6 Makanan Unik Dari Sulawesi Yang Wajib Dicoba!

Sebagai travel blogger, doyan makan, tapi tetap nggak bisa gemuk, saya selalu bersyukur. Karena saya bisa makan sebanyak apapun tanpa takut perut membuncit, atau badan yang kian hari makin gemuk. Jadinya asal ada makanan enak, yang boleh dan bisa saya makan, kenapa enggak?

Petualangan saya menjelajah sulawesi selama 13 hari juga tidak lepas dari perburuan makanan unik yang saya temui dari ujung Sulawesi Utara hingga Sulawesi Bagian Tenggara. Ternyata ada beberapa makanan yang baru pertama kali saya temui. Mulai dari yang aneh, super pedas, hingga yang enak semua ada. Enggak rugi deh, saya diajak keliling Sulawesi secara gratis :D

Udah penasaran makanan apa aja yang saya temui selama bertualang ke tanah celebes? Ini dia 6 makanan unik Dari Sulawesi yang wajib dicoba ketika berada disana!

1. Jepa (baca : yepa)

Yepa, makanan unik khas Mandar.

Jepa, makanan unik khas Mandar.

Pertemuan saya dengan masakan unik dari sulawesi bernama Jepa adalah karena berkesempatan untuk mengunjungi Kota Majene. Jepa sebenarnya adalah masakan khas Suku Mandar yang digunakan sebagai makanan pokok pengganti nasi disana. Bentuk Jepa berupa lingkaran dalam lembaran tipis. Berwarna putih kecokelatan dengan aroma singkong bakar dan bertekstur seperi roti. Dan, makanan dengan bahan dasar singkong ini enak dimakan ketika sedang hangat dengan ikan teri sebagai lauknya. Kemarin saya sempa menghabiskan DUA PORSI saking senengnya nemu makanan unik nan enak di Sulawesi.

2. Loka Anjoroi

Loka Anjoroi, pisang rebus dengan sentuhan khas Suku Mandar.

Loka Anjoroi, pisang rebus dengan sentuhan khas Suku Mandar.

Masih dengan makanan khas suku mandar, Loka Anjoroi adalah masakan unik dari Sulawesi rekomendasi saya. Entah makanan yang satu ini dijual bebas atau tidak, karena saya memakannya ketika dijamu di acara makan malam, setelah menikmati suguhan budaya mandarLoka Anjoroi sendiri merupakan jajanan khas Mandar yang biasa disajikan diwaktu pagi hari. Berbahan baku pisang dan biasanya menggunakan pisang Raja.

Proses pembuatan Loka Anjoroi ini cukup mudah, pisang dengan kulitnya cukup direbus sampai matang seperti merebus pisang pada umumya. Bedanya, setelah matang, kulit pisang dikupas dan daging pisang direbus kembali santan kental. Rasa gurih didapatkan dengan tambahan garam secukupnya. Rasa gurih ini juga yang membedakan Loka Anjoroi dengan pisang rebus yang biasa :)

3. Lada Katokkon

Lada Katokkon mungkin cabe paling pedas di Sulawesi?

Lada Katokkon mungkin cabe paling pedas di Sulawesi?

Makanan yang satu ini memang bukan menu utama, tetapi salah satu pelengkap beberapa masakan khas Toraja. Iya, Lada Katokkon sebenarnya adalah cabe yang bentuknya agak aneh, tidak seperti cabe biasa. Pun begitu, jangan diremehkan pedasnya, bahkan jika sebelumnya saya menganggap kalau cabe pada masakan Ayam Taliwang itu sudah paling pedas, sekarang tidak ada apa – apanya. *bahkan air liur saya menetes di dalam mulut saat menuliskan ini*

Lada Katokkon ini biasanyadipergunakan sebagai bumbu masak dan pelengkap pada masakan Toraja seperti Patollo Pamarrasan, Pa’piong, Tollo Lendong, Utan Tuttu’ atau Tu’tuk Lada. Seperti cabe yang normal Lada Katokkon memiliki warna kehijauan saat buah masih muda dan akan berubah warna menjadi orange dan berwarna merah ketika sudah matang. Jangan pernah memakan Lada Katokkon kecuali memang suka dengan pedas. Rasanya super pedasss! Bahkan berkali – kali lipat dari cabe biasa! Gak percaya? Coba sendiri makan sebiji utuh :P

4. Pokea

Pokea, kerang lokal dari Kendari

Pokea, kerang lokal dari Kendari

Katanya makanan yang bernama Pokea ini hanya ada di Kendari. Iya sih, kalau di daerah saya pasti namanya kerang :p. Memang ini adalah sejenis kerang yang disebut Pokea oleh orang lokal. Dari informasi yang saya dapatkan, Pokea adalah sejenis keong yang banyak hidup di Sungai Pohara. Entah dimana lokasi sungai itu, yang jelas ke Kota Kendari tanpa menikmati Pokea rasanya kurang afdol teman – teman. Untung pas disana ada yang beliin :D

5. Sinonggi

Makanan unik dari sulawesi yang satu ini mirip dengan Papeda kan? :D

Makanan unik dari sulawesi yang satu ini mirip dengan Papeda kan? :D

Cara penyajian makanan unik dari sulawesi bernama sinonggi (kiri). Lalu dicampur dengan kuah (kanan)

Cara penyajian makanan unik dari sulawesi bernama sinonggi (kiri). Lalu dicampur dengan kuah (kanan)

Entah makanan apa ini, melihat bentuknya yang seperti lem membuat saya geli. Tetapi karena rasa ingin tahu saya lebih besar dari penolakan terhadap makanan aneh, saya pun tetap mencoba satu porsi makanan yang bernama Sinonggi ini. Sinonggi adalah makanan yang terbuat dari sagu, yang secara fisik agak mirip denga Papeda yang berasal dari Maluku dan Papua. Tetapi di Sulawesi Tengara ini adalah masakan khas Suku Tolaki yang cara penyajiannya jauh berbeda.

Sinonggi biasa disajikan dengan sayur, kuah ikan dan sambal dabu – dabu. Saya sendiri mencoba sinongi dengan beberapa kuah masakan dan sayur yang saya campur dengan sedikit ngawur. Rasanya sih kenyal, pedas, asin dan sedikit asem karena hasil eksperimen pencampuran kuah saya. Sinonggi yang merupakan makanan pokok Suku Tolaki juga bisa disantap bersama dalam tradisi yang disebut mosonggi.

6. Kaledo Khas Palu

Kaledo, satu porsi kurang, dua masih nambah lagi... Awas kolesterol :P

Kaledo, satu porsi kurang, dua masih nambah lagi… Awas kolesterol :P

Dari kelima makanan yang saya sebutkan sebelumnya, Kaledo adalah makanan yang paling enak dan sangat berlemak. Jadi yang kolesterolnya tinggi jangan terlalu banyak makan kaledo ya. Ada yang menyebutkan kalau Kaledo adalah akronim dari Kaki Lembu Donggala. Masakan khas Kota Palu yang mirip dengan sop buntut ini memang tiada duanya. Pun kadar kolesterolnya dipastikan sangat tinggi, seporsi pastilah terasa kurang. Jadi kalau ada kesempatan singgah di Kota Palu, pastikan Kuliner Kaledo ada dalam list itinerary teman – teman :)

Nah, kira – kira enam makanan yang saya tuliskan diatas adalah masakan unik dari Sulawesi yang wajib banget dicoba ketika berkesempatan mengunjunginya. Mungkin itu adalah sebagian kecil dari banyak kuliner khas Sulawesi yang belum pernah saya temui. Dan kalau teman – teman juga mengetahui makanan unik dari Sulawesi yang lain, bisa deh menambahkan dengan berkomentar dibawah ^^

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

32 Responses

  1. karina says:

    iya bang, kaledo yg paling menggoda iman ngeliatnya

  2. Beby says:

    Siang gini makan kaledo tuh rasanya pasti endeus bingits.. *ngiler lagi*

    Bang Cumi menyemak aja ah! Bahahah..

  3. kok bikin ngiler ya, aku penasaran sama pokea. enak kayaknya :3

  4. Agus says:

    wahh kliatanya gurih2 nyoy nih, icip gratis mau bgt saia gan

  5. Vikaika says:

    enak enak tuh mas… tapi ati2 banyak yg kolesterolnya tinggi.. hahahha!!

    • Rijal Fahmi says:

      aduuuh~ jangan diingetin sama kolesterol dong :p eh, tapi kalau sama makanan enak, pasti lupa deh dengan yang namanya kolesterol~~ akakakak! XD

  6. Yang lain rada aneh kecuali KALEDO yang beneran enak buanget

  7. alvi kamal says:

    Itu papeda deh bukan sinonggi… kayaknya penemaannya saja yg beda :D

  8. Ya ampun, aku orang Indonesia tapi nggak pernah tau tipe-tipe makanan ini, hahaha!
    Pengen banget coba pisang rebus itu, tetapi kayaknya nggak pengen coba yang lada katokkon, takut kepedesan =D

    • Rijal Fahmi says:

      Cobaiiin! Enak kok makanan – makanan ini :D kalau lada katokkon bisa cobain dikit, karena pedesnya berkali kali lipat dari cabe biasa :|

  9. Kaledo itu sepertinya mirip sop konronya Makassar ya mas? *ngiler liat fotonya*

  10. Hastira says:

    wah jadi penasaran nih

  11. Rullah says:

    Waktu masih kecil, ibuk sering buat Jepa kalo di rumah. Ngambil singkong di belakang rumah terus bikin sendiri. Paling aku bantu saat memanggang Jepanya. Enak banget kalo dimakan pakai lauk ikan pindang :-D

  12. Josefine says:

    Wah! Menarik sekali.

  13. Yuda17 says:

    Semuanya enak tu, apalagi kaledo n di tambah lada katokkon pasti super super maknyus coy

  14. Melwin says:

    Saya penggemar pokea, btw saya lahir d kendari. Sinonggi enak dicampur sama kuah ikan dan kuah sayurnya,bergizi. Kalo d jawa mesti impor (sagu )sama keluarga dsana dan pokea (pokea ada musimnya)

    Salam

  15. azzam aviero says:

    belum pernah ke Sulawesi…. di Jawa ada yang jual enggak yah? infonya dong bang :D

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: