Tau Nggak, Pakai Japan Rail Pass Adalah Cara Termurah Keliling Jepang Naik Kereta! Kok Bisa?

Japan Rail Pass adalah cara termurah untuk liburan keliling Jepang! Harga Japan Rail Pass lebih murah dibanding beli tiket Shinkansen berkali-kali. Ya, Jepang adalah salah satu negara yang memanfaatkan kereta api sebagai transportasi utama untuk bepergian. Karena itu sangat lazim di negara ini stasiun kereta selalu dipenuhi oleh lautan manusia, karena sistem kereta api Jepang adalah salah satu yang tercanggih dan teraman di dunia.

Sayangnya hal itu dikompensasi dengan harga tiket yang selangit bahkan untuk sekali jalan saja, apalagi untuk ukuran penduduk negara berkembang seperti saya. Sekedar contoh saja, biaya total yang harus dikeluarkan untuk tiket dari Tokyo ke Hakodate untuk sekali jalan adalah 19,340 YEN (sekitar IDR 2.000.000 lebih).

Sebuah harga yang bisa bikin kere mendadak untuk yang traveling ala backpacker. Karena itu, keberadaan JR Pass ini sangat membantu sekali. Untungnya di Jepang ada suatu kartu namanya Japan Rail Pass yang merupakan kartu sakti untuk bisa digunakan mengelilingi setiap sudut jepang, dengan kereta api milik Japan Railway Grup. Okeeyy… keliling jepang hanya dengan sebuah kartu saja!?

Terdengar menarik buat para traveler yang ingin backpacking ke Jepang. Apalagi buat yang ingin merasakan naik kereta super cepat Jepang yang biasa disebut dengan Shinkansen. Jadi, apa si sebenarnya JR Pass ini? Kalau mau tahu, kamu baca saja tulisan ini sampai selesai ya. Karena disini bakal mengulas dengan detail mengenai si kartu sakti yang bikin liburan ke Jepang lebih murah.

Kartu Sakti Untuk Keliling Jepang!

Untuk bentuk kartunya sendiri ya seperti dibawah ini. Kelihatan seperti kertas biasa, namun sebenarnya ini adalah kartu sakti yang bisa buat kamu naik Shinkansen berkali-kali degan gratis. Pada foto dibawah ini terlihat ada kartu JR Pass Ordinary dan Exchange Order. Apa itu? Bagaimana penjelasannya? Baca sampai selesai!

Japar Rail Pass adalah kunci utama untuk keliling Jepang dengan fleksibel, murah dan efisien!
Japar Rail Pass adalah kunci utama untuk keliling Jepang dengan fleksibel, murah dan efisien!

(Baca Juga : Huru – Hara Pengalaman Membuat Visa Jepang!)

Nah, kalau dibawah ini adalah kartu sakti Japan Rail Pass yang sudah ditukarkan. Dengan kartu ini, kamu bisa naik kereta atau masuk ke Stasiun di Jepang tanpa perlu bayar lagi. Cukup tunjukkan saja kartu sakti ini pada petugas di Stasiun atau di kereta api, kamu bisa masuk dan pergi ke kota manapun di Jepang yang terhubung dengan jaringan Japan Railway.

JR Pass yang asli, didapatkan setelah menukarkan vouchernya. Punya saya ini harganya 45100 Yen.
JR Pass yang asli, didapatkan setelah menukarkan vouchernya. Punya saya ini harganya 45100 Yen.

(Baca Juga : 12 Kereta Api Yang Wajib Dinaiki Di Jepang)

Tentu saja kamu juga bisa naik Kereta Api di Jepang Shinkansen seperti pada travel vlog jalan jalan ke Jepang yang ada dibawah ini berkali kali asal masa berlaku JR Pass kamu masih ada. Itulah kenapa saya bilang kalau Japan Rail Pass adalah cara paling ekonomis dan murah untuk keliling banyak kota di Jepang.

BACA JUGA :  Jepang Dan Baseball!

 

Cara Naik Kereta Api Shinkansen Di Jepang [ Kakunodate Ke Tokyo ] [ Liburan Ke Jepang ]

 

Tentang Japan Rail Pass, Apa Sih Sebenarnya Kartu Ini?

Japan Rail Pass biasanya dikenal dengan kependekan JR Pass, yang bisa dibilang sebuah tiket universal untuk naik semua kereta Japan Railway Group secara tidak terbatas pada jangka waktu yang telah ditentukan. Jangka waktu tadi ditentukan oleh pemegang kartu ketika mengambil kartunya di dalam jepang.

Jangka waktu yang ada adalah 7 Hari, 14 Hari, atau 21 Hari naik kereta di Jepang secara tidak terbatas, termasuk Shinkansen. Kartu sakti ini hanya bisa dibeli dari luar Jepang, karena tidak dijual sama sekali di Jepang. Jenis kartu yang ada adalah ordinary (semacam kelas ekonomi) dan green car (semacam kelas bisnis).

 

Kereta Api Shinkansen Bullet Train Compilation! [Shinkansen Train Video]

 

Tabel Harga  Japan Rail Pass yang terbaru.

Tipe
Ordinary
Green Car
7 Hari
28.300 Yen
37.800 Yen
14 hari
45.100 Yen
61.200 Yen
21 hari
57.700 Yen
79.600 Yen

(Baca Juga : Naik Kereta Wisata Di Jepang Utara)

Kalau dulu hanya ada satu tipe JR Pass yaitu NATION WIDE PASS, sekarang ada beberapa pilihan dengan harga yang lebih murah dan sesuai kebutuhan yang namanya REGIONAL PASS seperti :

  • TOKYO OSAKA HOKURIKU ARCH PASS
  • HOKURIKU AREA PASS
  • KANSAI AREA PASS
  • KANSAI HIROSHIMA AREA PASS
  • SANYO – SAN`IN – NORTHERN KYUSHU PASS
  • SETOUCHI AREA PASS
  • SANYO – SAN`IN AREA PASS
  • KANSAI WIDE AREA PASS
  • HOKKAIDO RAIL PASS
  • JR EAST – SOUTH HOKKAIDO RAIL PASS
  • JR KYUSHU RAIL PASS
  • TOHOKU RAIL PASS
  • NAGANO, NIIGATA AREA PASS

Penggunaan Dan Masa Berlaku Japan Rail Pass

 

Train In Japan - Best Japan Train, Shinkansen Ride Experience!

 

Kartu ini bisa digunakan untuk naik kereta api, bus dan kapal ferry seperti yang akan dijelaskan dibawah. Untuk masa berlaku Japan Rail Pass adalah sebagai berikut.

  • Untuk exchange order atau Voucher yang akan ditukarkan ke JR Pass harus ditukarkan paling lambat 3 bulan dari tanggal cetak voucher atau exchange order tersebut. Jadi kalau diluar jangka waktu tersebut, voucher bisa tidak berlaku alias hangus. Jadi sebaiknya kamu membelinya pada waktu sekitar 2 sampai 1 bulan keberangkatan saja biar aman.
  • Setelah Voucher atau Exchange Order ditukarkan dengan JR Pass asli, kamu bisa menggunakannya hingga maksimal 1 bulan setelah ditukarkan. Perlu dicatat, tangal pertama kali kamu ingin menggunakan kartu ini tidak bisa diganti begitu ditulis di Japan Rail Pass yang asli. Jadi jangan sampai salah ya.
  • Untuk masa berlaku dari Japan Rail Pass sendiri sesuai dengan masa kartu yang kamu beli, mulai dari 7 hari , 14 hari, dan 21 hari secara berturut-turut, dihitung sejak pertama kali JR Pass tersebut digunakan.

Ini alasan kenapa saya bilang harga Japan Rail Pass ini murah. Karena bisa digunakan pada hampir seluruh jaringan kereta di Jepang, seperti :

  • Semua jalur kereta api yang dioperasikan oleh Japan Railways di seluruh Jepang, termasuk kereta Shinkansen, limited express, express, rapid dan kerta lokal yang berhenti di tiap stasiun.
  • Tokyo Monorail dari dan ke Haneda Airport, sangat berguna untuk yang landing di Haneda.
  • Hanya JR Ferry ke Miyajima.
  • Bus rute lokal yang dioperasikan oleh perusahaan JR BUS seperti JR Kyushu Bus, JR Shikoku Bus, JR Chugoku Bus, JR West Japan Bus, JR Tokai Bus, JR Kanto Bus, JR Tohoku Bus, dan JR Hokkaido Bus.
BACA JUGA :  "Miaw" Kucing Jepang Memanggilku :3

Meskipun bisa digunakan pada hampir seluruh kereta api yang beroperasi di Jepang, kartu sakti ini tidak boleh dipakai pada beberapa jalur dan kereta api Shinkansen seperti :

  • Kereta api Nozomi dan Mizuho, yang merupakan Shinkansen tercepat pada jalur Tokaido, pengguna Japan Rail Pass akan tetap dikenakan biaya penuh jika ingin naik kereta ini. Jangan khawatir, meskipun begitu pengguna kartu JR Pass masih bisa naik Shinkansen lain, seperti Shinkansen Komachi dan Hayate yang mempunyai kecepatan maksimal hingga 300 KM/Jam.
  • Kereta api malam jarak jauh, jika ingin naik pengguna kartu akan dikenakan biaya tambahan.

O iya, penting untuk diperhatikan!! Japan Rail Pass yang telah ditukarkan dan dicetak tidak bisa dikembalikan atau dicetak ulang! Jadi jangan sampai JR Pass ini hilang Ya! Anggap kartu ini seperti passport Indonesia yang jika hilang perjalanan di Jepang akan berakhir, dan akan sangat merepotkan, atau bisa juga disimpan bersamaan dengan passport agar lebih aman.

Kereta Shinkansen Hayate yang mempunyai kecepatan maksimal 300 KM per jam bisa dinaiki dengan gratis berkali kali. Itulah kenapa harga Japan Rail Pass bisa dibilang murah!
Kereta Shinkansen Hayate yang mempunyai kecepatan maksimal 300 KM per jam bisa dinaiki dengan gratis berkali kali. Itulah kenapa harga Japan Rail Pass bisa dibilang murah!

Siapa Saja Yang Bisa Naik Kereta Api Di Jepang Dengan Menggunakan Kartu Sakti Ini?

Memangnya siapa saja sih yang bisa naik kereta api di Jepang dengan menggunakan kartu sakti ini? Jadi Japan Rail Pass adalah sebuah tiket khusus untuk naik kereta di Jepang dengan tak terbatas pada kereta tertentu, yang hanya berlaku untuk Turis Asing saja. Beruntungnya, turis indonesia termasuk ya. Nah, untuk lebih detail mengenai definisi Turis Asing di Jepang kurang lebih sebagai berikut.

  • Wisatawan Asing atau Turis Asing yang datang ke Jepang ini harus memiliki tujuan wisata, dengan status “Pengunjung Sementara” sesuai undang-undang imigrasi Jepang. Biasanya status “Pengunjung Sementara” ini memiliki ijin tinggal di Jepang antara 15 hari – 90 hari. Hal ini dibuktikan dengan cap passpor sebagai “Pengunjung Sementara. Jadi pastikan kamu mendapatkan cap tersebut di imigrasi ya. Karena hanya yang statusnya “Pengunjung Sementara” di passport baru bisa menggunakan Japan Raill Pass.
  • Turis Asing yang orang Jepang juga bisa mendapatkan JR Pass ini dengan syarat. Orang Jepang yang sudah menjadi permanen resident di negara lain, atau orang Jepang yang menikah dengan orang dari negara lain dan tinggal di luar Jepang. Singkatnya, hanya permanent resident negara lain atau yang tidak memegang passport Jepang bisa menggunakan ini.

Untuk orang Indonesia tidak perlu bingun dengan syarat diatas sih. Karena sudah pasti bisa membeli dan menggunakannya.

Dimanakah Tempat Membeli JR Pass?

Ada banyak agen yang menjual Japan Rail Pass dengan harga terjangkau, termasuk di Indonesia, karena kemarin saya kurang begitu tahu agen yang menjual kartu ini di Indonesia, jadinya saya beli online yang ternyata agentnya berada di Perancis *kejauhan*. O iya, kartu ini hanya dijual di luar Jepang, jadi pastikan dulu membelinya sebelum memasuki negeri matahari terbit ya!

Cara Menggunakannya

Untuk cara menggunakan kartu Japan Rail Pass ini kurang lebih sebagai berikut :

  1. Kamu harus beli terlebih dahulu kartu ini ketika masih di Indonesia. Untuk tempat beli sudah saya sebutkan diatas. Kamu akan mendapatkan exchange order atau voucher yang akan ditukarkan dengan kartu asli ketika sudah berada di Jepang. JR Pass wajib dibeli waktu masih di Indonesia ya. Karena exchange order tidak dijual di Jepang. Jadi kamu tidak bisa beli kalau sudah sampai disana.
  2. Nah, kalau kamu sudah beli di travel agent dan sudah mendapatkan voucher atau exchange order, kamu bisa tukarkan begitu sampai di Jepang. Ada banyak tempat untuk menukarkan voucher atau exchange order ini kalau sudah sampai di Jepang. Misalnya, tempat penukaran Japan Rail Pass yang paling umum adalah di Bandara Haneda atau Bandara Narita. Saya paling sering menukarkan disitu, karena bisa langsung dipakai untuk naik Narita Express. Biasanya saya langsung sekalian pesan tiket Narita Express ketika menukarkan voucher atau exchange order ke JR Pass yang asli.
  3. Untuk menggunakan Japan Rail Pass, kamu tinggal tunjukkan kartu asli tersebut ketika akan memasuki stasiun kereta api di Jepang. Atau ketika kartu tersebut diminta ditunjukkan oleh kondektur. Biasanya ini terjadi kalau sedang naik Shinkansen. Perlu dicatat, untuk jenis kereta yang diwajibkan melakukan pemesanan terlebih dahulu, kamu tetap bisa naik. Syaratnya kamu harus pesan tiket kereta tersebut di customer servis Japan Railway di stasiun dengan menunjukkan kartu JR Pass yang asli. Asal masih masuk kategori yang tercover kartu, tidak akan ada biaya tambahan lagi ya.
BACA JUGA :  Terpesona Keindahan Gua Ryusendo

Bagaimana Jika Saya Ingin Mengembalikan Atau Membatalkan Kartu Ini?

Untuk pengembalian bisa asal masih berada dalam jangka waktu 3 bulan setelah voucher atau exchange order dicetak dengan syarat :

  1. Kamu hanya bisa meminta refund atau pengembalian JR Pass di tempat kamu beli. Jadi kalau belinya di Jakarta, harus dibalikin juga kesana, pada travel agent yang sama. Kalau belinya di luar negeri seperti yang pertama saya lakukan, ya diikhasin saja. hehe!
  2. Jika sudah ditukar dengan kartu asli Japan Rail Pass pun juga bisa. Asal belum digunakan sama sekali, dan belum ada cap penggunaan pertama kali. Jika sudah dipakai meski sekali, kartu tidak bisa dikembalikan atau dibatalkan.
  3. Proses pengembalian dana ini bisa lumayan lama, satu sampai dua bulan deh.
  4. Kondisi force majeur seperti kereta tidak beroperasi atau terlambat tidak bisa dijadikan alasan untuk mengembalikan kartu ini ketika sudah digunakan.

Bagaimana Jika JR Pass Atau Japan Rail Pass Hilang Atau Dicuri?

Dengan berat hati, saya bilang kalau kartu Japan Rail Pass kamu hilang, ikhlaskan saja dan berdoa semoga ada yang menemukan dan mengembalikannya ke kantor polisi atau pihak yang berwenang. Kalau tidak ditemukan atau ada yang menemukan dan mengembalikan, tidak ada lagi yang namany cetak ulang atau penggantian voucher, exchange order atau kartu asli JR Pass. Jadi jaga baik-baik layaknya passport ya!

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.


Fahmi (catperku.com)

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
http://catperku.com


Comments

  1. Pingback: Sehari Bersama Doraemon Di Museum Fujiko F Fujio - @catperku
  2. Pingback: Jepang Dan Baseball! - @catperku
  3. Pingback: "Overpriced" Kuliner Jalan Sabang, Jakarta! - @catperku
  4. Pingback: Backpacker ke Jepang Itu Mahal, Tetapi Bukan Tidak Mungkin - @catperku
  5. Langsung tertarik infonya karena kemarin baru beli JR Pass juga :)

    Sekadar info tambahan. Di Jakarta kita bisa beli JR Pass ini di JTB yang ada di Wisma KEIAI (dulu Kyoei Prince) 2nd Floor, JL Jenderal Sudirman Kav 3-4 Jakarta atau di Jalan Tour di gedung yang sama di Lantai 3.

    1. iyaa, baru ngerti setelah balik dari jepang, kalau ternyata Japan Rail Pass bisa dibeli di Indonesia juga ==” tapi terlanjur impor dari paris -,- *makasih infonya* :D

  6. Pingback: Mau Hemat Traveling Di Jepang? Menginaplah Di Warnet! - @catperku
    1. kalau Tokyo – Osaka saja pasti bisa. Kalau jalur lain asalkan itu kereta masih punya Japan Rail Company, no problem :) ^^ kalau gak yakin, sebelum naik tanya aja kalau pake JR Pass perlu nambah biaya apa enggak.

  7. Mas Rijal, saya berencana ke Tokyo 13-24 Mei dengan 2 anak. Jadi mending beli JRP ya? Penggunaannya memang tak terbatas, artinya mau pake aja dan kapan aja? Misal saya mau naek shinkansen ke Osaka atau Kyoto at anytime sesuai dengan masa pake JRP? Thanks!

  8. Masih penasaran dengan JR Pass ini, jadi intinya ini semacam tiket terusan ya dan bisa naik turun sesukanya asalkan masih termasuk kereta yang disebut di atas?

  9. Mas fahmi nanya lg aku :D. Udh fix planning abis lahiran mw k jepang soalnya. Jr pass ini bisa utk k hokkaido ga sih? Trs mas, aku ada baca ttg jr hokkaido juga. Nah itu berarti kartu lain lg ya? Yg cm bisa dipake di hokkaido? Ato gmn ni? Beda ama jr pass td?

    1. Kalau JR pass bisa dipake nation wide, alias bisa dipakai di seluruh jepang. Ada juga beberapa kartu yang cuma bisa dipakai untuk area tertentu seperti JR East cuma bisa dipakai di beberapa area di jepang timur, dan JR Hokkaido ini juga sepertinya cuma bisa dipake di hokkaido saja :D

  10. Coba di Indonesia ada kartu seperti.. mantab pastinya.. minimal kereta yang bisa menghubugkan ibu kota antar propinsi saja sudah cukup.. Beda negara dan geografis kali ya. Tidak terpikir oleh saya kalau jalur kereta ini di bangun untuk daerah-daerah di sumatra.. :)

  11. Hi, sepertinya untuk sekarang harga JR pass sudah naik sedikit ya, tapi kemarin saya beli di **** dapat harga lebih murah dibanding tour lain, semoga membantu.

    Thanks

  12. Hai Mas, infonya bagus dan berguna.
    Mau minta pendapatnya donk, jika pergi ke Toyama, lebih baik dari Tokyo atau Kyoto? Rencana perjalanan saya Tokyo-Osaka-Kyoto-Tateyama-Tokyo. Mohon pencerahannya yah. Thankiyu ????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *