaka, kamu bisa membaca tulisan dibawah ini ya.

 

 

Cara Pergi Ke Melaka Naik Pesawat Terbang

Sebenarnya bisa juga pergi liburan ke Melaka naik pesawat terbang tanpa harus ke Kuala Lumpur terlebih dahulu. Karena Melaka sendiri punya bandara internasional yang bernama Malacca International Airport (IATA: MKZ, ICAO: WMKM) (Bandara ini sebelumnya dikenal sebagai Batu Berendam Airport). Lokasinya juga tak jauh dari pusat kota Melaka, sekitar 10 kilometer saja. Dari informasi yang saya dapatkan, hanya ada dua maskapai yang terbang ke Melaka, yaitu Malindo Air dan Air Asia.

Malindo Air ini melayani penerbangan dari Langkawi, dan Penang Malaysia. Sementara itu Air Asia melayani penerbangan dari Pekanbaru Indonesia, Kota Bharu, Penang Malaysia, dan Ho Chi Minh City Vietnam. Ya, tak banyak penerbangan langsung ke Melaka Malaysia. Karena itu, lebih efektif liburan ke Melaka lewat Kuala Lumpur KLIA lalu melanjutkan perjalanan darat ke Melaka.

Liburan ke Melaka dengan naik bus adalah cara paling mudah.
Liburan ke Melaka dengan naik bus adalah cara paling mudah.

Cara Pergi Ke Melaka Naik Bus Dari Kuala Lumpur

Jika pergi ke Melaka naik bus, pintu masuk utamanya adalah Terminal Bus Melaka Sentral. Kamu bisa naik bus ke Melaka dari beberapa kota besar di Malaysia lainya seperti Kuala Lumpur, Johor Bahru dan Seremban. Saya pernah mencoba naik bus ke Melaka dari Kuala Lumpur, karena kebetulan saya memang berangkat dari Kuala Lumpur.

Cara pergi ke Melaka dari Kuala Lumpur dengan naik bus paling mudah adalah dengan naik bus dari Terminal Bus Bersepadu Selatan di Kuala Lumpur. Terminal bus Bersepadu Selatan ini bisa dijangkau dengan naik LRT. Tiket bus ke Melaka bisa dibeli online lewat beberapa aplikasi tiket bus. Atau bisa juga beli langsung di kounter penjualan tiket yang ada di Terminal Bus Bersepadu Selatan.

Nggak usah takut kehabisan tiket bus, karena bus ke Melaka ada hampir tiap jam. Terakhir mencoba rute bus ke Melaka, saya mendapatkan harga tiket bus RM 10.00 saja. Tidak terlalu mahal, dan bus yang digunakan lumayan nyaman. Rata-rata harga tiket bus ke Melaka diantara RM 10-12 saja untuk sekali jalan.

Selain naik dari Terminal Bersepadu selatan, kamu juga bisa langsung pergi ke Melaka dari Kuala Lumpur Internasional Airport. Misalnya, salah satu perusahaan Bus Transnasional melayani beberapa jadwal perjalanan bus ke Melaka dari Kuala Lumpur Internasional airport.

Naik bus ke Melaka itu mudah dan murah.
Naik bus ke Melaka itu mudah dan murah.

Cara Pergi Ke Melaka Naik Bus Dari Singapura

Selain dari Malaysia, kamu juga bisa pergi ke melaka dari Singapura. Jadi yang ingin trip lintas negara dan ingin mampir liburan ke Melaka hal itu bisa dilakukan. Misal kamu ingin trip lintas negara Singapura – Johor Bahru – Melaka – Kuala Lumpur atau hanya Singapura – Melaka saja.

Dari singapura, kamu bisa langsung pergi ke Melaka Sentral dari City Plaza Singapura. Dari sini harga tiketnya sekitar SGD 18-50, tergantung perusahaan busnya. Namun cara paling murah adalah dengan menyeberang ke Johor Bahru terlebih dahulu, baru kemudian naik bus ke Melaka dari JB Larkin Terminal. Ada banyak bus yang melayani rute Johor Bahru Larkin ke Melaka Sentral dengan harga mulai dari RM 19 tergantung busnya.

Cara Pergi Ke Melaka Naik Kereta Api

Naik kereta api bukan cara paling efisien untuk pergi liburan ke Melaka, meski itu adalah hal yang mungkin. Karena, stasiun terdekat dengan Melaka adalah Pulau Seban/Tampin yang masih berjarak sekitar 30 km dari Melaka. Kecuali kamu memang ingin mencoba hal yang baru atau karena memang ingin buang waktu, saya tidak merekomedasikan pergi ke Melaka naik kereta api. Kalaupun ingin naik kereta api, kamu bisa naik kereta api dari Johor Bahru Sentral atau Kuala Lumpur Sentral.

Lalu Bagaimana Cara Pergi Ke Pusat Kota Melaka Dari Terminal Bus Melaka Sentral

Oke, saya anggap kamu menggunakan moda tranportasi paling umum dan mudah untuk pergi liburan ke Melaka, yaitu naik bus dan turun di Melaka Sentral. Nah, bagaimana cara pergi ke pusat kota Melaka dari Melaka Sentral? Oke, dari pengalaman saya kemarin, ada beberapa cara yang bisa digunakan.

  • Pertama, cara paling nyaman dan mudah tapi agak mahal. Naik taksi online atau taksi konvensional dari Melaka Sentral hingga ke pusat kota Melaka. Tarifnya sih sekitar RM 40-50 dan bisa lebih tergantung lokasi penginapan atau tujuan kamu di Pusat Kota Melaka.
  • Kedua, cara paling murah. Kamu bisa naik semacam bus kota yang namanya Bus Panorama. Naiklah bus Panorama No 17 dengan tujuan Ujong Pasir. Bus ini akan mengantarkan kamu sampai ke pusat kota Melaka. Tentu saja Bus Panorama no 17 Melaka ini akan melewati kawasan Stadthuys atau Bangunan Merah. Jadi jika tujuanmu kesini, bilang saja mau turun di Bangunan Merah. Kemarin saya hanya perlu membayar RM 1.5 untuk ke Bangunan Merah dari Melaka Sentral. Sementara itu untuk arah sebaliknya, dari pusat kota Melaka ke Melaka Sentral saya membayar RM 2, lebih mahal setengah ringgit. Perlu dicatat, interval bus ini adalah sekitar 1,5 jam sekali lewat, ditambah kemacetan Melaka, bisa lebih lama lagi. Jadi kalau terburu-buru, Bus Panorama ini tak bisa terlalu diandalkan. Sebaiknya langsung naik taksi saja.

 

 

Bagaimana Cara Keliling Malaka

Melaka ini dulu pernah punya Monorail, namun sekarang monorail tersebut sudah berhenti beroperasi. Jadi selain naik bus umum yang jumlahnya terbatas dan tidak terlalu bisa diandalkan, cara terbaik untuk keliling Melaka adalah dengan berjalan kaki, naik taksi konvensional atau taksi online. Namun kota Melaka ini menyenangkan untuk dijelajahi sambil jalan kaki, jadi saya rekomendasikan kamu mencoba jalan kaki keliling kota Melaka, terutama jalan kaki di daerah Jonker Street. Jalan kaki juga merupakan cara termurah untuk menjelajah kota Melaka. Jadi saya sarankan untuk memilih penginapan di Pusat Kota Melaka saja agar bisa jalan kaki menuju beberapa tempat wisata Melaka.

Atau kamu bisa menjelajah Melaka dengan naik sepeda seperti ini.
Atau kamu bisa menjelajah Melaka dengan naik sepeda seperti ini.

Liburan Ke Melaka Bisa Ngapain Saja?

Lalu kalau pergi liburan ke Melaka bisa ngapain saja? Tentunya kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang daftarnya ada dibawah ini. Atau untuk referensi lebih detail, kamu bisa melihat travel vlog liburan di Melaka dibawah ini.

1. Naik Melaka River Cruise

Ini adalah atraksi utama ketika kamu pergi liburan ke Melaka selain mengunjungi Jonker Street. Saya sarankan untuk mencoba naik Melaka River Cruise Malam hari agar kamu bisa menikmati pemandangan Kota Melaka malam hari yang cantik itu. Ya, kira-kira seperti video ketika naik Melaka River Cruise dibawah ini nih.

 

 

2. Jalan Kaki Keliling Kota Melaka

Ya, cara untuk berhemat ketika liburan ke Melaka adalah keliling kota dengan Jalan Kaki. Selain itu, ini juga cara yang menyenangkan untuk melihat kota Melaka dengan lebih santai dan detail. Seperti yang saya lakukan ketika sedang liburan di Melaka ini deh.

 

 

Tempat Wisata Di Melaka Malaysia

Melaka adalah kota bersejarah, itu berarti ada banyak tempat wisata bersejarah bisa kamu kunjungi ketika liburan ke Melaka.
Melaka adalah kota bersejarah, itu berarti ada banyak tempat wisata bersejarah bisa kamu kunjungi ketika liburan ke Melaka.

Ada banyak tempat wisata di Melaka Malaysia yang bisa kamu kunjungi. Beberapa diantaranya bisa kamu temukan di bawah ini ya.

1. Stadthuys AKA Bangunan Merah

2. Jonker Street

3. St. Paul Hill Dan Gereja St. Paul

4. Melaka River

5. Christ Church Melaka

6. Kuil Cheng Hoon Teng Melaka

7. Museum Maritim Melaka

8. Reruntuhan Benteng A Famosa

9. Menara Taming Sari

10. Baba and Nyonya Peranakan Museum

11. Malaysian Navy Museum

12. Malay and Islamic World Museum

13. Masjid Kampung Hulu

14. Muzium Budaya

15. Stamp Museum

16. UMNO Museum

17. Youth Museum/Melaka Art Gallery

18. Malacca Straits Mosque

20. Poh San Teng Temple

21. St John’s Hill and Fort

22. Melaka Chinese Mosque

23. Melaka Zoo

24. Kampung Morten

25. Padang Kemunting Sea-Turtle Sanctuary

26. Recreational Forest Ayer Keroh

27. Melaka Botanical Garden, Ayer Keroh

28. Taman Mini Malaysia and Mini ASEAN

29. Muzium Kapal Selam

30. Taman Burung Melaka

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
4 Responses

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: