Category

Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta (Daerah Istimewa Yogyakarta, DIY) secara resmi merupakan salah satu dari 32 provinsi di Indonesia. Yogyakarta adalah salah satu pusat budaya utama di Jawa. Wilayah ini berada di kaki gunung berapi aktif, Gunung Merapi yang juga merupakan tempat wisata Yogyakarta.

Provinsi ini adalah salah satu daerah yang paling padat penduduknya di Indonesia. Kota ini terbentuk pada tahun 1755, setelah pembagian Mataram ke dalam Kesultanan Yogyakarta dan Surakarta (Solo). Gamelan, tarian Jawa klasik dan kontemporer, wayang kulit (wayang kulit), teater dan ekspresi seni tradisional lainnya adalah daya tarik wisata yogyakarta.

Pengrajin lokal banyak yang berkarya dalam seni seperti batik, perak dan karya kulit. Aktifitas kerajinan tersebut juga merupakan daya tarik wisata Yogyakarta. Di samping seni tradisional, seni kontemporer juga telah menemukan tanah subur di masyarakat berorientasi budaya Yogya.

ASRI, Akademi Seni Rupa adalah pusat seni dan Yogyakarta sendiri telah memberikan namanya kepada sekolah penting seni lukis modern di Indonesia, mungkin paling baik dipersonifikasikan oleh impresionis Indonesia yang terkenal, mendiang Affandi. Kalau kamu mau tahu karya Affandi, kamu bisa berkunjung ke salah satu tempat wisata Yogyakarta Museum Affandi.

Yogyakarta sering disebut pintu gerbang utama ke Jawa Tengah karena lokasinya secara geografis. Membentang dari Gunung Merapi ke Samudra Hindia. Ada layanan udara setiap hari ke Yogya dari Jakarta, Surabaya dan Bali serta layanan kereta reguler dan aksesibilitas mudah melalui jalan darat. Makanya, tempat wisata Yogyakarta itu selalu ramai. Aksesnya gampang.

Yogyakarta umumnya dianggap sebagai budaya modern Jawa Tengah. Meskipun beberapa orang mungkin lebih memilih Solo sebagai runner up yang baik, Yogyakarta tetap menjadi pelari depan yang jelas untuk wisata Yogyakarta, tari tradisional, Wayang (boneka tradisional) dan musik.

Yogyakarta memiliki lebih dari sekedar budaya. Kota ini sangat hidup dan menyenangkan bagi para penyuka wisata Belanja. Jalan utama, Jalan Malioboro yang juga merupakan tempat wisata Yogyakarta, selalu ramai dan terkenal akan kuliner jalanan malamnya dan pedagang kaki lima. Banyak toko wisata dan hotel murah terkonsentrasi di sepanjang jalan ini atau di kawasan wisata yang berdampingan seperti Jalan Sosrowijayan.

Daya tarik utama wisata Yogyakarta lainnya adalah Keraton Yogyakarta. Istana Sultan adalah pusat kehidupan tradisional Yogya dan terlepas dari kemajuan modernitas; masih memancarkan semangat penyempurnaan, yang telah menjadi ciri khas seni Yogya selama berabad-abad.

Kompleks bangunan yang tua ini dibangun pada abad ke-18, dan sebenarnya adalah kota bertembok di dalam kota dengan paviliun mewah dan di mana Sultan saat ini masih berada. Yogyakarta juga merupakan satu-satunya kota besar, yang masih memiliki angkutan ‘Becak’ tradisional yang menjadi daya tarik wisata Yogyakarta.

Yogyakarta, Begitu Menggoda.

Kalian Akan Terkesima, Karena Tanpa Wisata Alamnya Pun, Yogyakarta Tetap Menggoda!

Catperku (Travel Blogger Indonesia) – Kalau ngomongin Yogyakarta, pertamakali yang terdengar sekarang ini pasti enggak jauh – jauh dari keramaian Jalan Malioboro, cave tubing di Goa Pindul, bertualang di Gua Jomblang atau jelajah pantai selatan Yogyakarta yang elok nan jelita itu. Padahal, sebenarnya Kota Yogyakarta lebih dari sekedar tempat shopping atau wisata alam yang menawan...
Read More
Beukenhof, Restoran Bergaya Eropa Di Yogyakarta

Beukenhof, Restoran Bergaya Eropa Di Yogyakarta

Catperku (Travel Blogger Indonesia) – Seusai melakukan tur di dalam Museum Ullen Sentalu selama kurang lebih satu jam, akhirnya kami pun sampai di penghujung museum. Pemandu mengatakan kalau kami bisa langsung keluar lewat pintu yang ada, berbelanja souvenir atau mencoba mencicipi masakan bergaya Eropa di Restoran Beukenhof yang juga masih berada di kawasan museum.
Read More
Mengagumi Koleksi Museum Affandi

Rekam Jejak Sang Maestro Di Museum Affandi

Catperku (Travel Blogger Indonesia) – Selain Museum Ullen Sentalu, memang Museum Affandi adalah salah satu museum yang unik di Yogyakarta. Dengan sebagian koleksinya berupa lukisan, untuk yang tidak berbakat melukis sama sekali seperti saya, asalkan penikmat lukisan pasti akan senang sekali ketika mengunjungi Museum Affandi.
Read More
Cafe Hoping Di Prawirotaman

3 Cafe Favorit Saya Di Jalan Prawirotaman, Yogyakarta

Catperku (Travel Blogger Indonesia) – Tiga cafe yang saya coba selama di Prawirotaman kemarin adalah Warung Heru dengan masakan Indonesianya, Aglioo Pasta & Pizza dengan pizzanya yang super besar dan enak, lalu Hani's Restaurant and Bakery dengan salad dan sup jamurnya yang kemudian menjadi favorit saya. Kalau mungkin penasaran dengan cafe - cafe tadi, saya...
Read More
Pacu Adrenalin, Sandboarding Di Gumuk Pasir Parangkusumo.

Pacu Adrenalin, Sandboarding Di Gumuk Pasir Parangkusumo

Catperku (Travel Blogger Indonesia) – Kira - kira beberapa menit setelah melewati gerbang, akan terlihat jelas gundukan pasir yang berada di kanan jalan. Saya benar - benar tidak menyangka semudah ini menemukannya, padahal sudah siap dengan GPS dan membayangkan bakal tanya sana - sini. Tetapi itulah adanya, Gumuk Pasir Parangkusumo yang terkenal sebagai salah satu...
Read More
Kuliner Yogyakarta Yang Enak Ini Bikin Saya Pengen Kesana Lagi! Dan... Lagi!

Kuliner Yogyakarta Yang Enak Ini Bikin Saya Pengen Kesana Lagi! Dan… Lagi!

Catperku (Travel Blogger Indonesia) – Tuh kan bener! Kuliner Yogyakarta yang enak itu ada banyak sekali! Lima yang saya tuliskan ini hanya mewakili beberapa dari sekian banyak. Makanya kalau liburan ke Yogyakarta jangan cuma satu atau dua hari. Minimal lima hari sampai seminggu! Lalu siapin beberapa hari khusus untuk berburu kuliner di Yogyakarta! Jangan lupa...
Read More
Mengagumi Kebudayaan Jawa Di Museum Ullen Sentalu.

Mesin Waktu Itu Bernama Ullen Sentalu

Catperku (Travel Blogger Indonesia) – Melewati Gua Selogiri kami sampai di Ruang Selamat Datang, di ruangan ini pemandu banyak menjelaskan bagaimana dan sejarah Museum Ullen Sentalu didirikan. Dari penjelasan panjang dan lebar, tujuan utama Museum Ullen Sentalu didirikan adalah untuk melesatarikan kebudayaan jawa dengan mempertunjukkan koleksi dari dinasti dan keturunan Mataram Islam.
Read More
Pengalaman Menginap Di Gallery Prawirotaman Hotel Yogyakarta

Pengalaman Menginap Di Gallery Prawirotaman Hotel Yogyakarta

Catperku (Travel Blogger Indonesia) – Karena niatnya menyenangkan diri, maka saya tidak ingin menginap di tempat yang tidak nyaman apalagi tempat yang ramai. Setelah sedikit mencari informasi sana sini, saya memutuskan untuk menginap di Gallery Prawirotaman Hotel Yogyakarta. Lokasinya yang terletak di daerah Prawirotaman yang tenang membuat saya yakin untuk menginap di Gallery Prawirotaman Hotel.
Read More
Balada Prawirotaman, Kampung Turis Di Yogyakarta.

Balada Prawirotaman, Kampung Turis Di Yogyakarta

Catperku (Travel Blogger Indonesia) – Berbeda dengan Jalan Malioboro, Prawirotaman ini tidak terlihat sama sekali sebagai salah satu pusat penginapan di Yogyakarta. Ketika sedang iseng jalan kaki berkeliling Prawirotaman I dan II, suasananya cenderung sepi. Sepanjang jalan saya melihat banyak becak terparkir di pinggir jalan kadang ditemani oleh pengendaranya. Setiap dari abang becak yang saya...
Read More
Mengagumi Candi Ijo Sekaligus Lansekap Yogyakarta Dari Ketinggian.

Mengagumi Candi Ijo Sekaligus Lansekap Yogyakarta Dari Ketinggian

Catperku (Travel Blogger Indonesia) – Hari itu saya datang ke Candi Ijo ketika Yogyakarta sedang dilanda hujan lebat. Saya sempat pesimis akan mendapatkan pemandangan cantik seperti yang saya harapkan. Namun karena sudah berada di Yogyakarta, saya tetap nekat untuk mengunjungi Candi Ijo. Dan benar, ketika sampai hujan masih turun begitu deras hingga saya harus menunggu...
Read More
1 2