Itinerary Liburan Ke Jepang – Osaka Kansai Gastronomy And Culinary Exploration!

Selama ini saya sering berbagi pengalaman liburan ke Jepang dalam tulisan dan video travel vlog di youtube.com/catperku. Namun sepertinya saya agak jarang berbagi itinerary liburan ke Jepang meski sudah banyak yang menanyakan. Bukan karena apa, tapi saya seringnya jarang merencanakan perjalanan. Kalau nggak secara spontan, ya berarti semuanya diaturin.

Cuma kali ini saya akan mencoba berbagi itinerary liburan ke Jepang, yang saya lakukan pada bulan Oktober kemarin. Itinerary ini sebenarnya bisa digunakan pada musim apapun, meski paling bagus adalah liburan ke Jepang pada musim semi dan autumn. Pada itinerary liburan ke Jepang ini menggabungkan antara kuliner, wisata sejarah dan wisata alam.

Soalnya selain banyak mencoba berbagai macam kuliner dan menikmati keindahan awal musim gugur di Jepang, saya juga melihat beberapa tempat bersejarah seperti Himeji Castle, Enryakuji, dan Fushimi Inari yang menjadi salah satu tempat favorit saya kalau berkunjung ke Kyoto. Pokoknya bakal ada banyak tempat menarik yang akan saya kunjungi di itinerary ini nanti.

Kedepannya, setiap destinasi dan pengalaman yang ada di itinerary ini juga akan saya tuliskan lagi informasi detailnya. Beberapa juga saya buatkan travel vlog yang bisa ditonton di channel youtube saya, youtube.com/catperku. Jadi bolehlah kalau kalian anggap, itinerary liburan ke Jepang ini sebagai index yang merupakan daftar isi dari perjalanan liburan ke Jepang selama awal musim gugur.

Selamat datang di Jepang lagi!
Selamat datang di Jepang lagi!

Tripnya rada luxury ya ini, tapi bisa dibikin ekonomis kok kalau penginapannya gak di hotel berbintang. Alternatifnya kamu bisa baca tips backpacker ke Jepang disini dan apa saja yang dibawa selama backpacking ke Jepang disini. Itinerary liburan ke Jepang ini bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan deh pokoknya! Yang penting, baca sampai selesai ya!

Itinerary Liburan Ke Jepang – Osaka Kansai Gastronomy And Culinary Exploration 7 Hari 6 Malam

Total lama perjalanan dari itinerary liburan ke Jepang ini adalah 7 hari dengan 5 hari waktu efektif untuk jalan-jalan. Dua hari saya habiskan di perjalanan termasuk terbang ke Osaka. Itinerary ini lebih memfokuskan untuk jalan-jalan sekaligus berburu kuliner di sekitar Osaka – Kyoto. Kalau mau tahu seperti apa detailnya, bisa baca itinerarynya sampai selesai. Di itinerary ini juga terdapat video selama liburan. Jadi boleh juga lho tonton videonya, like, share dan subscribe ke youtube.com/catperku!

Itinerary Liburan Ke Jepang – Osaka Kansai Gastronomy And Culinary Exploration – Day 1

Berangkat dari Jakarta, Soekarno Hatta International Airport Transit di Denpasar Untuk Ke Kansai. Penerbangan ke Kansai ini sebenarnya rada pe er, karena pilihannya gak banyak kalau dari Jakarta. Tapi yang paling sering saya pakai adalah penerbangan dengan transit di Denpasar Bali. Lumayan, sekalian transit bisa main ke pantai dulu atau keliling Bandara International Ngurah Rai sebelum terbang. Karena penerbangan ke Osaka berangkat pada waktu tengah malam WITA.

Itinerary Liburan Ke Jepang – Osaka Kansai Gastronomy And Culinary Exploration – Day 2

Itinerary Liburan Ke Jepang – Osaka Kansai Gastronomy And Culinary Exploration – Day 3

Itinerary Liburan Ke Jepang – Osaka Kansai Gastronomy And Culinary Exploration  – Day 4

  • Pada hari keempat ini saya kembali ke Kota Kyoto dengan menggunakan rute Biwako-Hamaotsu Station. Biwako Hama Otsu Station ke Sanjo Keihan Station. Karena ngak mau jalan-jalan sambil bawa barang, jadila barang dikirimkan lagi pake ekspedisi.
  • Setelah beres urus barang, saya langsung pergi ke Kyoukomachi Kimono Rental (review tentang kimono rental ini bisa dibaca di Instagram saya disini), untuk berganti baju Kimono dan melanjutkan keliling area Kyoukomachi – Ninenzaka – Ichinenzaka – Yasaka Shrine dengan mengenakan Kimono sampai makan siang tiba.
  • Siang harinya saya makan siang dengan menu halal di Kyoto Ryokan Hirashin, baru setelah itu melanjutkan perjalanan ke Fushimi Inari Station.

    Itinerary Liburan Ke Jepang - Osaka Kansai Gastronomy And Culinary Exploration!
    Itinerary Liburan Ke Jepang – Osaka Kansai Gastronomy And Culinary Exploration!
  • Rute untuk menuju ke Fushimi Inari adalah naik Sanjo Station, dan turun di Fushimi Inari Station (lokasi disini). Kali ini saya naik Keihan Railway lagi, dan menggunakan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass. Untuk detail mengenai daypass ini akan saya ceritakan di post yang lain ya.
  • Sebenarnya saya sudah sering ke Fushimi-Inari Taisha. Sekitar 4 kali main kesini. Cuma mengunjungi tempat ini selalu menjadi aktivitas yang menyenangkan. Makanya kali ini saya buat travel vlog mengenai Fushimi Inari yang bisa dilihat disini:
  • Dari Fushimi Inari, saya melanjutkan perjalanan ke Uji City. Caranya adalah dengan naik dari Fushimi Inari Station ke Uji Station (lokasi disini). Ada apa di Uji City? Disini saya mampir ke Tsuen Tea, sebuah tempat minum teh tertua di Jepang (Lokasi Tsuen Tea disini). Pertama kali buka di tahun 1160! Nggak cuma tempat bersejarah, tapi tehnya juga super enak! Saya juga sempat belajar bagaimana cara minum teh yang benar kepada pemiliknya.

    Saya juga sempat belajar bagaimana cara minum teh yang benar kepada pemiliknya!
    Saya juga sempat belajar bagaimana cara minum teh yang benar kepada pemiliknya!
  • Masih di Uji City, saya juga mampir ke Byodoin temple hall (lokasi disini). Bagian paling menarik dari tempat ini adalah Bangunan Byodoin yang berulang kali kebakaran dan bencana lainnya selama berabad-abad, namun, Phoenix Hall tidak pernah hancur, menjadikannya salah satu dari beberapa struktur kayu asli yang maih bertahan dari periode Heian. Tempat ini juga keren banget untuk fotografi!
  • Saya berkunjung ke Byodoin temple hall sampai malam hari tiba, setelah itu saya langsung makan malam di Tatsumiya (Lokasi disini). Yang spesial dari Tatsumiya ini adalah, semua menu makanannya mengandung matcha atau teh hijau. Jadi bisa dibilang ini adalah salah satu pengalaman makan malam saya yang paling unik.
  • Setelah makan malam, saya balik ke Uji Station untuk pergi ke Chushojima Station (lokasi disini), lalu melanjutkan perjalanan ke Osaka dengan naik Keihan Train Premium Car. Pengalaman naik Premium Car tersebut bisa kamu lihat di video ini:
  • Naik Keihan Train Premium Car ke Osaka saya turun di Yodobashi Station (lokasi disini), lalu melanjutkan perjalanan ke Umeda Station (lokasi disini).
  • Di Osaka saya menginap di Hotel Granvia Osaka, lokasinya sangat strategis. Video review Hotel Granvia Osaka bisa dilihat disini ya:

Itinerary Liburan Ke Jepang – Osaka Kansai Gastronomy And Culinary Exploration – Day 5

  • Hari kelima, saya berangkat pagi hari dari Umeda Station untuk menuju ke Koshien Station. Sayangnya saya nggak mampir ke Koshien Stadium yang terkenal untuk pertandingan baseball itu. Tapi saya cuma numpang lewat saja, karena saya akan mampir ke Ozeki Sake Factory. Disini saya melihat-lihat bagaimana cara pembuatan sake di Jepang. Travel vlog pengalaman melihat cara pembuatan sake di Jepang tadi bisa dilihat disini:
  • Setelah mengunjungi Ozeki Sake Factory, saya melanjutkan perjalanan ke Akashi City dengan melewati  JR Nishi Sannomiya, dan turun di JR Akashi Station. Disini saya mencoba beberapa makanan di Uonotana Shops and Kobe Fish Market.
  • Siang hari dengan melewati JR Akashi Station lagi, saya pergi ke Himeji. Untuk pergi ke Himeji berarti harus turun di JR Himeji Station. Tujuan selanjutnya sih Himeji Castle. Tapi sebelum itu saya makan siang dulu di Fukutei yang menyediakan muslime friendly menu alias menu halal. Lokasi Fukutei bisa ditemukan disini ya. Jadi kamu bisa mampir kalau nanti ada rencana main ke Himeji City.
  •  Setelah makan siang, perjalanan dilanjutkan menuju ke Himeji Castle sambil melewati Himeji station front shopping street & Miyuki Dori shopping street. Setelah itu baru mengunjungi Himeji Castle. Ini adalah salah satu kastil di Jepang terbaik yang pernah saya kunjungi. Kenapa? Jawabannya bisa kamu temukan di travel vlog Himeji Castle disini :
  • Setelah mengunjungi Himeji Castle, tujuan selanjutnya adalah Kota Kobe untuk makan malam. Rutenya tentu dari JR Himeji Station ke JR Sannomiya Station. Makan malamnya pun unik, Robatayaki style lokasinya disini. Kalau penasaran seperti apa, bisa lihat travel vlog yang saya buat disini:
  • Setelah itu, berjalanan dilanjutkan ke Osaka lagi, dan saya menginap di Hotel Hotel Vischio Osaka.

Itinerary Liburan Ke Jepang – Osaka Kansai Gastronomy And Culinary Exploration – Day 6

  • Tujuan pertama pada hari keenam adalah Daisen Kofun yang merupakan kompleks pemakaman kuno di Sakai, Prefektur Osaka, Jepang. Gundukan, atau kofun, dianggap sebagai kuburan terbesar di dunia berdasarkan area. The Daisen Kofun ini adalah bagian dari kompleks makam yang lebih besar yang dikenal sebagai makam Mozu yang tersebar di Kota Sakai. Karena ini kompleks pemakaman raja-raja, jadi nggak sembarangan orang bisa masuk. Makanya untuk melihat seperti apa bentuknya, saya berkunjung juga ke Sakai City Museum. Disini saya bisa menikmati pertunjukan virtual reality, dimana saya bisa melihat Daisen Kofun dan Sakai City dari udara.
  • Setelah selesai berkunjung ke Daisen Kofun, saya berkunjung ke Honke Kojima untuk mencoba kue mochi(lokasinya disini). Disinilah saya berkesempatan makan kue mochi terenak yang pernah saya temui!

    Toko ini menjual kue mochi terenak di Jepang!
    Toko ini menjual kue mochi terenak di Jepang!
  • Setelah itu, saya mengunjungi Sakai Risho no Mori untuk mengikuti upacara minum teh. Kalau kalian mau coba, bisa langsung datang ke lokasinya disini.
  • Hari menjelang siang ketika selesai upacara minum teh. Karena itu saya langsung makan siang di Ginshari Gekotei (lokasi disini) yang merupakan tempat makan ala buffet. Kalau boleh saya bilang, ini semacam warteg di Jepang gitu. Kalau mau tahu seperti apa pengalaman saya makan di Ginshari Gekotei bisa lihat videonya disini:
  • Selepas makan, tentu kurang lengkap kalau enggak makan dessert. Makanya setelah itu saya mencoba makan mochi lagi, namanya Kurumi Mochi. Lokasinya disini, dan video review Kurumi Mochi bisa dilihat disini:
  • Tujuan selanjutnya adalah Wada Shop, dimana saya belajar mengasah pisau ala Jepang dan mengunjungi museum pisau. Gara-gara ini saya jadi tahu kalau ada bermacam-macam pisau dengan fungsi masing masing, dan harganya lumayan mahal!
  • Sore harinya, saya beranjak pergi mengunjungi Janjan Yokocho, salah satu tempat menarik untuk menghabiskan sore hari di Osaka. Lokasi dari Janjan Yokocho disini ya.
  • Liburan ke Osaka tentu kurang lengkap kalau tidak berkunjung ke area Dotonbori, karena itu pada malam harinya saya berkunjung ke Dotonbori, mengunjungi Don Quijote Dotonbori Store sekaligus naik “Ferris Wheel” yang ada di Dotonbori sambil menikmati pemandangan Osaka dari ketinggian. Setelah itu baru melanjutkan lagi jalan-jalan dengan mengikuti JAPAN NIGHT WALK TOUR. Memang ya, Osaka ini paling asik dikunjungi ketika malam hari!

    Spot foto wajib kalau lagi main ke Dotonbori di Osaka!
    Spot foto wajib kalau lagi main ke Dotonbori di Osaka!
  • Karena ini malam terakhir di Jepang pada awal musim gugur tahun 2018, jadilah saya memaksimalkan jalan-jalannya. Saya pulang ke hotel tempat saya menginap di  Viainn Shinsaibashi menjelang tengah malam. Hotel ini adalah salah satu hotel unik yang pernah saya inapi di Jepang. Mereka punya kamar ala Jepang, dengan lantai tatami. Seperti apa kamarnya? Bisa lihat video yang ada disini ya :

Itinerary Liburan Ke Jepang – Osaka Kansai Gastronomy And Culinary Exploration – Day 7

Hari terakhir nggak ada tujuan lagi karena saya harus terbang pagi hari. Harusnya saya naik Limited Express Haruka lagi, namun karena lagi ada gangguan (ternyata kereta api di Jepang bisa gangguan juga), saya harus naik Rapid Train. Tapi ternyata waktu sampainya hanya berbeda sekitar 10 menit saja. Pulangnya saya naik Garuda Indonesia, yang juga saya review dibawah ini.

Nah, kira-kira itu dulu sebagian cerita saya selama liburan ke Jepang di awal musim gugur 2018 ini. Sebenarnya masih ada banyak tulisan yang akan saya buat. Untuk sementara satu aja dulu, nanti pasti ada banyak lagi tulisan tentang Jepang yang bakal saya tulis tiap bulannya. Jadwal lumayan padet, jadi nulisnya sedikit demi sedikit aja ya! Dimulai dari tulisan itinerary liburan ke Jepang – Osaka Kansai Gastronomy And Culinary Exploration dulu! Kalau merasa tulisan ini berguna, boleh dibagi ke teman-temannya! Kalau ada pertanyaan, bisa langsung menanyakan di kolom komentar ya!

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
3 Responses

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: