Masakan Khas Bali, Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Sebenarnya bukan kali ini saja saya mencoba Ayam Betutu khas Gilimanuk, hanya saja semuanya “off record” atau belum pernah tercatat. Tapi kali ini saya ingin mencoba membagikan bagaimana lezat dan menariknya masakan khas Bali yang kemudian dinamakan Betutu ini. Biar kamu-kamu yang belum pernah mencoba makanan enak dari Bali ini, mau mencobanya juga kapan-kapan.

Loh kenapa Betutu saja? Bukannya ayam Betutu yah namanya? Sebenarnya bahan masakan Betutu bukan cuma ayam seperti yang lebih dikenal banyak orang. Bahan masakan khas Bali ini ada juga yang bahan utamanya bukan berupa ayam, tapi berupa bebek yang kemudian di sebut Bebek Betutu.  Tetapi sepertinya ayam lebih ungul daripada bebek, jadilah lebih dikenal sebagai ayam Betutu.

Masakan Betutu itu sebenarnya adalah hidangan bebek atau ayam yang dimasak dengan cara di-ungkep dengan bumbu dapur dan rempah. Masakan Betutu biasanya diberi bumbu seperti jahe, lengkuas, bawang, kunyit, kencur, daun jeruk, dan yang paling utama adalah unsur pedas cabai rawit. Rasa pedas dari cabe itu tadi juga yang membuat yam Betutu Khas Gilimanuk menjadi lebih enak. Terus, menurut orang lokal Bali, sering disebut sebagai bumbu genep, bumbu dasar masakan Bali.

Rata-rata masakan Bali memang berciri khas pedas. Bahkan makanan merakyat khas Bali seperti Nasi Jinggo juga tak luput dari rasa pedas. Makanya, Cabai rawit memegang peranan penting pada ayam atau bebek betutu. Makanya pada Ayam Betutu Khas Gilimanuk ini memang harus bercita rasa pedas. Kalau tidak pedas, bukan betutu deh namanya. Yah, meski pedasnya masih kalah dengan Ayam Taliwang Khas Lombok sih.

Ayam Betutu Khas Gilimanuk Masakan Khas Bali Ini Wajib Dicoba, Karena Merupakan Salah Satu Makanan Yang Unik Juga Enak Dari Bali.

Siapa sudah pernah makan Ayam Betutu khas Gilimanuk?
Siapa sudah pernah makan Ayam Betutu khas Gilimanuk?

Sedangkan secara harfiah Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu biasa digunakan sebagai sajian pada upacara keagamaan dan upacara adat serta sebagai hidangan dan di jual. Pernahkah terpikirkan sisi unik dari masakan khas bali yang lebih terkenal dengan nama Ayam Betutu ini? Selain dari kelezatan rasa masakan tentunya.

Mengenai rasa dari Ayam Betutu khas Gilimanuk jangan ditanya lagi, pedasnya pas!! Bercampur rasa gurih dari kuah bumbunya. Ditambah lagi daging Ayam Betutu khas Gilimanuk yang empuk ketika digigit, hmm bahkan air liur bisa menetes dengan hanya melihat saja. Ini adalah salah satu makanan khas Bali yang menjadi favorit saya.

Masakan Khas Bali, Ayam Betutu khas Gilimanuk
Masakan Khas Bali, Ayam Betutu khas Gilimanuk

Untuk bebek Betutu meskipun dengan tipe bumbu yang sama dengan bumbu pada ayam Betutu, ada sensasi sedikit berbeda ketika menggigit daging bebek betutu. Tekstur daging bebek yang sedikit lebih kenyal dari pada ayam akan membuat rasa pedas dan gurih lebih terasa ketika dikunyah di mulut.

(Baca Juga : Soto khas Betawi Sunda Kelapa, Cita Rasa Betawi di Pulau Dewata)

Masakan Khas Bali, Bebek Betutu, variasi dari masakan Betutu khas Bali
Masakan Khas Bali, Bebek Betutu, variasi dari masakan Betutu khas Bali

Menemukan tempat yang pas untuk mencoba masakan Ayam Betutu khas Gilimanuk tidaklah sulit. Banyak sekali warung masakan lokal yang khusus menjual ayam Betutu. Hanya saja, cuma pada beberapa atau restoran yang menjual Ayam Betutu khas Gilimanuk ini  enak. Gak banyak tempat yang menurut saya yang bisa menunjukkan lezatnya ayam atau bebek Betutu makanan khas Bali.

Ada tiga tempat yang saya rekomendasikan jika ingin mencoba kelezatan masakan khas bali ini. Pertama ayam betutu Ibu Ida yang ada jauh di Gilimanuk, mungkin bisa di coba jika liburan ke Bali melalui perjalanan darat, karena lokasinya dekat dengan Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk. Di ayam Betutu ibu ida ini pertama kalinya saya merasakan Ayam Betutu khas Gilimanuk.

Kedua, lebih dekat dari pusat pariwisata Bali Pantai Kuta dan Bandara Ngurah Rai, satu tipe dengan Ayam Betutu khas GilimanukIbu Ida yang pedasnya benar – benar terasa. Ketiga ada di jalan Kubu Anyar, ayam betutu di tempat ketiga ini tidak terlalu pedas, tetapi rasa bumbunya sama enaknya dengan ayam Betutu khas Gilimanuk. Tempat ketiga juga cocok untuk yang tidak terlalu suka dengan masakan pedas tetapi ingin mencoba masakan ayam Betutu.

Entah ayam Betutu, bebek Betutu yang jelas mendengarnya saja bikin ngiler, pedasnya yang pas!! Ciri khas Ayam Betutu khas Gilimanuk yang pedas bercampur rasa gurih dari kuah bumbunya pasti membuat orang ingin mencoba masakan khas Bali ini ketika berada di Bali. Kamu mau coba? Silahkan!! Semoga nggak ketagihan!

Resep Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Untuk yang tidak bisa sering – sering datang ke Bali, bisa mencoba membuat sendiri dengan resep Ayam Betutu Khas Gilimanuk seperti ini.

Bahan:

1 ekor (1,2 kg) ayam kampung utuh
2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
2 lembar daun salam
Daun pisang untuk membungkus
Aluminium foil

Bumbu, untuk dihaluskan:

80 ml minyak untuk menumis
15 buah cabai merah, buang bijinya
4 cm jahe
4 cm kunyit, bakar
4 cm lengkuas
2 batang serai, ambil bagian putihnya
100 g bawang merah
6 siung bawang putih
1 sdt ketumbar bubuk
4 butir kemiri, goreng
4 lembar daun jeruk purut
½ sdt merica hitam
2 sdt garam

Pelengkap :

Nasi putih
Sambal matah

Cara membuat Ayama Betutu Khas Gilimanuk :

Bumbu: Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Angkat.
Lumuri ayam dengan bumbu hingga tersalut rata, biarkan semalaman.
Tambahkan serai dan daun salam, bungkus dengan daun pisang, bungkus kembali dengan aluminium foil.
Kukus dalam dandang panas selama 2 jam. Angkat.
Panggang dalam oven suhu 185 derajat Celcius selama 2 jam hingga matang. Angkat.
Sajikan bersama pelengkap.

Setelah masak dengan di-ungkep bersama air, minyak kelapa, dan bumbu dapur, ayam atau bebek betutu ini kemudian dimasak dengan api kecil selama berjam-jam. Proses memasak yang lama ini memang dilakukan agar semua bumbu menyerap dengan sempurna sih.

Baru setelah semua proses si memasak Betutu selesai, ayam atau bebek betutu disajikan bersama sambal matah dan plecing kangkung sebagai pelengkapnya. Tanpa dua pelengkap utama ini, rasanya pasti ada yang kurang. Biasanya kacang tanah goreng juga ikut melengkapi.

Terus, kalau ngomongin resto Ayam Betutu Khas Gilimanuk yang enak ada dimana? Restonya sendiri dikenal dengan nama Ayam Betutu Khas Gilimanuk. Ada enam cabang resto ini di Pulau Bali. Yaitu di Jalan Raya Tuban, Jalan Raya Kediri, Jalan Raya Kuta, Jalan Merdeka, Jalan Buluh Indah, dan Jalan Raya Denpasar.

Rata rata Ayam Betutu Khas Gilimanuk ini pedas luar biasa. Kuahnya saja sudah bikin lidah serasa terbakar karena pedasnya. Belum lagi, sambal plecing kangkung yang menemani juga sangat pedas. Terus ada lagi sambal matah dengan rasa pedas segarnya yang begitu nagih. O iya, sambal matah ini adalah sambal khas bali yang terdiri irisan bawang merah, cacahan tomat, dan perasan jeruk nipis. Mantap banget deh rasanya!

Lokasi Warung Ayam Betutu Khas Gilimanuk Yang Saya Rekomendasikan

Pun ada banyak warung atau restoran yang menjual masakan Ayam betutu, berikut lokasi warung/resto ayam betutu yang saya rekomendasikan.

Warung Ayam Betutu Di Kuta, Denpasar

Warung Ayam Betutu Di Gilimanuk, Bali Barat

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
16 Responses
  1. Andreas Setiawan

    wah, saya pernah makan ayam betutu Ibu Ida, emang maknyus! Tapi pengen makan di lokasi langsung, karena kemarin terima bungkusan, hehehe…

    1. byteeater

      hemm emang enak tu, tapi sayang tempatnya jauh banget, saya cuman sekali nyoba, pas pulang snorkling dari menjangan :D

  2. indria mustikawati

    bila q k gilimanuk yg sering q singgahi rumah makan bu lina, hemmm…pedes enakkkkk. lo plg k jawa q pasti beli satu besek tuk keluarga d jawa.

  3. vika

    Sekarang ada lagi warung betutu yang enak dan murah di Bali :
    Ayam Betutu Bali Muslim, Halalan Thayyiban di Komplek Pertokoan Genteng Biru /Deket PT. Kereta Api, Jl. Diponegoro, Denpasar.
    Bagi yang Muslim yang kadang ragu ayam sembelihannya, pas nih disini tempatnya
    Kalo disini jenisnya nda ada kuahnya tapi bumbunya banyak. Soal rasa gak komen macem2 lagi dah…HOT…PEDASnya dan bumbunya pas banged di lidah!!! MUSTI COBA!!! pasti ketagihan!
    Kata yg jual bisa dipesenin untuk nasi kotak atau dibawa oleh2 sepulang dari Bali, tapi musti pesen dulu sebelumnya biar bisa dianterin
    Bukanya sore mulai jam 17.00 s/d 00.00 WITA
    Koordinat GPS nya: 8°40’12″S,115°12’54″E

  4. nita

    ya saya cuman makan sekali, jauh bgt, emang ga bisa delivery ya di paket gitu maksudnya, atau ada cabang laen ga di jakarta, yg kyk gitu? aduh aku bener2 ketagihan

  5. WIDHIYANTI ASTITI

    nah ini yg kemaren sempet bikin nyasar pas nyari ayam betutu ny gara-gara kebesaren blognya buat d buka d henpon -_____- tapi ayam betutu nya yg di daerah Kuta itu enak :) sebenernya pgn nyoba yg Gilimanuk, tapi jaoh bgt. berhubung nginepnya juga di Kuta jadi ya cari yg deket-deket aja, itupun juga masih nyasar :-| hahahhaaa
    makasih ya abang :))
    oiya sebenernya aku rada kurang ikhlas ngelakuin syarat #giveaway yg nomer 4 T,T nanti sainganku tambah banyak T,T apalagi yg aku pengenin hadiahnya yg paling limited T.T please baaang buat aku aja mug sama ono sensaisho nyaaaaaa :(((

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      hehee, ini kan carinya gampang banget sebenarnya, deket sama bandara soalnya ^^ terus enggak ketemu ya? :| harusnya lain kali mention ke @idbpr nanti bisa langsung di bantu hehee. Semoga beruntung ya ^^ nanti tim juri yang menentukan pemenang hadiah :D

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: