Pengalaman Kuliner Di Sekitar Kyoto Osaka Jepang Yang Tidak Bisa Kamu Lewatkan!

Pengalaman Kuliner Di Sekitar Kyoto Osaka Jepang Yang Tidak Bisa Kamu Lewatkan!
4.9 (97.65%) 34 votes

Liburan ke Jepang tanpa mencicipi kuliner sepertinya ada yang kurang. Apalagi banyak makanan di Jepang yang enak dan unik untuk dicoba. Makanya, tiap kali liburan ke Jepang saya selalu sediakan budget lebih untuk acara makan-makan. Saya memang mau berhemat untuk urusan akomodasi dan transportasi.

Tak masalah kalau saya harus menginap di Hostel, atau harus banyak berjalan kaki demi menghemat uang transportasi. Namun kalau disuruh berhemat makan dan jajan selama liburan di Jepang. Sepertinya akan sangat susah buat saya. Apalagi saya ini doyan makan. Makanya, tiap kali liburan, biasanya budget terbesar saya di makanan.

Berburu kuliner di Jepang memang salah satu keharusan. Misalnya ketika saya kemarin sedang mengunjungi Osaka, Kyoto dan sekitarnya, saya mencoba beberapa pengalaman kuliner yang menarik. Mulai dari mencoba kue mochi terenak, hingga Takoyaki khas kota Akashi yang dikenal dengan Akashiyaki. Kira-kira seperti apa ya?

Pengalaman Kuliner Di Sekitar Kyoto Osaka Jepang Yang Tidak Bisa Kamu Lewatkan!
Pengalaman Kuliner Di Sekitar Kyoto Osaka Jepang Yang Tidak Bisa Kamu Lewatkan!

Kalau penasaran, baca aja tulisan ini sampai selesai, dan tonton juga videonya.  Biar kamu tahu seperti apa kuliner di Jepang yang harus dicoba. Jangan lupa juga subscribe ke youtube.com/catperku ya!

Ini Dia Pengalaman Kuliner Di Sekitar Kyoto Osaka Jepang Yang Tidak Bisa Kamu Lewatkan!

Mulai dari Kue Mochi, makanan yang semuanya dibuat dari matcha, ramen halal hingga cafe berumur ratusan tahun. Dibawah ini adalah beberapa pengalaman kuliner di Jepang terbaik yang pernah saya coba!

1. Cobain Akashiyaki, Makanan Khas Dari Kota Akashi

Selama ini saya hanya tahu yang namanya Takoyaki. Namun setelah berkunjung ke Kota Akashi kemarin, saya jadi tahu kalau ada versi lain dari Takoyaki. Memiliki nama sendiri yaitu Akashiyaki (明石焼き), ini merupakan makanan khas dari kota Akashi di Prefektur Hyogo, Jepang.

Kalau dilihat sekilas, dan bahan Akashiyaki yang terbuat dari adonan telur, tepung terigu, dan berisi potongan gurita mungkin akan sangat mirip dengan Takoyaki. Namun disini yang membuat berbeda adalah, cara memakan Aakshiyaki dicelup terlebih dahulu ke dalam kuah dashi sebelum dimakan.

 

Yes, kuah dashi ini yang membuat Akashiyaki lebih enak. Akashiyaki ini juga merupakan makanan yang legendaris, karena sudah ada sejak Zaman Edo. Tentunya akan lebih afdol kalau kamu mencoba Akashiyaki secara langsung di Kota Akashi.

Akashiyaki ini biasanya dihidangkan di tempat yang berbentuk mirip “talenan” persegi panjang dari kayu. Untuk memakannya menggunakan sumpit. Bisa dimakan dengan dua cara. Pertama dimakan langsung seperti memakan Takoyaki, atau dicelup dulu ke dalam kuah sebagaimana cara memakan Akashiyaki yang benar.

2. Tenpayaki Ohmi Experience!

Makan steak sih sudah sering, tapi bagaimana jika makann steak langsung dimasakin oleh Chefnya? Pasti menjadi pengalaman yang menarik dan tak terlupakan!

Pengalaman itu saya dapatkan ketika menginap di Hotel Biwako yang berada di Otsu City. Seru banget sih pengalamannya, terus masakannya juga enak. Apalagi salah satu menunya adalah Omi Beef yang merupakan salah satu daging nomor satu di Jepang sekelas Kobe Beef, Hida Beef dan Takayama Beef!

 

Sesekali kalau ada rejeki boleh deh cobain makan ala Tenpayaki. Seru banget, karena yang seperti ini adalah salah satu hal unik yang mungkin hanya bisa ditemui di Jepang! Tertarik untuk mencobanya?

3. Ramen Halal Ayam-YA

Ramen adalah salah satu kuliner khas Jepang yang terkenal. Banyak orang yang berkunjung ke Jepang seperti saya karena ingin mencoba memakan Ramen. Namun sayangnnya tidak semua jenis ramen bisa dimakan oleh traveler muslim. Mengingat beberapa dari ramen tersebut ada yang menggunakan bahan daging babi.

Ayam-YA, salah satu ramen halal di Jepang yang wajib kamu coba!
Ayam-YA, salah satu ramen halal di Jepang yang wajib kamu coba!

Namun tenang saja. Jepang sekarang ini semakin membuat dirinya menjadi negara tujuan wisata yang ramah muslim. Salah satunya adalah dengan semakin mudahnya menemukan makanan halal di Jepang. Ramen halal juga menjadi salah satunya.

Favorit saya sih Ramen Halal Ayam-YA. Setahu saya, ramen halal ini ada di Tokyo dan Kyoto. Jadi tiap kali berkunjung ke dua kota tersebut, sebisa mungkin saya akan mampir untuk mencipi kelezatan ramen halal ini. Harganya juga tak terlalu mahal kok!

4. Tsuen Tea Cafe

Makan minum di cafe mungkin memang menjadi salah satu kegiatan yang biasa dilakukan. Tapi bagaimana dengan makan dan minum teh di salah satu tempat minum teh tertua di Jepang?

Tsuen Chaya, salah satu kedai teh tertua di jepang
Tsuen Chaya, salah satu kedai teh tertua di jepang

Namanya Tsuen Tea, lokasinya di Kota Uji gak jauh dari tokyo (Lokasi Tsuen Chaya). Kafe yang berada di dekat Sungai Uji ini adalah salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi di Jepang. Tempatnya nyaman, suasananya tenang, dan tentunya menu makanan minuman disini enak.

Gak cuma itu saja, Tsuen Tea ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, dan tetap mempertahankan resep teh mereka. Kalau beruntung, kamu akan dibuatin langsung tehnya oleh si pemilik kafe asli yang sudah turun temurun selama beberapa generasi.

5. Robatayaki Style Restaurant

Ini adalah pertama kalinya saya mencoba restoran unik di Jepang yang seperti ini. Restoran seperti ini dikenal dengan nama Robatayaki. Mirip angkringan di Indonesia dimana kita bisa makan makanan yang dipanggang.

 

Namun disini makanan tersebut masih segar, dan dipanggang secara langsung di depan saya. Jadi makanan tersebut tentu akan terasa lebih enak. Buat kamu yang penasaran, boleh banget cobain ya! Lokasi restoran yang kemarin saya coba disini. Selain makanannya enak, pengalamannya juga tidak ada duanya!

6. Honke Kojima Mochi

Honke Kojima Mochi, kue mochi terlezat yang pernah saya coba.
Honke Kojima Mochi, kue mochi terlezat yang pernah saya coba.

Kalau ngomongin resep turun temurun, dan makanan yang berumur ratusan tahun, bisa dibilang Jepang ini adalah juaranya. Salah satu yang sempat saya coba adalah Honke Kojima Mochi. Ini adalah kue mochi terenak yang pernah saya coba. Toko kue mochi Honke Kojima ini juga sudah ada sejak lama. Pantas saja rasanya enak! Kalau mau coba juga, kamu bisa langsung pergi kesana. Lokasinya ada disini.

7. Tatsumiya Matcha Food!

Mungkin sudah pada tahu kalau matcha atau teh hijau itu bisa dibuat sebagai bahan makanan. Tapi kalau semua makanan di sebuah restoran mengandung teh hijau atau semuanya dibuat menggunakan teh hijau, saya baru sekali mencobanya sih.

 

Kemarin saya sempat mencoba makanan yang mengandung teh hijau di Tatsumiya Matcha Food. Percaya atau enggak, hampir semua menu yang saya makakan disana mengandung teh hijau. Terus enak atau enggak? Ya enak atau enggak sih relatif ya, namun masih bisa diterima lah untuk beberapa menu yang ada di restoran ini.

Mungkin kamu juga tertarik untuk mencobanya?

8. Mie Soba di Honke Tsuruki Soba Honten

Selain Ramen, makanan jenis mie yang paling saya suka di Jepang adalah Mie Soba. Terutama untuk tipe Mie Soba dingin ya! Nah, kebetulan waktu liburan ke Jepang terakhir kemarin, saya sempat mencoba makan mie soba di salah satu warung Mie Soba Honke Tsuriki Soba Honten yang enak banget! Lokasi warung Mie soba ini bisa kamu temukan disini ya.

 

***

Nah, kira-kira diatas adalah beberapa pengalaman kuliner di Jepang saya yang menarik. Kira-kira mana yang paling pengen kamu cobain nih? Share di komentar ya. Siapa tahu kamu lagi ada rencana buat jalan-jalan kulineran di Jepang, terutama berburu kuliner di sekitar Kyoto, Osaka!

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
6 Responses
  1. Kalau aku yang penting makan cukup 3 kali sehari dengan porsi dan nutrisi yang layak. Nggak mau terlalu ngirit buat transportasi, jalan terlalu jauh nanti bisa bikin capek dan malah merusak mood haha.

    Penasaran sama Akashiyaki-nya, mas.
    Di Jepang ada teh susu nggak, mas? Kopi populer di Jepang nggak, mas?

  2. DALWA BERITA

    waah…. jadi pingin makan ala tenpayaki juga nih.
    tapi nanti bikin sendiri aja dengan bumbu rempah2 indonesia dan porsi agak gedean^^
    gx puas sih cuman makan 4 potong.

    coment di blog kami juga yah….!!^^

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: