Panduan Liburan Ke Jogja Ala Catperku

Panduan liburan ke Jogja ala catperku! Jogja memang selalu menjadi tujuan liburan favorit saya. Mungkin juga Jogja ini salah satu tujuan favorit kamu juga. Yang jelas, selain liburan ke Bali, mungkin kamu juga perlu menjadikan Jogja untuk tujuan liburanmu selanjutnya. Ada banyak alasan kenapa kamu harus mampir ke Jogja meski sesekali.

Tentu saja, tempat wisata di Jogja, kuliner dan segala macam daya tarik Jogja adalah beberapa dari alasannya. Saya sendiri cukup sering pergi ke Jogja, entah tujuannya untuk liburan atau sekedar transit saja. Selain itu, liburan ke Jogja sekali saja itu pasti kurang. Minimal ya beberapa kali gitu. Kalau cuma sekali, dijamin rasa kangen dengan Jogja akan menyerang. Iya Nggak sih?

Oke, sekarang sebaiknya kamu lanjutkan membaca sampai selesai tentang panduan liburan ke Jogja ini ya. Disini bakal membahas tentang cara pergi ke Jogja, rekomendasi lokasi penginapan di Jogja, cara keliling Jogja dan masih banyak informasi penting lainnya seputar pariwisata Jogja berdasarkan pengalaman saya berkunjung ke Jogja beberapa kali.

Sebelum Liburan Ke Jogja Perlu Siapkan Apa Saja?

Liburan ke Jogja, wajib mengunjungi tempat wisata pantainya!
Liburan ke Jogja, wajib mengunjungi tempat wisata pantainya!

Sebagai seorang pemula atau yang baru pertama kali mau liburan ke Jogja, paling tidak kamu harus tahu dimana mau menginap selama di Jogja, terus kamu mau naik apa ke Jogja, dan tentunya tempat wisata di Jogja apa saja. Jangan sampai malah bingung ketika sudah sampai di Jogja.

Memilih Lokasi Penginapan Di Jogja

Enaknya menginap dimana ya kalau liburan ke Jogja? Yang dekat malioboro kah? Dekat stasiun, terminal atau dimana enaknya? Nah, disini saya mau berbagi rekomendasi lokasi penginapan yang strategis buat kamu yang akan menghabiskan waktu liburan di Jogja. Saya pernah menginap di dekat beberapa lokasi ini. Untuk rekomendasi penginapan atau hote di Jogja mungkin akan saya bahas di post terpisah. Atau silahkan menggunakan aplikasi travel agent online favorit kamu saja.

Menginap Di Dekat Jalan Malioboro

 

 

Saya pernah beberapa kali menginap di dekat Jalan Malioboro. Selain ini adalah pusat keramaian kota Jogja, lokasinya dekat dengan Stasiun Tugu Jogja. Di sekitar Jalan Malioboro ini tersedia banyak penginapan murah kelas backpacker hingga yang mahal juga ada. Biasanya kalau sekedar untuk transit, saya memilih penginapan murah di dekat Jalan Malioboro saja sih.

Direkomendasikan untuk menginap di dekat Jalan Malioboro juga untuk kamu yang ingin eksplore pusat kota Jogja. Karena dari area ini, ada banyak tempat wisata Jogja yang bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Tentunya selain Jalan Malioboro ada beberapa tempat wisata lainnya juga seperti Benteng Vredeburg, Keraton Jogja dan masih banyak lainnya.

Kekurangan menginap disini adalah, tempatnya lumayan rame dan nggak semua hotel atau penginapan memiliki tempat parkir yang luas. Jadi ya kalau kamu membawa mobil sendiri, sebaiknya tanyakan dulu kondisi tempat parkir di hotel tempat kamu menginap. Terus, kalan menuju ke Malioboro juga sering macet. Area ini lebih cocok untuk kamu yang liburan ke Jogja dengan menggunakan kereta api atau transportasi umum lainnya.

Menginap Di Jalan Prawirotaman

Kalau lagi ingin tempat yang agak sepi, biasanya saya menginap di Jalan Prawirotaman. Lokasinya cukup strategis, meski bukan pusat keramaian kota Jogja. Jalan Prawirotaman ini juga dikenal sebagai kamping internasional di Jogja. Karena memang rata-rata yang menginap disini adalah turis asing.

Seperti halnya dengan Jalan Malioboro, ada beberapa daya tarik wisata juga di sekitar Jalan Prawirotaman. Misalnya, ada pasar tradisional dan beberapa cafe di Jalan Prawirotaman untuk dicoba. Jalan Prawirotaman ini cocok untuk kamu yang suka dengan tempat yang lebih tenang, jauh dari keramaian Jalan Malioboro.

Menginap Di Tempat Lainnya

Selain dua lokasi diatas, area dekat Jalan Malioboro dan Prawirotaman, tempat lainnya di Jogja juga enak untuk menginap. Misalnya, disekitar Bandara Adisucipto juga ada banyak hotel dan penginapan. Saya pernah menginap di sekitar bandara karena harus mengejar penerbangan pagi. Atau buat kamu yang ingin menjelajah tempat wisata pantai di Gunungkidul, sebaiknya kamu menginap di sekitar Pantai Indrayanti saja. Jauh lebih dekat menginap di sekitar Pantai Indrayanti jika kamu ingin menjelajah pantai disekitarnya. Daripada kamu menginap di Kota Jogja, masih perlu sekitar 2 jam perjalanan untuk menuju ke area pantai Gunungkidul.

Stasiun, Terminal Dan Bandara Yang Ada Di Jogja

Liburan ke Jogja bisa menggunakan berbagai moda transportasi umum yang melayani rute ke Jogja. Ada pesawat, bus antar kota dan provinsi hingga kereta api melayani rute ke Jogja. Oleh karena itu kamu harus tahu tentang stasiun, terminal dan Bandara yang ada di Jogja. Jangan sampai salah turun atau salah naik moda transportasi karena kamu nggak tahu ya.

 

 

Bandara Internasional Adisucipto

Ini adalah bandara lama Jogja, yang sampai sekarang masih beroperasi. Bandara Internasional Adisucipto ini melayani rute penerbangan domestik dan Internasional. Informasi maskapai yang melayani rute penerbangan ke Bandara Internasional Adisucipto bisa kamu lihat disini. Meski bandara ini kecil, namun akses menuju ke pusat kota Jogja dari Bandara Ini Mudah. Baik Trans Jogja, Kereta Api Prameks dan transportasi umum lainnya melayani rute kota Jogja ke Bandara Internasional Adi Sucipto.

Bandara Internasional Yogyakarta

Ini adalah bandara Jogja terbaru yang berada di Kulon Progo. Karena Bandara Internasional Yogyakarta ini baru jadi, belum banyak penerbangan yang mendarat di bandara ini. Akses transportasi umum ke Bandara Internasional Yogyakarta yang baru ini juga masih belum lengkap. Untuk transportasi umum ke bandara baru Jogja yang berjarak sekitar 1 jam dari pusat kota Jogja ini dilayani damri dan kereta api. Informasi jadwal kereta api ke Bandara Internasional Yogyakarta yang baru bisa kamu temukan dibawah ini (Sumber Wikipedia).

1. KA BANDARA YIA

Stasiun Kedatangan Keberangkatan
Maguwo 10.40
Yogyakarta Tugu 10.49 10.52
Wates 11.13 11.15
Wojo 11.26

(KA Bandara YIA Wojo – Maguwo)

Stasiun Kedatangan Keberangkatan
Wojo 14.04
Wates 14.15 14.17
Yogyakarta Tugu 14.43 14.46
Maguwo 14.55

Tarif: Rp. 30.000,-

2. KA SOLO EKSPRES

(KA SOLO EKSPRES Solo Balapan – Wojo)

Stasiun Kedatangan Keberangkatan
Solo Balapan 08.40
Maguwo 09.28 09.31
Lempuyangan 09.38 09.41
Yogyakarta Tugu 09.46 09.49
Wates 10.15 11.17
Wojo 10.27 10.29

(KA SOLO EKSPRES Wojo – Solo Balapan)

Stasiun Kedatangan Keberangkatan
Wojo 11.32 11.34
Wates 11.43 11.45
Yogyakarta Tugu 12.11 12.14
Lempuyangan 12.18 12.21
Maguwo 12.28 12.31
Solo Balapan 13.19

Tarif: Rp. 30.000,-

  • Stasiun Wojo – YIA: 10 Menit (Menggunakan Shuttle bus DAMRI)
  • Stasiun Tugu Yogyakarta – Stasiun Wojo: 35-40 Menit
  • Stasiun Maguwo – Stasiun Wojo: 45-50 Menit

Cara Pergi Ke Jogja

Nah, sekarang mau bahas dikit mengenai cara pergi ke Jogja. Terutama sih buat kamu yang mau liburan ke Jogja pertama kali. Memang kelihatannya sepele. Tapi masih ada lho yang enggak tau kalau naik kereta api ke Jogja itu turunnya di Stasiun Tugu Jogja atau di Stasiun Lempuyangan. Apalagi sekarang Jogja punya dua bandara. Makin bingung gak itu?

Keraton Jogja adalah tempat wisata populer yang banyak dikunjungi wisatawan.
Keraton Jogja adalah tempat wisata populer yang banyak dikunjungi wisatawan.

Naik Pesawat Terbang Ke Jogja

Kalau kamu mau liburan ke Jogja naik pesawat, sampai sekarang ini sebagian besar maskapai masih mendaratkan pesawat terbangnya di Bandara Internasional Adi Sucipto. Meski ada beberapa jadwal penerbangan dari Jakarta yang mendarat di Bandara Udara Internasional Yogyakarta terbaru di Kulon Progo ya. Namun, tidak sebanyak yang mendarat di Adi Sucipto. Pastikan saja kamu cek ke maskapai yang akan kamu gunakan untuk terbang ke Jogja. Mengenai transportasi umum dari dan ke bandara Jogja, kamu bisa cek diatas ya.

Naik Kereta Api Ke Jogja

Tidak cuma 2 bandara, namun Jogja juga punya dua stasiun kereta api. Yang pertama dikenal dengan nama Stasiun Tugu Jogja, sementara itu yang kedua adalah Stasiun Lempuyangan. Kedua stasiun di Jogja ini lokasinya tak begitu jauh dari pusat kota, namun Stasiun Tugu lokasinya jauh lebih dekat dengan Jalan Malioboro. Bahkan bisa dibilang letak Stasiun Tugu bersebelahan dengan Jalan Malioboro.

Yang membedakan dari dua stasiun tersebut adalah kereta yang berhenti di tiap stasiun. Jika kamu naik kereta api eksekutif, kemungkinan akan berhenti di Stasiun Tugu. Sementara itu jika kamu naik kereta api ekonomi, kamu bakal berhenti di Stasiun Lempuyangan. Namun kereta api Prameks Atau Prambanan Ekspres berhenti di dua stasiun utama Jogja tersebut. Jadi jika hotel tempat kamu menginap di Jalan Malioboro, sebaiknya kamu memilih kereta api yang berhenti di Stasiun Tugu Jogja.

Naik Bus Ke Jogja

Jogja memiliki terminal bus utama yang berada di Jalan Imogiri, Giwangan. Nama terminal bus Jogja adalah Terminal Bus Giwangan. Terminal bus jogja ini melayani rute bus antar kota dan antar provinsi dari beberapa kota besar di Jawa. Liburan ke Jogja naik bus adalah cara paling murah. Biasanya cara ini digunakan oleh kamu yang ingin liburan ala backpacker ke Jogja.

Naik Prambanan Ekspress Ke Jogja ( Prameks )

Prameks atau Prambanan Ekspress ini sebenarnya mirip dengan Commuterline Jakarta. Bedanya Kereta Prameks ini hanya melayani rute Solo – Yogyakarta – Kutoarjo. Terus, jadwalnya juga tidak sebanyak Kereta Commuterline Jakarta. Kereta ini berhenti di Stasiun Lempuyangan dan Stasiun Tugu Yogyakarta. Kamu bisa naik Prameks jika kamu berangkat dari Solo, atau ingin melanjutkan liburan ke Solo. Untuk jadwal dari Prameks bisa cek dibawah ini :

  • Jadwal Prameks Solo – Jogja – Kutoarjo : Jam 05.10 , 12.15 , 16.10.
  • Jadwal KA Prameks Solo – Jogja : Jam 05.10 , 07.20 , 09.10 , 10.40 , 12.15 , 13.05 , 14.00 , 16.10 , 18.00 , 18.40.
  • Jadwal Prameks Kutoarjo Jogja – Solo : Jam 06.00 , 08.35 , 15.50 , 18.50.
  • Jadwal Kereta Prameks Jogja – Solo : Jam 05.30 , 07.12 , 09.05 , 09.45 , 10.45 , 12.30 , 14.40 , 16.05 , 17.02 , 20.02 .
  • Jadwal Kereta Prameks Dari Jogja – Kutoarjo : Jam 04.30 , 06.24 , 13.32 , 17.24.

Transportasi Umum Di Jogja

Sebenarnya ada banyak moda transportasi umum di Jogja. Namun tidak semuanya bisa menjangkau tempat wisata di Jogja. Transportasi umum yang tersedia di Jogja antaralain Trans Jojga, Taksi, Ojek, Becak, Delman dan Kereta Api. Jadi liburan ke Jogja jangan bingung mau naik transportasi umum apa ya. Untuk detailnya, ada dibawah ini.

Rute Dan Jadwal Trans Jogja

Liburan di Jogja sepenuhnya mengandalkan trans jogja? Memang bisa? Bisa banget, meski mungkin tidak efisien secara waktu. Pertama, Trans Jogja ini tidak memiliki jalur sendiri seperti Busway atau Trans Jakarta. Jadi Trans Jogja ini bukan transportasi umum anti macet ya. Malah, kalau naik transportasi umum ini ada kemungkinan kamu terjebak macet.

Namun Trans Jogja ini juga memiliki kelebihan. Rutenya ada banyak, dan bahkan bisa menjangkau sebagian besar Kota Yogyakarta. Bahkan sebagian tempat wisata seperti Candi Prambanan, Jalan Malioboro dan Museum Affandi memiliki akses ke halte Trans Jogja terdekat. Trans Jogja ini juga merupakan moda transportasi termurah untuk menuju ke Bandara Internasional Adisucipto.

Pastikan saja kamu memberikan waktu ekstra kalau mau naik Trans Jogja. Karena ada kemungkinan kamu bakal terjebak macet di jalan. Tiket Trans Jogja bisa dibayar dengan cash atau dengan e-money. Sementara itu untuk tarif tiket naik Trans Jogja adalah sebagai berikut :

  • Untuk umum (Non Berlangganan) : IDR 3.500 (sekali jalan)
  • Untuk Umum (Berlangganan) : IDR 2.700 (sekali jalan)
  • Untuk Pelajar (Berlangganan) : IDR 2.700 (sekali jalan)

Ojek Online Dan Taksi Online Di Jogja

Ojek online, taksi online seperti Grab dan Gojek sudah beroperasi di Jogja. Dengan naik transportasi umum online ini, sebenarnya memudahkan kamu untuk bepergian di Jogja. Namun kekurangannya satu, transportasi umum online ini tidak bisa dipesan dari semua tempat di Jogja. Ada beberapa tempat yang melarang transportasi online mengambil penumpang, terutama dari beberapa tempat wisata di Kota Jogja. Jadi kurang bisa diandalkan untuk berkeliling tempat wisata di Jogja.

Misal, kamu bisa pergi dari Jalan Malioboro ke Taman Sari naik ojek online atau transportasi online lainnya. Namun kamu tidak akan bisa naik transportasi online dari Taman Sari ke tempat lainnya, karena transportasi online dilarang mengambil penumpang dari Taman Sari. Peraturan tidak resmi dan tidak tertulis ini juga berlaku di beberapa tempat wisata lainnya di Jogja. Pun alternatifnya kamu bisa naik becak atau ojek lokal setempat.

Becak, Delman Dan Transportasi Umum Di Jogja Lainnya

Transportasi umum tradisional seperti Becak, Delman dan ojek lokal masih tersedia di Jogja. Namun transportasi umum ini kurang bisa diandalkan karena jangkauannya tidak jauh. Becak mungkin masih bisa diandalkan untuk pergi berbelanja oleh oleh ketika liburan ke Jogja. Selain sebagian besar dari mereka bekerjasama dengan beberapa toko oleh-oleh untuk mencari pelanggan. Jadi kamu bisa mengandalkan mereka kalau mau berbelanja di sekitar kota Jogja.

Delman sendiri lebih banyak digunakan sebagai atraksi wisata daripada transportasi umum. Delman bisa ditemukan dengan mudah di sekitar Jalan Malioboro. Buat yang belum pernah coba, saya rekomendasikan untuk sesekali naik Delman. Sementara itu Ojek pangkalan dan Taksi biasa juga banyak ditemukan di Jogja. Beberapa bukan resmi, jadi pastikan kamu negosiasi kesepakatan harga terlebih dahulu sebelum naik.

Sewa Mobil Dan Sepeda Motor Di Jogja

Untuk yang memerlukan fleksibilitas tinggi, atau yang ingin pergi mengunjungi tempat wisata di Gunungkidul, diluar Jogja seperti Magelang. Sewa sepeda motor atau Mobil di Jogja adalah pilihan yang tepat. Karena kamu bisa merencanakan sendiri jadwalnya. Untuk yang tidak ingin terkena macet, saya rekomendasikan sewa motor di Jogja. Namun kalau kamu pergi ramai-ramai, sewa mobil adalah pilihan yang tepat.

Tempat Belanja Di Jogja

Liburan ke Jogja rasanya kurang lengkap. Mengingat ada banyak tempat belanja di Jogja yang bisa kamu kunjungi. Malah sebenarnya Jogja ini surga wisata Belanja. Nah, kalau tempat belanja di Jogja kira-kira sebagai berikut ini.

  1. Sepanjang Jalan Malioboro. Ada banyak yang bisa kamu beli di sepanjang Jalan Malioboro. Mulai barang seni, jajanan hingga kuliner bisa ditemukan dengan mudah disini.
  2. Pasar Beringharjo. Buat yang mau koleksi batik, atau belanja pakaian tentu kamu harus mampir belanja di Pasar Beringharjo.
  3. Belanja Di Mall Jogja.  Sekarang ada banyak Mall di Jogja yang juga bisa dijadikan tujuan belanja. Ya mungkin barang yang dijual nggak jauh beda dengan Mall di Jakartnya ya, tapi nggak ada salahnya mampir. Beberapa mall yang bisa kamu kunjungi di Jogja adalah : ( Malioboro Mall, Jl. Malioboro 52-58 ), ( Galleria Mall, Jl. Jendral Sudirman 99-101 ), ( Hartono Mall, Jl. Ring Road Utara ), ( Plaza Ambarrukmo (Amplaz), Jl. Laksda Adisucipto ), ( Saphir Square, Jl. Laksda Adisucipto 32-34 ), ( Jogja City Mall (JCM), Jl. Magelang Km. 6 No.18 Sinduadi ).

Tempat Kuliner Di Jogja

Liburan ke Jogja, cobain kuliner itu wajib hukumnya. Saya baru sempat mencoba beberapa tempat kuliner Jogja yang banyak banget itu. Pada bagian ini akan saya update perlahan tiap kali mencoba kuliner di Jogja. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Ayam Geprek Bu Rum, Alamat : Jalan Wulung Lor (Peta Lokasi Google Maps), Desa Papringan, Depok, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jam Buka : 7:00 am – 9:00 pm.
  2. Jajanan Pasar Prawirotaman, Alamat : Jl. Gerilya (Peta Lokasi Google Maps), Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153.
  3. Bakmi Doring Suryowijayan, Alamat : Lokasi : Jl Suryowijayan No. 348 (Lokasi Google Maps), Gedongkiwo, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  4. Gudeg Yu Djum, Alamat : Jl. Kaliurang Km 4.5 No.22 (Peta Lokasi Google Maps), Karangasem Mbarek CT III, Kec. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tempat Wisata Jogja

Liburan ke Jogja kamu bisa mendapatkan banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi
Liburan ke Jogja kamu bisa mendapatkan banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi

Liburan ke Jogja sudah pasti pengen jelajah tempat wisata di Jogja yang ada buanyak banget itu kan ya? Nah, untuk itu biar gak bingung, saya bagi-bagi saja menjadi beberapa kategori. Misalnya, tempat wisata Jogja dekat Malioboro kayak disini, lalu ada juga tempat wisata Pantai di Gunungkidul kayak ini juga. Jadi nanti kamu bisa atur itinerary liburan ke Jogja berdasarkan kebutuhan deh!

Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro

Ini gak perlu saya jabarkan, kamu cukup duduk manis dan lihat travel vlog saya yang saya upload di youtube.com/catperku di bawah ini ya :

 

Rekomendasi Wisata Pantai Di Gunungkidul Terkeren!

Ada juga rekomendasi pantai di Gunungkidul yang bisa segera dikunjungi kalau ada kesempatan buat liburan ke Jogja di bawah ini :

 

 

Tempat Wisata Museum Di Jogja

Untuk kamu yang suka berkunjung ke Museum, liburan ke Jogja adalah pilihan yang tepat. Karena di Jogja itu ada banyak tempat wisata berupa museum. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Museum Ullen Sentalu
  2. Museum Affandi
  3. Keraton Yogyakarta
  4. Museum Dirgantara
  5. Museum Sonobudoyo
  6. Museum Kekayon
  7. Museum Batik / Wisma Batik
  8. Museum Benteng Vrederburg
  9. Monument Yogya Kembali

Tempat Wisata Candi Di Jogja

Sebagai pusat kebudayaan Jawa, ada banyak tempat wisata candi di Jogja. Jadi liburan ke Jogja kamu bisa mencoba mampir ke beberapa tempat wisata Candi di Jogja ini ya :

  1. Candi Ijo
  2. Candi Sambisari
  3. Candi Kalasan
  4. Candi Sari
  5. Candi Ratu Boko
  6. Candi Plaosan

Tempat Wisata Di Gunungkidul Selain Pantai

Liburan ke Jogja jangan cuma keliling kota Jogja saja, karena ada banyak tempat wisata lain di Kabupaten Gunungkidul Jogja selain pantai yang siap buat kamu eksplore! Beberapa diantaranya adalah :

  1. Goa Jomblang
  2. Gunung Api Purba Nglanggeran
  3. Gua Kalisuci
  4. Air Terjun Sri Gethuk
  5. Gua Gelatik

Tempat Wisata Pantai Di Jogja

Nah, kalau ngomongin pantai di Jogja itu ada banyak banget! Mungkin ada yang tertarik untuk mengunjungi pantai di Jogja satu persatu, daftarnya ada di bawah ini. Kalau ada yang kurang kasih tahu saya ya! Karena saya juga belum mengunjungi semuanya. Yang jelas, liburan ke Jogja itu harus main ke pantai juga!

  1. Pantai Drini
  2. Pantai Ngobaran
  3. Pantai Kukup
  4. Pantai Sadeng
  5. Pantai Parangkusumo
  6. Pantai Siung
  7. Pantai Sepanjang
  8. Pantai Krakal
  9. Pantai Glagah
  10. Pantai Wedi Ombo
  11. Pantai Sundak
  12. Pantai Timang
  13. Pantai Pasir Kadilangu
  14. Pantau Seruni
  15. Pantai Sanglen
  16. Pantai Slili
  17. Pantai Gesing
  18. Pantai Butuh
  19. Pantai Ngrenehan
  20. Pantai Nguyahan
  21. Pantai Pandansari
  22. Pantai Nglambor
  23. Pantai Goa Cemara, Bantul, Yogyakarta
  24. Pantai Samas, Bantul, Yogyakarta
  25. Pantai Pandansimo
  26. Pantai Ngrumput
  27. Pantai Pok Tunggal
  28. Pantai Depok
  29. Pantai Parangtritis
  30. Pantai Indrayanti
  31. Pantai Jogan
  32. Pantai Sadranan
  33. Pantai Wohkudu
  34. Pantai Ngandong
  35. Pantai Mbirit
  36. Pantai Baron
  37. Pantai Kuwaru
  38. Pantai Widodaren
  39. Pantai Torohudan
  40. Pantai Ngluwen
  41. Pantai Nglangkap/Pantai Langkap
  42. Pantai Congot
  43. Pantai Trisik
  44. Pantai Bugel
  45. Pantai Porok
  46. Pantai Sedahan
  47. Pantai Watu Lumbung
  48. Pantai Tebing Cluak’an
  49. Pantai Watunene
  50. Pantai Watulawang
  51. Pantai Nglolang
  52. Pantai Baros, Bantul
  53. Pantai Buron
  54. Pantai Ngetun
  55. Pantai Kayu Arum
  56. Pantai Ngeden
  57. Pantai Kobra
  58. Pantai Parangendog
  59. Pantai Baru Kuwaru, Bantul
  60. Pantai Watu Kodok
  61. Pantai Kesirat
  62. Pantai Sarangan Gunung Kidul
  63. Pantai Jungwok
  64. Pantai Greweng

Tempat Wisata Di Luar Kota Jogja

Ada beberapa tempat wisata di luar Jogja yang cukup banyak dikunjungi wisatawan yang sedang liburan ke Jogja. Kebanyakan sih lokasinya ada di Klaten dan Magelang. Nah, karena itu saya masukkan juga ke dalam panduan liburan ke Jogja ini deh. Beberapa tempat wisata tersebut adalah :

  1. Candi Borobudur, Magelang.
  2. Punthuk Setumbu, Magelang
  3. Gereja Ayam, Magelang.
  4. Umbul Ponggok, Klaten.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
5 Responses

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: