Jalan – Jalan Jelajah Wisata Gili Trawangan Lombok!

Pengen banget bikin status ala 9gag hahaha, status like a boss. Tapi ntar dikira pamer ga jadi deh, tulis di blog aja. Gak ada yang ngelarang. Blog gue kok :D. Apalagi jalan jalan jelajah wisata Gili Trawangan Lombok itu seru banget, nggak bakalan bosan meski tinggal lama di tempat wisata terbaik Lombok ini!

“Saya jarang jalan jalan pagi, tapi sekali jalan pagi. saya jalan pagi sambil jelajah wisata Gili Trawangan Lombok”

Memang, jogging pagi hari adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan di pulau kecil ini. Suasananya tenang, dan tak ada kendaraan bermotor. Terlebih lagi, saya bisa jogging pagi hari sambil mendengarkan suara deburan ombak yang menghempas ke pasir pantai. Soalnya rute jogging disini memang berada di pesisir pulau.

Jadi, kalau setelah ini saya ditanya dimana tempat jalan pagi, atau jogging terbaik di indonesia? Pasti saya akan jawab Gili Trawangan!!! Kenapa? Sudah jelas ini salah satu pulau di Indonesia yang tidak ada kendaraan bermotor sama sekali. Jalan pagi pun serasa jalan pagi ternikmat. Tidak ada polusi sekali. Baik polusi suara ataupun polusi udara.

Serunya Jalan Pagi, Jelajah Wisata Gili Trawangan Lombok

Terlalu capek setelah malam sebelumnya, menghabiskan waktu untuk melihat bintang, saya hampir saja telat bangun untuk jalan jalan pagi dan melihat sunrise. Untungnya saya masih sempat bangun setelah si alarm tidak bosan bosannya untuk membangunkan saya. Padahal saya biasanya paling malas bangun pagi lho. Tapi kali ini saya memaksa diri.

Dengan sedikit malas saya beranjak dari kasur, lalu cuci muka. Tak menghabiskan banyak waktu, saya beranjak pergi keluar kamar, dan kemudian menuju pantai utama wisata Gili Trawangan Lombok. Bukan karena apa, soalya spot sunrise Gili trawangan meamng ada di pantai utama tadi. Ternyata tidak rugi saya bangun pagi, meskipun agak sedikit terlambat masih bisa menyaksikan sang surya muncul dari balik Gunung Rinjani yang tinggi.

Bisa juga menyewa sepeda untuk berkeliling pulau.
Bisa juga menyewa sepeda untuk berkeliling pulau.

Kemudian saya berhenti melihat sunrise karena hari memang semakin siang. Lalu ide mengelilingi pulau yang super asik nan keren ini muncul di kepala saya. Selain karena pulau ini juga tidak terlalu besar saya tidak ingin rugi telah menyewa sepeda seharga 50-60 ribu seharinya ini. Tak perlu menunggu lama, saya mulai mengayu sepeda, memutari pulau ke arah kiri atau ke arah timur.

Pagi hari di Gili Trawangan Lombok ini memang menyenangkan. Penduduk lokalnya banyak yang ramah, udara yang segar tempat wisata pulau di Lombok ini menjadi komposisi yang pas buat kabur dari keramaian kota. Selain itu memang ada beberapa pilihan untuk mengelilingi pulau di pagi hari, anda bisa jalan atau jogging, naik sepeda, atau naik Cidomo.

Buat penyuka jogging, ini adalah pulau sempurna untuk melakukan hobi joggingnya :D
Buat penyuka jogging, ini adalah pulau sempurna untuk melakukan hobi joggingnya :D

Tentunya semua cara untuk mengelilingi pulau ini benar – benar ramah lingkungan. Karena memang tidak satupun moda transportasi yang saya sebutkan tadi menggunakan mesin bermotor. Hmm, coba saja Kuta Bali bisa seperti ini ya. Pasti saya jual tuh motor saya, ganti pakai sepeda saja setiap harinya :)

Serunya, pada cuaca pagi yang cerah, dari Gili Trawangan Lombok ini saya bisa melihat dua gunung tinggi di Bali dan Lombok, Yaitu Gunung Agung dan Gunung Rinjani. Pemandangan dua gunung itu menambah indahnya pemandangan pulau wisata Gili Trawangan, apalagi dinikmati sambil jalan jalan pagi.

BACA JUGA :  Liburan Ke Banyuwangi Pertama Kali? Cobain Kesini Deh!

Gowes, YES! Mesin, NO! Pulau Tanpa Kendaraan Bermotor di Nusa Tenggara Barat

Memang, tidak ada yang lebih menyenangkan ketika kamu menemukan sebuah pulau dengan segala peradaban didalamnya (Ada internet, tv, listrik). Namun, pada pulau teresebut tidak ada kendaraan bermotor sama sekali didalamnya. Machine is absolutely forbidden here! Makanya pulau kecil ini bebas polusi.

Bisa dibayangkan bagaimana segarnya udara di pulau itu, bagaimana tenangnya suasana pulau, tetapi masi bisa internet-an, masi bisa buka facebook, kaskus, twitter, apalagi… ngerjain travel bloging dan travel vlogging? Istilahnya, ini surga para digital nomad kali ya. Atau siapapun yang mengiginkan suasana kerja serasa liburan setiap hari.

Dasar blogger hahaha I’m A Blogger , I have wonderfull life lah :). Bekerja sambil menjelajah tempat wisata Gili Trawangan Lombok itu cuma bonus. Tapi memang ya, pulau ini sih “Just some wonderful island i ever found”. Nggak banyak tempat yang bisa membuat saya senang seperti di pulau ini.

Tidak ada kendaraan bermotor sama sekali kan di Gili Trawangan? :D
Tidak ada kendaraan bermotor sama sekali kan di Gili Trawangan? :D

Pulau yang merupakan salah satu dari tiga rangkaian pulau kecil berada utara Lombok ini memang memiliki magnet yang kuat untuk wisatawan. Pulau yang kini telah menjadi sebuah destinasi favorit oleh para traveler dari berbagai kalangan. Mulai dari flashpacker, backpacker, sampai travel bloger seperti saya eh?

Bagi traveler, tempat, juga aktifitas wisata Gili Trawangan Lombok memang sangat menarik. Aktifitas air, trekking, jogging, cycling semua bisa dilakukan disini. Namun bagi saya aktifitas yang paling menarik adalah bersepeda berkeliling pulau menikmati suasana dan tenangnya pulau. Apalagi dengan tidak di ijinkan kendaraan bermotor di Gili Trawangan, itu berarti lebih banyak oksigen, bukan Karbondioksida. Sehingga bersepeda di pulau kecil ini tidak seperti ketika bersepeda di kota besar!

Dear cidomo, terimakasih karena tetap membuat udara pulau terus segar tanpa polusi sepanjang hari.
Dear cidomo, terimakasih karena tetap membuat udara pulau terus segar tanpa polusi sepanjang hari.

Hampir setiap home stay di Gili Trawangan Lombok menyewakan sepeda, jadi tidak perlu repot – repot membawa sepeda sendiri. Sepeda yang disewakan disini juga cukup bagus kondisinya. Selain itu, harga sewa disini juga tidak terlalu mahal. Saya kemarin mendapatkan harga Rp. 30.000 untuk bersepeda seharian. Yang penting pintar – pintar menawar deh disini! Hehehee…

Gowes di gili trawangan juga akan terasa berbeda. Menurut saya lebih dari pada sekedar bersepeda. Kenapa? Ya karena pemandangan dan suasananya yang indah. Apa lagi coba? Berada di antara dua pulau terindah di indonesia, yaitu Lombok dan Bali, otomatis saya bisa menikmati dua pemandangan indah yang memanjakan mata.

Pemandangan indah di sisi timur yaitu Lombok dengan Gunung Rinjaninya, dan Bali disi si barat dengan Gunung Agung sebagai titik tertingginya. Jalur gowes Gili Trawangan adalah pada sisi teluar pulau, atau selalu berada pada sisi dekat pantai. Kemarin saya sempat gowes dari pagi hari sampai siang. Saya memulainya dari pantai utama yang juga menjadi salah satu daya tarik wisata Gili Trawangan Lombok.

Namun sepertinya pemandangan Gunung Agung dari Gili Trawangan hanya bisa terlihat ketika hari sedang cerah. Benarkah begitu?
Namun sepertinya pemandangan Gunung Agung dari Gili Trawangan hanya bisa terlihat ketika hari sedang cerah. Benarkah begitu?

Dari situ saya mengayuh ke arah kiri, atau ke arah barat. Untuk mengelilingi pulau yang berukuran panjang 3 km dan lebar 2 km ini tidak memerlukan waktu yang banyak kok. Saya kemarin selesai mengelilingi pulau dalam waktu kurang dari 1 jam. Meski bisa dikelilingi kurang dari 1 jam, tetap saja ya bikin capek. Selain faktor udah lama tidak olah raga, jalur Gowes di pulau kecil ini sebagaian besar adalah berupa pasir pantai.

BACA JUGA :  Bali Landscape : South Bali From Height!!

Jadi perlu sedikit tenaga ekstra untuk mengayuh sepeda. Pada beberapa jalur saya juga dipaksa untuk turun dari sepeda. Karena bakal lebih capek lagi kalau tetap mengayuh. Jadinya, acara gowes di Gili Trawangan Lombok pun dibarengi acara jogging deh. Gara-gara ini saya jadi punya ide. Lain kali saya akan coba jogging saja, gak perlu Gowes lagi :D

Bagaimana Cara Pergi Ke Trawangan Ini?

Ada banyak cara untuk pergi kesini. Yang pasti kamu harus pergi ke Lombok terlebih dahulu ya. Bisa liburan ke Lombok jalur darat dengan touring seperti yang saya lakukan, atau bisa langsung saja terbang ke Lombok dengan menggunakan pesawat terbang. Cara yang manapun boleh dilakukan, asal kamu harus menuju ke Pelabuhan Bangsal terlebih dahulu.

 

Road Trip, Solo Touring Ke Lombok Bagian 1 [ Blitar - Singaraja ] [ Motovlog Indonesia ]

 

Karena dari Pelabuhan Bangsal ini kamu bisa menyeberang ke GIli Trawangan dengan menggunakan perahu dengan harga tiket mulai dari IDR 15.000 untuk sekali jalan dengan public boat. Waktu tempuhya kira-kira sekitar 35-45 menit dengan public boat. Cara yang lebih cepat adalah dengan naik fastboat yang hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 20 menit. Namun tentu saja harga tiketnya akan lebih mahal mulai dari IDR 85.000.

Pergi Ke Gili Trawangan Dari Bali

Salah satu cara menikmati udara segar wisata Gili Trawangan adalah bersantai di tepi pantainya.
Salah satu cara menikmati udara segar wisata Gili Trawangan adalah bersantai di tepi pantainya.

Karena pulau ini cukup populer, jadi ada banyak kapal cepat yang melayani rute dari Bali ke Gili Trawangan. Biasanya kapal cepat dari Bali ini berangkat dari Tanjung Benoa, Pelabuhan Padang Bai dan beberapa tempat lainnya. Harganya juga lumayan, mulai dari IDR 500.000 untuk sekali jalan ke Trawangan. Biasanya cara ini banyak dipakai para turis yang ingin pergi ke Gili di Lombok secara langsung dari Bali.

Untuk waktu tempuhnya mulai dari 1,5 jam – 2,5 jam perjalanan. Tergantung berangkat dari pelabuhan mana. Waktu tempuh tercepat bisa dicapai jika berangkat dari Pelabuhan Padang Bai. Namun untuk keberangkatan dengan fastboat, tergantung pada kondisi cuaca. Pada cuaca kurang baik, biasanya tidak ada penyeberangan fastboat ke Gili Trawangan dari Bali.

Apa Saja Kegiatan Atau Aktifitas Wisata Yang Bisa Dilakukan Di Gili Trawangan Ini?

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan kalau liburan kesini. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Menginap di Gili Trawangan, jangan bermalas - malasan. Apalagi sampai bangun siang. Pemandangan matahari terbitnya sangat menawan loh :D
Menginap di Gili Trawangan, jangan bermalas – malasan. Apalagi sampai bangun siang. Pemandangan matahari terbitnya sangat menawan loh :D

1. Jogging Atau Naik Sepeda Keliling Pulau

Ya, disini ada banyak sepeda yang disewakan. Seperti yang saya ceritakan diatas, berkeliling pulau naik sepeda adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Apalagi udara di pulau ini begitu segar, dan bebas polusi. Harga sewa sepeda di Gili Trawangan mulai dari IDR 50.000 saja per 24 jam. Kalau gak mau sewa sepeda, kamu juga bisa lari atau jogging berkeliling pulau ya. Gratis kok!

2. Snorkeling Dan Diving

Salah satu kegiatan yang populer kalau liburan ke Gili Trawangan adalah Snorkeling. Karena memang ada beberapa spot snorkeling di dekat pulau ini seperti Spot Turtle Point, Spot Blue Coral dan Spot Coral Garden. Snorkeling disini memang menyenangkan, karena airnya jernih, airnya tidak dingin dan arus lautnya tidak kencang. Jadi cocok buat pemula sekalipun. Namun pastikan kamu bisa berenang ya. Untuk paket snorkeling, bisa dipesan langsung disana. Ada banyak kok yang menawarkan jasa aktivitas snorkeling disini.

3. Mengunjungi Tempat Konservasi Penyu

Di pulau kecil ini terdapat sebuah tempat konservasi penyu lho. Jadi kamu bisa berkunjung dan melihat bagaimanan konservasi penyu yang nantinya akan dilepaskan ke laut. Menarik bukan?

BACA JUGA :  Bored Lead To Creativity
Kadang ada juga perahu - perahu yang memanfaatkan pantai untuk bersandar di Gili Trawangan.
Kadang ada juga perahu – perahu yang memanfaatkan pantai untuk bersandar di Gili Trawangan.

4. Melihat Sunset Yang Indah

Ya, dari Gili Trawangan kamu bisa menyaksikan pemandangan sunset yang sangat indah. Karena memang ada bagian dari pulau yang menghadap ke arah matahari terbenam. Kamu bisa menikmati sunset di tepi pantai, atau bisa juga sambil bersantai di restoran dan cafe di sisi barat pulau ini.

5. Mencoba Watersport Di Gili Trawangan

Seperti di Tanjung Benoa, kamu juga bisa mencoba aktifitas watersport disini. Jadi bukan cuma snorkeling saja ya yang bisa dilakukan. Kamu bisa mencoba watersport seperti banana boat, paddle board, jetski dan beberapa aktifitas watersport lainnya.

6. Berburu Kuliner Seafood

Liburan ke pulau akan kurang lengkap tanpa mencoba makan seafood. Tenang saja ada banyak yang menjual seafood segar di Gili Trawangan. Bahkan disini juga ada yang namanya seafood night market lho. Sebuah tempat dimana kamu bisa mencoba banyak kuliner seafood dengan harga yang murah.

7. Naik Kuda Keliling Pulau

Kalau kamu bosan jogging, naik cidomo dan naik sepeda, kamu bisa mencoba untuk naik kuda keliling Gili Trawangan ya. Biayanya mulai dari IDR 350.000 per orang untuk sebuah pengalaman naik kuda selama 1 jam. Lumayan banget kan? Ini bisa menjadikan pengalaman yang berbeda ketika liburan kesini.

Memang, berlibur di tempat wisata Gili Trawangan itu selalu menyenangkan :)
Memang, berlibur di tempat wisata Gili Trawangan itu selalu menyenangkan :)

Informasi Penting Yang Perlu Kamu Ketahui Kalau Liburan Kesini!

Ada beberapa hal penting yang mungkin akan kamu tanyakan terkait dengan kondisi pulau seperti :

  • Apakah ada ATM di Gili Trawangan? Tenang, ada beberapa ATM dari Bank di Indonesia di pulau kecil ini. Jadi jangan takut kehabisan uang cash ya. Bisa tarik tunai langsung di ATM. Pastikan saja saldonya masih ada.
  • Mengenai tempat makan bagaimana? Apakah ada tempat makan murah disini? Ada makanan murah sampai mahal disini. Mulai dari kelas resto hingga warung makan mirip warteg juga ada. Kadang ada juga yang jualan makanan bungkus seperti Nasi Jinggo dibali dengan harga murah dari IDR 5000-10.000 per bungkus.
  • Bagaimana dengan kehidupan malam di Gili Trawangan? Meski ini pulau kecil, namun suasana malam harinya sangat hidup. Ada pasar malam yang menjual seafood, hingga Klub Malam yang buka sampai pagi hari. Buat yang suka party sampai pagi, cocok main ke pulau ini.

Foto Foto Suasana Pulau Pada Pagi Hari

Seperti inilah wajah dari Gili Trawangan, salau satu dari tiga gili yang terkenal di Lombok. Sejauh ini, pualu kecil di Lombok ini adalah salah satu yang terbaik di Indonesia. Terutama untuk pualu di Indonesia yang pernah saya kunjungi. Pengalaman liburan kesini rasanya tak terlupakan, dan sukses membuat saya ingin berlibur kesini lagi.

Di pulau ini, tidak diperbolehkan kendaraan bermesin seperti mobil atau sepeda motor. Hanya sepeda dan kendaraan tradisional mirip delman bernama Cidomo yang diperbolehkan. Cidomo ini juga merupakan transportasi umum yang ada di Gili Trawangan ya. Liburan kesini dijamin mendapatkan udara segar dan liburan yang menyenangkan deh.

Photograph By : Fahmi
Gear : Sony A200 Lens Kit

Atau bisa juga menikmati Lombok di kejauhan dari dermaga Gili Trawangan :)
Atau bisa juga menikmati Lombok di kejauhan dari dermaga Gili Trawangan :)
Pun, pengunjung tempat wisata Gili Trawangan Lombok ini didominasi oleh turis asing. Ketika saya kesana, sedikit orang lokal yang sedang berlibur.
Pun, pengunjung tempat wisata Gili Trawangan Lombok ini didominasi oleh turis asing. Ketika saya kesana, sedikit orang lokal yang sedang berlibur.
Di salah satu sudut pulau, terlihat jelas Gunung Agung di kejauhan.
Di salah satu sudut pulau, terlihat jelas Gunung Agung di kejauhan.
Sebagian jalan yang ada di pulau ini sebagian berupa aspal keras, dan kebanyakan berupa pasir pantai.
Sebagian jalan yang ada di pulau ini sebagian berupa aspal keras, dan kebanyakan berupa pasir pantai.
Saya pun bertanya - tanya, entah bagaimana kambing - kambing ini bisa sampai pulau ini :D err... lupakan..
Saya pun bertanya – tanya, entah bagaimana kambing – kambing ini bisa sampai pulau ini :D err… lupakan..
Cidomo adalah satu - satunya transportasi umum di pulau wisata Gili Trawangan Lombok. Mau coba naik?
Cidomo adalah satu – satunya transportasi umum di pulau wisata Gili Trawangan Lombok. Mau coba naik?
Dermaga ini yang menghubungkan pulau dengan dunia luar.
Dermaga ini yang menghubungkan pulau dengan dunia luar.

Rekomendasi Penginapan Atau Hotel Di Gili Trawangan

  • Cotton Tree Cottages
  • Gili Hideaway Resort
  • Big Bibble Dive Bungalows
  • Welcome Inn
  • Malino Homestay
  • Coconut Garden Resort
  • Bale Sasak Bungalow
  • Pondok Twin Garden
  • Little Woodstock Homestay
  • Gili Smile Homestay
  • Corner Hidewaway Bungalows

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.


Fahmi (catperku.com)

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
http://catperku.com


Comments

  1. Pingback: Gili Trawangan, Gowes YES!, Mesin NO!
  2. Pingback: Half Lombok already Explored, View of Lombok
  3. Pingback: Selamat Pagi Papandayan! - @catperku
  4. Pingback: Nusa Lembongan Pulau Tropis Asik Buat Liburan - @catperku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *