7 Kegiatan Ini Bikin Liburan Kalian Di Floating Market Lembang Makin Seru!

7 Kegiatan Ini Bikin Liburan Kalian Di Floating Market Lembang Makin Seru!

Biasanya saya agak males kalau diajakin ke destinasi yang dibuat manusia seperti theme park atau tempat perbelanjaan. Bukan karena apa, tetapi saya memang lebih suka dengan destinasi yang alami seperti pantai atau gunung. Namun, menurut saya Floating Market Lembang ini adalah pengecualian. Bahkan saya sudah dua kali mengunjungi Floating Market Lembang. Tapi, semenarik itukah tempat ini?

Mungkin sudah banyak yang tahu tentang floating market yang ada di Sumatera, Kalimantan atau bahkan yang ada di Thailand. Yah, saya sih belum pernah mengunjungi yang lain, tetapi katanya mirip, sebelas dua belas gitu deh. Konsep Floating Market Lembang ini mirip dengan yang saya sebutkan tadi. Yang jelas, kalau namanya floating market itu pasti ada hubungannya dengan perahu.

Floating Market Lembang adalah salah satu destinasi liburan di Bandung yang menyenangkan.
Floating Market Lembang adalah salah satu destinasi liburan di Bandung yang menyenangkan.

Lantas apa saja sih yang menarik dan bisa saya lakukan kalau sedang liburan di Floating Market Lembang ? Meskipun selera liburan tiap – tiap orang mungkin berbeda, 7 kegiatan ini bisa bikin liburan kalian di Floating Market Lembang Makin Seru loh! Percaya atau enggak, baca dulu sampai selesai baru kalian berkomentar, mana yang paling menarik dan sesuai dengan style liburan kalian :)

1. Beli Makanan Langsung Dari Perahu

Di Floating Market Lembang saya bisa beli makanan langsung dari atas perahu.
Di Floating Market Lembang saya bisa beli makanan langsung dari atas perahu.

Di taman hiburan atau tempat wisata lainnya, biasanya kalau saya beli makanan pastilah di food court atau di kios yang berjajar rapi. Nah, floating market lembang ini menyuguhkan pengalaman belanja yang sedikit berbeda. Di Floating Market Lembang ini saya bisa membeli langsung dari penjual yang semuanya berada di atas perahu.

Wah saya enggak bisa naik perahu? Takut tenggelem kalau perahunya bocor! Weits! Tenang saja mas bro! Karena meskipun di Floating Market Lembang ini semuanya jualan diatas perahu, semua perahunya tertambat di tepi danau. *ngak ribet kan?*

Saya lebih suka nyemil ketika disini. Seperti beli tutut atau kentang goreng :D
Saya lebih suka nyemil ketika disini. Seperti beli tutut atau kentang goreng :D

Jadi kalau lagi males naik perahu, saya tinggal jalan mengitari tepi danau, membeli apa yang saya inginkan terus duduk deh di saung atau kursi yang ada didekatnya. Pun, kalau mau lebih unik lagi, ada juga pilihan sewa perahu. Jadi sambil mengayuh dayung di perahu saya bisa beli dan merasakan pengalaman unik membeli makanan langsung dari atas perahu. Tapi agak sedikit ribet sih mendayung~ Kecuali buat yang sudah berpengalaman mengayuh dayung.

2. Jalan Kaki Keliling Area Floating Market

Jalan kaki keliling area Floating Market Lembang seru juga kok :)
Jalan kaki keliling area Floating Market Lembang seru juga kok :)

Untuk mas – mas kantoran, jalan kaki adalah kegiatan yang sangat jarang sekali dilakukan. Karena setiap harinya pasti lebih banyak dihabiskan dengan duduk dan berkutat di depan komputer seharian. Nah, dengan area yang cukup luas ditambah udaranya yang begitu segar, Floating Market Lembang ini adalah tempat yang menyenangkan untuk jalan kaki.

Entah jalan kaki sambil mampir sana sini mencoba beberapa hal yang menarik di Floating Market Lembang. Mencoba berbagai macam kuliner disana, atau malah jalan kaki sambil melihat pengunjung yang sedang lalu lalang. Kalau capek, bisa mencari tempat untuk beristirahat yang dengan mudah ditemukan di tempat ini.

3. Bermain Dengan Kelinci Di Taman Kelinci Floating Market Lembang

Ada banyak kelinci lucu disini :D
Ada banyak kelinci lucu disini :D

Kebetulan saya adalah penyayang binatang yang lucu bin imut – imut. Selain kucing, saya juga penyuka kelinci. Bahkan saya juga pernah memelihara kelinci, meski sekarang semuanya telah tiada~ *hiks*. Saya senang sekali dong ketika ada sebuah taman kelinci disini.

Taman Kelinci di Floating Market Lembang lokasinya berada tidak jauh dari lokasi miniatur kereta api. Taman kelinci tadi dipagari dengan kawat yang berlubang untuk mencegah para kelinci kabur. Sementara di bagian dalam taman terdapat beberapa rumah mini yang kadang digunakan kelinci untuk bersembunyi.

Anak kecil pasti senang sekali kalau diajak kesini~
Anak kecil pasti senang sekali kalau diajak kesini~

Pengunjung boleh masuk ke area taman dan bermain dengan kelinci yang ada setelah membayar tiketnya. Waktu saya kesini kemarin, sebagian besar pengunjung masih anak – anak. Karena tidak ada orang dewasa yang masuk ke area taman kelinci, jadinya saya cuma melihat dari luar pagar sambil mengabadikan beberapa momen di taman kelinci dengan kamera kesayangan saya.

4. Mengunjungi Area Miniatur Kereta

Selain taman kelinci, area miniatur kereta api di Floating Market Lembang adalah favorit saya.
Selain taman kelinci, area miniatur kereta api di Floating Market Lembang adalah favorit saya.

Saya ingat, alasan saya mau diajak ke Floating Market Lembang ini karena disini ada taman miniatur kereta api yang jarang ada di Indonesia. Atau malah ini satu – satunya di Indonesia ya? Sayangnya waktu pertama kali mengunjungi tempat ini malah kelupaan. *maklum, kalau sudah asik ada aja yang sering kelupaan*

Baru pada kunjungan kedua, ketika diajak untuk meramaikan Asian African Carnival di Bandung saya menyempatkan diri mengunjungi area miniatur kereta api. Di Floating Market Lembang ini ada sebuah area dengan banyak rel dan kereta api mini yang berjalan tanpa henti. Menyenangkannya lagi, pengunjung seperti saya bisa melihat dan mengabadikannya dengan kamera dari jarak dekat.

Ini miniatur loh, tapi terlihat asli ya :D
Ini miniatur loh, tapi terlihat asli ya :D
Tut.. tuut.. kereta mau lewat
Tut.. tuut.. kereta mau lewat.
Rahasia dibalik miniatur kereta di Floating Market Lembang.
Rahasia dibalik miniatur kereta di Floating Market Lembang.

5. Naik Perahu Keliling Danau

Naik kereta air
Naik kereta air
Atau mendayung sendiri
Atau mendayung sendiri

Di tengah area Floating Market Terdapat danau luas yang bisa dimanfaatkan untuk mendayung perahu kesana dan kemari. Pilihannya bisa naik kereta air yang ditarik dengan perahu bermesin. Atau untuk yang ingin sedikit berkeringat bisa mendayung dan mengayuh sendiri dengan sepeda air, kano, atau perahu. Saya sendiri kemarin sempat mencoba mendayung perahu menngelilingi danau. Capek sih, tetapi menyenangkan :D

6. Memberi Makan Ikan

Tolong beri makanan pada ikan - ikan yang kelaparan itu.
Tolong beri makanan pada ikan – ikan yang kelaparan itu.

Buat yang memelihara ikan, pasti seneng deh mencoba kegiatan yang satu ini. Pada salah satu sudut danau Floating Market Lembang ada tempat berkumpul banyak ikan. Nah, disitu juga tempat para pengunjung bisa membeli makanan ikan untuk kemudian diberi kepada ikan – ikan yang terlihat kelaparan itu. Saya sih sudah sering memberi makan ikan di kolam yang ada di rumah saya. Namun, melihat ikan – ikan lucu saling berebut makanan disini tetap saja menyenangkan :D

7. Mengamati Angsa

Angsa - angsa yang kesepian.
Angsa – angsa yang kesepian.

Lokasi mengamati angsa ini memang agak tersembunyi, malah kalau tidak sengaja nyasar mungkin saya kemarin tidak tahu kalau ada tempat mengamati angsa di Floating Market Lembang. Tempatnya berada di balik rerimbunan pohon dengan sebuah kolam kecil yang terdapat banyak angsa didalamnya. Mereka tidak tampak terlalu lapar seperti ikan – ikan yang saya sebutkan sebelumnya. Jadinya ketika kesini saya hanya mengamati dan mengabadikan kelucuan mereka. Pun sebenarnya disini saya juga bisa memberi makanan yang dijual tidak jauh dari tempat mengamati angsa ini.

***

Setelah dua kali berkunjung kesini, Floating Market Lembang jadi terasa sangat menyenangkan untuk liburan. Terutama untuk liburan keluarga. Karena memang ada banyak kegiatan yang bermanfaat untuk anak kecil di Floating Market Lembang ini. Sementara itu untuk yang masih single atau jomblo, mungkin akan terasa sepi kalau sendiri. Solusinya ajakin teman – teman atau gebetan kalian kesini. O iya, kalau kesini sama gebetan atau pacar, usahain naik perahu berdua biar romantis~ *xixixi XD*

Catatan Penting Tentang Floating Market Lembang:

Mata uang yang digunakan untuk bertransaksi di Floating Market Lembang.
Mata uang yang digunakan untuk bertransaksi di Floating Market Lembang.
  • Floating Market Lembang memiliki mata uang khusus berupa koin berwarna warni untuk bertransaksi disana. Jadi sebelum membeli sesuatu lebih baik menukarkan terlebih dahulu ke mata uang tadi.
  • Beberapa area adalah ruang terbuka, jika tidak ingin terpapar panas atau hujan lebih baik membawa payung.
  • Lokasi Floating Market Lembang adala di Jalan Grand Hotel No. 33 E Lembang.
  • Floating Market Lembang buka setiap hari Senin – Kamis : buka jam 09.00, tutup jam 17.00 ; Jumat – Sabtu : buka jam 09.00, tutup jam 20.00; Minggu: buka jam 08.00, tutup jam 20.00.
  • Harga tiket masuk adalah IDR 15.000 per orang dan IDR 5.000,- untuk parkir kendaraan roda empat. Tiket yang sudah dibeli nantinya bisa ditukar dengan minuman yang disediakan di pintu masuk.

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

  • floating market lembang review
  • floating market bandung review
  • review floating market lembang
  • floating market lembng
  • Jual miniatur kereta api yang
About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
28 Responses
  1. Bolak balik Bandung udah sering, tapi belum kesampean liburan di pasar terapung ini hahahahha. jadi inget pasar apung di Banjarmasin kalo liat ini.
    eh btw harga makanannya gimana kak ? sesuai sama kantong mahasiswa gak muehehe.

  2. Jadi ingat Pasar Terapung Tradisional di sungai-sungai Kalimanat yang konon katanya sudah mulai punah, coba kalau diberdayalan menjadi tempat wisata seperti di lembang ini

  3. Bisa main ama kelinciii???? Wah kelewat nih. Etapi miniatur keretanya kayaknya cakep juga ya?

    Btw, kayaknya itu bukan angsa… tapi… soang.

    1. Hahaaa, iya tapi yang di dalem taman kelincinya anak kecil semua~ harus nyamar jadi anak kecil euy :P Miniaturnya kereta apinya memang cakep, makanya kemarin kabur bentar bela – belain kesini. Errr, angsa beda sama soang ya? :|

  4. Gara

    Wuaduh, ikannya banyak banget! Waa, itu Jembatan Sakalibels! Kelincinya lucu-lucu! Miniaturnya keren-keren! Kepingin banget dah saya ke tempat ini, Mas :hehe. Sudah beberapa kali saya membaca soal pasar apung ini, dan tempat-tempat yang ada di dalamnya memang tidak membosankan (banget).
    Kapan sih menatap polah binatang-binatang lucu itu menjadi membosankan?

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: