Bukan Edisi Mudik, Overland Jakarta – Bandung

Ini bukan edisi mudik dari Jakarta – Bandung, tetapi karena saya lagi enggak mudik ke kampung halaman yang ada di Blitar sana, jadilah acara liburan ke Bandung dari Jakarta kemarin malah kerasa kayak orang mudik. Kebetulan kemarin  jalur Jakarta – Bandung dipenuhi arus ratusan atau bahkan ribuan mobil dan sepeda motor yang lagi mudik. Hehee!

Seperti biasanya traveling overland dari Jakarta – Bandung kali ini ditemani oleh si putih sepeda motor matic kesayangan saya. Mumpung sekarang tinggal di Jakarta, saya ingin memaksimalkan eksplorasi setiap sudut Jawa Barat, di mulai dengan Bandung :).

Ada banyak rute yang bisa dilewati untuk menuju ke Bandung dari Jakarta, tetapi karena saya menggunakan sepeda motor, rute yang melewati jalan tol terpaksa saya coret. Tidak seperti di Malaysia, di Indonesia jalan tol tidak boleh dilewati oleh sepeda motor. Total ada 4 rute Jakarta – Bandung yang bisa saya lewati dengan sepeda motor.

(Baca Juga : Edisi Jalan Kaki Hore Keliling Kota Bandung)

Rute Jakarta – Bandung 1 : Totalitas Bikepacking, Jakarta – Serang – Sawarna – Sukabumi – Cianjur – Bandung

Idenya, rute ini akan saya ambil karena sekaligus ingin menjelajah bagian selatan jawa, mampir ke Sawarna dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Bandung dengan melewati Sukabumi – Cianjur – Bandung. Sayang karena waktu libur yang kurang, mungkin rute ini akan saya lewati pada perjalanan berikutnya saja.

Rute Jakarta – Bandung 2 :  Rute Standar Jalur Pantura, Jakarta – Bekasi – Cikampek – Purwakarta – Padalarang – Bandung.

Yang ini adalah rute yang melewati jalur Pantura Jawa, tetapi karena ini adalah musimnya orang mudik, dan mayoritas kendaraan yang lewat jalur pantura adalah kendaraan yang besar – besar, jalur yang ini bukan menjadi pilihan saya.

Jakarta - Bandung Rute : Rute Standar Jalur Pantura, Jakarta - Bekasi - Cikampek - Purwakarta - Padalarang - Bandung
Jakarta – Bandung Rute : Rute Standar Jalur Pantura, Jakarta – Bekasi – Cikampek – Purwakarta – Padalarang – Bandung

(Baca Juga : All About Transportasi Umum Di kota bandung)

Rute Jakarta – Bandung 3 : Via Cileungsi, Jakarta – Cileungsi – Padalarang – Bandung

Menurut Google Maps, rute ini sebenarnya adalah yang terpendek. Cuma, karena sepertinya melewati banyak jalur alternatif, bukan jalan nasional jadi saya kurang tertarik. Selain itu, kan niatnya liburan, jadi saya mencari jalur yang pas buat acara liburan kali ini :D

Rute Jakarta - Bandung : Via Cileungsi, Jakarta - Cileungsi - Padalarang - Bandung
Rute Jakarta – Bandung : Via Cileungsi, Jakarta – Cileungsi – Padalarang – Bandung

Rute Jakarta – Bandung 4 : Rute Wisata, Jakarta – Bogor – Puncak -Cianjur – Bandung

Rute inilah yang saya ambil, karena melewati jalur yang banyak pemandangan bagusnya. Meskipun sebenarnya saya sudah tahu kalau jalur puncak adalah jalur macet tiap hari libur, karena selalu menjadi tujuan liburan orang Jakarta. Enggak kaget lagi kalau kemarin saya melihat banyak mobil dengan plat B di sepanjang jalan menuju Bandung. O iya, dirute ini juga ada banyak pilihan kuliner yang bisa dicoba sambil beristirahat sejenak. Saya kemarin, sempat mencoba makan kuliner Tahu Sumedang, dan  tapai yang ternyata lebih dikenal dengan nama Peyeum di Jawa Barat.

Jakarta - Bandung Rute Wisata : Jakarta - Bogor - Puncak -Cianjur - Bandung
Jakarta – Bandung Rute Wisata : Jakarta – Bogor – Puncak -Cianjur – Bandung

(Baca Juga : Jalur Angkot Kota Bandung Lengkap)

Menembus Gunung, Merambat Di Jalur Puncak dan Merayap Di Cianjur

Enaknya bikepacking dengan menggunakan panduan Google Maps, kita bisa mencari jalur terpendek untuk menuju tujuan. Cuma, siap – siap aja dengan kejutan di jalur yang dipersiapkan sama si Google Maps, salah – salah sama si Google Maps malah disuruh nembus gunung seperti saya kemarin. Hehe! Memang sih jalur tercepat, dan terhindar dari macet. Cuma si putih sepeda motor saya harus berjibaku melewati jalan desa kecil yang penuh dengan “polisi tidur”, dan sedikit ber off-road ria.

Resiko Menggunakan Google Maps, Jalur Terpendek, Gunung Disuruh Nembus, Off road abiis!
Resiko Menggunakan Google Maps, Jalur Terpendek, Gunung Disuruh Nembus, Off road abiis!

Seperti yang sudah saya prediksi, jalur puncak yang menuju ke arah Cianjur, macet total! Untungnya untuk sepeda motor masih bisa sedikit berjalan merambat, dengan kecepatan rata – rata 20 -30 KM/jam. Macet di Puncak, tidak terlalu bermasalah karena selain ademnya udara, masih ada pemandangan cakep yang bisa dilihat. Yang paling menyebalkan adalah macet di jalur Cianjur – Bandung, disini saya boleh menyalahkan mobil ber-plat B sebagai biang macet ya! Sepanjang jalur Cianjur – Bandung kemarin, dihiasi mobil ber-plat B. Sepeda motor? dipaksa merayap di tepi jalan! Hasilnya, Jakarta – Bandung saya tempuh dalam waktu 10 Jam, dengan beberapa kali berhenti untuk beristirahat, tidak 3 jam seperti yang dijanjikan oleh Google Maps.

Bandung, Adem Tapi, Macet Gilak!

Enggak ada yang salah traveling ke Bandung di musim liburan, tetapi harus siap mental untuk menghadapi macetnya. Terutama ketika menuju destinasi yang populer seperti Lembang, dan Tangkuban Perahu. Tetapi, asiknya traveling pake sepeda motor, semacet apapun masih bisa meliak – liuk menembus antrian panjang mobil di jalan. Meskipun dihajar macet, dan mobil plat-B dimana – mana, Bandung sendiri masih kerasa adem. Sayang sepertinya Bandung semakin kotor dan kumuh saja ya. Banyak sampah bertebaran di sepanjang jalan, tanpa ada yang membersihkan. Semoga bukan para traveler yang berlibur di Kota Kembang ini yang ikut mengotorinya, karena saya selalu suka untuk kembali mengunjungi kota yang pernah menjadi kota terfavorit saya ini.

Peak On The Peak Of Tankuban Perahu!
Peak On The Peak Of Tankuban Perahu, Edisi Libur Lebaran!
Bandung, ramai dibawah, sepi di atas!
Bandung, ramai dibawah, sepi di atas!

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
6 Responses

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: