Itinerary Liburan Ke Malaysia 4 Hari 5 Malam Versi Catperku.com

Kali ini saya ingin berbagi informasi itinerary liburan ke Malaysia 4 Hari 5 Malam. Sebenarnya rencana liburan ke Malaysia ini dadakan banget. Mengingat saya sedang punya 100 ribu poin di Traveloka, jadi ya saya gunakan untuk jalan jalan ke Malaysia. Selain itu, saya juga lagi kangen makan masakan melayu dan minum es milo di Malaysia. Daripada semua tempat wisatanya, kuliner Malaysia dan es milo di negara tetangga ini memang bisa bikin saya kangen.

O iya, itinerary liburan ke Malaysia ini sebenarnya hasil dari trip dadakan kemarin. Maksud saya, itinerary ini baru jadi setelah perjalanan, karena memang kemarin itu semuanya serba spontan. Bahkan saya beli tiket pesawat Jakarta – Kuala Lumpur saja baru sehari sebelum terbang. Total perjalanan adalah selama 4 hari 5 malam. Datang ke Malaysia lewat Kuala Lumpur, pulang ke Indonesia lewat Bandara Changi di Singapura.

Jadi ini adalah perjalanan lintas negara Singapura – Malaysia untuk kesekian kalinya setelah sebelumnya saya juga pernah melakukanya. Untuk kota di Malaysia yang saya kunjungi kali ini adalah Kuala Lumpur, Melaka, dan Johor Bahru. Siapa tahu ada kamu yang ingin jalan jalan kesana, dan mau cari inspirasi itinerary liburan ke Malaysia. Nah, nggak perlu menunggu lama ya! Kira-kira ini dia itinerarynya!

Nah, dibawah ini adalah Itinerary Liburan Ke Malaysia 4 Hari 5 Malam Versi Catperku.com!

Itinerary Liburan Ke Malaysia 4 Hari 5 Malam Versi Catperku.com
Itinerary Liburan Ke Malaysia 4 Hari 5 Malam Versi Catperku.com

Hari Pertama : Kuala Lumpur – Melaka

Sebenarnya saya sudah sampai di Kuala Lumpur sehari sebelumnya. Namun karena saya terbang dari Jakarta jam 6.30 malam, jadi sampai penginapan di Bukit Bintang sekitar jam 11 malam. Jadi saya hanya sempat keliling Bukit Bintang Kuala Lumpur sebentar saja, terutama mampir ke Jalan Alor. Sebenarnya sudah males banget buat keluar dari penginapan, karena saya baru bisa santai setelah jam 12 malam.

 

 

Namun karena lapar, jadilah saya menyempatkan diri untuk keliling sekitar Bukit Bintang di malam hari. Ternyata kawasan Bukit Bintang di Malaysia ini lumayan rame juga, meski waktu sudah menunjukkan pukul 1 dini hari. Bahkan saya sempat menemui pertunjukan musik jalanan yang dikerubuti oleh banyak penonton seperti yang bisa kamu lihat pada travel vlog diatas. Saya baru pulang ke penginapan setelah main ke Jalan Alor dan membeli minuman.

1. Jalan Kaki Dari Bukit Bintang Ke Petronas Twin Tower

Pagi hari sekitar jam 8 pagi saya baru melanjutkan perjalanan. Niatnya pengen cobain naik ke Petronas Tower. Tiket buat naik Petronas Twin Tower bisa dibeli lewat Aplikasi Traveloka di bagian Traveloka Experience. Namun ternyata atraksi wisata naik ke Petronas Twin Tower ini sangat laris. Tiket untuk hari ini hingga 2 hari kedepan sudah habis dipesan orang. Jadinya saya terpaksa membatalkan niat saya untuk naik ke Petronas Twin Tower tadi.

Akhirnya saya malah membeli tiket Kuala Lumpur Hop On Hop Off Bus untuk keliling melihat beberapa tempat wisata Kuala Lumpur dari atas bus. Namun sebelum naik bus itu, saya jalan kaki dulu melewati rute jalan kaki favorit saya dari kawasan Bukit Bintang di Kuala Lumpur menuju kawasan KLCC Suria Mall melewati Pavilion Mall dan jalur khusus pejalan kaki seperti travel vlog diatas.

 

 

2. Naik Hop On Hop Off Bus

Kuala Lumpur Hop On Hop Off Bus ini sebenarnya adalah salah satu cara mudah untuk jalan jalan keliling Kuala Lumpur dengan mudah tapi nggak mau capek. Karena dengan naik bus ini, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Kuala Lumpur dengan murah selama sehari penuh. Apalagi Rute bus Kuala Lumpur Hop On Hop Off Bus ini sendiri melewati beberapa tempat wisata populer di Kuala Lumpur.

Baru kali ini saya naik Kuala Lumpur Hop On Hop Off Bus keliling Kota Kuala Lumpur
Baru kali ini saya naik Kuala Lumpur Hop On Hop Off Bus keliling Kota Kuala Lumpur

Misalnya ada beberapa tempat penting seperti Dataran Merdeka, Little India, China Town, Petronas Tower dan masih banyak tempat wisata di Kuala Lumpur Menarik lainnya! Tidak saya sebutkan di Itinerary liburan ke Malaysia ini, karena memang sudah ada tulisan khusus membahas tema ini di travel blog catperku.com.

Yang jelas dengan membeli tiket Kuala Lumpur Hop On Hop Off Bus ini, kamu bisa berkeliling Kuala Lumpur dengan mudah dan murah selama 24 jam atau 48 jam. sistem tiket Kuala Lumpur Hop On Hop Off Bus memang terusan, berlaku dari 24 jam hingga 48 jam, tergantung kamu beli tiket yang mana. Tentu saja tiket Kuala Lumpur Hop On Hop Off Bus ini bisa kamu beli lewat aplikasi Traveloka pada bagian Traveloka Experience. Kemarin saya beli pake Traveloka soalnya.

 

 

3. Pergi Ke Melaka

Karena memang sudah sering Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, jadi kali ini saya nggak mau terlalu lama keliling Ibu Kota Malaysia ini. Menjelang sore hari saya segera bergegas untuk pergi ke Melaka yang berjarak sekitar dua jam perjalanan dengan naik bus. Bus ke Melaka berangkat dari Terminal Bersepadu Selatan. Karena di terminal tersebut bus antar kota di Malaysia datang dan berankat. Harga tiket bus ke Melaka dari Kuala Lumpur sekitar 10 Ringgit 20 sen. Harganya bisa berbeda tergantung PO busnya. Terminal Bersepadu Selatan ini sendiri bisa dijangkau dengan mudah menggunakan LRT dari pusat kota Kuala Lumpur.

4. Cobain Naik Melaka River Cruise

Saya sampai di Melaka Sentral pada sore hari, sekitar jam 4 sore. Tak perlu membuang waktu, saya langsung naik bus Panorama no 17 menuju ke daerah Jonker Street dimana hotel tempat saya menginap berada. Tarifnya cuma 1 Ringgit 50 sen saja. Bilang saja turun di Bangunan Merah yang berada tak jauh dari Jonker Street. Karena sudah sore, satu-satunya aktifitas menarik yang bisa dilakukan disini adalah mencoba naik Melaka River Cruise. Untuk tiket Melaka River Cruise juga  saya beli di Traveloka Experience.

Cobain Naik Melaka River Cruise kalau liburan ke Melaka ya!
Cobain Naik Melaka River Cruise kalau liburan ke Melaka ya!

Melaka River Cruise ini adalah salah satu daya tarik wisata di Melaka. Bahkan jalan jalan ke Melaka tanpa mencoba atraksi river cruise ini rasanya kok kurang lengkap. Karena Melaka River Cruise adalah salah satu cara asik untuk menikmati Kota Melaka dengan menyusuri Sungai Melaka yang membentang sejauh sekitar 9 kilometer. Sungai ini bisa disusuri dengan menempuh waktu sekitar 45 menitan saja. Sepanjang jalur sungai ini kamu bisa menikmati pemandangan bantaran sungai yang indah. Ditambah lagi kerlap-kerlip lampu menyinari sepanjang jalur sungai akan membuat suasana Kota Melaka malam hari semakin cantik.

 

 

5. Jalan Jalan Di Jonker Street Malam Hari

Sudah lama banget saya pengen melihat pasar malam di Jonker Street. Karena itu setelah mencoba Melaka Rriver saya langsung jalan kaki ke Jonker Street. Namun ternyata kondisi Jonker Street ini sepi banget. Katanya saya datang di hari yang salah. Pasar malam di Jonker Street ini hanya ada ketika akhir pekan atau weekend saja. Ya bagaimana lagi, saya berkunjung ke Melaka pada hari biasa. Jadi saya tidak bisa berbuat apapun, selain menikmati kondisi Jonker Street yang cukup gelap gulita. Karena memang tidak ada yang menarik, akhirnya saya memutuskan untuk kembali ke Hotel Saja.

 

 

Hari Kedua : Melaka – Johor Bahru

Pada itinerary liburan ke Malaysia hari ketiga ini saya akan mengeksplore Kota Melaka dan melanjutkan perjalanan ke Johor Bahru dengan naik bus.

1. Jalan Kaki Pagi Hari Keliling Melaka, Telusur Bantaran Sungai Melaka

Siapa sangka kalau ternyata jalan kaki keliling Melaka itu seasik cobain Melaka River Cruise. Iya, kemarin saya sempat mencoba jalan kaki menyusuri bantara Sungai Melaka yang terdapat banyak cafe itu. Namun kalau mau mampir ke salah satu cafe di bantaran Sungai Melaka ini sebaiknya pada malam hari saja. Selain karena kebanyakan buka ketika malam hari, suhu udara juga lebih dingin ketika malam hari. Namun kalau sekedar buat jogging atau jalan santai seperti yang saya lakukan di vlog dibawah ini boleh lah. Sekalin mampir ke Jonker Street lagi, karena explore Jonker Street Melaka di siang hari nggak terlalu buruk juga.

 

 

2. Pergi Ke Melaka Sentral

Karena target hari ini saya harus pergi ke Johor Bahru, jadi sekitar jam 12 saya harus pergi ke Terminal Bus Melaka Sentral, untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Johor Bahru dengan bus selama sekitar 3 jam perjalanan. Untuk pergi ke Melaka Sentral ini bisa dengan naik Bus Panorama no 17 dengan tujuan ke Melaka Sentral.  Karena jaraknya lebih jauh, jadi ya harga tiketnya lebih mahal dikit, 2 Ringgit Malaysia.

Awalnya saya agak bingung naik Bus Panorama Melaka ini dimana. Bisa saja saya naik dari dekat Stadthuys atau Bangunan merah tempat saya datang sehari sebelumnya. Namun karena saya mau cari makan siang di Pusat Kota Melaka, jadi ya saya harus cari tahu dimana tempat Bus Panorama Melaka no 17 tersebut berhenti. Saya memang tahu bus ini pasti berhenti di Pusat Kota Melaka, saya hanya perlu cari tahu halte pemberhentian busnya.

Setelah bertanya ke beberapa orang Melaka, saya baru tahu kalau Bus Panorama Melaka no 17 tujuan Melaka Sentral ini berhenti di depan Dataran Pahlawan Merdeka Megamall, tepatnya di depan Starbucks. Peta lokasi tempat Bus Panorama Melaka no 17 ini berhenti bisa kamu lihat disini ya.

3. Naik Bus Ke Johor Bahru Dari Melaka Sentral

 

Dari dulu saya selalu naik kereta api untuk perjalanan antar kota di Malaysia. Ya baru pernah naik Kereta Api dari Johor Bahru ke Kuala Lumpur sih. Namun karena dari Melaka ke Johor Bahru ini hanya ada moda transportasi bus, jadi saya hanya punya pilihan untuk naik bus saja. Dan ternyata naik bus ke Johor Bahru dari Melaka Sentral ini asik juga sih ya. Untuk harga tiket bus dari Melaka Sentral ke Johor Bahru adalah 21 Ringgit 60 sen.

4. Kuliner Di Johor Bahru Malam Hari

 

 

Sebenarnya ini kali ketiga saya berkunjung ke Johor Bahru. Tak banyak tempat wisata di Johor Bahru yang bisa dikunjungi. Kalau buat belanja sih lumayan banyak. Tempat wisata utama dari Johor Bahru sendiri adalah Legoland Malaysia yang akan saya kunjungi kesokan harinya. Namun ternyata di Johor Bahru ini lumayan asik buat kulineran. Jadi saya habiskan malam hari di Johor Bahru dengan berburu kuliner saja. Salah satu tempat wisata Kuliner di Johor Bahru yang tak sengaja saya temukan adalah Meldrum Walk yang lokasinya bisakamu temukan disini. Saya nemu banyak makanan enak di Meldrum Walk ini. Sampai-sampai dua malam menginap di Johor Bahru, saya selalu makan ditempat ini. Mau bagaimana lagi, makanannya memang enak banget sih.

Hari Ketiga : Johor Bahru

Itinerary liburan ke Malaysia pada hari ketiga ini lebih banyak saya fokuskan di Legoland Malaysia, sebagai salah satu tempat wisata di Johor Bahru yang utama.

Wajib explore Legoland Malaysia kalau liburan ke Johor Bahru
Wajib explore Legoland Malaysia kalau liburan ke Johor Bahru

Explore Legoland Seharian

Jadi Legoland Malaysia ini sebenarnya adalah sebuah theme park atau taman hiburan yang berada di Johor Bahru Malaysia. Di theme park ini ada banyak sekali atraksi yang menarik untuk kamu coba. Totalnya ada sekitar 70 wahana menarik, kolam renang Legoland Waterpark, dan Miniland yang menjadi atraksi utama theme park ini. Lalu ada juga Sea Life Malaysia yang juga bisa kamu kunjungi karena berada di dekat Legoland Malaysia. Kamu bisa beli tiket Legoland Malaysia di Traveloka Experience. Selengkapnya tentang Legoland Malaysia, bisa kamu lihat di vlog yang ada dibawah ini ya!

 

 

 

Hari Keempat : Pulang Ke Indonesia Lewat Singapura

Tak ada tempat wisata yang saya kunjungi pada hari keempat itinerary liburan ke Malaysia ini. Karena saya harus terbang ke Indonesia lewat Bandara Changi di Singapura. Jadi waktu sekitar setengah hari saya habiskan untuk pergi ke Bandara Changi di Singapura lewat jalur darat.

Pulang Ke Indonesia Lewat Singapura

Awalnya saya pengen mampir ke Singapura dulu sebentar. Namun ternyata waktunya tidak cukup, jadi dari Johor Bahru saya langsung pergi ke Bandara Changi Singapura saja. Saya pergi ke Singapura dari Johor Bahru ke Singapura naik kereta api. Ini adalah salah satu perjalanan naik kereta api yang unik. Karena hanya memerlukan waktu tempuh 5 menit saja. Ya meski naik kereta api dari Johor Bahru ke Singapura ini cuma 5 menit, namun di bagian immigrasi memerlukan waktu 2-3 jam. Sampe bosan saya dibuatnya!

 

 

***

Nah, itu dia kira-kira itinerary liburan ke Malaysia selama 5 hari 4 malam yang kemarin saya lakukan. Semoga itinerary liburan ke Malaysia ini bisa berguna untuk siapapun yang membutuhkannya. Kalau kamu ada kritik, saran atau tambahan silahkan berkomentar di kolom komentar yang sudah disediakan di bawah ya.

Sekadar info tambahan bagi yang tertarik menjelajah Malaysia, sekarang ada diskon untuk berbagai atraksi di luar negeri dari Traveloka Xperience. Dengan potongan harga, tentunya berkunjung ke berbagai tempat rekreasi di Malaysia bisa lebih hemat. Cek promonya di sini.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
5 Responses
  1. Iqbal

    Tawarin pijet2 gt..dia bilang “beautiful lady” ane bilang “no..thanks”..
    Eh…malah dia bilang..”ok…handsome boy”
    Ane langsung masang muka butek…dikata maho kale yak..
    Ahahaha

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: